Misteri Nama Yesus


Gambar: godbiz.com

Kaum Namais MENIPU jemaat dengan mengajarkan bahwa YHWH tidak boleh diganti atau diterjemahkan. Menerjemahkan YHWH berarti menghujat nama Sang Pencipta dan menyembah berhala. Mari kita membongkar BUALAN mereka.

Untuk mendukung penipuannya, kaum namais membangun teori Nama Pribadi (proper name) dan Nama Sebutan (given name). Mereka mengajarkan bahwa Nama Pribadi TIDAK boleh diterjemahkan sementara Nama Sebutan boleh. Nama pribadi tidak boleh diterjemahkan karena:

1.    Si empunya nama tidak akan mengizinkannya.
2.    Bila diterjemahkan bukan nama pribadi lagi.
3.    Bila diterjemahkan itu berarti pribadi lain

Apabila Paijo adalah nama pribadi, maka anda tidak boleh menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris menjadi Father Green. Bila anda menerjemahkannya juga, maka Paijo akan marah atau dia tidak akan menyahut ketika dipanggil Father Green, karena menyangka anda sedang memanggil orang lain yang nama pribadinya Father Green.

Apabila Paijo adalah nama sebutan yang diberikan kepadanya karena kegiatan penghijauan yang selama ini digelutinya, maka anda boleh menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris menjadi Father Green. Paijo akan menyahut ketika anda memanggilnya Father Green, karena dia tahu itu adalah nama sebutannya dalam bahasa Inggris.

Andai kata nama pribadinya adalah Hai hai sementara nama sebutannya adalah Paijo. Itu berarti anda boleh menerjemahkan Paijo menjadi Father Green namun tidak boleh menerjemahkan Hai hai menjadi HI HI.

Kaum Namais memberi toleransi. Andai kata nama pribadinya Bo beng cu, maka apabila anda orang Jawa, anda boleh menyebutnya “Mbo mbeng Nju”. Apabila anda orang yang berbahasa mandarin, maka anda juga boleh mengucapkan Bo beng cu sebagai Po peng tzu.

Kaum Namais membual bahwa YHWH adalah NAMA PRIBADI Sang Pencipta, itu sebabnya tidak boleh diterjemahkan. Elohim adalah NAMA SEBUTAN itu sebabnya boleh diterjemahkan menjadi Tuhan. NAMA PRIBADI tidak boleh diterjemahkan namun NAMA SEBUTAN boleh diterjemahkan. Benarkah YHWH adalah nama Pribadi dan BUKAN nama Sebutan?

Paijo NAMANYA hai hai. Hai hai SEBUTANNYA Paijo.

Dari kalimat tersebut di atas kita dapat menyimpulkan bahwa hai hai adalah nama pribadi sementara Paijo adalah nama sebutan.

Elohim NAMANYA YHWH. YHWH sebutannya Elohei.

Dari kalimat tersebut di atas kita dapat menyimpulkan bahwa YHWH adalah nama pribadi sementara Elohei adalah nama sebutan.

Misteri Nama YHWH

Studi tentang nama Sang Pencipta dianggap kurang penting, itu sebabnya literatur tentang nama-nama Sang Pencipta jumlahnya relatif sedikit dibandingkan dengan study bidang yang lainnya. Study tentang nama Sang pencipta mulai marak dilakukan guna menguji ajaran kaum NAMAIS bahwa YHWH adalah nama Pribadi Sang Pencipta dan YHWH tidak boleh diterjemahkan atau diganti; Mengganti YHWH dengan kata lain berarti menyembah ilah lain dan menghujat YHWH.

Awalnya kaum Namais hanya menggunakan ayat-ayat Alkitab untuk membenarkan ajaran mereka. Namun ketika beberapa orang Kristen menunjukkan kesalahannya, maka mereka pun lalu membabibuta menggunakan berbagai cara untuk membenarkan ajarannya. Hal demikian membuat beberapa orang Kristen Indonesia muak lalu melakukan study tentang nama Sang Pencipta secara sistematis agar dapat mengajarkannya dengan sistematis kepada orang-orang Kristen Indonesia agar tidak tertipu oleh kaum Namais yang bebal itu.

Nama Pribadi tidak boleh diterjemahkan dan tidak boleh diganti. Itulah doktrin utama kaum Namais. Berikut ini adalah ayat-ayat yang biasanya digunakan sebagai DASAR ajaran mereka.

