Buruh Harian


aku
buruh harian
upahku untuk kerjaku hari ini
kerja kemarin sudah dibayar lunas
kerja kemarin bukan kerja hari ini
kerja kemarin dikenang
kerja hari ini dibayar
seribu hari bekerja baik
hari ini bersalah,
tidak mendapat upah
itulah jalan hidup buruh harian
selaksa hari sudah bekerja, apalah guna?
sebab aku adalah buruh harian
walau berlaksa hari telah lalu
setiap hari aku adalah buruh baru

aku
buruh harian
bukan buruh jam-jaman
walau bekerja dari pagi
tak megahkan diri pada yang mulai siang
pun sore hari
tak iri,
meski upah kami sama

aku
buruh harian
Tuanku hanya pekerjakan buruh harian
semua pekerja-Nya buruh harian
buruh harian

Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari?  Matius 20:13

About these ads

9 thoughts on “Buruh Harian

  1. om hai…, dengan meyakini konsep dwitunggal :Yesus kristus =Allah (saya gak ngerti ttg RK) kira kira saya udah termasuk menduakan Allah gak ya..?
    selama ini saya udah sering juga sih ngebaca buku buku yang berbau unitarian gitu tapi saya tetap gak ngerti juga konsep monotheisme mutlak.

    • @g, KELUAR dulu dari DOKTRIN Tiga Allah kembar SIAM alias Allah Tritunggal. Anda MUSTAHIL memahami ajaran Alkita dengan BENAR bila kekeh jumekeh memandangnya dengan KACAMATA Allah Tritunggal alias TIGA Allah kembar SIAM. Bacalah tulisan-tulisan saya tentang Allah Tritunggal.

  2. om hai…,sebenernya saya tuh udah berkali kali ngebaca tulisan om ttg tritunggal.perasaan dlunya saya juga udah ngerasa paham ttg monotheistik.
    Tapi setelah saya membandingkan dengan isi alkitab (kejadian – wahyu) saya belum berani dech jadi seorang monotheistik mutlak.(belum saatnya kali ya…)

    om hai…, ttg roh kudus,sebenarnya roh kudus itu siapa, apa perpaduan dari trikotomi yesus?atau bagaimana om?sebab khan kemarin om ngebedain tuh antara Gelap- terang-nashamah chay.(trikotomi) yhwh -elohym -roh kudus.

    • @g, pengetahuan anda masih jauh dari ajaran Alkitab. Sementara anda belajar bersabarlah. Saya sendiri belum menulisnya karena belum menemukan CARA untuk menjelaskannya dengan GAMBLANG. Menjelaskan kepada orang agama Buddha dan khonghucu mudah sekali namun menjelaskan kepada orang Kristen yang sudah kekeh jumekeh Allah tritunggal benar-benar MAKAN Ati. Karena mereka memasukan Allah ke dalam Toples Tritunggal. tunggulah sampai saya menemukan CARA yang mudah.

      • om hai mau menulis blog ttg roh kudus..? asyik dong..,sekalian ya ttg perpaduaan terang+ gelap+ nashamah chay dlm diri yesus. (trikotomi kah? tritunggal kah? or 3 in 1..)
        om hai, sekalian juga ya ttg iblis dihukum (kitaab wahyu),om hai.., sekalian juga ya dengan alasan mengapa sich murid murid harus nunggu 10 hari setelah kenaikan yesus ke sorga ,plus satu ayat lagi dech :”di sorga ada tiga yang memberi kesaksian bapa anak dan roh kudus,dan ketiga nya adalah satu” (saya lupa tertulis dimana..)
        thank U om hai.. di tunggu dech blog nya

    • @g, banyak orang yang MENYANGKA dirinya TAHU yang dirinya TIDAK TAHU. Itu sebabnya dia mengajukan pertanyaan untuk hal yang dia TIDAK TAHU dan menyangka dirinya PASTI menjadi TAHU begitu pertanyaannya DIJAWAB. Pemikiran demikian SALAH TOTAL ketika berhubungan dengan AJARAN Alkitab. Kenapa demikian? Karena masalahnya adalah anda TIDAK TAHU bahwa anda TIDAK tahu itu sebabnya MENYANGKA anda SUDAH tahu yang anda TAHU dan tahu yang anda TIDAK tahu.

      Kebanyakan mahasiswa teologi menyangka BISA memahami ajaran Alkitab tanpa MEMBACA Alkitab asal RAJIN membaca buku-buku teologi dan mendngar kuliah atau kotbah. Hal yang sama juga diyakini oleh kebanyakan orang Kristen. Tentu saja KEYAKINAN demikian NGACO BELO! BERAPA banyak pun buku teologi yang anda BACA dan tak peduli berapa banyak kotbah dan kuliah yang anda dengar, anda MuSTAHIL memahami ajaran Alkitab dengan LENGKAP dan BENAR bila TIDAK GEMAR membaca atau MENDENGAR Alkitab. Generasi ini beruntung karena selain ada Alkitab TULISAN yang bisa dibaca, dalam generasi ini kita juga punya Alkitab LISAN ygn bisa didengarkan.

      Anda mau BELAJAR Alkitab? Anda mau memahami ajaran Alkitab? Langkah pertama adalah KEMBANGKAN dulu GEMAR membaca atau MENDENGAR Alkitab. Kebanyakan orang belajar Alkitab dengan MEMAKSA dirinya membaca Alkitab. Tentu saja CARA demikian alih-alih menjadikan GEMAR Alkitab justru memacu MUAK Alkitab. Cara melatih diri GEMAR membaca atau mendengar Alkitab adalah BERHENTI membaca sebelum BOSAN atau tidak ASYK lagi. TIDAK membaca Alkitab waktu nggak MINAT. Bacalah Alkitab ketika anda HAPPY! Mulailah dengan MEMBACA SATU AYAT secara rutin. hanya SATU ayat. Bila SUKA lanjutkan DAN behenti begitu ada gejala tidak ASYK lagi. Namun MULAILAH dengan SATU ayat saja. BACA SAJA satu ayat lalu BERHENTI. Ngerti nggak NGERTI peduli SETAN sebab anda hanya MEMBACA. Kalau ngerti Syukur kalau nggak NGERTI emang dipikirin? Kalau SUKA sekali dan mau menghafalnya, hafalkan saja.

      Tidak ada KEHARUSAN untuk membaca Alkitab. Membaca Alkitab tidak akan membawa anda ke sorga. Tidak membaca Alkitab nggak mungkin menyebabkan anda ke neraka. Itu sebabnya BACALAH Alkitab karena MENGASYKKAN. Jangan membaca Alkitab karena KEHARUSAN.

      BERTANYA itu bagus. Namun, bila PERTANYAAN anda SALAH mustahil saya MENJAWAB dengan BENAR. Makanya saya tidak akan BUANG-BUANG waktu untuk menjawab PERTANYAAN salah sebab MENJAWABNYA berarti SEMAKIN menyesatkan yang bertanya.

  3. Om hai,thanks atas nasehatnya yang udah panjang x lebar x tinggi.

    Kalau boleh tau ni…,kenapa sih om selalu menuduh yhwh menipu adam tentang larangan makan buah pengetahuan yang baik & jahat?
    hanya karena adam&hawa gak mati setelah makan buah itu?
    padahalkan kalaupun itu dianggap sebagai penipuan bukankah yang patut dipersalahkan itu adalah elohim?
    Karena elohim yang memberi perintah itu:

    lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: “semua pohon dlm taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas,
    tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu jangan kau makan buahnya,sebab pada hari engkau memakannya pastilah engkau mati.” (kejadian 2:16-17)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s