Hidup dan Mati di Mata Seorang Tionghoa Kristen


Apa itu HIDUP dan apa itu MATI? Apa yang diajarkan oleh Alkitab tentang HIDUP dan apa pula yang diajarkannya tentang MATI? Alkitab sangat LOGIS, GAMBLANG, SISTEMATIS, AKURAT, TEGAS dan KONSISTEN. LOGIS artinya tidak ada yang bertentangan dengan akal sehat. GAMBLANG artinya jelas dan mudah dipahami. SISTEMATIS artinya ditulis secara teratur dan berkesinambungan. AKURAT artinya sangat teliti dan cermat. TEGAS artinya jelas dan terang benar serta tidak ada yang samar-samar. KONSISTEN atau taat asas, artinya tidak ada yang saling bertentangan atau saling menyangkal. Anda bisa MENOLAK ajaran Alkitab namun mustahil MENYANGKALNYA. Mari kita gunakan keenam prinsip itu guna membahas HIDUP dan MATI menurut ajaran Alkitab.

CIPTAAN. Apa yang dimaksudkan dengan CIPTAAN? Ciptaan adalah SUATU yang TIDAK ada sebelum diciptakan. Banyak teolog yang mengajarkan bahwa CIPTAAN adalah SUATU yang diciptakan dari NIHIL (Creatio ex Nihilo). Apakah itu yang diajarkan oleh Alkitab? BUKAN! Alkitab mengajarkan bahwa semua CIPTAAN diciptakan dari ADA (creatio ex materia). Artinya, semua CIPTAAN ada bahan bakunya. Alkitab mengajarkan bahwa Sang Pencipta menciptakan dengan bahan baku, bukan dari NIHIL. Sebelum diciptakan, tidak ada yang disebut MANUSIA, namun manusia diciptakan dari DEBU tanah. Sebelum diciptakan, tidak ada yang disebut BINATANG namun binatang diciptakan dari tanah. Sebelum diciptakan tidak ada yang disebut TUMBUHAN namun tumbuhan ditumbuhkan dari BUMI. Bumi ada karena Allah mengumpulkan Air yang di bawah menjadi satu. Air yang di bawah ada karena Allah memisahkan Air menjadi Air yang di atas dan air yang di bawah. Air tidak diciptakan karena ketika langit dan bumi masih belum berbentuk dan kosong,  yang ADA adalah: “Gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Alkitab sama sekali tidak mengajarkan tentang PENCIPTAAN dari NIHIL (Creatio ex Nihilo – ciptaan keluar dari Nihil) karena Alkitab mengajarkan tentang penciptaan dari Material (creatio ex materia – Ciptaan Keluar dari Materi), bahkan sesungguhnya Alkitab mengajarkan penciptaan dari Sang Pencipta (creatio ex deo – Ciptaan keluar dari Sang Pencipta).

ALAM diciptakan dari AIR. Air sudah ada sebelum Allah mencipta, itu sebabnya dikatakan Roh Allah (Elohim) melayang-layang di atas Air. Yang disebut alam adalah batu, tanah, planet, matahari, bintang-bintang, angin, air dll. Alam adalah bumi. Apakah ciptaan-ciptaan itu akan MUSNAH? TIDAK!

Keturunan yang satu pergi dan keturunan yang lain datang, tetapi bumi tetap ada. Pengkotbah 1:4

TUMBUHAN. Tumbuhan diciptakan dari bumi.  Tumbuhan bertumbuh kembang namun tidak bisa beraktivitas dan tidak punya keinginan dan mewujudkan keinginannya.  Apa yang terjadi ketika tumbuhan mati? KEMBALI menjadi tanah.

BINATANG.  Binatang diciptakan dari tanah. Binatang bertumbuh kembang dan bisa beraktivitas serta punya keinginan dan mewujudkan keinginannya. Apa yang terjadi ketika binatang MATI? Tubuhnya KEMBALI menjadi TANAH. Bagaimana dengan JIWANYA? MUSNAH artinya NGGAK ada lagi.