Selanjutnya berfirmanlah Elohim kepada Musa: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN (YHWH), Allah (Elohim) nenek moyangmu, Allah (Elohim) Abraham, Allah (Elohim) Ishak dan Allah (Elohim) Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun. Keluaran 3:15

Aku ini TUHAN (YHWH), itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung. Yesaya 42:8

Jangan menyebut nama TUHAN (YHWH), Allahmu (Elohim), dengan sembarangan, sebab TUHAN (YHWH) akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. Keluaran 20:7

“Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN (YHWH), beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu. Zefanya 3:9

Kaum Namais MEMBUAL bahwa bahasa Ibrani adalah bahasa Sang Pencipta. Manusia pertama, Adam dan Hawa menggunakan bahasa Ibrani. Selanjutnya mereka mengajarkan bahwa sejak awal Adam dan Hawa sudah tahu bahwa Sang Pencipta nama-Nya YHWH. Berdasarkan kalimat “itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.” Di dalam Keluaran 3:15 mereka mengajarkan bahwa YHWH adalah nama Sang Pencipta dari kekal hingga kekal. Mereka juga menggunakan ayat di bawah ini untuk mendukung ajaran mereka:

Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Kejadian 4:1

Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN. Kejadian 4:26

Tentu saja teori sejak Adam dan Hawa Sang Pencipta sudah menyatakan diri kepada manusia dengan nama YHWH adalah BUALAN belaka. Kejadian 2:6 justru mengajarkan bahwa manusia baru MEMANGGIL nama Tuhan sejak zaman Enos. Itu berarti sebelumnya Manusia belum memanggil Tuhan atau belum memberi Tuhan nama.

Selanjutnya berfirmanlah Allah (Elohim) kepada Musa: “Akulah TUHAN (YHWH). Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa (El Shadday), tetapi dengan nama-Ku TUHAN (YHWH) Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:2-3

Ayat tersebut di atas menyatakan dengan GAMBLANG bahwa sebelum menyatakan diri kepada Musa, Sang Pencipta menyatakan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub dengan nama El Shadday yang artinya Allah Yang Mahakuasa. Kepada Musalah El Shadday menyatakan diri dengan nama YHWH.

ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN. Kejadian 13:4

Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ. Kejadian 26:25

Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN. Kejadian 12:8

Karena Sang Pencipta baru menyatakan diri kepada Musa dengan nama YHWH lalu dengan NAMA apakah manusia-manusia zaman Enos sampai Abraham memenggil nama Sang Pencipta? Alkitab tidak menyatakannya dengan gamblang, namun dengan mudah kita dapat menarik kesimpulan, bahwa mereka TIDAK memanggil-Nya YHWH. Dan itu berarti Sang Pencipta punya nama Lain. Mungkin mereka memangil-Nya dengan NAMA El atau El Shadday.

Keluaran 6:2-3 mengajarkan dengan GAMBLANG bahwa kepada Abraham, Ishak dan Yakub Tuhan menyatakan diri dengan nama El Shaday. Karena belum pernah menyatakan diri dengan nama YHWH, mustahil Abraham, Ishak dan Yakub memanggil Sang Pencipta dengan YHWH. Mereka memanggilnya El Shadday yang artinya Allah Yang Mahakuasa.  El Shadday adalah nama Sang Pencipta.

Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengharubirukan laut, sehingga gelombang-gelombangnya ribut, — TUHAN semesta alam nama-Nya. Yesaya 51:15

Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, dan Israel adalah suku milik-Nya; nama-Nya ialah TUHAN semesta alam! Yeremia 10:16

Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi–TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya. Amos 4:13

Berkali-kali melalui Yesaya dan Yeremia Sang Pencipta menyatakan bahwa nama-Nya adalah YHWH Tsaba yang artinya TUHAN semesta Alam. Sementara melalui nabi Amos, dia menyatakan bahwa nama-Nya YHWH Elohim Tsaba. Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tersebut di atas kita menyimpulkan bahwa Sang Pencipta nama-Nya:

1. El artinya Allah
2. El Shadday artinya Allah Yang Mahakuasa
3. YHWH
4. YHWH Tsaba
5. YHWH Elohim Tsaba

Kaum Namais MENYATAKAN bahwa YHWH adalah satu-satunya NAMA PRIBADI Sang Pencipta. Namun, dengan CARA berpikir kaum Namais, kita menemukan bahwa Sang Pencipta memiliki EMPAT bahkan LIMA nama pribadi. Bukankah itu berarti kaum Namais membual ketika kekeh jumekeh mengajarkan bahwa YHWH adalah satu-satunya nama Sang Pencipta?

