Penipuan Philips Joeng Dan Yesus Mengutus 12 Murid-Nya


Yesus mengutus 12 murid untuk memberitakan Kerajaan Sorga  sudah dekat kepada domba-domba yang hilang dari Israel dan menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, menahirkan orang kusta dan mengusir setan-setan. Kisah tersebut tercatat di dalam Matius 10:5-15, Markus 6:6-13 dan Lukas 9:1-6. Seorang Pastor yang bergelar Master Teologi mengajarkan bahwa pada saat itu Yesus hanya mengutus 12 murid untuk mengelilingi beberapa kampung di sekitar danau Galilea dan pulang sebelum sore hari. Setelah murid-murid pulang sorenya, Yesus pun melakukan mujizat 5 roti dan 2 ikan. Kerabatku sekalian, mari kita mempelajari kisah tersebut dengan teliti dan hati-hati untuk membuktikan apakah yang diajarkan pastor itu memang ajaran Alkitab atau dia hanya pastor YAK-YAK-O yang mencari pujian dengan mencuri kebajikan alias menyesatkan karena mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Memberanikan diri bertanya, di dalam Group ….. Pastor ….. Mengajarkan:

Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Lukas 9:4

### KATA “TINGGAL” DISITU DALAM BAHASA ASLINYA ADALAH: μένω / menō.

menō ARTINYA: MAMPIR ATAU TINGGAL DALAM WAKTU SEJENAK.

menō BUKAN BERMALAM ATAU TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA

KALO BERMALAM ATAU TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA LEBIH COCOK MENGGUNAKAN KATA: αὐλίζομαι / aulizomai

Mat 21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam (αὐλίζομαι / aulizomai) di situ.

KATA “MENO” BISA MENUNJUKKAN WAKTU SEJENAK MAUPUN LAMA BAHKAN SELAMA2NYA TERGANTUNG DARI KATA SUSULAN YG MENJELASKANNYA

### TAMPAKNYA HAI2 KURANG MEMAHAMI PENJELASAN SAYA MENGENAI KATA “MENO” ADALAH PRIMARY VERB. PRIMARY VERB MEMERLUKAN KATA SUSULAN UTK MENJELASKAN MAKNANYA DALAM SUATU KALIMAT. … SEPERTI YG SAYA BILANG, KATA “MENO” MENUNJUKKAN SUATU KEADAAN DIMANA IA “STAY” (NON PERMANENT) DENGAN JANGKA WAKTU TERTENTU ALIAS MAMPIR BILA TIDAK ADA KATA SUSULAN YG MENJELASKANNYA.

Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat. Lukas 9:6

### MURID2 BERKELILING DALAM AYAT TSB TIDAK MENUNJUKKAN BAHWA MEREKA BERKELILING HINGGA KEESOKAN HARINYA. MEREKA BERKELILING DI PAGI HARI & DI SORE HARINYA TERJADI PERISTIWA 5 ROTI 2 IKAN UTK 5000 ORANG ITU.

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Matius 10:9

Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Matius 10:10

#### PENJELASAN ANDA SAMA SEKALI TIDAK MENUNJUKKAN BAHWA MURID2 BERKELILING HINGGA KEESOKAN HARINYA ATAU MELEWATI HARI. DARI RANGKAIAN AYAT TSB JELAS MENUNJUKKAN DENGAN GAMBLANG BAHWA MURID2 BERKELILING DI PAGI HARI, LALU KEMBALI PADA YESUS & KEMUDIAN SAAT HARI MULAI GELAP, MEREKA TURUT MENYAKSIKAN MUJIZAT 5 ROTI 2 IKAN ITU.

MURID2 TIDAK MEMBAWA BEKAL APAPUN. KARENA MEMANG TIDAK DIRENCANAKAN MENGINAP.

ADAKAH AYAT YG MENUNJUKKAN MURID2 TSB TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA??? TIDAK ADA!!!

BAHKAN YESUS MENYURUH SEMUANYA ITU DILAKUKAN DALAM WAKTU CEPAT & TIDAK BERTELE2. “KALO KAGAK MAU, YA TINGGALIN AJA!!!” ISTILAHNYA

Mat 10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Matius 10:5-6

YESUS JELAS MEMERINTAHKAN AGAR TIDAK MELANGKAH KELUAR KE JALAN BANGSA LAIN. APALAGI SAMPE KE SAMARIA!!! BERARTI YESUS SUDAH MELOKALISIR TARGETNYA SEHINGGA TIDAK MUNGKIN TERLALU JAUH.

DARI SEGI JARAK MISALNYA, JARAK KE SAMARIA 60 KM (10 JAM). DAN YESUS JELAS2AN MELARANG MURID2NYA MELANGKAH HINGGA MELEBIHI BATAS ITU. DARI SINI AJA KITA TAHU BAHWA JELAS PERJALANAN MURID2NYA TIDAK MELEBIHI 60 KM (10 JAM), KAN???