MANUSIA. Manusia diciptakan dari debu tanah. Manusia bertumbuh kembang dan bisa beraktivitas serta punya keinginan dan mewujudkan keinginannya. Apa yang terjadi ketika manusia MATI? tubuhnya KEMBALI menjadi TANAH namun DIA tetap ADA.

Apa yang dapat kita simpulkan dari apa yang diajarkan Alkitab tentang HIDUP? Ada yang FANA, ada yang KEKAL. Yang fana akan mati alias kembali ke asalanya sementara yang kekal akan ada terus.

Manusia KEKAL bukan karena bertumbuh kembang juga bukan karena MEMILIKI jiwa namun karena memang DICIPTAKAN untuk HIDUP kekal. Artinya, sekali diciptakan tidak akan PERNAH tidak ADA lagi.

HIDUP. Apa definisi HIDUP? HIDUP artinya BERTUMBUH KEMBANG. Itu sebabnya tumbuhan dan binatang serta manusia disebut makluk hidup, karena bertumbuh kembang.

HIDUP. Ketika tumbuhan mati, dia kembali menjadi tanah dan tidak ada lagi. Ketika binatang mati, dia kembali menjadi tanah dan tidak ada lagi. Namun, ketika manusia mati, walaupun tubuhnya membusuk dan kembali menjadi tanah akan tetapi dia TETAP ada. Itu sebabnya kita meyakini bahwa HIDUP artinya TIDAK pernah TIDAK ada lagi setelah ADA atau DIADAKAN atau DICIPTAKAN.

ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kejadian 2:7

HIDUP.  Kejadian 2:7 mengajarkan bahwa yang HIDUP dinamai MAKLUK HIDUP. Makluk Hidup punya NAFAS HIDUP yang dihembuskan oleh TUHAN Allah (YHWH Elohim) di dalam dirinya.

HIDUP.  Apa itu HIDUP? Apa itu makluk hidup? Yang bertumbuh kembang disebut hidup alias makluk hidup. Yang bertumbuh kembang dan beraktivitas serta punya keinginan dan mewujudkan keinginannya disebut hidup alias makluk hidup. Yang bertumbuh kembang dan beraktivitas serta punya keinginan dan mewujudkan keinginannya dan punya Nafas hidup di dalam dirinya disebut hidup alias makluk hidup. Itu berarti ada DUA hidup alias ada DUA kehidupan. HIDUP dan HIDUP dengan memiliki Nafas Hidup. Yang hidup namun tidak memiliki Nafas Hidup hanya punya satu hidup. Sebut saja HIDUP PERTAMA. Yang memiliki HIDUP PERTAMA dan memiliki Nafas Hidup punya DUA HIDUP sebut saja HIDUP KEDUA. Handai taulan sekalian, anda sedang menghidupi satu hidup atau dua hidup? Anda sedang menjalani kehidupan kedua atau kehidupan pertama? Hidup pertama anda akan kembali menjadi tanah. Bila anda hidup namun tidak memiliki hidup kedua maka anda hidup namun BELUM HIDUP. Namun bila anda sudah punya kehidupan kedua lalu kehilangan DIA maka walaupun anda hidup namun MATI.

Apa yang disebut MATI? Mati berarti BERPISAH dari yang HIDUP. Tumbuhan yang mati adalah tumbuhan yang berpisah dari tumbuhan yang hidup. Binatang yang mati adalah manusia yang berpisah dari binatang yang hidup. Mati berarti KEMBALI ke asal. Tumbuhan yang kembali menjadi tanah, disebut mati. Binatang yang kembali menjadi tanah disebut mati. Yang kembali ke asalnya disebut MATI. Dari tanah kembali menjadi tanah, namanya MATI.

dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.” Kejadian 3:19

Tanah yang belum diciptakan menjadi tumbuhan bukan tumbuhan yang MATI. Tanah yang belum diciptakan menjadi binatang bukan binatang MATI. Debu tanah yang belum diciptakan menjadi manusia bukan orang MATI. Yang belum pernah HIDUP tidak disebut MATI. Yang belum pernah HIDUP disebut BELUM hidup. Yang BELUM pernah HIDUP tidak akan PERNAH mati. MATI hanya dialami oleh yang HIDUP. Yang MATI hanya yang PERNAH HIDUP. Semua ciptaan yang hidup PASTI akan MATI.

