Budi Asali Membual Karena Okultisme Bukan Begini


Walaupun gembar-gembor Sola Scriptura namun pemahaman Alkitab Pdt. Budi Asali sama sekali tidak ORIGINAL. Walaupun tidak menyatakannya, namun pemahaman Alkitabnya sangat ditentukan oleh sumber-sumber pustaka yang dibacanya. Pemahaman dan tulisannya HEBAT dan BENAR ketika mendapatkan sumber pustaka yang hebat dan benar. Hal itu terbukti dari tulisan-tulisannya yang luar biasa tentang Theologia Reformed dan debatnya dengan kaum Namais dan Unitarian serta Jesus Only serta tulisan menentang Saksi Yehovah dan tulisan-tulisan lainnya. Ketika menulis tentang gereja Katolik dia mulai menampakkan kelemahannya, dia sama sekali tidak menyadari beberapa kesalahan dalam sumber pustaka yang digunakannya. Tulisannya tentang okultisme benar-benar mengenaskan karena dia tidak menemukan sumber pustaka yang HEBAT dan BENAR. Apabila tidak membual itu berarti dia tidak tahu bahwa dia tidak tahu.

Memberanikan diri bertanya; di dalam makalahnya yang berjudul Occultisme Pdt. Budi Asali MDiv menulis:

Pendahuluan

Dalam Mat 4:8-9 setan menawarkan ‘sesuatu’ kepada Yesus asal Yesus mau menyembah dia. Dalam sepanjang jaman hal yang sama dilakukan setan terhadap manusia. Ia menawarkan ‘sesuatu’ kepada manusia yang mau menyembah atau mengikut dia. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan di sini:

Sesuatu’ itu bisa bermacam-macam, seperti: kekayaan, cewek atau cowok, jabatan, kesehatan, kesaktian, kemampuan tertentu (misalnya: bisa meramal atau menyembuhkan orang, dsb), dsb.

Menyembah atau mengikut setan ini bisa dilakukan secara natural atau tanpa menggunakan occultisme. Misalnya: mau membolos dari kebaktian demi uang, mau berzinah, dsb. Bisa dilakukan dengan cara supranatural atau menggunakan occultisme. Ingat bahwa hal ini tidak selalu disadari oleh orang yang bersangkutan. Ini karena lihainya setan!

Definisi Occultisme

Occultisme adalah kepercayaan atau praktek atau tindakan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kuasa gelap.

Macam-macam Ocultisme

1.    Ramalan:

a.    Ada ramalan yang bukan merupakan occultisme.

Ramalan yang datang dari Tuhan. Ini biasanya disebut nubuat. Tetapi kita perlu hati-hati dengan orang yang mengatakan dirinya memberikan ramalan atau nubuat dari Tuhan, tetapi sebetulnya dari setan.

Ramalan yang dilakukan dengan menggunakan ilmu pengetahuan. Misalnya: ramalan cuaca, ramalan tentang adanya gerhana, badai, dsb.

b.    Ada ramalan yang termasuk occultisme. Macam-macam cara meramal yang termasuk occultisme:

Cartomancy – meramal dengan menggunakan kartu dimana setiap kartu mempunyai arti.

Palmistry atau guamia – meramal dengan menggunakan garis tangan. Saya pernah mendengar cerita tentang seorang ibu yang diramal oleh seorang tukang guamia bahwa suaminya bakal pergi jauh. Setelah selesai meramal, tukang guamia itu tidak mau dibayar, dan 6 bulan kemudian tukang guamia itu datang kembali dan menanyakan apakah ramalannya betul atau tidak. Ibu itu lalu menjawab: ‘Ya ramalanmu benar, karena suamiku meninggal dunia’. Pada waktu meramal, tukang guamia itu sudah tahu akan hal itu dan karenanya ia tak mau dibayar.  Jangan sekali-kali menyerahkan tangan saudara untuk diramal! Ada orang yang berpura-pura hanya main-main, padahal betul-betul meramal. Kalau saudara menyerahkan tangan saudara untuk diramal, maka saudara dijadikan medium occultisme.

Rod atau pendulum – meramal dengan bandul atau pendulum. Beberapa waktu yang lalu seorang pastor di Jawa Tengah berhasil menemukan mayat yang hilang di gunung, hanya dengan menggunakan pendulum.

Pada waktu saya kos di Malang, anak dari pemilik kos, yang adalah seorang dokter, ternyata bisa menggunakan pendulum, untuk mencari benda yang disembunyikan, dan juga untuk mendiagnose penyakit! Jangan saudara mau didiagnose oleh ‘terkun’ (dokter-dukun) seperti ini. Ini jelas termasuk occultisme!

Mirror mantic atau crystal gazing – meramal dengan menggunakan cermin atau bola kristal. Jangan pikir bahwa ini hanya dongeng belaka; hal seperti ini betul-betul ada!

Jailangkung – Ini seperti boneka yang diberi alat tulis, dan pada waktu suatu roh (setan, yang menyamar sebagai roh seseorang!) datang, maka boneka itu bisa ditanyai dan boneka itu menuliskan jawabannya pada papan tulis.

Permainan cucing atau Ouija Board – Cucing dan Ouija Board sebetulnya sama saja, yaitu adanya papan dengan huruf-huruf dan angka-angka, dan sebuah benda yang nantinya bisa bergerak sendiri dan menunjuk pada angka-angka atau huruf-huruf itu untuk membentuk kalimat yang merupakan jawaban dari ‘roh’ itu. Bedanya adalah: pada permainan cucing benda itu adalah sebuah cucing yang ditelungkupkan, sedangkan pada Ouija Board benda itu adalah sebuah segitiga tipis. Ayah saya pernah mengalami permainan cucing, dan ia termasuk salah satu orang yang jarinya diletakkan di atas cucing, yang lalu bergerak sendiri. Ayah saya mengira bahwa pasti ada salah satu dari jari-jari yang lain yang mendorong cucing, dan ia lalu menekan cucing itu ke bawah. Ternyata ‘dukun’nya tahu dan menyuruh orang yang menekan cucing untuk melepaskan. Setelah itu satu per satu jari-jari yang lain diangkat, dan tinggal jari ayah saya sendiri, dan ternyata cucing itu tetap bergerak sendiri!

