Tenaga Dalam Di Mata Seorang Tionghoa Kristen


Tenaga dalam adalah Tenaga KHAYALAN. Itu sebabnya walaupun mampu menghajar tubuh manusia yang beratnya lebih dari 40 Kg hingga mencelat tanpa menyentuhnya namun mustahil memukul sebuah apel terpental tanpa menyentuhnya. Di dunia, semua pendekar tenaga dalam mampu membuat murid-murid dan saudara seperguruan mereka terpental namun tidak ada satu pun yang mampu membuat sebuah benda terpental tanpa menyentuhnya. Karena tenaga dalam adalah tenaga khayalan, lalu apa yang sesungguhnya terjadi dengan orang-orang yang mencelat karena pukulan tenaga dalam? Mereka termakan KHAYALANNYA sendiri.
Master Tenaga Dalam Dipermalukan

YANAGI RYUKEN adalah seorang kiai master ilmu tenaga dalam yang sangat terkenal di dunia. Ribuan muridnya tersebar di lima benua. Dia seorang pendekar yang sangat dihormati karena tidak pernah kalah di dalam ke 200 pertarungan yang pernah dihadapinya. Tenaga dalam yang dilontarkannya mampu membuat penyerangnya terpental. Di dalam demonstrasi, dia menunjukkan kemampuannya menghadapi dua puluh orang lebih dan lontaran tenaga dalamnya membuat lawan-lawannya terjengkang tanpa mampu menyentuhnya apalagi memukulnya. Karena yakin akan kemampuannya dia memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengujinya dengan syarat harus membayar uang tantangan sebesar 500.000 Yen, setara dengan 5.000 US$. Apabila mampu mengalahkan Yanagi Ryuken maka uang pendaftaran akan dikembalikan ditambah dengan hadiah 1.000.000 Yen, setara dengan 10.000 US$.

Iwakura Goh bukan pendekar terkenal. Dari caranya bertarung, nampak gamblang bahwa dia hanya memiliki kemampuan bertarung biasa-biasa saja. Artinya, dengan kemampuan demikian, dia tidak akan pernah menjadi juara dalam turnamen ilmu bela diri. Tidak ada sumber pustaka yang menjelaskan alasan dia menantang Yanagi Ryuken namun rekaman pertarungannya benar-benar mengejutkan dunia persilatan terutama para pendekar ilmu tenaga dalam. Dia hanya perlu dua jurus untuk meng-KO Yanagi Ryuken. Anda bisa mendapatkan rekaman pertarungannya di Youtube dengan judul “Kiai Master VS MMA” dan “Kiai Master VS Karateman“. Tenaga dalam Yanagi Ryuken yang biasanya dasyat, sama sekali tidak berdampak pada Iwakura Goh. Kenapa demikian? Karena yang disebut tenaga dalam itu khayalan belaka. Sejak pertarungan yang memalukan itu, Yanagi Ryuken mengundurkan diri dari dunia persilatan dan tidak diketahui lagi beritanya. Namun, kisahnya akan menjadi bahan olok-olok entah sampai kapan.

Bambu Kuning alias Yelow Bamboo adalah perguruan ilmu bela diri tenaga dalam. Para pendekarnya mampu membuat para penyerangnya terpental. Bila tenaga dalam itu disalurkan ke sebuah benda, maka orang-orang yang berusaha mencurinya akan mencelat ketika berusaha mengambil barang itu. Pada hakekatnya ilmu bela diri Bambu Kuning sejenis dengan ilmu Yanagi Ryuken. Video dengan judul Yellow Bamboo vs Reality di Youtube menayangkan film tentang seorang petarung jalanan mempermalukan dua orang pendekar Bambu Kuning di pantai Perth Australia.  Kedua pendekar Bambu Kuning itu bukan saja tidak berdaya membuat penyerangnya terpental bahkan tidak sanggup menghadapi jurus kunciannya.  Sebelum meninggalkan para pendekar Bambu Kuning, pendekar tidak dikenal itu mendekati kamera dan berkata, “Delusions.” Artinya, khayalan. Benarkah tenaga dalam yang digembar-gemborkan oleh banyak sekali perguruan ilmu bela diri itu hanya KHAYALAN belaka?