INGAT!!! PARA MURID HANYA SEMPAT BERKELILING DI SEKITAR DANAU GALILEA.
JIKA KITA MENILIK PETA, MAKA KITA AKAN MELIHAT BAHWA DANAU GALILEA PANJANGNYA HANYA SEKITAR 13 MIL & LEBARNYA HANYA SEKITAR 8 MIL. MUNGKINKAH PERLU BERHARI2??? TIDAK!!

BAHKAN SESUDAH BERKELILING, KOTA YG MEREKA TUJU MASIH BERADA DI SEKITAR DANAU GALIELA JUGA. MUNGKINKAH PERLU WAKTU BERHARI2???

Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia. Lukas 9:10

JARAK DARI DANAU GALILEA KE BETSAIDA TIDAK LEBIH DARI 5 KM. MENGINGAT BETSAIDA TERMASUK KOTA YG PALING DEKAT DENGAN DANAU GALILEA, BERSEBELAHAN DENGAN CERUK GALILEA & SUNGAI YORDAN.

JIKA DESA2 SEKITAR DANAU GALILEA TSB DIKELILINGI OLEH PARA MURID APALAGI DENGAN DIBAGI PER-KELOMPOK, MAKA SANGAT MEMUNGKINKAN BAHWA SEMUA (ATAU PALING TIDAK CUKUP BANYAK) DESA SEKITAR GALILEA TERJANGKAU.

Bengcu Menggugat hai hai Mengungkap:

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, Matius 10:5

melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Matius 10:6

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga  sudah dekat. Matius 10:7

Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Matius 10:8

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Matius 10:9

Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Matius 10:10

Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Matius 10:11

Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Matius 10:12

Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Matius 10:13

Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Matius 10:14

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora  akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.” Matius 10:15

Tidak Boleh Membawa Bekal

Kerabatku sekalian, Pastor YAK-YAK-O alias Pst Wenas alias Gyntara Yongky Wenas alias Oen Tay joeng alias Philip Wenas alias Philips Joeng mengajarkan bahwa Yesus melarang 12 murid membawa uang, bekal dan perlengkapan adalah BUKTI bahwa 12 murid hanya diutus mengelilingi beberapa kampung di pesisir danau Galilea dan mereka harus kembali sebelum sore untuk menemani Yesus kotbah, menyembuhkan orang-orang sakit dan melakukan mujizat 5 roti 2 ikan pada sore harinya.

Alkitab mencatat bahwa ke 12 murid Yesus adalah orang-orang dewasa yang sehat jasmani dan rohani serta akal budi. Yesus sendiri pun sehat jasmani dan rohani serta akal budi. Apabila Yesus memang menghendaki ke 12 murid-Nya hanya mengelilingi beberapa kampung di pesisir danau Galilea dan kembali sebelum sore, maka Dia akan bilang kira-kira begini:

“Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel di sekitar pesisir Galilea dan beritakanlah: Kerajaan Sorga  sudah dekat. Pergilah dan kembalilah sebelum Sore.”

Karena TAHU hanya pergi sejenak maka mustahil murid-murid yang sehat jasmani dan rohani serta akal budi lalu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggang, membawa bekal, membawa baju dua helai, membawa kasut atau tongkat.” Namun, Yesus yang sehat jasmani dan rohani serta akal budi sama sekali tidak memberi amanat demikian kepada murid-murid-Nya yang sehat jasmani dan rohani serta akal budi. Inilah yang dikatakan oleh Yesus:

“Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga  sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Kerabatku sekalian, Pastor YAK-YAK-O menafsirkan bahwa amanat Yesus yang panjang lebar di atas artinya adalah:

Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel di sekitar pesisir Galilea dan beritakanlah: Kerajaan Sorga  sudah dekat. Pergilah dan kembalilah sebelum Sore.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, apabila yang diajarkan oleh Pastor YAK-YAK-O itu benar, bukankah itu berarti kesehatan jasmani dan rohani serta akal budi ke 12 murid dan Yesus sendiri perlu dipertanyakan karena ngomongnya ke utara namun artinya ke selatan.

Pastor YAK-YAK-O menafsirkan bahwa Yesus melarang 12 murid membawa uang, bekal dan perlengkapan untuk menyuruh mereka kembali sore harinya. Apabila yang diajarkannya benar, bukankah itu berarti Yesus dan murid-murid-Nya berkomunikasi dalam bahasa SANDI? itu sebabnya: Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat =  Kembalilah sebelum Sore.