Astrology atau horoscope. Awas, ini beda dengan astronomy atau ilmu perbintangan, yang bukan termasuk occultisme. Astronomy betul-betul merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perbintangan, tetapi Astrology menghubungkan posisi bintang dengan nasib manusia. Ini sebetulnya hanya suatu omong kosong, karena kalau Astrology ini benar, maka semua orang yang lahirnya pada hari yang sama nasibnya juga akan sama! Tetapi fakta membuktikan bahwa hal ini tidak benar. 2 orang yang lahirnya pada hari yang sama, bisa saja nasibnya sangat berbeda atau bertentangan, seperti: yang satu jadi kaya, yang lain miskin; yang satu mati muda, yang lain mati pada usia lanjut, dsb.

Sekalipun ini omong kosong, setan bisa ikut campur dalam peramalan sehingga menjadi betul dan lalu dipercaya. Bdk. Yes 47:13-14 yang jelas mengecam hal ini.

2.    Golongan Occultisme tertentu yang sering dianggap sebagai sesuatu bakat atau kekuatan yang ada di dalam diri manusia itu sendiri, dan hanya perlu dilatih. Ini juga sering dikatakan sebagai hal yang bersifat ilmiah. Tetapi ingat bahwa segala sesuatu yang gaib atau supranatural hanya mempunyai 2 kemungkinan: dari Tuhan atau dari setan. Contoh:

o    Hipnotis. Ini sering digunakan dalam:

Sulap. Sulap yang betul-betul menggunakan kecepatan tangan, tentu bukan occultisme, tetapi ada pesulap yang menggunakan hipnotis, dan ini tentu termasuk occultisme.

Counseling. Ada Psikolog atau counselor (pembimbing atau  penasehat), yang menggunakan hipnotis supaya pasien mereka bisa mengingat masa lalu. Ini termasuk occultisme, dan karenanya jangan mau dicounsel oleh counselor seperti itu!

o    Telepati (juga digunakan dalam sulap).

o    Tenaga dalam atau tenaga dasar atau tenaga murni, dsb. Jangan percaya pada propaganda dari grup-grup tenaga dalam seperti Kalimasada, Merpati Putih, Satria Nusantara, Kateda, Enesty, dsb, yang merekrut dokter-dokter yang lalu menjelaskan bahwa apa yang mereka praktekkan adalah sesuatu yang bersifat ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan menurut kedokteran! Saya pernah menyakan hal itu pada seorang dokter kristen, yang lalu menyatakan bahwa hal itu tidak sesuai dengan kedokteran atau tidak ilmiah!

Ingat juga bahwa sekalipun cara berlatihnya hanya menggunakan pernafasan, tetapi bagaimanapun hasilnya gaib (bisa mematahkan besi, tidak bisa dipukul dsb). Dan ingat rumus penting dalam persoalan ini: yang bersifat supranatural atau gaib, hanya bisa berasal dari Allah atau setan. Dan tenaga dalam tidak mungkin berasal dari Allah karena tidak ada dasar Kitab Suci secuilpun untuk itu, kecuali kalau Kitab Sucinya ditafsirkan seenaknya sendiri (Misalnya menggunakan Mark 5:30 untuk menyatakan bahwa Yesus juga punya tenaga dalam! Untuk menjawab penafsiran tolol ini kita bisa berkata: Aneh, Kitab Suci tak pernah berkata bahwa Yesus berlatih tenaga dalam, dan tidak pernah juga mengajarkan tenaga dalam kepada murid-murid-Nya. Andaikata Ia melakukan itu, maka pasti semua orang kristen sekarang ini sudah berlatih tenaga dalam!).

3.    Golongan Occultisme yang digunakan untuk menyehatkan diri sendiri atau bahkan menyembuhkan orang lain, seperti:

o    Yoga
o    Tai Chi atau Wai Tang kung
o    Tenaga dalam.

4.    Nggeblak (slain in the spirit), Toronto Blessing, dsb. Sekalipun dalam pandangan banyak orang kristen ini adalah pekerjaan Roh Kudus, saya berpendapat bahwa ini adalah pekerjaan roh jahat.

5.    Lain-lain seperti: blood pact (perjanjian yang ditulis dengan darah, di mana orangnya menulis menggunakan darahnya sendiri di secarik kertas, yang menyatakan penyerahan diri kepada setan), susuk, aji-aji, guna-guna, pesogen, santet, gendam, tuyul, ilmu kebal, dukun (white magic), jaran kepang, macam-macam pertunjukan di Bali, dll. Di Indonesia banyak di antara hal-hal ini yang dianggap sebagai kebudayaan atau seni, tetapi sebetulnya adalah occultisme.

6.    Hal-hal yang harus diwaspadai:

o    Souvenir dari Bali. Dr Kurt Koch yang membaktikan puluhan tahun hidupnya untuk menyelidiki occultisme, mengatakan bahwa kebanyakan souvenir dari Bali dibuat dengan menggunakan kuasa gelap. Dengan demikian benda itu sudah mengandung kuasa gelap. Sekalipun souvenir itu berharga atau indah, tetapi kalau mengandung kuasa gelap, harus dihancurkan (bdk. Ul 7:25-26).

o    Meditasi. Kristen punya meditasi, tetapi dalam meditasi kristen pikiran tidak statis (tidak dikosongkan atau dipusatkan pada sesuatu), tetapi aktif. Misalnya dalam berdoa (bukan berdoa dalam bahasa Roh!) atau merenungkan Firman Tuhan. Tetapi meditasi kafir yang mengarah pada occultisme biasanya menggunakan pengosongan pikiran ataupun pemusatan pikiran (pada lilin atau hal lain).

o    Tusuk jarum. Dr Kurt Koch mengatakan bahwa tusuk jarum mempunyai latar belakang yang gelap, tetapi karena itu sudah begitu lama, ia sekarang tidak berani memastikan bahwa hal itu termasuk occultisme. Ia tidak berani menganjurkan atau melarang orang melakukan tusuk jarum. Tetapi kalau mau melakukan harus berdoa meminta perlindungan Tuhan, dan juga mengawasi kerohanian, apakah terpengaruh secara negatif atau tidak.

o    Pijat. Jelas bahwa tidak semua tukang pijat menggunakan kuasa gelap, tetapi jelas ada banyak tukang pijat yang menggunakan kuasa gelap.