Handai taulan sekalian, apa yang dapat kita simpulkan tentang MATI bagi MANUSIA menurut ajaran Alkitab? Yang BELUM pernah MEMILIKI Nafas hidup disebut BELUM HIDUP alias bukan MAKLUK HIDUP. Yang memiliki Nafas Hidup lalu TIDAK memiliki-Nya lagi, namanya MATI. Ada DUA KEMATIAN. Manusia yang tubuhnya KEMBALI menjadi DEBU tanah namanya MATI JASMANI. Orang yang telah mengalami kematian jasmani tetap HIDUP, artinya MASIH ada namun tidak memiliki tubuh. Manusia yang KEHILANGAN Nafas hidup atau DITINGGALKAN oleh Nafas Hidup namanya MATI ROHANI. Manusia yang mengalami kematian rohani tetap HIDUP, artinya masih ada namun tidak memiliki Nafas Hidup.

Ketika kehilangan tubuh, manusia HIDUP walaupun sudah MATI. Ketika kehilangan Nafas Hidup, manusia MATI walaupun masih HIDUP.  Itu sebabnya dikatakan bahwa manusia adalah CIPTAAN kekal. Artinya diciptakan untuk ADA secara kekal.

Wow …. Anda HIDUP atau MATI? Anda HIDUP namun belum tentu HIDUP. Bila anda HIDUP tanpa Nafas Hidup, artinya anda HIDUP namun BELUM HIDUP alias bukan MAKLUK HIDUP karena syarat untuk disebut MAKLUK HIDUP adalah MEMILIKI Nafas Hidup yang dihembuskan oleh YHWH Elohim alias Logos alias Yesus Kristus. Bila anda HIDUP namun TELAH kehilangan Nafas Hidup, itu berarti anda TELAH mati walaupun masih HIDUP dan akan TERUS hidup walaupun MATI.

Handai taulan sekalian, kesebelas rasul Yesus Kristus adalah orang paling beruntung di dunia. Yesus berkata kepada mereka, “Terimalah Roh Kudus!” Itu sebabnya mereka tahu dirinya punya Roh Yesus. Mereka melihat Roh Kudus alias Roh Allah turun ke atas mereka dalam wujud lidah-lidah api. Itu sebabnya mereka tahu dirinya punya Roh Allah alias Roh Kudus, Roh yang keluar dari Allah.

Kita tidak tahu apakah kita MAKLUK HIDUP karena tidak mendengar Yesus berkata, “terimalah Roh Kudus.” Juga tidak melihat Roh Allah turun atas kita dalam wujud lidah-lidah api. Kita juga tidak tahu apakah kita MAKLUK yang belum HIDUP? Jangan percaya kepada NABI PALSU mengaku punya kuasa untuk MEMBERIKAN Roh Kudus kepada anda karena Alkitab mengajarkan bahwa Roh Yesus di hembuskan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya dan Roh Allah keluar dari Allah dan BERPADU dengan orang-orang PILIHAN-Nya. Juga jangan percaya bila NABI PALSU mengaku berkuasa untuk MEMBAGI Roh Kudus yang mereka MILIKI kepada anda. Mustahil Roh Kudus keluar dari manusia karena Alkitab mengajarkan bahwa Roh Kudus keluar dari Allah. Mustahil ada manusia yang berkuasa mengutus Roh Kudus karena Yesus Kristus mengajarkan bahwa Roh Kudus adalah UTUSAN Tuhan Allah. Roh yang diutus oleh manusia MUSTAHIL Roh Kudus. Roh Kudus yang diutus oleh manusia adalah BERHALA alias SANG MAHATIADA. Itu berarti ketika seseorang menyatakan bahwa dia memberi roh kudus kepada anda, seungguhnya dia tidak memberi anda apa-apa selain OMONG KOSONG. Orang demikian adalah NABI PALSU.