Apabila yang diajarkan Pastor YAK-YAK-O benar, bukankah sebarusnya mereka memberikan KUNCI SANDI untuk memahami keseluruhan kisah Yesus Mengutus 12 Murid? Ha ha ha ha ha ….

Kenapa Yesus melarang 12 murid membawa uang, bekal dan perlengkapan? Sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Matius mencatat dengan GAMBLANG dan TEGAS sehingga mustahil menyangkalnya. Karena seorang pekerja akan mendapat upah maka Yesus melarang ke 12 murid membawa uang, bekal dan perlengkapan. Karena tidak membawa uang, bekal dan perlengkapan, bagaimana 12 murid memenuhi kebutuhan hidup mereka selama dalam pernjalanan? Dari upah yang mereka terima. Upah yang mereka terima adalah makanan dan tempat tinggal.

Itu sebabnya dikatakan bahwa ajaran Yesus melarang 12 murid membawa uang, bekal dan perlengkapan adalah BUKTI atau CARA Yesus menyuruh 12 murid HANYA keliling di beberapa kampung di pesisir danau Galilea dan pulang sebelum sore adalah ajaran SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Pastor YAK-YAK-O adalah PENYESAT karena dia mengajarkannya sebagai ajaran Alkitab. Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab, namanya MENYESATKAN.

Tinggallah Sampai Kamu Pergi

Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Matius 10:11

Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Markus 6:10

Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Lukas 9:4

Kata TINGGALLAH dalam Matius 10:11 diterjemahkan dari kata Yunani μείνατε = meinate sedangkan kata TINGGALLAH dalam Markus 6:10 dan Lukas 9:4 diterjemahkan dari kata Yunani μένετε = menete. Baik meinate maupun menete, keduanya berasal dari kata dasar yang sama yaitu: menó = Tinggal.

Pastor YAK-YAK-O mengajarkan bahwa kata TINGGALLAH dalam ayat-ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata MENO. Lebih lanjut dia mengajarkan bahwa : μένω = meno ARTINYA: MAMPIR ATAU TINGGAL DALAM WAKTU SEJENAK. BUKAN “BERMALAM” KALO BERMALAM ATAU TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA LEBIH COCOK MENGGUNAKAN KATA: αὐλίζομαι = aulizomai 

Mat 21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam (αὐλίζομαι = aulizomai) di situ.

Lebih Lanjut, Pastor YAK-YAK-O mengajarkan bahwa: “MENO” BISA MENUNJUKKAN WAKTU SEJENAK MAUPUN LAMA BAHKAN SELAMA2NYA TERGANTUNG DARI KATA SUSULAN YG MENJELASKANNYA. “MENO” MENUNJUKKAN SUATU KEADAAN DI MANA IA “STAY” (NON-PERMANENT) DENGAN JANGKA WAKTU TERTENTU ALIAS MAMPIR BILA TIDAK ADA KATA SUSULAN YG MENJELASKANNYA.

Menggunakan jurus tafsir 1001 mimpi Pastor YAK-YAK-O menafsirkan kata μένω = meno lalu mengajarkan bahwa kata MENO di dalam Matius 10:11, Markus 6:10 dan Lukas 9:4 artinya TINGGAL SEJENAK dan merupakan bukti bahwa 12 murid hanya mengelilingi beberapa desa sekitar danau Galilea dan kembali sebelum sore di mana sorenya Yesus membuat mujizat 5 roti dan 2 ikan. Ajaran demikian benar-benar SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Tinggallah (MEINATE) di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Yohanes 15:4

“Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah (MEINATE) di dalam kasih-Ku itu. Yohanes 15:9

Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu –dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta– dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal (MENETE) di dalam Dia. 1 Yohanes 2:27

Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah (MENETE) di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. 1 Yohanes 2:28

Kerabatku sekalian, kata TINGGALLAH dalam Yohanes 15:4 dan Yohanes 15:9 diterjemahkan dari kata Yunani μείνατε = meinate seperti yang digunakan dalam Matius 10:11 sedangkan kata TINGGAL dalam 1 Yohanes 2:27 dan kata TINGGALLAH dalam 1 Yohanes 2:28 diterjemahkan dari kata Yunani μένετε = menete seperti  dalam Markus 6:10 dan Lukas 9:4. Di dalam keempat ayat tersebut, kata MENO sama sekali tidak diikuti KATA SUSULAN yang MENJELASKANNYA.

Apabila Teolog YAK-YAK-O tidak MEMBUAL karena yang diajarkannya BENAR, bukankah itu berarti kata MENO di dalam keempat ayat tersebut di atas berarti: MAMPIR ATAU TINGGAL DALAM WAKTU SEJENAK, BUKAN “BERMALAM” ATAU TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA seperti TAFSIRANNYA atas kata MENO di dalam Matius 10:11, Markus 6:10 dan Lukas 9:4?