Kesaksian:

Saya pernah punya seorang tukang pijat yang hebat, dan setiap saya pergi kesana saya boleh dikatakan selalu merasakan hasil pijatannya. Tetapi suatu waktu ada teman saya yang saya beri alamat di tukang pijat, dan teman saya ini lalu berkata bahwa tukang pijat itu mendemonstrasikan kehebatannya dengan menempelkan rokok menyala pada tangan maupun mukanya tanpa menderita apa-apa. Saya kaget dan saya dari peristiwa itu saya tahu bahwa si tukang pijat itu mempunyai kuasa gelap. Tetapi saya masih berpikir adanya kemungkinan bahwa ia tidak menggunakan kuasa gelapnya dalam memijat.

Suatu kali saya sakit lagi (penyakit yang sama) dan saya pergi kepada dia, tetapi pada waktu mau dipijat saya berdoa dalam hati: ‘Tuhan kalau orang ini memijat dengan kuasa gelap, lindungi saya, Saya tidak mau disembuhkan oleh setan’. Apa yang terjadi? Ternyata saya sama sekali tidak sembuh. Saya anggap ini mungkin merupakan kebetulan, sehingga setelah itu saya masih mencoba 2 atau 3 x lagi, dan saya tidak pernah sembuh! Sekarang saya yakin bahwa orang itu menggunakan kuasa gelapnya dalam memijat dan saya tidak mau lagi datang kepada dia ataupun menyuruh orang ke sana!

Karena itu kalau saudara pijat, maka selalulah berdoa minta perlindungan Tuhan. siapa tahu tukang pijat itu juga menggunakan kuasa gelap! Pada akhir jaman ini, jangankan tukang pijat, pendetapun ada yang menggunakan kuasa gelap supaya dianggap sakti oleh jemaatnya!

Di samping itu titik-titik yang dipijat seringkali atau pada umumnya sama dengan titik-titik dari tusuk jarum, sehingga kalau tusuk jarum harus diwaspadai, jelas pijat juga demikian.

Juga dengan menyebarnya tenaga dalam pada saat ini, ada banyak tukang pijat memijat dengan menggunakan tenaga dalam, dan ini pasti termasuk occultisme!

o    Musik rock. Ada beberapa hal yang menyebabkan musik rock juga harus dicurigai atau diwaspadai:

Orang yang menonton pagelaran musik rock menjadi histeris (kerasukan?). Banyak di antara bintang-bintang rock yang termasuk golongan sesat, bahkan penganut gereja setan. Ada orang yang berkata bahwa ada cassette lagu rock yang kalau diputar terbalik ternyata berisi penghujatan kepada Kristus!

Catatan:

Jangan terlalu cepat menganggap sesuatu sebagai bukan termasuk occultisme, hanya karena saudara tidak melihat adanya hal-hal yang berhubungan dengan occultisme, seperti mantera, penggunaan lilin, pengosongan pikiran dsb. Kalau setan selalu membuat occultisme terlihat jelas sebagai occultisme, maka ia adalah setan yang bodoh! Kepandaian atau kelicikan setan bisa membuat hal-hal yang kelihatannya ‘cuma gitu tok’ ternyata adalah occultisme yang berbahaya!

Efek Atau Akibat Dari Ocultisme

Ingat bahwa berbeda dengan Tuhan yang mau memberi anugerah atau kasih karunia dengan cuma-cuma kepada orang yang tak berlayak sekalipun, maka setan adalah ‘pedagang ulung’, yang tidak akan pernah mau memberi kecuali kalau ia akan mendapatkan lebih banyak.

Ilustrasi:

Dalam film Friday the 13th yang diputar di TV beberapa waktu yang lalu diceritakan tentang sebuah sarung tangan ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit. Tetapi setelah menyembuhkan penyakit dari seseorang, maka tangan dari si penyembuh yang menggunakan sarung tangan itu menjadi melepuh secara mengerikan, dan ia harus mencari korban kemana ia bisa menyalurkan penyakit itu. Kalau ia menyentuh korban itu dengan sarung tangan itu, maka penyakit yang tadi disembuhkan akan mengalir kepada korban, tetapi berlipat ganda dahsyatnya, sehingga korban itu akan mati secara mengerikan. Sekalipun ini hanya merupakan cerita, tetapi ini merupakan illustrasi yang tepat tentang cara kerja setan. Ia memang mau menolong, asal ia lalu mendapatkan jauh lebih banyak.

Kalau saudara mempraktekkan occultisme, ataupun sekedar dipakai sebagai medium dalam praktek occultisme (misalnya: diramal atau dihipnotis), maka sekalipun saudara mendapat ‘sesuatu’, tetapi akan ada akibatnya:

1.    Menentang hal-hal rohani, seperti Firman Tuhan, doa, kebaktian dsb.

Mungkin mula-mula hanya kerinduan Firman Tuhan hilang atau menurun, malas berdoa atau melayani, tetapi hal ini makin lama akan makin memburuk. Ini memang merupakan sesuatu yang logis karena kalau kita membiarkan diri dikuasai oleh setan, maka pasti setan itu akan membuat kita menjauhi Tuhan atau hal rohani.

2.    Emosi yang kacau, seperti adanya depresi, ingin bunuh diri, gila dsb. Juga ada kemungkinan adanya mimpi-mimpi buruk.

3.    Karakter yang berubah, misalnya menjadi suka marah, suka menyendiri, sedih terus.

4.    Munculnya penyakit-penyakit tertentu, atau kematian keluarga. Ini sering terjadi pada orang yang punya ‘pesugihan’ dsb. Ingat bahwa setan memberi, tetapi lalu menuntut lebih banyak!