Nama berguna untuk membedakan seseorang dengan yang lainnya atau sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Di dalam kehidupan manusia, pada hakekatnya hanya manusia yang memerlukan nama. Tumbuhan tidak memerlukan nama namun manusia perlu memberi nama kepada tumbuhan untuk membedakannya dari yang lainnya. Binatang tidak memerlukan nama, namun manusia perlu memberinya nama untuk membedakannya dari yang lainnya. Sang Pencipta tidak memerlukan nama, namun manusia memerlukan nama bagi Sang Pencipta untuk membedakan-Nya dari yang lainnya. Nama diberikan oleh manusia yang ingin membedakan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Nama diberikan oleh manusia yang ingin menyatakan dirinya berbeda dari yang lainnya. Ketika manusia ingin membedakan Sang Pencipta dari yang lainnya, dia memberi-Nya nama. Ketika Sang Pencipta ingin menyatakan diri-Nya berbeda dari yang lain, Dia menamakan diri-Nya.

Sebelum menciptakan alam semesta, Sang Pencipta tidak memerlukan nama untuk membedakan diri-Nya dari ciptaan-Nya. Setelah menciptakan alam semesta, Sang Pencipta tidak memerlukan nama untuk membedakan diri-Nya dari ciptaan-Nya. Namun, ketika hendak menyatakan diri kepada manusia, Sang Pencipta memerlukan NAMA untuk membedakan diri-Nya dari yang lainnya. Bukan karena Dia butuh namun karena manusia yang membutuhkannya.

NAMA Sang Pencipta ada AWALNYA namun tidak ada AKHIRNYA. Artinya, sebelum ada manusia Sang Pencipta tidak punya nama karena tidak memerlukannya namun sekali BERNAMA, maka nama-Nya adalah untuk selamanya, untuk turun temurun sampai kekal KARENA manusia sejak diciptakan akan ada selamanya.

YHWH Bukan Nama Pribadi

Saya sering berkata, Sang Pencipta punya selera humor yang luar biasa. Nampaknya Sang Pencipta sudah menetapkan bahwa suatu hari kaum Namais akan dipermalukan oleh seorang bo bengcu alias no body.

Dengan PRASUPOSISI bahwa TEORI nama pribadi tidak boleh diganti yang diajarkan oleh kaum namais adalah BENAR, maka kita sepakat bahwa NAMA pribadi tidak boleh diganti atau diterjemahkan namun nama sebutan BOLEH diganti atau diterjemahkan. Apabila YHWH adalah nama pribadi, maka YHWH tidak boleh diganti atau diterjemahkan. Namun, bila YHWH bukan nama pribadi maka YHWH boleh diganti dan diterjemahkan. Apakah YHWH adalah nama pribadi?

Apabila Paijo adalah nama pribadi, MUSTAHIL menyatakan bahwa Paijo NAMANYA hai hai. Dengan menyatakan Paijo NAMANYA hai hai, itu berarti Paijo bukan nama pribadi. Apabila YHWH adalah nama pribadi, MUSTAHIL Alkitab mencatat bahwa YHWH nama-Nya Si Anu. Apabila Alkitab mencatat bahwa YHWH nama-Nya Si Anu, itu berarti YHWH bukan nama pribadi, namun Si Anu-lah nama pribadi YHWH. Apabila kaum Namais tidak MEMBUAL dan KONSISTEN dengan ajarannya, maka mereka HARUS menerima KENYATAAN ini. YHWH bukan NAMA PRIBADI karena Alkitab mengajarkan bahwa YHWH memiliki NAMA. Inilah yang tercatat di dalam Alkitab.