Handai taulanku sekalian, bacalah kembali keempat ayat tersebut di atas dengan teliti dan hati-hati lalu jawablah pertanyaann ini: Mungkinkah kata meinate dan menete dalam ayat-ayat  tersebut di atas berarti TINGGAL SEJENAK, BUKAN “BERMALAM” ATAU TINGGAL DALAM JANGKA WAKTU LAMA? MUSTAHIL! Anda tidak perlu memiliki gelar yang lebih panjang dari namanya untuk memahami keempat ayat tersebut di atas dengan benar dan MENGETAHUI FAKTA bahwa Pastor YAK-YAK-O itu benar-benar seorang PEMBUAL yang PAYAH! Ha ha ha ha ha ha …. BUALANNYA benar-benar MURAHAN dan MUDAH sekali ketahuan. Ha ha ha ha ha … ajaran “MENO” MENUNJUKKAN SUATU KEADAAN DI MANA IA “STAY” (NON-PERMANENT) DENGAN JANGKA WAKTU TERTENTU ALIAS MAMPIR BILA TIDAK ADA KATA SUSULAN YG MENJELASKANNYA. benar-benar  NGACo bElo!

Yesus Mengutus 70 Murid

Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua  mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Lukas 10:1

Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Lukas 10:2

Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala . Lukas 10:3

Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. Lukas 10:4

Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Lukas 10:5

Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Lukas 10:6

Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Lukas 10:7

Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, Lukas 10:8

dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu. Lukas 10:9

Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: Lukas 10:10

Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat. Lukas 10:11

Aku berkata kepadamu: pada hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.” Lukas 10:12

Metode Penginjilan Yesus Kristus.

Kerabatku sekalian, pada hakekatnya, amanat yang diberikan kepada 12 murid dan 70 murid adalah sama yaitu: Memberitakan kerajaan Allah sudah dekat dan menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati dan mengusir setan-setan.

Kenapa murid-murid tidak boleh membawa uang, bekal dan perlengkapan? Karena kebutuhan mereka selama menjalankan misi akan dipenuhi. Siapakah yang akan memenuhi kebutuhan mereka? Orang yang LAYAK. Siapakah orang yang LAYAK itu? Orang LAYAK adalah orang yang menyambut salam dan menerima murid-murid di dalam rumahnya dan memenuhi semua kebutuhan mereka.

Apa tujuan Yesus melarang ke 70 murid-Nya memberi salam kepada siapapun di jalan,  namun Dia menyuruh murid-murid pergi ke jalan-jalan raya kota berseru: Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat, bila mereka tidak diterima di suatu kota?

Selain memberitakan kerajaan Allah sudah dekat, murid-murid juga diberi kuasa untuk melakukan mujizat. Apabila ditolak di suatu kota maka murid-murid tidak melakukan mujizat namun tetap harus memberitakan kerajaan Allah sudah dekat di jalanan kota. Apabila bertemu dengan orang yang LAYAK, maka “kerajaan Allah sudah dekat” TIDAK diteriakan dari jalanan dan mujizat pun tidak dilakukan di jalanan kota tersebut.

Rumah orang yang LAYAK adalah POS PEKABARAN INJIL (Pos PI) bagi murid-murid Yesus. Itu sebabnya ketika memasuki suatu kota atau desa maka yang pertama kali harus dilakukan oleh para murid adalah MENCARI dan MENEMUKAN orang yang LAYAK. Bila TIDAK menemukannya mereka pun meninggalkan kota itu setelah memberitakan Kerajaan Allah sudah dekat dari jalanan kota. Bila menemukannya mereka pun tinggal sampai berangkat dari sana. Mereka tidak berpindah-pindah rumah karena Yesus melarangnya. Di rumah itulah kerajaan Allah diberitakan dan orang-orang sakit disembuhkan serta setan-setan diusir. Setelah merasa cukup, murid-murid berangkat ke kota lainnya. Di kota itu mereka mencari orang yang LAYAK lalu membuka POS PI.

Karena tidak membawa uang, bekal dan perlengkapan, maka murid-murid tidak BISA berjalan terlalu jauh dari satu orang yang LAYAK ke orang yang LAYAK lainnya. Apabila melakukannya maka mereka akan kelaparan dan kehausan serta tidak nyaman dan tidak aman, karena tidak punya uang, bekal dan perlengkapan. Itulah cara agar para murid menjelajah dari kota ke kota, dari kampung ke kampung. Amanat tidak membawa uang, bekal dan perlengkapan BUKAN cara untuk MEMAKSA para murid pulang sebelum sore namun METODE untuk menjamin agar berita KERAJAAN ALLAH SUDAH DEKAT diberitakan MERATA di seluruh tanah Israel.