5.    Saudara ikut setan

6.    Tertahannya berkat Tuhan.

Dalam Kis 19:19-20 terlihat bahwa setelah jemaat membuang occultisme maka Firman Tuhan menjadi makin tersebar! Jadi jelas bahwa adanya jemaat yang mempraktekkan occultisme menyebabkan tertahannya berkat Tuhan.

Ini juga menjelaskan mengapa dalam Kis 16:16-18 Paulus menengking setan dari diri orang yang mengikutinya sambil mempropagandakan pelayanan Paulus. Orang itu kelihatannya tidak berbuat salah; ia bahkan kelihatannya ‘membantu’ Paulus. Tetapi Paulus tahu bahwa kalau ia bekerja sama dengan setan, Tuhan tidak akan memberkati pelayanannya dan karena itu ia bukannya berterima kasih kepada orang itu atau setannya tetapi ia menengking setannya.

Ini bedanya ikut setan dan ikut Tuhan. Kalau ikut Tuhan, maka sekarang untuk sementara kita akan mengalami banyak penderitaan, tetapi nanti kita akan menerima kebahagiaan atau kemuliaan kekal. Sebaliknya, kalau kita ikut setan, sekarang untuk sementara kita akan menerima keuntungan jasmani atau duniawi (itupun disertai dengan ketidakdamaian), tetapi nanti kita menerima kerugian atau kebinasaan atau hukuman kekal. Baca dan renungkan Mat 16:26!

Apa yang harus kita lakukan?

1.    Percaya kepada Yesus, tingkatkan iman atau kerohanian atau persekutuan dengan Allah, tingkatkan pengertian FT dan kekudusan. Ingat bahwa adanya occultisme tidak terhindarkan, seperti:

o    Musik rock. Ini diputar di mana-mana sehingga kita tak mungkin terhindar darinya.

o    Santet, gendam, guna-guna. Ini lebih-lebih tidak bisa dihindari, karena selalu bisa saja ada orang yang melakukan hal-hal ini terhadap kita.

o    Seseorang mengatakan bahwa padi di Indonesia selalu dipersembahkan kepada Dewi Sri.

o    Banyak restoran atau toko yang menggunakan Hu, Pat Kwa, Kantong merah Gunung Kawi dsb.

Hanya kalau kita mempunyai Yesus dan dekat dengan Tuhan maka kita bisa terlindung dari hal-hal yang tidak terhindarkan itu! Sadarilah bahwa Tuhan jauh lebih besar dari setan, dan karena itu mendekatlah kepadaNya.

Kesaksian:

Waktu saya ada di Malang, saya mempunyai seorang teman kos yang mempelajari semacam hipnotisme, di mana ia bisa mematikan sebuah lilin hanya dengan memandangi lilin itu. Ia mengajak saya untuk menonton dirinya mematikan lilin itu, tetapi saya menolak karena saya tahu itu adalah occultisme. Tetapi suatu waktu secara ‘kebetulan’ pada waktu saya masuk ke kamarnya ia sedang latihan. Ia mengatakan bahwa ia sudah berulang kali berhasil mematikan api lilin itu hanya dengan memandanginya, dan maminta saya untuk menontonnya.

Saya lalu duduk dan berdoa meminta supaya Tuhan mengatur sehingga lilin itu tidak mati. Waktu dipandangi, lilin itu lalu mengecil apinya dan hampir padam, tetapi saya lalu berdoa: ‘Tuhan, kalau lilin ini mati Engkau kalah dari setan. Aku minta supaya lilin ini jangan mati’. Dan dengan mendadak api lilin itu menjadi besar kembali.

Ia memandangi lagi, dan api lilin itu mengecil lagi dan saya melakukan hal yang sama. Demikian terjadi berulang-ulang, dan ia tidak bisa mematikan lilin itu. Akhirnya saya meninggalkan kamarnya dan ternyata ia tetap tidak bisa mematikan lilin itu. Setelah itu saya pergi dengan dia, dan saya berkata: ‘Tahukah kamu mengapa lilin itu tidak bisa mati? Karena saya berdoa. Tuhan saya lebih hebat dari setanmu!’

Bandingkan dengan Israel yang dilindungi oleh Tuhan dari serangan Bileam (Bil 22-24). Bdk. juga dengan Kej 31:24 – Yakub tetap dilindungi Tuhan sekalipun ada berhala dalam keluarganya (ingat bahwa Yakub tidak tahu menahu tentang berhala itu).

2.    Hati-hati atau waspada terhadap occultisme.

No 1 di atas harus kita lakukan karena adanya occultisme yang tidak bisa dihindari. Tetapi kalau bisa dihindari tentu kita harus menghindarinya. Karena itulah kita harus waspada terhadap occultisme.

Bukan terus takut (overemphasize), juga bukan sembrono (underestimate), tetapi hati-hati atau waspada. Kalau saudara tahu sesuatu itu adalah occultisme, saudara harus membuang atau menjauhinya.

Kesaksian:

Saya pernah diberitahu tentang seorang tukang pijat yang katanya hebat. Saya lalu pergi ke sana untuk pijat. Tetapi saya harus menunggu pasien-pasien yang lain, dan saya bisa melihat cara tukang pijat itu dalam memijat. Ternyata pada waktu memijat mulutnya komat kamit (membaca mantera?), dan ia juga meniupi bagian yang dipijat. Melihat suasana yang berbau occultisme itu, saya membatalkan niat untuk pijat dan saya pulang. Inilah yang saya maksud dengan sikap waspasda!

3.    Perlukah doa pelepasan untuk orang yang pernah ikut atau menjadi medium dalam occultisme?

Perlu, hanya kalau orang itu orang non kristen atau kristen KTP yang kerasukan setan gara-gara occultisme. Kalau tidak ada tanda-tanda kerasukan, saya berpendapat tidak dibutuhkan doa pelepasan. Juga kalau seseorang pernah terlibat occultisme, tetapi lalu bisa menjadi orang kristen sejati, maka tidak mungkin masih ada setan dalam dirinya, sehingga juga tidak dibutuhkan doa pelepasan.