YHWH shem QANNA El Qanna

Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14

YHWH … shem SAGAB

Pada waktu itu kamu akan berkata: “Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur! Yesaya 12:4

YHWH Echad shem ECHAD

Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya. Zechariah 14:9

YHWH shem ELOHEI TSABA

dan Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan jauh ke seberang Damsyik,” firman TUHAN, yang nama-Nya Allah semesta alam. Amos 5:27

Ayat-ayat tersebut di atas dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH nama-Nya Qanna alias Sagab alias Echad alias Elohei Tsaba. Apabila YHWH adalah nama PRIBADI, kenapa Alkitab mengajarkan bahwa YHWH memiliki nama? Nama pribadi MUSTAHIL memiliki nama. Nama yang memiliki nama adalah nama sebutan. Keempat ayat tersebut di atas mengajarkan bahwa YHWH bukan nama PRIBADI itu sebabnya YHWH MEMILIKI nama. Kaum Namais tidak tahu bahwa mereka tidak tahu.

YHWH adalah Nama Sebutan

— yakni TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya — Hosea 12:5

That is, the LORD God of hosts. The LORD is His memorable name. Hosea 12:5

Di dalam Alkitab, kata NAMA diterjemahkan dari kata SHEM dalam bahasa Ibrani. Kata “nama-Nya” atau “His memorable name” dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata Ibrani ZEKER. Di dalam kamus bahasa Ibrani kata ZEKER artinya: Ingatan, Kenangan, gelar, SEBUTAN. YHWH Zeker artinya YHWH adalah nama SEBUTAN.

Hosea 12:5 dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH adalah nama SEBUTAN. YHWH bukan nama PRIBADI. Karena kaum Namais mengajarkan bahwa nama sebutan boleh diganti dan diterjemahkan, bukankah itu berarti YHWH boleh diganti dan diterjemahkan karena YHWH bukan nama PRIBADI namun NAMA sebutan.

Namais BEBAL

Kita sudah mempelajari bahwa mengganti nama Sang Pencipta bukan penghujatan dan penyembahan berhala. Untuk membacanya silahkan klik di sini. Kita juga sudah mempelajari bahwa manusia diberi KUASA untuk memberi nama kepada Sang Pencipta. Untuk membacanya silahkan klik di sini. Di dalam tulisan ini kita bahkan MERENDAHKAN diri dengan menganggap TEORI nama pribadi adalah STANDARD kebenaran. Namun kita menemukan KEBENARAN bahwa YHWH bukan nama Pribadi karena YHWH adalah nama SEBUTAN.

Kaum Namais tidak belajar Alkitab dengan cara yang benar, itu sebabnya mereka tidak memahami ajaran Alkitab dengan benar. Walaupun menyebut dirinya pencari kebenaran namun mereka tidak lebih dari orang-orang BEBAL. Apabila memang pencari kebenaran, bukankah seharusnya mereka BERTOBAT setelah kita  MENUNJUKKAN ajaran Alkitab yang benar? Mereka justru KEKEH JUMEKEH membenarkan diri dengan jumawa dan mengajarkan ajaran SESATNYA dengan congkak.

Ada seorang Namais TOLOL. Saya sebut dia tolol karena, walaupun sudah berkali-kali menunjukkan kesalahannya dan menasehatinya untuk belajar namun dia tetal berlaku BEBAL. Bukan saja tidak mau BERTOBAT dia justru mengagul-agulkan ketololannya dengan congkak. Dia menulis:

Dalam blog SS ini, hanya Hai2 yg tidak terima YHWH itu nama Pribadi Tuhan, beliau menganggap YHWH itu nama Marga, dan kata berikutnya yg ada ayatnya, TUHAN yg Nama-Nya Cemburuan, dll….. itulah nama YHWH yaitu Cemburuan=QANNA, dll yg bisa dia kutip penuh dari Alkitab LAI. Sayangnya beliau tdk mau mengakui bahwa QANNA, JIREH, Tsidkenu, dll itu Keterangan dari YHWH, atau saya sebut attribut atau sifat atau karya, tergantung kata dibelakang YHWH. Jadi kira-kira begini.

YHWH yg NAMANYA CEMBURUAN, Tuhan yg Pencemburu

YHWH ha shem QANNA, El-Qanna bisa kita artikan sebagai YHWH yg namaNya Cemburuan/Pencemburu, atau YHWH yg Pencemburu

Handai taulan sekalian, anda tahu kenapa saya menyebut orang yang menulis kalimat-kalimat tersebut di atas TOLOL? Karena, bila tidak menyebutnya TOLOL, maka saya harus menyebutnya GOBLOK. Bila tidak menyebutnya GOBLOK maka saya harus menyebutnya BEBAL. Bila tidak menyebutnya BEBAL, maka saya harus menyebutnya Nabi Palsu alias ANAK IBLIS yang mencoba menyesatkan umat Kristen. Saya menyebutnya TOLOL karena dia benar-benar tolol.