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Matius 15:24  

Kenapa Yesus melarang murid-murid menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel?  Pastor YAK-YAK-O mengajarkan bahwa itulah cara Yesus menyuruh 12 murid hanya berkeliling di beberapa kampung di sekitar danau Galilea dan pulang sebelum sore. Tafsiran demikian benar-benar NGACO-BELO dan MENGENASKAN. Karena Yesus hanya diutus kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel itu sebabnya Dia pun MENGUTUS murid-murid kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Itulah yang diajarkan Alkitab dengan tegas dan gamblang sehingga mustahil menyangkalnya.

Di Tiberias, Bukan Di Betsaida

Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia. Lukas 9:10

Akan tetapi orang banyak mengetahuinya, lalu mengikuti Dia. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan. Lukas 9:11  

Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: “Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi.” Lukas 9:12

Kerabatku sekalian, kenapa Pastor YAK-YAK-O mengajarkan: PANJANG GALILEA HANYA 13 MIL X LEBAR HANYA 8 MIL dan JARAK DARI DANAU GALILEA KE BETSAIDA TIDAK LEBIH DARI 5 KM? Itulah cara dia membuktikan bahwa ADA cukup WAKTU bagi 12 murid mengelilingi beberapa kampung di sekitar danau Galilea lalu kembali dan pergi ke Betsaida kemudian Yesus membuat mujizat  5 roti dan 2 ikan.

Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. Matius 14:13

Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan  itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti i  itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.  Matius 14:19

Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Yohanes  6:23

Handai taulan sekalian, benar-benar MENGENASKAN karena Pastor YAK-YAK-O itu tidak tahu bahwa mujizat 5 roti dan 2 ikan terjadi di Tiberias, bukan di Betsaida. Yesus mengajak murid-murid-Nya pergi ke Betsaida lalu menyeberang ke Tiberias. Di Tiberias Yesus melakukan mujizat 5 roti dan 2 ikan. Ketika hari gelap, murid-murid naik perahu pulang ke Betsaida (kapernaum) sementara Yesus menyuruh orang banyak pulang. Pada jam 03 dini hari, Yesus menyusul murid-murid-Nya ke Betsaida dengan berjalan di atas air. Diperlukan hampir semalaman untuk menyeberang dari Tiberias ke Betsaida. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh Yesus dan murid-muridnya untuk menyebarang dari Betsaida ke Tiberias ya? Ha ha ha ha …. Kita tidak tahu pasti. Namun kita tahu bahwa Pastor YAK-YAK-O membual ketika mengajarkan bahwa mujizat 5 roti dan 2 ikan terjadi di Betsaida. Ha ha ha ha ha ha …..

Oen Tay Joeng alias Pst Wenas alias Gintara Yongky Wenas alias Philips Joeng adalah PEnIPU. hati-hatilah agar anda tidak tertipu olehnya. Silahkan klik di SINI untuk membaca kisah-kisah penipuan publiknya yang lain.

25 thoughts on “Penipuan Philips Joeng Dan Yesus Mengutus 12 Murid-Nya

  1. Koh Hai….jd sebenarnya kalau ditangkap maksud intinya Yesus sbnarnya sudah memberitahukan bahwa banyak orang2 yg akan percaya pada para murid,baik yg diutus 12 org mau pun murid2 yg di utus 70 org untk menerima kabar kerajaan Allah sudah dekat.Yg oleh Yesus sebut org2 yg LAYAK = adalah yg Dia sebut dgn TUAIN,benar tidak koh Hai,apa yg sy tangkap ini? dr perkataan Yesus di Luk10:2 “tuaian memang banyak,tetapi pekerja sedikit” oleh sebab itu Dia menyuruh para murid untk tidak membawa bekal.

    • @Mey Weh, Penginjilan TIDAK dilakukan dengan Teriak-teriak di jalanan. Penginjilan dilakukan melalui Pos PI. Yesus menginjili Perempuan Samaria, Perempuan Samaria lalu bercerita kepada handai taulannya tentang Yesus dan yang diajarkannya lalu mengajak mereka mendatangi Yesus untuk mendengarkan sendiri yang diajarkannya. Itulah cara penginjilan yang BENAR.

      Murid-murid MENCARI orang yang Layak lalu memberitakan Kerajaan Allah sudah dekat. Orang yang Layak itu lalu memberitahu orang sekampungnya dan mengajak mereka ke RuMANYA untuk mendengarkan ajaran para murid.

      Karena nggak bawa bekal maka kamu gak bisa jalan jauh. Karena gak bisa jalan jauh maka kamu akan lewati kampung ke kampung. itulah cara Yesus menjamin agar murid-murid TIDAK malas ketika mengelilingi tanah Israel.