Dasar Kitab Suci: dalam Kitab Suci tidak pernah ada orang kristen yang dilepaskan dari setan atau ditengking setannya!

Kesaksian:

Waktu kecil saya pernah dibawa ibu saya ke dukun kuku (yang bisa membuat kuku saya menjadi semacam televisi!), tetapi saya bisa menjadi orang kristen, dan tidak pernah membutuhkan doa pelepasan.

Bengcu Menjawab:

Pdt. Budi Asali adalah seorang sarjana teologi dengan gelar Master of Divinity. Dia mengaku reformed sejati yang mengakui Alkitab sebagai satu-satunya standard kebenaran firman Tuhan. Aneh bin ajaib. Kenapa ajaran okultisme yang diyakini dan diajarkannya sama sekali tidak menjadikan Alkitab sebagai sumber pengetahuannya dan standard kebenarannya? Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, ajaran okultisme pendeta Budi Asali MDiv benar-benar mengenaskan. Selain tidak alkitabiah juga bodoh setengah mati.

Hai hai VS Budi Asali

Setelah membaca tulisan Budi Asali tersebut di atas, saya menulis email kepadanya berikut ini diskusi kami:

Hai hai    : Saya sudah membaca tulisan anda yang berjudul Occultisme di sini. Menurut saya tulisan tersebut sangat mengenaskan dibandingkan tulisan-tulisan anda yang lain. Menegakkan pengetahuan okultisme di atas firman Iblis (Matius 4:8-9) benar-benar mengenaskan bagi seorang reformed. Menggunakan dongeng dan pengalaman yang tak teruji sebagai pendukung pengetahuan okultisme sama mengenaskannya.

Saya membaca bahwa anda akan memimpin seminar dengan thema: Dunia Roh Menurut Perspektif Reformed – Dalam Pembahasan ajaran Yakub Tri Handoko, Th.M. pada tanggal 5 Juni 2009. Hal itu membuat saya sangat khawatir karena mengira anda akan mengajarkan hal yang sama seperti tulisan anda atau menggabungkan tulisan anda dengan tulisan Yakub Tri Handoko, Th.M. Itu sebabnya saya segera menulis email ini.

Pdt. Budi Asal yang terhormat, selama bertahun-tahun saya mempelajari ajaran Alkitab tentang Iblis, roh-roh jahat dan berhala serta melakukan penyelidikan atas ilmu-ilmu sakti yang katanya dimiliki oleh para dukun dan para pengkotbah mantan dukun. Inilah kesimpulan saya.

Sulap adalah ilmu dan seni melakukan hal-hal gaib yang tidak ajaib. Pesulap melakukannya untuk menghibur. Dukun melakukannya untuk menipu  dan pengkotbah alam roh mengajarkannya sebagai okultisme untuk mencuri kebajikan.

Berikut ini adalah tulisan-tulisan saya yang diunggah di Komunitas Blogger Kristen SABDA Space. Semoga tulisan-tulisan itu menggugah anda untuk mengkaji ulang pemahaman anda tentang Dunia Roh. Saya sengaja memberi anda link supaya anda, selain dapat membaca tulisan utamanya juga mengikuti komentar-komentarnya.

Budi    : Saya hanya membaca sepintas tulisan tentang YHWH cemburu, dan saya tahu itu konyol. Kalau anda percaya itu ya terserah, tetapi bagi saya itu tulisan tolol. Tentang tulisan saya mengenai okultisme, saya yakin akan kebenarannya. Memang okultisme sukar dibuktikan dari Kitab Suci, karena ayat kitab suci yang terang-terangan menunjuk pada okultisme hanya berkenaan dengan ramalan, dan juga tentang horoscope. Tetapi itu sudah merupakan petunjuk bahwa hal itu jelas ada.

Pada saat saya mengajarkan okultisme itu, saya menambahkan bahwa segala sesuatu yang supranatural atau gaib, hanya bisa atau dari Tuhan atau dari setan. Ini satu-satunya rumus dari Alkitab yang bisa digunakan untuk menentukan apakah sesuatu itu okultisme atau bukan. Dan saya percaya semua yang saya anggap okultisme dalam tulisan saya sesuai dengan rumus yang satu ini. Kalau anda tetap tak mau percaya, itu terserah anda. Tetapi saya tetap memegang tulisan tersebut.

Hai hai    : Apabila anda benar, tulisan tersebut konyol dan tolol, kenapa tidak menyatakannya dengan Gamblang? Seri tulisan-tulisan yang saya referensikan kepada anda memiliki jumlah hit sangat tinggi. Termasuk tulisan-tulisan Kristen berbahasa Indonesia yang paling tinggi jumlah hitnya di seluruh Internet.

Bila tulisan itu konyol dan tolol, tidakkah anda tergerak untuk membuka kedoknya sehingga menghindarkan anggota Komunitas Blogger Kristen SABDA Space dari kekonyolan dan ketololan? Komunitas tersebut adalah Komunitas Blogger Kristen berbahasa Indonesia terbesar di dunia saat ini. Perkembangan komunitas tersebut luar biasa. Anda boleh mengujinya dengan menggunakan mesin pencari, misalnya Google. Ketikkan kata atau kalimat apa saja untuk dicari, maka anda akan melihat kenyataannya. SABDA Space selalu ada di halaman satu.

Ketika berusaha meyakinkannya untuk mengkaji ajarannya dengan kisah Saul dan Dukun Wanita En-Dor sebagai contoh, pendeta Budi Asali menjatuhkan vonis sebagai berikut:

Budi    : Sepintas lalu saja kelihatan kalau anda tak mengerti apa-apa. Hanya omong besar, tapi kosong. Setan asalnya malaikat, dan pada waktu jatuh ia hanya kehilangan kesucian, tetapi tidak kepandaian dan kekuatannya. Jadi dalam kekuatan ia tetap setara dengan malaikat. Dan malaikat jelas bisa melakukan hal-hal gaib. Jadi, setan juga bisa. Masih kurang jelas?