Pada tahun 2005, National Geographic melakukan penyelidikan dengan judul: “Is It Real?  Superhuman Powers.” Anda dapat menonton Filmnya di Youtube dengan judul tersebut.  Salah satu obyek penelitian mereka adalah tenaga dalam. Salah satu subyek penelitian mereka adalah George Dillman, peringkat Dan sepuluh master ilmu bela diri tenaga dalam dari perguruan Ryukyu Kempo. Hasilnya benar-benar mengenaskan. Walaupun mampu menjatuhkan murid-muridnya seperti daun kering namun para master tenaga dalam itu sama sekali tidak mampu menjatuhkan orang-orang yang bahkan tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali.

Ripley’s Believe it or Not juga pernah menguji kemampuan Tom Cameron, seorang master tenaga dalam, hasilnya juga mengenaskan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: “Tom Cameron (Human Stun Gun) on Ripley’s Believe it or Not

James Hydrick mengaku menguasai Qigong dan mampu menggerakkan barang tanpa menyentuhnya. Dia menunjukkan kemampuannya dengan dua cara yaitu menggerakkan pensil dan membalik halaman buku telepon tanpa menyentuhnya. Ketika menghadapi pengujian dari James Randi dalam acara televisi “That’s My Line” dia benar-benar dipermalukan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: “James Randi exposes James Hydrick

Tiongkok gempar ketika televisi menyiarkan berita tentang seorang suhu kungfu berumur 84 tahun bernama Qiu Fuyi yang kebal golok dan mampu menggerakkan batu bata dan baskom berisi air serta menghancurkan botol dari jarak jauh. Namun suhu kungfu itu benar-benar dipermalukan ketika televisi mengerahkan para pesulap untuk membuatnya tidak berdaya dan membongkar triknya dengan gamblang. Anda bisa menonton film-filmnya di Youtube dengan judul: The Real magic? NOT but chinese FRAUD!

“Ripleys Believe It or Not! A Qigong (chi kung) Master Emits Heat From Hand at Over 200 degrees”  di Youtube bercerita tentang seorang master Qigong di Amerika yang mampu memanaskan handuk basah dengan kekuatan tanaga dalamnya hingga 202 0 F alias 94,4 0 C. Di dalam dunia sulap ilmu demikian disebut Pyrokinesis, artinya penggerak api. Tidak sulit untuk melakukan hal demikian, yang diperlukan hanya menaburkan atau meneteskan Crystal Drano pada handuk basah tersebut. Crystal Drano  adalah campuran sodium hydroxide (lye), sodium nitrate, sodium chloride (garam), dan aluminum.

Darren Brown adalah seorang pesulap yang tidak punya kemampuan tenaga dalam sama sekali. Suatu kali, dia mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjatuhkan seorang pendekar kungfu dengan pukulan tanpa menyentuhnya. anda bisa menontonnya di Youtube dengan judul: Derren Brown – One Inch Punch – Kung Fu – NLP Menurut Brown, yang dia lakukan adalah memadukan kemampuannya menyesuaikan diri, pemahaman bahwa manusia umumnya mudah diperintah, kemampuan mewujudkan impian seseorang dan sugesti hipnotis. Dia menyesuaikan diri dengan pendekar tersebut dengan berprilaku dan menyatakan dirinya seorang pendekar tenaga dalam. Dia memerintahkan pendekar itu merasakan (mengkhayalkan) kekuatan tenaga dalamnya sebelum memukul. Dia berusaha mewujudkan harapan pendekar itu untuk merasakan pukulan tenaga dalam sejati. Dia juga mensugesti pendekar itu bahwa dia akan merasakan pukulan tenaga dalamnya yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika dia melancarkan pukulan, pendekar itu menanggung akibatnya.

Handai taulan sekalian, apabila tenaga dalam memang ada dan para pendekar tenaga dalam itu memang sakti, kenapa mereka gagal ketika diuji? Kenapa walaupun mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering namun tidak mampu menjatuhkan orang yang tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali? Apabila tenaga dalam itu tidak ada, kenapa para pendekar itu meyakininya dan mereka mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering? Kenapa orang-orang yang tidak pernah berlatih tenaga dalam mampu melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh para pendekar tenaga dalam ketika berhadapan dengan pendekar tenaga dalam?

Kenapa hai hai Menulis Tentang Tenaga Dalam?

