Kebijakan SABDA Space


Gambar: marapets.com

Ketika menemukan sebuah tulisan yang sangat bagus di Internet, anda yakin para blogger SABDASPace akan menyukainya. Anda lalu membuat sebuah blog baru dan menyalin rekat alias menyalin alias mengopy paste tulisan tersebut ke dalam blog anda. Tulisan anda akan diturunkan sementara anda akan ditegur oleh Admin. Anda kesal lalu balas menegur Admin karena menghalangi tujuan mulia orang Kristen. Anda lalu membuat blog baru dengan menyalin rekat tulisan yang sama namun kali ini dengan gamblang mencantumkan sumber tulisan tersebut. Kembali tulisan itu diturunkan dan anda mendapat teguran yang lebih keras dari Admin. Anda benar-benar kesal dan menuduh Admin menghalangi pekerjaan Tuhan.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Ada banyak situs Kristen di Internet saat ini. Semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberitakan Injil sampai ke ujung-ujung bumi. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah sebuah lembaga Kristen yang bergerak di bidang Teknologi Informasi Kristiani dengan empat kelompok pelayanan utama:

1.    BIBLICAL COMPUTING DAN RESOURCES [BC]
2.    DIGITAL PUBLISHING DAN ELEKTRONIK LIBRARIES [DP]
3.    CHRISTIAN e-COMMUNITIES [XC]
4.    DIGITAL LEARNING DAN TRAINING [DL]

Untuk membacanya secara lengkap, silahkan klik di sini.

YLSA memiliki banyak situs yang masing-masing dibangun untuk memenuhi kebutuhan anggota dan pengunjung situs tersebut. Sesungguhnya, apabila anda merasa KEBIJAKAN atau Policy sebuah situs YLSA menghalangi anda, maka anda dapat mengunjungi situs lainnya dan berkarya di sana. Apabila tidak ada situs YLSA yang dapat menampung kreatifitas anda, maka anda bisa mengusulkan kepada YLSA untuk membangun sebuah situs baru. Anda juga boleh mengusulkan kepada Admin untuk mengedit kebijakan suatu situs dengan menunjukkan keuntungan-keuntungan yang akan didapat. Bila setelah mempertimbangkannya, usulan anda dianggap baik, maka YLSA akan memenuhi usulan anda tersebut, baik dengan membangun situs baru maupun mengubah kebijakan suatu situs. Atau, Admin akan dengan senang hati memberitahu anda bagaimana memenuhi kehendak anda melalui situs-situs yang sudah ada tanpa melanggar kebijakan yang ada.

Tentang SABDASpace, inilah yang tertulis:

SABDASpace adalah wadah bagi komunitas para blogger Kristen yang rindu menuangkan aspirasi kreatifnya (dalam bentuk blog) untuk memperkaya aplikasi prinsip iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, SABDASpace diharapkan akan menampung berbagai tulisan berupa blog, opini, artikel, esai, puisi, cerpen, maupun tulisan-tulisan lain yang membangun wawasan, pengetahuan, pribadi dan kerohanian para pengunjung, pembaca maupun rekan blogger Kristen lainnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dibuatlah KEBIJAKAN atau Policy. Selama ini, ada tiga kebijakan yang paling sering dilanggar, karena tidak tahu maupun karena dianggap menghambat penginjilan:

1.    Dilarang Salin Rekat
2.    Dilarang Promosi
3.    Dilarang melakukan survey

Apa batasan-batasan ketiga kebijakan tersebut?  Apakah ketiga kebijakan tersebut patut untuk terus dipertahankan atau kita harus mengusulkan kepada Admin untuk mengubahnya?

Batasan-Batasan Salin Rekat

Anda membuat blog yang isinya adalah salinan dari sebuah atau sebagian tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumber pustakanya sehingga menimbulkan kesan bahwa tulisan itu adalah tulisan anda. Itu namanya salin rekat.

Anda membuat blog yang isinya adalah salinan dari sebuah atau sebagian tulisan orang lain dengan mencantumkan sumber pustakanya sehingga para pembaca tahu bahwa itu bukan tulisan anda. Itu namanya salin rekat.

Anda membuat blog lalu menyalin sebuah atau sebagian tulisan orang lain untuk mendukung tulisan anda tanpa mencantumkan sumber pustakanya sehingga menimbulkan kesan bahwa tulisan salinan itu adalah tulisan anda. Itu namanya salin rekat.

Anda membuat blog yang isinya adalah salinan dari sebuah atau sebagian tulisan orang lain dengan mencantumkan sumber pustakanya sehingga para pembaca tahu bahwa itu bukan tulisan anda namun hanya memberi kata pengantar kepada tulisan tersebut. Itu namanya salin rekat.

Ketika menulis sebuah blog dan menggunakan tulisan orang lain untuk mendukungnya, anda harus mencantumkan sumber pustakanya dengan jelas sehingga para pembaca mengetahui dengan gamblang, mana tulisan anda dan mana tulisan yang anda kutip. Bila tidak, maka itu namanya salin rekat.

Ketika menulis sebuah blog dan menggunakan tulisan orang lain untuk mendukungnya, selain mencantumkan suber kutipan anda dengan gamblang, maka tulisan anda harus menjadi peran utama di dalam keseluruhan tulisan tersebut. Bila tidak, maka itu namanya salin rekat karena bila itu yang terjadi, maka tulisan anda tidak lebih hanya sebuah kata pengantar, sebuah basa basi yang benar-benar basi.