Saya tak butuh tulisan ini, saya juga sudah mempelajari semua tafsiran tentang roh Samuel. Saya yakin itu setan, dan saya tak percaya pandangan lain. Yang beda dengan saya dalam hal ini adalah pandangan tolol. Saya tak berminat debat dengan anda, karena anda orang tolol yang berlagak pinter. Jadi tak usah tulis email lagi, kalau tetap tulis saya hapus tanpa membacanya.

Kesombongan adalah awal kejatuhan. Itulah yang diajarkan oleh Alkitab dan itulah yang terjadi pada pendeta Budi Asali MDiv. Walaupun mengaku hanya membaca salah satu blog yagn direferensikan sepintas lalu namun dia langsung menjatuhkan vonis: hai hai tolol dan tulisannya konyol. Hai hai hanya omong besar tapi kosong dan berlagak sok pinter. Puncak kesombongan Budi Asali adalah ketika dia dengan jumawa memvonis: Pandangan yang berbeda dengannya adalah pandangan tolol. Karena sombong maka dia kehilangan kesempatan untuk memahami ajaran sejati Alkitab. Mari kita lihat, betapa mengenaskannya ajaran Okultisme Budi Asali dengan Alkitab sebagai standard kebenaran.

Budi Asali YAK-YAK-O

Budi Asali: Memang okultisme sukar dibuktikan dari Kitab Suci, karena ayat kitab suci yang terang-terangan menunjuk pada okultisme hanya berkenaan dengan ramalan, dan juga tentang horoscope. Tetapi itu sudah merupakan petunjuk bahwa hal itu jelas ada.

Pada saat saya mengajarkan okultisme itu, saya menambahkan bahwa segala sesuatu yang supranatural atau gaib, hanya bisa atau dari Tuhan atau dari setan. Ini satu-satunya rumus dari Alkitab yang bisa digunakan untuk menentukan apakah sesuatu itu okultisme atau bukan. Dan saya percaya semua yang saya anggap okultisme dalam tulisan saya sesuai dengan rumus yang satu ini. Kalau anda tetap tak mau percaya, itu terserah anda. Tetapi saya tetap memegang tulisan tersebut.

Sepintas lalu saja kelihatan kalau anda tak mengerti apa-apa. Hanya omong besar, tapi kosong. Setan asalnya malaikat, dan pada waktu jatuh ia hanya kehilangan kesucian, tetapi tidak kepandaian dan kekuatannya. Jadi dalam kekuatan ia tetap setara dengan malaikat. Dan malaikat jelas bisa melakukan hal-hal gaib. Jadi, setan juga bisa. Masih kurang jelas?

Pendeta Budi Asali yang mulia, mereka yang mengajarkan hal yang tidak diajarkan oleh Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya penyesat. Di dalam Perjanjian Lama orang-orang demikian disebut nabi palsu sementara di Perjanjian Baru mereka disebut guru-guru palsu. Saya menyebut orang-orang demikian pembual dan khusus untuk anda, saya sebut YAK-YAK-O alias sok tahu.
Dengan gelar Master of Divinity Theology, mustahil anda tidak tahu bahwa tidak ada satu ayat Alkitab pun yang mengajarkan bahwa Iblis adalah malaikat yang kehilangan kesucian, tetapi tidak kepandaian dan kekuatannya. Di samping itu, juga tidak ada satu ayat Alkitab pun yang mengajarkan bahwa malaikat memiliki kepandaian dan kekuatan untuk melakukan hal-hal ajaib. Anda boleh mempelajari Alkitab sampai kuda gigit jari namun mustahil menemukan catatan tentang Iblis dan malaikat melakukan hal-hal ajaib apalagi memberi kuasa, kekayaan, kesehatan, kesaktian, umur panjang, cinta dan lain-lainnya kepada manusia.

Kata Iblis kepada-Nya: “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.” Lukas 4:6-7

Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Matius 28:18

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Yohanes 8:44

Budi Asali yang mulia, Master of Divinity Theology yang terhormat, karena meyakini ucapan Iblis di dalam Lukas 4:6-7 adalah kebenaran, bukankah itu berarti anda meyakini Yesus membual ketika berkata-kata di dalam Matius 28:18 dan Yohanes 8:44? Bila meyakini ucapan Yesus benar, mustahil meyakini bahwa yang dikatakan Iblis dalam Lukas 4:6-7 adalah kebenaran bukan? Mustahil meyakini bahwa ucapan Iblis sama benarnya dengan ucapan Yesus bukan? Anda paham sekarang kenapa saya menyebut anda mendirikan doktrin Okultisme di atas firman Iblis?

Berhala Dan Dukun

Budi Asali adalah penganut Doktrin Iblis Menyamar. Dia meyakini bahwa dewa-dewi yang disembah oleh bangsa-bangsa adalah Iblis dan setan-setan yang menyamar sebagai malaikat terang. Walaupun nampak logis namun Doktrin Iblis Menyamar adalah ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah berhala, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit. 1 Tawarikh 16:26

Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat.” Yeremia 10:3-5

Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya, semuanya adalah kesia-siaan, pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum. Yeremia 10:14-15

Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya. Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: “Terjagalah!” dan kepada sebuah batu bisu: “Bangunlah!” Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya. Habakuk 2:18-19

Ayat-ayat Alkitab tersebut di atas dengan tegas dan gamblang mengajarkan bahwa dewa-dewi yang disembah oleh bangsa-bangsa adalah berhala. Ayat-ayat di atas juga mengajarkan dengan tegas dan gamblang bahwa berhala tidak memiliki roh alias benda mati belaka, itu sebabnya tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat. Apabila dewa-dewi alias berhala yang disembah setiap hari tidak memiliki roh, mustahil souvenir Bali dipenuhi roh-roh jahat bukan?