Bila tidak TOLOL mustahil dia sembarangan menyatakan, “Dalam blog SS ini, hanya Hai2 yg tidak terima YHWH itu nama Pribadi Tuhan.”

Bila tidak TOLOL musthil dia nekad MEMFITNAH, “beliau menganggap YHWH itu nama Marga.”

Bila tidak TOLOL mustahil dia berani MENGAJARKAN, “Sayangnya beliau tdk mau mengakui bahwa QANNA, JIREH, Tsidkenu, dll itu Keterangan dari YHWH, atau saya sebut attribut atau sifat atau karya, tergantung kata dibelakang YHWH.”

Ha ha ha ha … Siapa bilang hai hai adalah satu-satunya orang di Komunitas Blogger Kristen SABDASpace ini yang tidak terima YHWH itu nama PRIBADI Tuhan? Kaum Namais yang menegakkan TEORI nama Pribadi dan Alkitab dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH bukan nama pribadi.

Ho ho ho ho … Kapan hai hai mengajarkan bahwa YHWH adalah MARGA? Marga dari hongkong? YHWH adalah nama Tuhan. Namun, Alkitab degan gamblang mengajarkanbahwa YHWH bukan nama pribadi namun nama sebutan. Sang Pencipta TIDAK memiliki NAMA pribadi. Itulah yang diajarkan Alkitab.

Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.” Kejadian 22:14

Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan, dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: TUHAN keadilan kita! Yeremia 33:16

Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14

YHWH Raah atau YHWH Jireh atau YHWH Yireh. Raah artinya MELIHAT. Kenapa para Theolog dan penerjemah Alkitab memahami dan menerjemahkannya menjadi MENYEDIAKAN? Baiklah saya akan menjelaskannya. Sebelum menyediakan makanan untuk pesta, saya harus tahu berapa jumlah orang yang akan makan. Pengetahuan sebelum pesta berlangsung itu saya peroleh karena MELIHAT pesta itu sebelum pelaksanaannya. Pemikiran demikianlah yang mendasari para Theolog dan penerjemah memahami YHWH Raah sebagai YHWH Menyediakan atau YHWH Yang Menyediakan.

YHWH Tsedeq atau YHWH Tsikenu. Tsedeg artinya keadilan dan kebenaran.

Silahkan perhatikan kalimat yang saya beri warna MERAH.

YHWH Raah = YHWH Yang Menyediakan
YHWH  Tsedeq = YHWH Yang Adil dan Benar
YHWH Shem Qanna = YHWH nama-Nya Qanna
El Qanna =  Tuhan Yang Cemburu

Handai taulan sekalian, apa yang dilakukan oleh orang yang menulis kalimat di bawah  ini sebagai tafsiran dari Keluaran 34:14?

YHWH ha shem QANNA, El-Qanna bisa kita artikan sebagai YHWH yg namaNya Cemburuan/Pencemburu, atau YHWH yg Pencemburu

Dia MENGEDIT ayat Alkitab tersebut! Dia mengubah kalimat YHWH shem Qanna menjadi YHWH Qanna. Dia MEMBUANG kata SHEM seenak jidatnya. Dengan apa anda menyebut orang demikian? Mungkin anda menyebutnya PENYESAT namun saya lebih suka menyebutnya orang TOLOL nekad.

Misteri Nama IESOUS

Alkitab Perjanjian Baru di tulis dalam bahasa Yunani. Di sana tercatat dengan GAMBLANG bahwa nama Sang Juruselamat adalah IESOUS. Kaum Namais NEKAD mengajarkan bahwa NAMA Sang Juruselamat adalah Yeshua Hamashia. Prilaku demikian kembali menunjukkan betapa SESAT namun TOLOL-nya kaum Namais. Saya sebut SESAT karena mereka mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Alkitab namun saya sebut TOLOL karena bualan mereka menyangkal bualannya sendiri. Baiklah saya akan tunjukkan kesesatan dan ketololan mereka kepada anda.

