Nene dan Huruf K


Saya ingat, waktu kuliah dulu pernah naksir seorang gadis gara-gara huruf K. Dia orang Jawa tulen karena di depan namanya ada gelar RA (raden Adjeng) Andjani. Kecantikannya sangat klasik dengan kulit sawo matang. Walaupun nggak pernah mengagul-agulkan silsilahnya dan bergaul bebas namun walaupun samar, prilakunya benar-benar jawani, halus dan penuh tata krama.

Ketika ngobrol rame-rame di kantin dan aku cerita tentang nenekku, tiba tiba dia protes. Menurutnya NENEK harus dilafalkan NENE bukan NENEK. “Dari tadi kuping gua sakit denger lu bilang nenek.”

“Kalau mau dilafalkan NENE untuk apa ditulis NENEK?” Aku membantah, kemudian terjadilah diskusi tentang tata bahasa Indonesia yang berlanjut ke debat kusir karena masing-masing bertahan pada “pokoknya”.

Saya tidak tahu setan mana yang lewat dan merasukiku. Begitu saja aku bertanya kepada Raden roro Andjani, “Nene dong? Boleh!” Dia tertawa lalu bilang begini, “Nah gitu dong yang bener memang nene, mana ada nenek?”

Aku bertanya kepadanya lagi, “Jadi, boleh nene?” Ketika dia bilang boleh aku berkata, “Buka dong!” Dia memandangku, “Buka? Apanya yang dibuka?” Aku tersenyum, “Kalau nggak dibuka gimana gua bisa NENE?”

Teman-teman menatapku bingung. Beberapa saat kemudian satu persatu mulai terbahak-bahak sambil memaki, “Anjring!” Walupun semua yang ada di sekeliling meja itu terbahak-hak namun Raden Adjeng Andjani justru terlongong-longong kebingungan.

Ketika aku kembali bertanya, “Nene bolehkan?” Dengan polosnya, dia menjawab. “Iya nene yang bener, bukan nenek.” Kami benar-benar terbahak-bahak dan sejak itu Raden Adjeng Andjani kehilangan namanya karena dia mendapat gelar baru, NENE. Dan kami suka ketika melihat dia tersipu-sipu waktu kami berkata, “Ne, aku mau nene yang bener bukan nenek.” Dia cantik sekali ketika melotot sambil tertawa renyah.

NB.
Ini hanya kisah fiktif. Bila ada kesamaan nama dan gelar serta karakter, itu namanya juga usaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s