Andai kata anda punya Roh Kudus, jangan percaya kepada NABI PALSU yang mengajarkan bahwa Roh Kudus anda mahakuasa dan akan melakukan semua mujizat bila anda beriman. Alkitab mengajarkan bahwa Roh Kudus adalah Roh Penghibur alias Roh Kebenaran.  Roh Kudus diutus untuk MENGAJARKAN segala sesuatu dan MEMIMPIN manusia kepada Kebenaran. Roh Kudus akan menginsafkan manusia akan dosa, karena tidak percaya kepada Yesus, akan kebenaran, karena Yesus telah pergi kepada Bapa dan akan penghakiman karena penguasa dunia (manusia) sudah dihukum. Roh Kudus tidak diutus untuk melakukan MUJIZAT bagi manusia.

Just do what you want! Just do what you need! Just do what you must! Tidak perlu hidup dengan “Just do what you have!” Bila anda happy dengan semua yang anda want dan need serta must, untuk apa STOP? Do aja terus! Namun, bila nggak happy dengan apa yang anda want dan need serta must, untuk apa kekeh jumekeh me- want dan need serta must terus? Itu sebabnya selama 25 tahun lebih melatih anjing saya tidak pernah melatih mereka untuk TIDAK makan rumput karena tahu, makan rumput nggak akan bikin anjing HAPPY. Bila saya tahu kebenaran itu, mustahil Sang Pencipta tidak tahu. Itulah jawaban saya ketika orang kekeh jumekeh bertanya, “Apakah ini dosa? Apakah saya berdosa bila lakukan ini?”

16 thoughts on “Hidup dan Mati di Mata Seorang Tionghoa Kristen

  1. hai om hai:bagaimana mungkin dengan pikiran yg “KOSONG” om bisa menulis….
    dan bagaimana om bisa menCIPTAkan sesuatu yg gak ADA…
    menurut hai om hai:bagaimana mungkin HUJAN itu TERCIPTA,jika TANPA BAHAN BAKU…..(elemen2 yg saling berkaitan-PROSES)
    apakah om bisa menjelaskan sesuatu yg tidak PERNAH ADA DAN TIDAK TERPIKIRKAN…????
    Alkitab mengajarkan bahwa semua CIPTAAN diciptakan dari ADA (creatio ex materia). Artinya, semua CIPTAAN ada bahan bakunya.
    saya rasa MUSTAHIL….🙂

  2. Kita tidak tahu apakah kita MAKLUK HIDUP karena tidak mendengar Yesus berkata, “terimalah Roh Kudus.” Juga tidak melihat Roh Allah turun atas kita dalam wujud lidah-lidah api. Kita juga tidak tahu apakah kita MAKLUK yang belum HIDUP?

    Koh Hai, Bukankah sudah ada garansi keselamatan ketika kita menerima Yesus sebagai TUHAN & Juru Selamat? Bukankah hal tersebut sudah cukup membuktikan bahwa kita punya hidup yang kekal?

      • Bukankah GARANSI itu ada didalam
        Yohanes 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” dan ROMA 10 : 10 “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”
        Apakah hal tersebut benar adanya? mohon petunjuk!