Dari catatan sejarah kita tahu bahwa IESOUS hidup pada zaman di mana orang-orang Yahudi menggunakan bahasa ARAM sebagai bahasa ibu dan bahasa YUNANI sebagai bahasa pergaulan atau lingua franca. Pada saat itu bahasa Ibrani hanya digunakan oleh para ahli agama. Sesuai dengan kebudayaan Yahudi saat itu, hanya lelaki yang boleh mempelajari kitab-kitab Taurat, dengan demikian, jarang sekali ada wanita yang mampu berbahasa Ibrani.

Alkitab mencatat: Malaikat menyampaikan perintah Sang Pencipta agar Maria menamakan anaknya IESOUS. Bahasa apakah yang digunakan oleh malaikat ketika memberitahu bunda Maria tentang nama Sang Juruselamat? Apabila dia menggunakan bahasa Ibrani, maka Sang Juruselamat nama-Nya adalah YESUA atau YEHUSUA. Apabila menggunakan bahasa Aram, maka nama-Nya adalah EASHOA. Bila menggunakan bahasa Yunani, maka nama-Nya adalah  IESOUS.

Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: “Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?” Matius 27:17

Ketika menghakimi Sang Juruselamat, bahasa apakah yang digunakan oleh Pontius Pilatus? Dengan nama apa dia menyebut Sang Juruselamat? Yesua atau Yehusua atau EASHOA atau IESOUS? Dengan bahasa apakah dia menyebut gelar Sang juruselamat? Hamashia (bahasa ibrani) atau M’sheekha (bahasa aram) atau Kristos (bahasa Yunani)?

Dan Pilatus menyuruh memasang juga tulisan di atas kayu salib itu, bunyinya: “Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi.” Banyak orang Yahudi yang membaca tulisan itu, sebab tempat di mana Yesus disalibkan letaknya dekat kota dan kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani. Yohanes 19:19-21

IESOUS NAZORAIOS BASILEUS (Yunani), Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum (Latin), Yeshua` HaNotsri U’Melech HaYehudim. Yesus orang Nasareth raja orang Yahudi. Nama apakah yang tertulis di atas kayu salib? IESOUS atau Iesus atau Yeshua atau EASHOA?

Simon huios Ioannes atau Simon bar Jonah atau Simon bar Jochanan (Aram) atau Shimhone ben Yoenah (Ibrani (?)). Yesus memberinya nama Kefas (Aram) artinya Petros (Yunani) artinya Batu. Ketika Yesus menyapa Simon, apakah Dia menyapanya Simon huios Ioannes atau Simon bar Jonah atau Simon bar Jochanan atau Shimhone ben Yoenah? Alkitab mencatat Yesus menyapa Simon dengan nama: Simon huios Ioannes dan memberinya nama baru Kefas yang dalam bahasa Aram artinya batu. Selanjutnya Alkitab lebih banyak mencatat namanya Simon Petros.

Andreas adalah nama Yunani. Judas juga nama Yunani. Alkitab sama sekali tidak mencatat apakah Andreas dan Judas Iscariot serta Judas Tadeus memililiki nama Aram atau Ibrani. Sementara itu catatan sejarah menunjukkan bahwa pada zaman itu banyak orang-orang Yahudi yang memberi anak-anak mereka nama Yunani.

Alkitab sama sekali tidak pernah mencatat bahwa Sang juruselamat memiliki nama Aram atau nama Ibrani. Apakah itu berarti Sang Juruselamat memang diberi nama IESOUS, nama Yunani, nama yang diwahyukan melalui malaikat kepada bunda Maria?

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya IESOUS, bukankah itu berarti kaum Namais menjilat muntahnya sendiri ketika menerjemahkanya menjadi YESUA atau YEHUSUA?

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya EASHOA, bukankah itu berarti kaum Namais juga menjilat muntahnya sendiri karena menerjemahkanya menjadi YESUA atau YEHUSUA?

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya YESUA atau YEHUSUA bukankah kaum Namais menjilat muntahnya sendiri karena Alkitab Perjanjian Baru menerjemahkannya menjadi IESOUS?

