Philips Joeng Menipu Tentang Unair Medical Journal


Biarkan pembual terus membual sampai menyangkal bualannya sendiri. Kali ini pepatah tersebut kembali terbukti kebenarannya. Inilah kisah Pst Wenas membual tentang Unair Medical Journal, November 1999.

Pst Wenas: BUAHAHAHAHA… BEGINI TOH “ORANG TELITI” YG DIMAKSUD AMA Petrus Wijayanto

Hai Hai Bengcu Sibugil: Baiklah kisanak, saya tunjukan BETAPA TELITI dan BERISINYA hai hai. Setelah tahu ketelitian dan ISI hai hai maka orang akan tahu betapa  BERISIKNYA Pst Wenas. Pertama-tama, perhatikan yang diajarkan oleh hai hai di bawah ini:

Hai Hai Bengcu Sibugil: Kanker artinya sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya. Contoh kanker adalah KUTIL.

Ada kanker ganas ada kanker yang jinak. Kanker jinak adalah kanker yang tidak menyebar dan pertumbuhkannya tidak cepat. Kanker yang ganas adalah kanker yang menyebar dan cepat sekali pertumbuhannya. Menyebar contohnya: Kutil tumbuh di jari telunjuk lalu menyebar dan tumbuh di jempol juga kemudian juga tumbuh di mana-mana.

Sebagian orang awam menyebut kanker yang tidak ganas TUMOR sedangkan yang ganas disebut KANKER. Namun DOKTER, tentu saja tidak pernah membedakannya menjadi TUMOR dan KANKER apalagi mengajarkan tentang TUMOR yang SUDAH KANKER seperti yang dikatakan orang ini:

Pst Wenas: CANCER SAYA BERADA DI DUA SISI PARU2. YANG SEMULA DIKIRA FLEX BIASA (SEPERTI TBC ATAU REJAN) TERNYATA DI SISI KANAN TUMOR & YG KIRI SUDAH CANCER.

++++++++++++

Pst Wenas:  ### WALAAAHHH, HAI…HAI……. TERNYATA MAKIN PARA O’ON-NYA!!! HAHAHAHA

BACA SENDIRI DEH PERBEDAAN TUMOR & KANKER—>

http://doktersehat.com/perbedaan-tumor-dan-kanker/

HAHAHAHAHAHA, KALO KURANG LENGKAP, SAYA AKAN KUTIPKAN JUGA DARI JURNAL MEDIS UNAIR, YG SERING JUGA DIKUTIP BANYAK BLOG… NIH—>

Pst Wenas: MASIH GAK MAU NGAKU JUGA KALO GOBLIK???? HAHAHAHAHAHA TERUSLAH BEGITU HAI….TERUSLAH BEGITU… HAHAHAHAHA

Pst Wenas: CANCER SAYA BERADA DI DUA SISI PARU2. YANG SEMULA DIKIRA FLEX BIASA (SEPERTI TBC ATAU REJAN) TERNYATA DI SISI KANAN TUMOR & YG KIRI SUDAH CANCER.

Pst Wenas: ### KEBALIK DODOL…. UDAH SAYA JELASKAN & KUTIPKAN DI-ATAS. HAHAHAHAHAHA

Pst Wenas: ### BUKAN MENGAJAR, JACK…. CUMAN MENGUTIP AJA…. GAK BISA MEMBEDAKANNYA YACH???

TUMOR TUH KALO UDAH GANAS DISEBUT KANKER, DODOL….

HAHAHAHAHA….  SOTOY BANGET LOE KOH….. UDAH SOTOY, SALAH PULA…EN MASIH NGOTOT LAGEE… HAHAHAHA GOBLIK TENAN!!!

Pst Wenas: ### KESALAHAN HAI HAI??? NIH SY KUTIPKAN LAGI–> INI SALAH FATAL!!!! HAHAHAHAHA…… SAYA LEBIH PERCAYA AMA OMONGAN PAK DOKTER AJA DEH…. INI PENJELASAN PAK DOKTER & BANDINGKAN AMA OCEHAN HAI2 DIATAS:

Unair Medical Journal: Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan aringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Nah, tumor ganas ini sering disebut dengan Kanker.