        • @All Samuel Denny Jaguar, PERCAYA kepada Yesus artinya PERCAYA dengan semua yang DIAJARKANNYA. Bagaimana dengan orang yang TIDAK percaya kepada Yesus? Orang yang tidak PERCAYA artinya BELuM DIINSAFKAN oleh Roh Kudus. Kenapa anda TIDAK percaya kepada SESEORANG? Karena BELUM atau TIDAK DIYAKINKAN. Itu sebabnya, BILA anda TIDAK percaya kepada SESEORANG, itu bukan SALAH anda. Juga TIDAK ada HUKUMAN bila anda tidak percaya kepada seseorang bukan?

          bicara tentang keselamatan, maka saya sering berkata, “Alkitab mengajarkan bahwa PERBUATAN baik tidak membawa orang ke Sorga, itu berarti mustahil perbuatan JAHAT membawa orang ke Neraka.”

          NERAKA TIDAK pernah DICIPTAKAN walaupun DIRENCANAKAN keberadaannya oleh YHWH. Apabila NERAKA diciptakan maka yang akan tinggal di sana adalah mereka yang MELANGGAR hukum TAURAT. Karena YHWH MATI maka Hukum Taurat pun BATAL. Karena Hukum Taurat BATAL maka tak seorang pun yang akan ke NERAKA. Karena YHWH mati maka Neraka pun TAK pernah TERCIPTA.

          • Halo Ko Hai, mo ikutan nanya nih..Bila neraka tak pernah tercipta, berarti sebenarnya neraka itu tidak ada? Apakah itu yang dimaksudkan ko Hai2..? Maksudnya neraka itu adalah plan dari YHWH bagi mereka yg hidup di bawah hukum Taurat? Dan plan menciptakan neraka itu belum pernah di realisasikan ya..?

            • @Garfield, Itulah yang diajarkan Alkitab. di Perjanjian Lama, YHWH punya KUASA namun tidak punya BISA. Itu sebabnya semua KEHENDAKNYA HARUS DIGENAPI oleh manusia. Itu sebabnya YHWH perlu Musa untuk melakukan MUJIZAT. Ketika YHWH menampakkan diri-Nya dalam Wujud MALAK YHWH, dia punya BISA namun kehilangan KUASA-Nya. Artinya Dia HARUS melakukan kehendak ELOHIM. contoh: Ketika YHWH tampil sebagai MALAK YHWH membantai 70.000 orang Israel ketika Daud menghitung bangsa itu. Saat itu MALAK YHWH yang semula membantai bangsa Israel tiba-tiba MENGACUNGKAN pedang-Nya ke Yerusalem karena Elohim ikut campur.

              Di Perjanjian Baru, yHWH yang lahir sebagai Yesus punya BISA namun tidak punya KUASA. Itu sebabnya Yesus tidak pernah MENOLAK ketika diminta untuk melakukan MuJiZAT.

              Di samping itu, walau pun berkali-kali menyebut NERAKA namun YHWH sama sekali tIDAK punya KONSSEP yang JELAS dan TEGAS bagaimana BENTUKNYA dan SIAPA yang mengolanya serta Ada APA saja di sana. Neraka tidak pernah terbentuk.

  3. Titel “Bengcu Menggugat – Hidup dan Mati di Mata Seorang Tionghoa Kristen”

    Tionghoa Kristen yang mana? siapa?

  4. halo pak benchu apakah bpk saksi jehovah? soalnya yang bpk pahami sebagian besar 90 persen persis , sy bukan saksi jehova atau belum tetapi pernah studi dengan sangat lama lebih dari 10 tahun dan melahap semua isi dan literaturnya,,, sama dengan pak benchu yang sepertinya juga membaca seluruh agama yang ada di dunia untuk mengetahui kebenaran begitupun saya pernah menyelidiki asal usul berbagai agama…namun sekrang sy belum mengikuti harus ke mana apakah ada saran? tp saya tau kalau Yehuwa itu ada dan Yesus betul betul juruslamat hanya saja sy belum ada komunitas sekalinteman teman sendiri yang mempunyai hati yang sederhana

  5. paladin namun sekrang sy belum mengikuti harus ke mana apakah ada saran?

    oooooo anda bukan Kristen lo ….. kalau telusuri blog ini Saudara Bengcu adalah orang GKI kok …. anggota PGI …. sah memeluk agama Kristen. Yahhhhhh kalau anda kenal Yesus ….. setau saya ….sebagaimana Yesus berilah dirimu dibabtis …. walau baptis adalah tanda bukan keselamatan.

