Adidas Adalah Anak Desa Ingin Dasyat


Tampang anda biasa saja, sebagian teman bahkan bilang anda jelek. Badan anda lumayan parah, nggak tinggi dan nggak kekar berotot. Anda bukan bintang pelajar, bukan atlit olahraga juga bukan pemain musik apalagi pemilik suara merdu. Anda bukan orang kaya, bahkan kalau mau jujur, anda termasuk kelompok MASOKIN, Masyarakat Orang Miskin. Anda selalu menarik diri dari pergaulan, terutama dari para wanita, karena merasa tidak punya apapun untuk dibanggakan dan berpikir mereka pasti tidak akan menyukai anda. Ketika jatuh cinta, anda memendamnya sendiri karena yakin si dia pasti akan menolak cinta anda.

Sejak kecil anda menyukai dongeng, karena itulah satu-satunya harapan bagi anda untuk berubah menjadi pangeran. Setelah dewasa anda rajin berdoa, hidup menaati firman Tuhan, namun mujijat tak kunjung datang. Setiap kali memandang diri sendiri anda menemukan kenyataan, bahwa diri anda adalah bukti ketidak adilan Tuhan, namun terlalu takut untuk melakukan protes kepada Tuhan. Walau menekannya, namun jauh di lubuk hati yang terdalam, anda mendendam pada dunia dan sering membayangkan, bila waktunya tiba, ketika anda memiliki harta dan kekuasaan, anda akan membalas dendam kepada dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari saya sering sekali berjumpa dengan orang-orang demikian, bahkan duapuluh sekian tahun yang lalu saya adalah salah satu orang demikian. Apabila anda adalah salah satu orang demikian, maka saya hanya bisa mengucapkan dua kata bagi anda, “BIAR RASA!” Terhadap diri sendiri, dulu saya mengucapkan dua kata yang lainnya, “BIAR MAMPUS!”

Siapa bilang dunia ini adil? Keadilan hanya ada di rumah ibadah. Di dalam gereja anda disapa “saudara-saudara yang kekasih dalam Kristus,” namun begitu berjalan sampai pintu, anda akan disalami sesuai dengan pakaian anda, ketika berjalan sampai halaman, maka anda akan dipandang sesuai dengan kendaraan yang anda gunakan. Jangan pernah percaya pada ucapan para wanita yang mengatakan mereka tidak memandang rupa, harta dan kuasa. Kebanyakan wanita mengucapkan hal itu karena mereka pikir lelaki suka mendengarnya. Hanya wanita-wanita putus asa yang tidak memandang rupa, harta dan kuasa.

Inilah kenyataan yang harus anda hadapi. Bila anda orang paling jelek, miskin, bodoh dan tidak berbakat dalam kelompokmu, maka engkau adalah orang terakhir yang akan dipilih oleh wanita dalam kelompokmu untuk menjadi pasangan hidupnya. Tolong jangan sakit hati, sebab lelaki juga berpikir dengan cara yang sama dan melakukan hal yang sama. Laki-laki akan jatuh cinta pada wanita tercantik dan terseksi dalam kelompoknya, bila gagal, dia akan menurunkan standardnya. ha ha ha, selama bertahun-tahun saya sering menasehati wanita-wanita lajang agar memperhatikan kelompoknya, agar memilih kelompoknya, bahkan membentuk kelompok baru bila perlu. Jadilah wanita tercantik dan terseksi dalam kelompok lajangmu, maka laki-laki terbaik dalam kelompokmu akan jatuh cinta padamu. Hai wanita, jangan terlena, orang terakhir yang akan mencarikan jodoh bagimu adalah teman-teman lelakimu, bila engkau lajang, bergaullah dengan sesama perempuan lajang. Nasehat tersebut nampaknya cukup berhasil.

Kalau anda jelek, maka jangan bermimpi untuk menjadi lelaki ganteng. Kalau anda pendek, maka jangan bermimpi untuk menjadi lelaki tinggi. Kalau anda cacat, maka jangan bermimpi untuk jadi lelaki normal. Kalau anda miskin, maka jangan bermimpi untuk menjadi pangeran. Mimpi-mimpi demikian hanya menjadi kenyataan di dunia dongeng.

Bila anda jelek, berharaplah untuk menjadi lelaki jelek paling menyenangkan di dunia. Bila anda pendek, maka berharaplah untuk menjadi lelaki pendek paling menyenangkan di dunia. Kalau anda cacat, maka berharaplah untuk menjadi lelaki cacat paling menyenangkan di dunia. Kalau anda miskin, maka berharaplah untuk menjadi orang miskin paling menyenangkan di dunia.