Kenapa hai hai merasa perlu mengungkapkan kebenaran tentang tenaga dalam? Karena banyak pengkotbah yang mengajarkan bahwa tenaga dalam adalah  kuasa kegelapan. Sebab banyak pengkotbah mantan dukun yang membual tentang kemampuan tenaga dalam mereka ketika masih menjadi dukun, contohnya adalah Pdt. Dr. Eku Hidayat MA dan Ev. Daud Tony. Mereka juga membual bahwa itu adalah kekuatan dari setan-setan dan orang Kristen mampu menghadapinya dengan kekuatan dari Roh Kudus. Karena banyak orang Kristen yang bersaksi mampu membuat para pendekar tenaga dalam kehilangan kesaktiannya dengan kekuatan doa, contohnya Pdt. Budi Asali MDiv.

Handai taulan sekalian, saya yakin, sebelum diuji baik Yanagi Ryuken maupun Tom Cameron,  George Dillman dan pendekar-pendekar Bambu Kuning sama sekali tidak tahu bahwa kekuatan tenaga dalam mereka sama sekali tidak berdampak bagi non pendekar tenaga dalam. Ketika mengetahui kebenarannya, Yanagi Ryuken secara jantan mengundurkan diri dari dunia persilatan. Namun sayang baik Tom Cameron maupun George Dillman dan banyak pendekar tenaga dalam lainnya, tetap kekeh jumekeh dengan keyakinannya dan tetap mengajarkannya kepada orang lain.

Saya punya banyak teman yang belajar ilmu tenaga dalam. Mereka adalah orang-orang yang jujur dan rendah hati. Mereka sama sekali tidak menggunakan ilmunya untuk mencari uang atau mencari pujian. Mereka berlatih dan sebagian di antaranya mengajar dengan tujuan baik, untuk kesehatan dan untuk membagikan pengetahuan kepada orang lain. Ketika saya menunjukkan fakta-fakta tentang tenaga dalam kepada mereka, ada sebagian yang lalu berhenti namun lebih banyak yang terus berlatih dan mengajar. Mereka percaya bahwa saya adalah seorang pendekar yang rendah hati yang walaupun memiliki tenaga dalam dasyat sehingga mampu meredam tenaga dalam mereka seolah sebatang jarum yang jatuh ke dalam air namun kekeh jumekeh mengaku tidak punya tenaga dalam sama sekali. Mengenaskan! Namun, itulah faktanya.

Walaupun tidak pernah bergabung dengan perguruan ilmu tenaga dalam namun dari teman-teman, buku dan rekaman film, saya memahami hampir semua ajaran ilmu tenaga dalam dari perguruan-perguruan top di dunia. Falsafah mereka dan teknik yang digunakan untuk membangkitkan tenaga dalam. Saya juga sudah menguji sebagian besarnya.

Tenaga Dalam VS Sistem Pernafasan Manusia

Para pendekar Indonesia menyebutnya tenaga dalam, pendekar Tionghoa menyebutnya Qi (dibaca: Chi), pendekar Tibet menyebutnya lung, pendekar Jepang dan Korea serta Vietnam  menyebutnya Ki, pendekar India menyebutnya Prana, pendekar Hawai menyebutnya Mana, pendekar Yunani menyebutnya Spiritus, pendekar Eropah menyebutnya Vital energy dan di dalam film Star Wars disebut The force.

Para pendekar Tionghoa menyebutnya dantian, artinya lapangan merah sementara para pendekar India menyebutnya cakra. Letaknya dua jari di bawah pusar. Para pendekar meyakininya sebagai pusat tenaga dalam atau Qi manusia.

Para pendekar tenaga dalam meyakini bahwa semua manusia memiliki benih-benih tenaga dalam di dalam tubuhnya. Apabila dilatih dengan baik, maka pada tingkat dasar, tenaga dalam itu berguna untuk melancarkan peredaran cairan tubuh dan menyehatkan badan. Pada tingkat menengah tenaga dalam bisa digunakan untuk memperkuat tubuh sehingga mampu menahan pukulan dan menambah kekuatan sehingga memperkeras pukulan dan tendangan serta meningkatkan kewaspadaan. Tenaga dalam tingkat tinggi bisa digunakan untuk menghajar orang dari jarak jauh dan membentengi tubuh sehingga tidak bisa disentuh lawan serta menyembuhkan berbagai luka dan penyakit. Sebagian pendekar meyakini dan mengajarkan bahwa tenaga dalam juga dapat digunakan untuk mengusir roh-roh jahat, melindungi barang dari pencuri (pencuri akan terpental ketika hendak menyentuh barang) dan menyembuhkan penyakit apa saja dari jarak jauh, bahkan ketika mencapai kesempurnaan, mampu melihat masa depan.