Budi Asali yang mulia, ketika menyatakan pandangan yang berbeda dengan anda adalah pandangan tolol, bukankah itu berarti anda memvonis para penulis Alkitab adalah orang-orang tolol? Atau anda YAK-YAK-O karena mengajarkan Doktrin Iblis Menyamar yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab? Apakah anda lebih suka disebut nabi palsu alias guru palsu? Atau anda lebih suka disebut si penyesat?

Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala. Zakaria 10:2

Anda benar! Alkitab memang mencatat keberadaan para dukun ramal. Namun  Zakaria 10:2 bukan satu-satunya ayat Alkitab yang mengajarkan dengan tegas dan gamblang bahwa para dukun ramal itu adalah pembual. Ada banyak ayat yang mengajarkan hal demikian. Walaupun mengaku mendapat mimpi dan penglihatan namun yang mereka lihat dan impikan adalah hampa alias omong kosong belaka dan yang mereka ramalkan itu tidak lebih dan tidak kurang adalah isapan jempol belaka. Ketika ada ramalan dukun yang tepat, seharusnya anda menghitung dulu, berapa banyak ramalannya yang ngaco-belo sebelum menyimpulkan bahwa dukun itu sakti mandraguna. Ketika ada dukun ramal yang mengaku melihat arwah atau roh, ketahuilah bahwa Alkitab mengajarkan bahwa dia hanya melihat hampa alias tidak melihat apapun.

Pendeta Budi asali yang mulia, Master of Divinity Theology lulusan Amerika yang terhormat, kenapa anda YAK_YAK-O mengajarkan bahwa para dukun ramal itu sakti mandraguna sementara Alkitab mengajarkan bahwa mereka hanya para penipu dan membual? Mustahil anda mendapat wahyu baru, bukan?

Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. 2 Tesalonika 2:9-10

Emas adalah emas. Baik diberikan oleh Tuhan atau diperoleh dari Iblis, namun selama emas itu menunjukkan dirinya emas asli ketika diuji, itu berarti kita harus mengakuinya sebagai emas asli. Hanya orang-orang bodoh yang mengajarkan bahwa emas yang datang dari Iblis adalah emas palsu walaupun asli ketika diuji. Emas palsu adalah benda yang nampak seperti emas namun ketika diuji, sama sekali bukan emas.

Mujizat adalah mujizat. Baik dilakukan dengan kuasa Tuhan maupun dilakukan dengan kuasa Iblis, namun selama mujizat itu menunjukkan dirinya mujizat asli ketika diuji, itu berarti kita harus mengakuinya sebagai mujizat asli. Hanya orang-orang bodoh yang mengajarkan bahwa mujizat yang dilakukan dengan kuasa Iblis adalah mujizat palsu walaupun asli ketika diuji. Mujizat palsu adalah hal-hal yang nampak gaib namun sama sekali tidak ajaib ketika diuji. Nampak gaib namun sama sekali tidak ajaib, itulah yang disebut sulap.

Sulap adalah ilmu dan seni melakukan hal-hal gaib yang tidak ajaib. Pesulap melakukannya untuk menghibur. Dukun melakukannya untuk menipu dan pengkotbah alam roh mengajarkannya sebagai okultisme untuk mencuri kebajikan.

Pendeta Budi Asali yang mulia bersaksi tentang temannya yang mengaku memiliki kekuatan gaib untuk memadamkan lilin dengan pandangan matanya. Suatu hari, dia berdoa sementara temannya memelototi lilin agar padam. Dia melihat, berkali-kali lilin itu mengecil hampir padam namun kemudian membesar kembali nyalanya. Budi Asali yakin bahwa hal itu terjadi karena Tuhan menjawab doanya dengan menunjukkan kuasa-Nya untuk menekan kekuatan gaib temannya. Kerabatku sekalian, Apa pendapat anda tentang kesaksian sang Master of Divinity Theology lulusan Amerika tersebut?

Pendeta Budi Asali yang terhormat, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda tidak tahu bahwa anda tidak tahu, itu sebabnya anda YAK-YAK-O alias sok tahu.

Mutu sebuah lilin ditentukan oleh kualitas sumbunya. Lilin yang kualitas sumbunya jelek nyala apinya tidak stabil. Ketika membakar bagian sumbu yang jelek api lilin akan mengecil, dalam kondisi demikian, hembusan angin kecil sekalipun akan memadamkannya.

Handai taulanku, belilah sebatang lilin lalu nyalakan dan perhatikan nyala apinya. Dengan mempelajari nyala api lilin, maka anda akan tahu kebenarannya sehingga mustahil tertipu oleh omong kosong Budi Asali tentang kekuatan gaib memadamkan lilin dengan pandangan mata.

Pendeta Budi Asali yang mulia, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, sebaiknya anda tidak bersaksi lagi tentang kekuatan gaib teman anda yang mampu memadamkan lilin dengan pandangan mata, bila tidak mau disebut YAK-YAK-O atau tolol sekali. Pak pendeta, maaf lho, telah merusak keyakinan anda selama bertahun-tahun tentang kekuatan melotot. Kekuatan gaib melotot? Ha ha ha ha … Melotot dari hongkong?

Bapak pendeta Budi Asali yang mulia, anda pernah melihat Pendulum, Jailangkung, Fuji (cucing), Ouija beraksi? Bila anda sedikit lebih lebih rendah hati, maka saya yakin anda akan sedikit lebih cerdas dan bertanya seperti hai hai bertanya. Apabila benar Pendulum, Jailangkung, Fuji (cucing), Ouija beraksi karena digerakan oleh roh, kenapa diperlukan campur tangan manusia? Bila tidak dipegang, Pendulum tidak akan bergoyang, Jailangkung tidak akan menulis, penunjuk  Fuji dan Ouija tidak akan bergeser memilih huruf. Bila digerakkan oleh roh, kenapa harus dipegang baru bisa beraksi?

Ideomotor effect adalah gejala psikologi di mana seseorang membuat gerakan tanpa menyadarinya.