Nama PRIBADI tidak boleh diterjemahkan atau diganti, bukankah itu ajaran kaum Namais? Kaum Namais mengajarkan bahwa Sang Juruselamat nama-Nya Yeshua. Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Nama Sang Juruselamat yang tercatat di dalamnya adalah IESOUS. Apabila Nama Sang Juruselamat adalah Yeshua bukankah itu berarti nama pribadi BOLEH diterjemahkan, karena itulah yang DIAJARKAN oleh para rasul dan itulah yang tercatat di dalam Perjanjian Baru? Bukankah itu berarti kaum Namais HARUS menjilat muntah sendiri karena mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan Alkitab? Saya menyebut mereka PEMBUAL, anda lebih suka menyebut mereka PENYESAT atau NABI PALSU? Menjilat muntahnya sendiri, mang enak?

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati.

Biarkan para PEMBUAL terus membual hingga MENYANGKAL bualan mereka sendiri.

Untuk membaca blog-blog tentang YHWH yang lain, silahkan klik di SINI.

Advertisements

6 thoughts on “Misteri Nama Yesus

  1. Seumpama dunia ini hanya ada 7 makhluk, 6 orang buta dan 1 ekor gajah…
    Orang buta ke-1 memegang telinga gajah dan berkata: “Gajah itu seperti kipas”
    Orang buta ke-2 memegang gading gajah dan berkata: “Gajah itu seperti tombak”
    Orang buta ke-3 memegang ekor gajah dan berkata: “Gajah itu seperti tali”
    Orang buta ke-4 memegang kaki gajah dan berkata: “Gajah itu seperti pohon”
    Orang buta ke-5 memegang badan gajah dan berkata: “Gajah itu seperti tembok”
    Orang buta ke-6 memegang belalai gajah dan berkata: “Gajah itu seperti selang”

    Siapa di antara 6 orang itu yang benar? Tidak ada kan?
    Apakah orang buta ke-1 boleh menyalahkan orang buta ke-2? Sama-sama salah koq saling menyalahkan.
    Jadi siapa yang boleh menyalahkan mereka dan memberitahu kebenaran? Tentu orang yang tahu bagaimana yang benar.
    Dari 7 makhluk, sisa satu makhluk….GAJAH!!
    Gajah itulah jalan, kebenaran dan hidup yang datang ke semua orang buta untuk menyatakan bahwa DIA benar dan kita salah.

    Siapa anda yang berani menyalahkan orang buta lainnya?

  2. ookay… now suda ada gambaran jelas.. kenapa ya d putar2 kebenaran dlm Alkitab? syukur d pimpin TUHAN bertemu tulisan bro bengcu@hai hai.. YHWH adalah nama sebutan kerna bisa ada tambahan nama tergantung pd kondisi apa kita mau mnyebutnya.. nama YESUS adalah aslinya IESOUS (bhs Yunani).. trus bro, nama Yeshua dari mana? 2 tahun yg lalu saya pernah ikut persekutuan doa syafaat yg mengajar utk bdoa pakai nama Yeshua dan YHWH. saya bingung kerna suda biasa sebut nama Yesus dan Tuhan Allah dlm doa.. trus saya doa minta Tuhan tolong clarify apa yg sdng blaku… syukur 2 bulan ini saya ketemu SS yg ada bro hai hai yg di bilang macam2 namun tetap berani myatakan kebenaran based on Bible …. skrg baru saya mgerti dan paham. G-d bless you bro.

    • Meskipun tidak bermaksud menyesatkan namun yang ditulis hai hai belum tentu benar. Hal itu bisa terjadi karena pemahaman alkitab belum sempurna. Itu sebabnya semua orang yang membaca tulisannya harus mengujinya. Itu sebabnya semua orang yang membaca tulisannya harus bahu membahu mengujinya dengan Alkitab sebagai standar kebenaran sumber pustaka. Dengan cara demikianlah kita bersama-sama memahami ajaran Alkitab.

  3. namanya aja beng cu,artinya gembeng mewe otak pki komunis dari, banyakngomong…kau pasti botak..dulu budha pindah2 agama,fustasi jadi semua kau pelajari,jangan2 pingin jadi malaikat ato iri pingin ke surga juga, sampai menghakimi pendeta kristen..otakmu sontoloyo…katai Pariadji..kamu pasti sudah di sumpah2 Pariadji kalo tau…kau pki bego…cuma kontol ambisi…iri ya Yesus tdk ajak kau jalan2 ke surga, he..he…kontoollllllllll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s