Tenaga dalam adalah kekuatan yang mampu dilontarkan keluar dari tubuh. Itulah definisi tenaga dalam yang kita bahas saat ini.

Semua perguruan ilmu tenaga dalam mengajarkan bahwa tenaga dalam dibentuk dari oksigen yang dihirup. Itu sebabnya melatih pernafasan adalah satu-satunya cara untuk membangkitkan kekuatan tenaga dalam. Secara umum inilah cara untuk melatih tanaga dalam.

Oksigen yang dihirup disalurkan ke dantian atau titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Oksigen itu lalu diputar menjadi sebuah pusaran. Perguruan-perguruan ilmu putih memutarnya searah jarum jam dan menuduh yang memutar dengan arah sebaliknya sebagai ilmu hitam. Menurut cerita, memutar melawan arah jarum jam akan lebih cepat membangkitkan tenaga dalam namun tidak bisa mencapai kesempurnaan. Kesempurnaan tenaga dalam hanya bisa dicapai dengan memutar searah jarum jam. Tenaga dalam harus dibangkitkan sendiri dengan latihan dan meditasi, juga bisa dibangkitkan dengan cara sang guru mengaktivasi muridnya.

Ilmu pengetahuan ilmiah mengajarkan bahwa semua oksigen yang dihirup manusia masuk ke paru-paru. Di paru-paru oksigen bercampur dengan darah. Darah berisi oksigen lalu di sedot oleh jantung dan dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Kemampuan tertinggi darah menyerap oksigen dan kemampuan tertinggi tubuh memanfaatkan oksigen di dalam darah disebut VO2 max (maximal oxygen consumption; maximal oxygen uptake; peak oxygen uptake). Darah menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang memiliki kemampuan maksimal menahan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa membuat pembuluh darah pecah. Kemampuan jantung menyemprotkan darah ke seluruh tubuh ada batasnya.

Apa yang terjadi ketika seorang pendekar tenaga dalam menghirup oksigen lalu menekannya ke dantian (titik yang letaknya dua jari di bawah pusar)? Apabila yang terjadi adalah proses normal bernafas, itu berarti ajaran tentang tenaga dalam hanya dongeng belaka.

Apabila oksigen menerobos jaringan tubuh ketika dialirkan ke dantian maka peralatan kedokteran dengan mudah bisa mendeteksinya karena oksigen adalah unsur yang terdeteksi oleh alat kedokteran. Handai taulan sekalian, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, ilmu kedokteran sampai hari ini belum menemukan keberadaan udara yang dialirkan ke dantian tanpa melewati standard prosedur operasi (SOP) pernafasan yang normal. Kenyataan demikian membuktikan bahwa SUMBER daya tenaga dalam itu sama sekali tidak ada. Tanpa sumber daya, mustahil ada tenaga dalam.

Apabila yang diajarkan oleh para pendekar tenaga dalam itu benar, oksigen di tekan ke dantian lalu diolah menjadi energi, itu berarti ketika seorang pendekar menyalurkan oksigen ke dantian, di titik itu akan terdeteksi oksigen yang banyak sekali. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hal demikian belum pernah ditemui oleh para dokter dan ilmuwan. Karena PROSES pengolahan oksigen menjadi tenaga dalam sama sekali tidak ada, itu berarti MUSTAHIL ada tenaga dalam.

Tenaga Dalam Adalah Adalah Tenaga Khayalan

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam berlatih tenaga dalam adalah MENGKHAYAL tentang sebuah titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Titik itu disebut DANTIAN.

Langkah kedua adalah MENGKHAYAL tentang udara yang dihirup lalu dikirim ke titik yang disebut DANTIAN.

Langkah ketiga adalah MENGKHAYAL tentang keberadaan sebuah PUSARAN tenaga di DANTIAN yang berputar searah jarum jam.

Langkah keempat adalah MENGKHAYAL tentang suatu TENAGA yang mengalir keluar dari DANTIAN.

Langkah kelima adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari DANTIAN ke bagian-bagian tubuh sesuai dengan yang dikehendaki.