Kebijakan adalah kebijakan, anda tidak boleh melanggarnya namun tetap dapat menggapai tujuan anda tanpa melanggarnya. Anda menemukan sebuah tulisan yang sangat bagus di Internet dan ingin para blogger SABDASpace membacanya. Apabila tulisan itu ada di majalah atau buku, maka silahkan mencari apakah situs-situs YLSA yang ada dapat menampungnya? Apabila situs-situs YLSA tidak dapat menampungnya, maka salinlah tulisan itu di blog pribadi anda di tempat lain, bila anda tidak memiliki blog di tempat lain, maka minta tolonglah kepada blogger lain yang memiliki blog untuk mengunggahnya. Silahkan menulis sebuah blog tentang tulisan tersebut, bila anda merasa tidak mampu menulisnya sendiri, mintalah bantuan kepada blogger lain untuk menulisnya. Tulisan tersebut pasti dibaca oleh para blogger hanya dengan klik di sini pada tulisan tentang tulisan tersebut. Tujuan anda tercapai tanpa melanggar kebijakan SABDASpace.

Handai taulan sekalian, apabila semua bloger bebas melakukan salin rekat, bukankah itu berarti anda tidak akan terpicu untuk belajar menulis karena menyangka diri tidak berbakat untuk menulis?

Apabila SABDASpace hanya berisi tulisan-tulisan salin rekat, siapa yang akan mempertanggungjawabkan tulisan-tulisan tersebut di hadapan banyak saksi dengan Alkitab sebagai standard kebenaran?

Apabila semua blogger bebas mengunggah tulisan-tulisan salin rekat, siapa yang akan GIAT belajar Alkitab dengan cara yang benar agar dapat mengunggah sebuah tulisan yang baik dan mempertanggungjawabkannya di hadapatan Allah dan manusia?

Apabila semua blogger bebas mengunggah tulisan-tulisan salin rekat, siapa yang akan GIAT belajar menulis dan mengungkapkan pemahaman-pemahaman Alkitabnya yang original dan mengajar dengan kreatif?

Apabila SABDASpace hanya berisi tulisan-tulisan salin rekat, lalu apa yang akan anda banggakan sebagai anggota Komunitas Blogger Kristen SABDASpace? Apa yang akan anda ceritakan kepada orang lain ketika mengajak mereka masuk SABDASpace?

SABDASpace istimewa karena semua tulisan di sini adalah karya original. SABDASpace istimewa, karena anda memberikan komentar original. Originalitas yang membuat anda merasa bangga atas tulisan-tulisan anda dan komentar-komentar anda. Originalitas yang membuat anda terus belajar. Originalitas yang membuat kita saling terikat sebagai anggota sebuah komunitas. SABDASpace.

Batasan-Batasan Promosi

Sebenarnya tidak sulit untuk memahami kebijakan tentang promosi dan jualan. Namun, hal itu menjadi sulit ketika anda ingin mempromosikan sebuah situs Kristen, sebuah gereja, sebuah buku Kristen atau sebuah acara Kristen yang anda anggap bagus dan membawa keuntungan bagi anggota komunitas ini.

Bila blog anda mempromosikan sebuah acara Kristen, apa yang akan terjadi setelah acara tersebut berlalu? Blog anda akan menjadi sampah. Apabila semua blogger mempromosikan acara Kristen yang mereka ketahui, bukankah itu berarti SABDASpace akan penuh dengan blog-blog sampah?

Para blogger SABDASpace tidak boleh  mempromosikan sebuah situs Kristen karena YLSA sudah menyediakan situs untuk keperluan demikian.

Apabila para blogger saling mempromosikan gerejanya masing-masing maka  SABDASpace akhirnya hanya akan berisi blog-blog jadwal kebaktian gereja.

Apabila anda ingin mempromosikan sebuah buku atau sebuah film di SABDASpace, maka yang harus anda lakukan adalah menulis sebuah resensi tentang buku atau film tersebut. Bila anda merasa tidak mampu melakukannya, silahkan minta tolong blogger lainnya.

Batasan-Batasan Survey

Apabila anda menulis beberapa kalimat lalu bertanya kepada para blogger tentang pendapat mereka, itu artinya anda sudah melanggar kebijakan SABDASpce dengan mengadakan survey.

SABDASpace tidak dibangun untuk ajang survey, namun itu bukan berarti anda tidak dapat melakukan survey di SABDASpace. Hanya Admin yang boleh melakukan survey. Bila anda hendak mengadakan survey, usulkanlah hal itu kepada Admin, bila dinilai layak dan berguna bagi komunitas ini, maka Admin akan membantu anda.

Kesimpulan

Saya menyukai SABDASpace dan memilihnya sebagai tempat untuk ikut serta dalam gerakan menggenapi amanat agung Tuhan Yesus dalam generasi ini karena KEBIJAKANNYA dan sarana yang disediakannya.  Saya bermimpi, dalam waktu 10 tahun ini akan muncul penulis-penulis Kristen yang berbobot dengan pemahaman Alkitab yang benar dari Komunitas Blogger Kristen SABDASpace. Saya juga bermimpi, dalam10 tahun ini SABDASpace akan menjadi komunitas Kristen yang paling besar dan paling berbobot karena para bloggernya adalah orang-orang Kristen yang memahami Alkitab dan memahami HIDUP dengan benar kerena di SABDASpace kita bebas ngobrol tentang apa saja dengan Alkitab sebagai standard kebenaran.

One thought on “Kebijakan SABDA Space

  1. Lu bacod byk amat, ngapain lu ngomenin dgn pola menggiring , bahkan mengacaukan inti dari tulisan dn maksud lu sndiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s