Tanggal Muda


Tanggal muda, tanggal semua orang yang statusnya karyawan baru gajian, tanggal semua bos-bos duitnya paling dikit, coz dah dipake bayar gaji, tanggal ATM-ATM penuh orang antri begitu juga di bank. Ini hanya beberapa fenomena yang saya lihat di gereja-gereja yang ada di kota.

Tanggal muda, biasanya gereja lebih sepi, karena kebanyakan jemaat pergi berlibur, Namun, kotbah-kotbah biasanya jauh lebih berbobot dibanding minggu-minggu lainnya. Para pengkotbah di sebagian gereja juga baru gajian sehingga semangatnya ketika menyiapkan kotbah lebih terpacu. Pengkotbah di sebagian gereja lainnya membayangkan kolekte yang lebih banyak dari minggu sebelumnya, hal itu juga memacu semangat mereka ketika menyusun kotbah.

Pada tanggal muda, kebaktian di gereja-gereja protestan umumnya lebih singkat dari biasanya, doa safaat juga lebih singkat dan nyanyian-nyanyian yang dipilih, selain lebih singkat juga lebih ceria. Di gereja-gereja pantekosta dan kharismatik, kebaktian justru berjalan lebih lama. Pujian dan penyembahan selain lebih lama, juga berjalan lebih hikmat di banding minggu-minggu lainnya, pengkotbah akan berkotbah lebih semangat dan umumnya, pengkotbah akan lebih sering menekankan pentingnya membalas kebaikan Tuhan.

Kalau jeli, para majelis yang menghitung uang kolekte, umumnya akan menemukan kenyataan, biasanya uang kolekte yang terkumpul justru lebih sedikit dibanding yang didapat pada saat tanggal tua.

Bahkan, pada tanggal muda, tulisan-tulisan yang masuk ke sabdaspace akan lebih sedikit, begitupun komentar-komentarnya, selain lebih sedikit, juga lebih ramah.

Ha ha ha, tanggal muda, namun tidak selalu mudah ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s