Langkah keenam adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan dan membentuk bola.

Langkah ketujuh adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA di telapak tangan semakin lama semakin besar dan padat.

Langkah kedelapan adalah MENGKHAYAL tentang memainkan BOLA TENAGA di telapak tangan.

Langkah kesembilan adalah MENGKHAYAL tentang melontarkan BOLA TENAGA itu ke udara dan melihat bola itu lenyap menyatu dengan udara dan melihat bola itu jatuh kembali dan menangkapnya.

Langkah kesepuluh adalah MENGKHAYAL tentang MERASAKAN sebuah BOLA TENAGA di tangan guru atau saudara seperguruan anda.

Langkah kesebelas adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA yang dilontarkan kepada anda dan berusaha menangkapnya lalu merasakan kekuatannya dan belajar mengendalikannya.

Langkah keduabelas adalah MENGKHAYAL bersama guru atau saudara seperguruan anda bermain lempar dan tangkap BOLA TENAGA.

Langkah ketigabelas adalah menguasai keduabelas langkah sebelumnya dengan baik, tanpa kegagalan sama sekali. Apabila berlatih dengan giat, maka kekuatan tanaga dalam anda akan semakin kuat dari hari ke hari. Demikian pula kemampuan anda untuk mendeteksi kekuatan tenaga dalam guru atau saudara seperguruan anda. Apabila berlatih dengan giat maka anda bisa mengubah tenaga menjadi bentuk apa saja. Pada hakekatnya tenaga dalam itu wujudnya seperti udara atau air.

Salah satu cara untuk melatih kekuatan tenaga dalam adalah dengan melontarkannya menghantam bumi. Ketahuilah, ketika menghantam bumi, tenaga dalam akan mental menghantam diri anda sendiri. Belajarlah untuk mengendalikan tenaga dalam anda. Belajarlah untuk mengukur kekuatan tenaga dalam yang dilontarkan. Belajarlah untuk hanya melontarkan kekuatan tenaga dalam sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Belajarlah untuk memukul dengan tepat sasaran yang diinginkan.

Setelah mahir melontarkan tenaga dalam maka mulailah berlatih menjadikan tenaga dalam sebagai perpanjangan tangan. MENGKHAYAL-lah tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan yang terulur semakin panjang dan semakin panjang. Setelah mampu melakukan hal itu mulailah MENGKHAYAL tentang menggunakan tenaga dalam itu seolah menggunakan tangan yang memanjang. Anda bisa memukul, mencengkram, membanting dan lain-lainnya.

Handai taulan sekalian, pada hakekatnya, itulah yang disebut tenaga dalam oleh para pendekar tenaga dalam. Tenaga dalam adalah TENAGA KHAYALAN. Apabila anda berlatih dengan tekun maka cepat atau lambat, walaupun hanya TENAGA KHAYALAN namun tubuh akan BEREAKSI seolah itu tenaga sungguhan. Itu sebabnya tenaga dalam sama sekali tidak berpengaruh kepada orang-orang yang TIDAK berlatih tenaga dalam.  Sebab mereka tidak terlatih untuk menanggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran.

Para pendekar tenaga dalam mencelat ketika dihajar tenaga dalam alias TENAGA KHAYALAN karena mereka SUDAH terlatih untuk menaggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran. Itu sebabnya tenaga dalam tidak bisa digunakan untuk memukul benda-benda hingga mental karena tenaga dalam hanya tenaga KHAYALAN belaka.

Pukulan Roh Kudus

Bagaimana dengan PUKULAN roh kudus para pengkotbah alam roh? Handai taulan sekalian, cobalah berdiri tegak lalu angkat salah satu kaki anda. Cobalah untuk memperkirakan berapa lama anda bisa berdiri dalam posisi demikian? Lalu cobalah untuk membuktikan bahwa anda memang mampu bertahan selama yang anda perkirakan. Sekarang, berdirilah dengan satu kaki lalu pejamkan mata anda. Benar. Ketika memejamkan mata, keseimbangan anda tidak sebaik ketika melek.