    • saya kristen tapi capek dengan gereja yang berperang di dalam sehingga harus keluar , ke setiap gereja sama saja pengurusnya pada kacau semua pks kacau anak komsel kacau kayaknya ga ada yang bener …yang kedengeran ribut terus musuh mushan gomongin orang dsb dsb yang ga membangun…jadi ada saran?
      ..

      • @Paladin, saya pernah nonton documentary tentang suku Amish di Amerika, ada beberapa yg keluar dari gereja dan menentang gereja secara diam2 karena merasa ditipu oleh gereja. Menurut mereka yg keluar tidak ada Ibadah formal gereja yg dianjurkan oleh Alkitab, jadi mereka kembali kepada Alkitab yaitu berkumpul dgn beberapa keluarga setiap minggu atau sabtu, bernyanyi, berdoa ,ceramah dan makan bersama, setiap minggu, setiap rumah anggota digilir untuk dijadikan tempat berkumpul dan ibadah.
        Enam hari kita berkerja satu hari kita istirahat, liburkan diri dari kegiatan yg tdk menguntungkan, alangkah baiknya kita gunakan beberapa jam baca Alkitab, share dgn keluarga dan berdoa bersama, putar lagu rohani, atau baca blog2 rohani, itu sudah merupakan ibadah kita kpd Tuhan Allah. Kalau tidak sanggup ya lebih baik ke gereja saja. banyak yg merasa tdk ke gereja = berdosa, itu = kembali ke PL. Kita sudah di MERDEKAKAN oleh Tuhan Yesus, itu sebabnya tidak ada peraturan yg memaksa hari2 tertentu untuk ibadah kepada Tuhan Allah.
        Apa yg ditulis di Alkitab benar, sekarang banyak yg kerja hari sabtu dan minggu libur di hari biasa. Jadi gunakan beberapa jam anda special untuk Tuhan Allah, satu hari apa saja karena semua hari adalah harinya Tuhan.
        Tapi bukan ber-arti kita tidak berdoa / mengingat Tuhan setiap hari loh?
        Saya suka datang ke blog Om beng ini atau yg lain, hitung2 tambah pengetahuan, baca firman yg di copas juga sebagai bahan renungan, bertentangan / tidak itu tergantung penilain kita masing2 toh kita tetap kembali ke Alkitab.

        • terima kasih saranyasampai hari in itulah setidaknya yang bisa saya lakukan , berkumpul bersama orang orang yang juga mencari Tuhan dengan kesederhanaan. juga suka membaca blog rohani jadi mampir ke sini=)senang ada teman teman kalian semua di dunia maya , sebenarnya saya pun merindukan suatu tempatibadah yang baik cm saja dari beberapa kali pindah gereka gara gara mereka pada bertempur sendiri jadi sekarang belum dapat

          • @Paladin : di gereja saya tidak ada Pendeta, gereja di urus oleh Dekans, Elders dan Members, semuanya punya pekerjaan masing2, ada pengacara, guru, polisi , karyawan swasta dll,semua bergiliran dalam tugas gereja, jadi tidak dibebankan pd satu orang. gereja punya usaha sendiri untuk membiayai kebutuhan gereja, tidak ada keharusan perpuluhan, sumbanganpun sukarela mau bulanan / mingguan itupun tidak pakai kolecte diarakan ke setiap jemaat, tapi katong kolecte di taruh di meja pintu masuk, jd mau kasih ok gak juga ok, mau bulanan boleh transfer bank. sayang gereja model ini tidak ada di indonesia hehehehe ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s