      • “Karena nggak bawa bekal maka kamu gak bisa jalan jauh. Karena gak bisa jalan jauh maka kamu akan lewati kampung ke kampung. itulah cara Yesus menjamin agar murid-murid TIDAK malas ketika mengelilingi tanah Israel”
        analisa ente emang ga ad matinya…

        • @susanoo, Memahami dan menarik kesimpulan secara iLMiaH. ARtinya, siapa pun yang berpikir dengan LOGIS dan ILMiaH pasti akan SAMPAI pada kesimpulan yang sama. Itu sebabny Yesus melarang murid-murid membawa uang dan bekal dan mengingatkan mereka layak mendapat upah.

  2. Untuk TIDAK MALAS mengelilingi tanah Israel…..apakah itu artinya murid2 menginap dan berkelilingnya menghabiskan waktu berhari2 koh? Dan kalo begitu mujizat 5 roti dan 2 ikan tidak terjdi dlm satu hari yg sama kan? Tetapi dihari yg berbeda bukan?

    • @Mey Weh, Yesus tinggal di Kapernaum. Itu adalah bagian utara negeri Israel. Murid-murid diutus untuk memberitakan “KERAJAAN Allah Sudah dekat!” kepada bangsa Israel di negeri Israel. Dari Kapernaum, mereka menjelajah ke Selatan. Jalurnya sama seperti yang ditempuh oleh Jenderal Yoab ketika disuruh menghitung bangsa Israel oleh Daud. Kita tahu pekerjaan itu butuh waktu lebih dari satu hari itu sebabnya murid-murid harus menemukan rumah tempat mereka akan TINGGAL dulu sebelum bekerja. Dan Yesus menyuruh mereka jangan beerpindah-pindah ketika mengutus 70 murid. Namun kita tidak tahu berapa lama waktu yang dihabiskan oleh para murid itu keliling israel.

      Mujizat 5 roti 2 ikan TIDAK terjadi pada HARU murid-murid kembali berkumpul dengan Yesus namun terjadi pada HARI Yesus menerima BERITA tentang dipenggalnya Yohanes pembaptis oleh Herodes.

  3. Diperlukan hampir semalaman untuk menyeberang dari Tiberias ke Betsaida. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh Yesus dan murid-muridnya untuk menyebarang dari Betsaida ke Tiberias ya? Ha ha ha ha …. Kita tidak tahu pasti
    =======

    Tanpa bermaksud membela pihak mana pun, cuman beri komentar saja utk penggalan di atas.
    Jangan lupa ketika menyeberang kembali dari Tiberias ke Betsaida pada malam itu para murid menemui halangan, yaitu ANGIN, yg membuat mereka hampir tidak dapat maju, jadi tidak dapat dijadikan acuan lamanya waktu tempuh kembali dari Tiberias ke Betsaida pada malam hari itu sama seperti waktu tempuh menyeberang dari Betsaida ke Tiberias, seperti yang ingin Anda katakan melalui komentar Anda tsb/ ^_^ (lebih teliti lagi baca Alkitabnya, Om.. Jangan sibuk debat sana-sini saja)

    • @ww, anda tahu angin SAKAL? Menurut anda BERAPA jam waktu yang diperlukan oleh Yesus dan murid-murid-Nya menyeberang dari Betsaida ke Tiberias? tunjukkan kemampuan anda BERHITUNG, nanti sya aakan MENGUJINYA dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran. Ha ha ha ha ha ha ha h …

      • Wow, sepertinya anda membuka Alkitab anda dan menemukan ANGIN tsb yg menunjukkan ketidaktelitian Anda membaca Alkitab,om ^_^ Dan mendadak berubah menjadi pakar Angin Sakal? Kalo begitu, kenapa tidak memerincinya, om? Kenapa tidak mulai menghitungnya? Berapa knotkah kecepatan angin tsb? berapa knotkah kecepatan dayung para murid?

        Apakah perlu saya sediakan jarak dan waktu sehingga om bisa mulai menghitungnya? Karena ketidaktelitian Anda membaca Alkitab mungkin susah menemukannya ^_^

        • @ww, hai hai SANGAT TELITI dan LOGIS serta mementingkan keakuratan. Itu sebabnya dia tidak ragu-ragu untuk menjawab, “SAYA belum memahaminya.” Dari pada harus mengajarkan sesuatu yang MASIH mentah pemahamannya. Di dalam DEBAT, hai hai MEMASTIKAN sudah PAHAM benar-benar dan mengujinya berulang-ulang sebelum MENYERANG. Itu sebabnya dari komentar anda hai hai LaNGSuNG tahu bahw anda sama sekali tidak memahami kisah Yesus berjalan di atas Air. Dari jawaban anda di atas hai hai langsung TAHU bahwa anda MUSTAHIL mampu menghitung dengan BENAR. Baiklah saya akan menjelaskan kepada anda:

          Angin SAKAL bukan angin RIBUT. Angin SAKAL adalah ANGIN yang MENERPA HALUAN kapal sehingga KAPAL sulit maju. angin SAKAL di danau adalah angin DARAT yang berhembus dari darat ke air pada malam hari. Itu sebabnya nelayan pergi melaut pada malam hari. Diperlukan hampir semalaman untuk menyeberang dari Tiberias ke Betsaida. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh Yesus dan murid-muridnya untuk menyeberang dari Betsaida ke Tiberias pada siangnya? Ha ha ha ha …. Kita tidak tahu pasti

          Anda tahu maksud kalimat, ” Kita tidak tahu pasti”? Artinya mustahil MENJADIKAN waktu TEMPUH dari Tiberias ke Betsaida sebagai DASAR untuk MEMPERKIRAKAN waktu tempuh dari Betsaida ke Tiberias. Prasangka anda BUSUK itu sebabnya anda TiDAK bisa BERPIKIR secara LOGIS. Ha ha ha ha ha ha ha …. anda mau memperkirakan WAKTU yang digunakan oleh Yesus dan murid-murid-Nya menyeberang dari Betsaida ke Tiberias? Ha ha ha ha ha ha …….

          Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia. Akan tetapi orang banyak mengetahuinya, lalu mengikuti Dia. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan. Lukas 9:11

          Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. Markus 6:32-33

          Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias. Yohanes 6:1

          Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, Yohanes 6:16-17

          Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Yohanes 6:23

          ayat-ayat tersebut di atas menjelaskan dengan TEGAS dan GAMBLANG apa yang terjadi. Yesus mengajak murid-murid-Nya dari Kapernaum ke Betsaida untuk MENYEPI. Karena di Betsaida MEMERGOKI orang BANYAK, mereka pun lalu menghindar dengan naik perahu ke Tiberias. Apa yang terjadi? Orang banyak itu TAHU ke mana mereka akan PERGI itu sebabnya mereka pun MENGIKUTINYA dengan jalan kaki dan MENDAHULUI mereka sampai di Tiberias.

          Berapa lama waktu yang diperlukan oleh Yesus dan murid-muridnya menyeberang dari Betsaida ke Tiberias? SEDIKIT lebih LAMBAT dari JALAN kaki yang dilakukan oleh orang BANYAK.

          Berapa jarak dari Betsaida ke Tiberias lewat DARAT? Lihatlah di PETA. Menurut peta ini:

          http://alkitab.sabda.org/map.php?map=indo8

          Jaraknya sekitar 30Km. Bagaimana cara menghitung jarak di peta? Dengan membandingkan SKALANYA.

          Berapa jarak tempuh rata-rata manusia jalan kaki? Perhatikan link ini:

          http://askville.amazon.com/fast-average-person-walk/AnswerViewer.do?requestId=8787030

          Apabila jarak tempuh rata-rata manusia jalan kaki adalah 5-6 Km/jam, maka diperlukan waktu 5-6 Jam untuk berjalan kaki dari Betsaida ke Tiberias. Karena jalan kaki lebih CEPAT, itu berarti waktu tempuh Yesus dna murid-muridnya dengan perahu lebih LAMA.

          Kenapa hai hai TIDAK menampilkan semua pengetahuannya sejak awal? Menunggu orang-orang SOK TAHu MEMBUAL tentang pengetahuan mereka. Ha ha ha ha ha ha ha …anda tidak pernah terpikir menghitung seperti yang dilakukan hai hai, bukan? Ha ha ha ha ha ha ha …. hal itu terjadi akrena anda belum pernah MEMPELAJARI kisah tersebut habis-habisan sampai PAHAM. Ha ha ha ha ha …

  4. Sedikit Highlight dari bacaan Firman Tuhan yg dikupas di blog kali ini:
    Metoda penginjilan Yesus:
    * Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Lukas 10:1

    [Ternyata Yesus sebelum berkunjung ke suatu tempat dia mengutus “pembuka jalan dulu” (atau apalah istilah yg anda ingin pake)

    Bagaimana Yesus mengutus mereka? Sama spt mengutus 12 murid sebelumnya tentunya:
    Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Matius 10:7

    Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Matius 10:8

    [See?? Yesus tetap bekerja sampai hari ini, Dia juga masih tetap mengutus murid-muridnya ke tempat-tempat yang akan Dia kunjungi. Dia mengutus murid-murid ke dareah-daerah seperti negara-negara bekas persatuan Uni Soviet dan juga Rusia (Komunis). Dan Yesus tetap memberikan perintah yang sama, yaitu 1) Beritakanlah (Injil), 2) Sembuhkanlah (Mujizat). LIHAT. Mujizat adalah Sarana Penginjilan. ^_^

    Contoh Penginjilan yang ALKITABIAH:
    – Act 14:3 Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat.