Setelah menemukan posisi berdiri yang nyaman lalu pejamkan mata anda. Walau sedikit, namun keseimbangan anda berkurang. Apabila mendongakkan kepala dalam kondisi mata terpejam maka keseimbangan anda semakin LEMAH! Apabila mendongakkan kepala dalam kondisi mata terpejam sambil mengangkat kedua tangan ke atas dan bernyanyi memuji Tuhan sesuai dengan PERINTAH pengkotbah sementara hati anda gundah-gulana, saat itu keseimbangan anda buruk sekali. Dalam kondisi demikian, sebuah sentuhan hangat di kening akan membuat anda merasa nyaman, terlena dan tidak waspada. Dalam kondisi demikian, maka sebuah dorongan lemah di kening akan membuat anda kehilangan keseimbangan dan terjengkang. Bila anda tidak terjengkang, maka sebuah dorongan dengan bahu yang dilakukan seolah-olah ingin memeluk akan membuat anda terjengkang. Itulah misteri Altar Call pengkotbah alam roh. Mungkin sebagian pengkotbah alam roh tidak mengetahui hal itu namun itulah yang sesungguhnya terjadi.

Anda terjengkang karena kehilangan keseimbangan, bukan karena Roh Kudus bermanifestasi!

Para pengkotbah alam roh menyatakan dirinya berkuasa untuk membaptis dengan Roh Kudus. Mereka mengajarkan bahwa terjengkang dan kelojotan setelah dihajar dengan pukulan roh kudus adalah BUKTI dijamah Roh Kudus. Banyak jemaat yang percaya karena mereka melihat orang-orang terjengkang lalu kelojotan ketika dihajar oleh pengkotbah dengan pukulan roh kudus. Itulah yang dimaksudkan oleh Darren Brown sebagai MENYAMAKAN persepsi.

Jemaat alam roh umumnya merindukan jamahan Roh Kudus. Orang-orang yang kelelahan menghadapi pergumulan hidup umumnya merindukan jamahan Roh Kudus. Itu sebabnya mereka secara tidak sadar akan akan menaati perintah seseorang yang diyakini berkuasa memberikan Roh Kudus untuk percaya bahwa dirinya SEDANG dijamah Roh Kudus ketika seorang pengkotbah alam roh melancarkan pukulan roh kudus. Mereka bukan hanya TAAT pada perintah pengkotbah alam roh namun justru secara tidak sadar MENSUGESTI diri sendiri SEDANG dijamah Roh Kudus. Mereka terjengkang dan kelojotan bukan karena Roh Kudus namun karena MEMASUKI alam hipnosis alias hipnotis.

Pengkotbah dan jemaat alam roh menyebut kondisi demikian sebagai kondisi dipenuhi Roh Kudus. Orang-orang non Kristen menyebutnya kondisi dipenuhi dewa-dewi (shenkung) dan ketika kondisi hipnosis itu sangat dalam sehingga yang bersangkutan kehilangan kesadarannya, disebut kondisi dirasuki dewa-dewi (loktang atau loktung).

Sebuah Kisah Di Sebuah Sekolah Injil

Ada sebuah sekolah Injil yang ketua yayasan merangkap rektornya benar-benar sakti mandraguna sebab pukulan roh kudusnya jarang sekali gagal. Karena tidak tahan maka banyak mahasiswa sekolah itu yang lalu minta petunjuk kepada seseorang. Pertanyaannya kira-kira begini, “Apakah saya berdosa ketika pura-pura tumbang saat beliau melancarkan pukulan roh kudus?” Orang itu menjawab pertanyaan dengan pertanyaan, “Kenapa anda harus pura-pura tumbang?” Setelah berpikir cukup lama, mahasiswa itu menjawab, “Bila tidak tumbang, maka saya harus doa puasa tiga hari tiga malam.” Seseorang itu menatap mahasiswa itu lalu berkata, “Lebih baik tumbang dari pada tiga hari tiga malam nggak makan dan nggak tidur bukan? Tuhan Yesus tahu apa yang terjadi dan saya yakin Dia pasti ngakak di sorga ketika melihat apa yang terjadi. Paling-paling Dia akan ngomel, ‘dasar anak bengal!'”

Saya sering bertanya, “Apa yang akan terjadi bila ada Singer dan Dancer yang tidak tumbang ketika Philip Mantofa mengayunkan jas-nya menghajar mereka?”

Advertisements

76 thoughts on “Tenaga Dalam Di Mata Seorang Tionghoa Kristen

  1. Sejauh mana anda pernah mengalami perihal tenaga dalam tsb?
    Apakah anda sudah mendalami hal tsb atau hanya sebatas mengenali.?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s