Handaiku sekalian, ketahuilah bahwa Pendulum, Jailangkung, Fuji (cucing), Ouija beraksi karena Ideomotor effect. Itu sebabnya, tanpa campur tangan manusia, benda-benda tersebut mustahil beraksi. Ambilah sebuah cincin lalu gantunglah dengan kalung atau benang. Peganglah dan konsentrasilah untuk diam atau berdoalah agar cincin sebagai pendulum tidak bergerak lalu tunggulah. Beberapa saat kemudian, cincin sebagai pendulum akan bergoyang. Anda juga boleh mencoba dengan yang lainnya. Setelah mencobanya sendiri, mustahil Budi Asali mampu membodohi anda lagi dengan ajaran Pendulum, Jailangkung, Fuji (cucing), Ouija beraksi karena digerakan oleh roh setan-setan.

Bila giat berlatih bulutangkis maka smesh yang anda lakukan semakin hari semakin keras. Bila giat berlatih angkat besi maka semakin hari kekuatan angkatan anda semakin bertambah. Bila giat berlatih memukul dan menendang maka semakin hari pukulan dan tendangan anda semakin kuat. Bila giat berlatih maka semakin hari kekuatan dan kemampuan anda memecahkan dan mematahkan benda-benda keras semakin meningkat.

Bila bertemu dengan pesilat yang mengaku punya tenaga dalam sehingga mampu menjatuhkan lawan tanpa menyentuhnya, mintalah dia untuk menjatuhkan segelas air terpental tanpa menyentuhnya. Bila mampu menjatuhkan lawan yang beratnya puluhan kilogram, mustahil tidak mampu membuat segelas air terpental tanpa menyentuhnya bukan? Setelah bertemu dengan orang-orang demikian, belum terlambat bagi anda untuk mempercayai bahwa tenaga dalam itu memang ada.

Sejak kecil dicekoki dongeng-dongeng dan tahyul, itu sebabnya setelah dewasa kita mudah sekali ditipu dengan dongeng-dongeng dan hal-hal gaib yang tidak ajaib dari para dukun dan para pengkotbah pencuri kebajikan seperti Budi Asali. Mulailah berlaku cerdik dengan berpikir secara logis dan bertindaklah bijaksana dengan menguji hal-hal yang nampak gaib itu, kawan. Alkitab mengajarkan bahwa semua hal-hal gaib itu sama sekali tidak ajaib, itu sebabnya disebut mujizat palsu. Anda menganggap hal-hal itu gaib karena belum paham triknya.

NB.
Untuk membaca blog-blog hai hai yang lain tentang Budi Asali, silahkan Klik di SINI.

About these ads

22 thoughts on “Budi Asali Membual Karena Okultisme Bukan Begini

  1. kalo uangnya dah cair jangan lupa ya sebagian tolong disedekahkan ke lokalisasi terdekat.pahalanya besar lo.kamu tahu gak pahalanya menyedekahi lokalisasi ?
    pahalanya adalah kamu bisa masuk dan merasakan indah serta nikmatnya berada di surga birahi.dan kalo pendetamu juga ikut menyumbang pendetamu juga akan kebagian jatah.disana kumu akan dapat servis istimewa dari para bidadari,servisnya itu sendiri macam macam mulai dari lulur kontol,uluman kontol0/ORAL SEX, sampai sex penuh kamu dan pendatamu bebas memilih bidadari sesuai selera masing-masing.

    kamu kalo rajin koleksi bokep kamu pasti akan tahu dibeberapa bokep juga ada yang menampilkan adegan ngesex antara para bidadari dengan para pendeta.asal kamu tahu ya bokep itu juga asli diambil dari surga secara sembunyi-sembunyi oleh perusahaan bokep.dan adengan itu adalah adegan sex asli dari para pendeta dengan para bidadarinya.dan para pendeta mendapat layanan sex secara cuma-cuma juga karena mereka rajin bersedekah ke lokalisasi.

    kata beberapa pendeta sucimu yang bernama pendeta movie xxx,pendeta cabul dan pendeta bokep dimasa lalu mereka bertiga pernah bersabda “barang siapa rajin bersedekah dan berdoa di lokalisasi maka pintu surga birani akan terbuka baginya,oleh karena itu janganlah tangung-tanggung kalo menyumbang.sebab di surga (lokalisasi) para bidadari(pelacur) sedang menantimu.jadi umat keristen wajib menyumbang dan berdoa ke lokalisasi minimal menyumbang kan kontol kepada para pelacur kesepian.kalo berdoa minimal mendoakan agar dunia prostitusi selalu langgeng.”

  2. Sebagai orang yang dipanggil Tuhan bukan karena kehendak saya (bahkan saya mencoba melarikan diri) untuk melayani dalam pelayanan okultisme selam 7 tahun dan sering melakukan pelayanan pelepasan, bahkan berbicara dengan roh yang merasuki, tidak semua yang anda katakan itu benar, dan tidak juga semua yang anda katakan itu salah. Tetapi saya beritahukan suatu rahasia:
    1. Ketika anda berbicara dengan seorang manusia kemungkinan anda berbicara dengan (Tuhan, pribadinya atau setan) tergantung roh apa yang mengendalikan.
    2, Iblis tidak kehilangan pengetahuannya (Sepintar-pintarnya seorang teolog bahkan teolog sekelas Paulus masih kalah dengan setan yang paling bodoh, karena dia mantan hamba Tuhan/malaikat: dia pernah melihat sorga dan melayani Tuhan dan melihat eksistensi dunia mulai dari Adam sampai saat ini dan sampai Yesus datang keduakalinya; saran saya ”Jangan bangga dengan pengetahuan teologi”).
    3. Iblis bersembunyi dibalik agama palsu dan ajaran palsu.
    4. Ingatlah bahwa arti kata ”Rohani” (coba hilangkan kata ani, maka yang tinggal adalah kata ”roh” ini bicara hal supranatural, jadi jangan mengukur tinggi dengan kilogram, pakailah meteran untuk mengukur tinggi.
    5. Orang Farisi dan ahli Taurat mengerti setiap Firman Tuhan tetapi sebagian mereka adalah anak=anak Iblis, itu sebabnya Yesus katakan bahwa Iblislah yang menjadi bapa mereka
    Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s