Tubuh yang krempeng dapat dilatih menjadi kekar, minimal menjadi tubuh yang padat berisi dan sehat. Bila tidak berbakat olah raga, maka berlatilah lebih keras. Suara yang jelek, bila bernyanyi dengan cara yang benar, akan terdengar cukup enak di telinga. Bila berlatih dengan giat, maka setiap orang dapat memainkan alat musik (belajarlah main gitar, itu yang termudah). Bila lambat untuk memahami, maka belajarlah lebih lama dan lebih sering. Bila tidak pandai berpuisi, maka belajarlah bahasa Indonesia dengan baik, minimal anda mampu menikmati puisi. Bila pemalu, maka sering tampil akan membuat anda terbiasa. Bila berdansa adalah salah satu syarat untuk dapat bergaul, maka belajar dansalah. Bila berlatih dengan cara yang benar dan giat, maka anda pasti bisa, walaupun tidak berbakat. Mungkin anda tidak akan menjadi yang terhebat, namun yang anda perlukan hanya melakukan semuanya dengan benar.

Apabila anda merasa diri sebagai lelaki paling malang di dunia, maka anda adalah orang pertama di dunia ini yang harus belajar untuk mencintai diri sendiri apa adanya. Ketika mampu menerima segala kekurangan dan mencintai diri sendiri apa adanya, maka dengan mudah anda dapat memetakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan menentukan apa yang dapat dirubah dan mana yang tidak mungkin anda rubah. Menurut saya, hanya ada dua hal yang tidak mungkin anda rubah yaitu, wajah dan tinggi badan anda, sisanya dapat anda rubah dengan sedikit kerja keras. Ketika mampu mencintai diri apa adanya, maka anda tidak akan merasa malu untuk mencari guru-guru untuk melatih diri dan tidak akan merasa dilecehkan atau dihina ketika dilatih.

Banyak orang yang tidak mau berubah. Bukan, sebenarnya bukan tidak mau berubah, mereka tidak berani berubah, karena sebelum berubah, harus mengakui kelemahan diri sendiri dan mencintai diri apa adanya. Daripada melatih diri, orang-orang ini justru mengeraskan hati untuk tetap menjadi diri saat ini dan mencari kambing hitam untuk membenarkan diri sendiri. Banyak orang yang berpikir, bila berubah, maka dirinya akan menjadi bahan ejekan teman-teman. Pendapat ini sama sekali salah. Kalaupun ada handai taulan yang mengejek anda, katakan pada mereka, bahwa anda memang sedang berusaha untuk melatih diri menjadi orang yang lebih menyenangkan bagi semua orang, lalu mintalah pendapatnya tentang diri anda dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang lebih menyenangkan. Ketika mereka memberi nasehat atau mengeritik anda, dengarkan baik-baik. Pendapat mereka tentang anda mungkin tidak semuanya benar, tetapi sadarilah, itulah pendapat mereka atas diri anda, itulah kesan yang anda tampilkan selama ini kepada mereka. berterima kasihlah kepada mereka dan mintalah mereka untuk menjadi konsultan anda dalam rangka melatih diri sendiri.

Berapa lama waktu yang anda perlukan untuk benar-benar berubah? Seumur hidup anda. Anda harus terus-menerus melatih diri seumur hidup, anda harus membina diri seumur hidup. Namun, jangan kuatir, sekali memulainya, maka selanjutnya anda akan melakukannya dengan senang hati, dengan berlalunya waktu, maka anda akan melakukannya secara reflek. Membina diri secara reflek untuk menjadi orang baik adalah anugerah Tuhan.

Berapa banyak teman-teman yang akan menyadari perubahan anda? Tidak banyak! Hanya orang yang benar-benar peduli, cemburu dan membenci anda yang menyadarinya. Teman-teman yang peduli akan memuji setelah ngeledek anda, orang-orang yang cemburu dan membenci akan berhenti mengejek ketika tahu usahanya sia-sia, apalagi bila anda justru menjadikan mereka sebagai sahabat untuk membantu. Kalaupun mereka menyebarkannya kepada teman-teman lainnya, anggaplah itu sebagai anugerah. Karena sekarang banyak sekali orang yang tahu, bahwa anda sedang membina diri. Anda akan mendapatkan banyak sekali nasehat, walaupun dalam bentuk ejekan, tetap saja itu adalah nasehat. Silahkan membaca tulisan saya yang berujudul: Semua Manusia Adalah Orang BEBAL, untuk memahami, bagaimana cara otak manusia bekerja.

Kepada siapa anda harusbelajar? Anda dapat menghadiri seminar-seminar, mendaftar ke pusat-pusat pelatihan pengembangan diri. Namun yang lebih murah adalah bila anda mempelajarinya dari buku-buku. Yang paling murah adalah bila anda belajar dari teman-teman sendiri. Apabila tidak memiliki teman-teman demikian, maka carilah di lingkungan anda, orang-orang yang sukses dalam pergaulan, datangi mereka dan nyatakan bahwa anda hendak belajar kepada mereka. Temukan orang-orang yang sukses dalam pergaulan yang dapat anda percayai, jadikan mereka guru, jadikan mereka konsultan anda.