    – Mar 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

    [Bukan debat kusir dan bersilat lidah (silat kata) saling menikam dengan kata-kata yang tajam yg juga membuat pusing orang2 lain yg mendengarnya (1 Tim 6:4, 2 Tim 2:14)]

    Lihat apa yang dikatakan oleh rasul Kristus yang tidak terbantahkan ALKITABIAH-nya berikuat ini:
    – 1Th 1:5 Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan[*] oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

    [Kata kekuatan dlm ayat di atas berasal dari kata “dunamis”.
    dunamis
    doo’-nam-is
    From G1410; force (literally or figuratively); specifically miraculous power (usually by implication a miracle itself): – ability, abundance, meaning, might (-ily, -y, -y deed), (worker of) miracle (-s), power, strength, violence, mighty (wonderful) work.]

    Jadi kalau Rasul yg ALKITABIAH tsb mengatakan kalau Pemberitaan Injil yang ALKITABIAH itu bukan hanya dengan KATA-KATA SAJA, kenapa para yg kata dirinya sendiri memberitakan injil, tapi tidak sesaui dengan yang diajarkan oleh alkitab atau (maaf pinjam istilah om Hai Hai) SESAT, masih sibuk (pinjam istilah om Hai Hai lagi) BERCELOTEH (owyiah… istilah om Hai Hai ini emang tepat, spt yg dikatakan ayat di atas “kata-kata doank” atau “ngomong doank”) masih menentang ajaran yang ALKITABIAH spt yg dikatakan oleh Rasul yg tak terbantahkan ALKITABIAH-nya tersebut?

    [Pinjam istilah om Hai Hai lagi, “Yang sesat yang mana ya, Om?”] ^_^

    • @ww, anda PASTI SESAT karena tidak memahami ajaran Alkitab. perintah Yesus kepada 12 dan 70 murid sangat Gamblang. BERITANYA adalah: KERAJAAN allah sudah DEKAT. Sasarannya dalah DOMBA-DOMBA yang sesat dari bangsa Israel. JANGAN menyimpang ke jalan orang asing dan jangan masuk ke kota orang Samaria.

      Pahami dulu hal hal tersebut di atas sebelum NGEJEBLAK tentang amanat Agung Yesus Kristus untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya.

      • Bukannya metodenya sama om? Baik yang Yesus perintahkan kepada murid-muridnya utk memberitkan kepada orang-orang Israel saja, dan Amanat Agung utk menjadikan semua bangsa murid-Nya?

        Lihat ini bagian dr Amanat Agung:
        – Mar 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

        [Mereka memberitakan Injil dan Tuhan turut bekerja dan MENEGUHKAN firman itu DENGAN TANDA-TANDA YANG MENYERTAINYA. Dengan demikian seperti yg Rasul Paulus katakan pemberitaan bukan disampaikan dengan kata-kata saja (1 Tes 1:5).

        ======
        Side Note:

        @ww, anda PASTI SESAT
        =======

        Om… om…. yang kreatif dikit donk, om ^_^
        Masak mau bilang orang sesat aja seperti bocah gitu? Masak sih saya harus panggil “Om Bocah Hai Hai”? ^_^

        Tapi gimanapun jangan khawatir, Om., karna saya tidak akan di-SESAT-kan oleh Anda. ^_^

        • @ww, terserah anda mau panggil saya apa.

          KERAJAAN Allah SUDAH dekat.

          Itulah yang diberitakan oleh Yesus dan murid-murid-Nya ke seluruh tanah Israel.

          Nah, apa yang DIBERITAKAN ketika Yesus memberi amanat agung? Bila tidak mampu membedakannya, mustahil anda akan mengerti penjelasan saya. Ha ha ha ha ha …

  5. hmm.. alkitab sbg standard ?
    Moto pak hai.

    Pak hai penguak kebenaran.

    Bilakah anda behenti bicara pak ?

    Bisa-bisa rahang anda jemu. Karna, cuma menguak-nguak pepesan kosong !

    Kelelahan, karna, lelah .

    Mencari-mencari namun tak kunjung usai,

    • @thekingwilliam, saya akan senang sekali bila anda ikut MENGuJi apa yang saya tulis. Ketika membahas ajaran Alkitab saya menerapkan STANDARD yang tidak pernah digunakan oleh UMAT Kristen dari generasi ke generasi yaitu:

      Apabila yang hai hai ajarkan BENAR maka semua ayat Alkitab yang anda guNAKAN untuk MENENTANG ajarannya akan BERBALIK mendukungnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s