Hanya sekali kita hidup, itupun akan segera berlalu. Bila tidak melakukan sesuatu, maka anda tidak akan mengubah apapun. Bila melakukan sesuatu, maka anda akan dapat segera memperbaikinya bila yang dilakukan itu salah. Semakin cepat melakukannya, semakin banyak waktu bagi anda untuk melakukan koreksi. Semakin sering melakukannya, anda akan semakin ahli. Hanya orang-orang BEBAL yang melakukan hal yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda.

Mungkin anda berpikir, bahwa anda adalah lelaki paling malang di dunia, dilahirkan dengan tampang jelek, bahkan mungkin cacat dalam keluarga miskin tanpa bakat sama sekali. Bila anda adalah lelaki demikian, maka, maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya hanya dapat mengucapkan dua kata bagi anda, “Biar rasa!” Bila anda ingin ucapan yang lebih garang, maka saya katakan, “Biar Mampus!” Siapa bilang dunia ini adil, keadilan hanya ada di rumah ibadah. Saya tidak menaruh belas kasihan sama sekali pada anda. Bila anda mengasihani diri sendiri, maka silahkan membaca biografi Stephen William Hawking, Phd, CH, CBE, FRS, FRSA, gelar-gelar di belakang namanya adalah gelar-gelar yang diperoleh setelah dia menderita penyakit amyotrophic lateral sclerosis. Setelah anda membaca biografinya, maka kita dapat berdiskusi tentang keadilan di dunia ini.

Untuk menjadi orang sukses, anda hanya membutuhkan 1 talenta dan mengusahakannya. Bila anda berkeluh kesah dan menguburnya, maka percayalah, Alkitab mencatat, Tuhan akan menghajar anda habis-habisan.

Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Matius 25:18

Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Matius 25:24

Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan! Matius 25:25

Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam? Matius 25:26

Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. Matius 25:27

Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. Matius 25:28

Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Matius 25:29

Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.” Matius 25:30

Setiap laki-laki minimal memiliki 1 talenta, yaitu rendah hati. Bila rendah hati, maka anda akan mencintai diri sendiri apa adanya, bila mengembangkan telenta tersebut, maka anda akan menjadi lelaki yang mau belajar dan diajar. Banyak lelaki menyatakan diri mau belajar, namun ketika diajar, mereka mencari alasan untuk mengeraskan hati demi tidak belajar, lebih lanjut, mereka akan mencari kambing hitam untuk membenarkan diri sendiri. Bila anda adalah orang demikian, bertobatlah, atau anda akan menjalani hidup penuh penderitaan dan Tuhan akan menghajar anda habis-habisan.

Ada banyak kesuksesan di dunia ini, namun ada tiga di antaranya yang paling penting. Pertama, sukses dalam pergaulan, kedua, sukses secara ekonomi dan ketiga, sukses dalam perkawinan. Di antara ketiga sukses tersebut, yang pertamalah yang terpenting.

Bila sukses dalam pergaulan, secara otomatis hal itu akan memudahkan anda berhubungan dengan sesama rekan kerja maupun relasi usaha. Karena sukses dalam pergaulan, maka anda akan memikat gadis yang ingin anda kawini (kebanyakan lelaki tidak kawin dengan wanita yang ingin mereka kawini, tetapi kawin dengan wanita yang mau ketika diajak kawin) dan mengawininya. Bila mengawini wanita yang ingin dikawini, itu berarti sudah sukses 50% dalam kehidupan perkawinan anda.

Sukses dalam pergaulan tidak ditentukan oleh berapa banyak dan berapa hebatnya orang-orang yang anda kenal. Sukses dalam pergaulan dapat diukur dari berapa banyak teman yang menghormati dan berteman dengan anda tanpa pamrih. Sukses dalam ekonomi tidak ditentukan oleh berapa banyak harta yang anda miliki. Siapa yang bekerja paling keras dan paling cerdas berhak makan paling kenyang. Anda dapat mengukur sukses ekonomi dengan membandingkan unjuk kinerja dan jumlah harta yang diperoleh. Sukses perkawinan dapat diukur dari rasa saling hormat menghormati antara anda dan istri anda serta berapa kasmarannya anda berdua.

ADIDAS = Anak Desa Ingin Dasyat. Dunia ini penuh dengan adidas, Daud adalah seorang adidas, bahkan ketika Yesus hidup di dunia, Dia hidup sebagai adidas. Bila anda merasa orang paling malang di dunia, bergabunglah dengan para adidas. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencintai diri tanpa syarat. Sekali anda mampu mengasihi diri sendiri tanpa syarat (Bacalah tulisan I Love My Self) dan memahami bagaimana cara otak kita bekerja, maka selanjutnya anda dapat membina diri untuk menjadi orang paling menyenangkan di dunia.

6 thoughts on “Adidas Adalah Anak Desa Ingin Dasyat

    • ha ha ha ha … saya senang anda sudah membacanya dan membina diri untuk berubah. Jangan takut untuk berubah sebab bila tidak suka dengan diri anda yang BARU, selalu BISA kembali kepada yang lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s