Unair Medical Journal: JADI TIDAK TEPAT KALAU ADA YANG MENGATAKAN BAHWA KANKER JINAK ATAU KANKER GANAS. YANG BENAR IALAH TUMOR JINAK ATAU TUMOR GANAS, karena kanker tidak diklasifikasikan seperti itu. Istilah jinak atau ganas hanya ada di tumor, dan tumor ganas itulah disebut dengan kanker. Ini pengertian yang sangat mendasar yang perlu diketahui.

Pst Wenas:   ‎Hai Hai Bengcu Sibugil SEMOGA MAKIN TUA KAMU MAKIN NGERTI PERBEDAAN ANTARA “TUMOR & KANKER” ANTARA “O’ON & SOTOY” HAHAHAHA

Pst Wenas:   BUAHAHAHAHA… BEGINI TOH “ORANG TELITI” YG DIMAKSUD AMA Petrus Wijayanto BUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA… CRIITT!!! (duh… sampe mencret, xixixixi)

Pst Wenas:  UDAH YA Hai Hai Bengcu Sibugil SAYA PAMIT KERJA DULU….. BYE BYE…. SILAHKAN PELAJARI LAGI BEDANYA TUMOR & CANCER. SETELAH ITU SILAHKAN “MENGAJAR” DENGAN BENER JANGAN DENGAN “SINTING”, MALAH MENYESATKAN BANYAK ORANG NANTI….. HAHAHAHAHA…….

++++++++++++

Hai Hai Bengcu Sibugil: Kerabatku sekalian, saya paling senang ketika melihat adegan film di mana penjahatnya takabur sekali ketika mengagul-agulkan ketololannya.  Dan kali ini saya lebih senang lagi karena PENJAHATNYA yang bernama Pst Wenas alias Philips Joeng mengagulkan diri sampai MENCRET. Mengenaskan!

Tumor = daging yang membesar = bisul =  bengkak = benjol

Tumor disebabkan oleh:

1.    Radang
2.    Sel tumbuh abnormal

Kepala benjol karena  dijitak? Itu namanya tumor. Jempol bengkak karena kejepit pintu? Itu namanya tumor. Kutil atau mata ikan adalah tumor. Hidung Pst Wenas menjadi panjang karena MEMBUAL? Itu namanya tumor. Tentu saja tiang tunggal penyanggah bumi yang membesar karena birahi bukan tumor. Kenapa demikian?  Karena tidak ada peradangan dan tidak ada sel yang tumbuh abnormal.

Tumor:

1.    Tumor jinak (benign tumor)
2.    Tumor ganas (malignant tumor)

Tumor Ganas dibagi menjadi:

1.    Tumor ganas belum mengganas (pre-malignant tumor)
2.    Tumor ganas mengganas (malignant tumor)

KANKER = Sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya = sel tumbuh abnormal

TUMOR yang disebut KANKER adalah TUMOR yang terbentuk karena sel tumbuh abnormal.

Semua TUMOR yang disebabkan oleh RADANG adalah tumor jinak.

Semua tumor ganas disebabkan oleh sel tumbuh abnormal.

Karena semua tumor ganas disebabkan oleh sel tumbuh abnormal, itu sebabnya TUMOR ganas juga disebut KANKER oleh orang awam.

Namun, TuMoR JINAK tidak boleh disebut KANKER tidak ganas atau KANKER JINAK karena ada TUMOR jinak yang BuKAN KANKER sebab bukan sel tumbuh abnormal.

Apakah semua KANKER pasti TUMOR? TIDAK!

Ada banyak KANKER yang tidak menyebabkan TuMor.

Kanker darah sama sekali tidak menyebabkan Tumor.

Kanker getah bening sama sekali tidak menyebabkan tumor.

Itu sebabnya, dikatakan bahwa KANKER bukan SINONIM dari TUMOR.

Perhatikan definisi TUMOR dan KANKER:

Tumor = daging yang membesar = bisul =  bengkak = benjol

KANKER = Sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya = sel tumbuh abnormal

Apa yang disebut kanker ganas? Kanker ganas adalah kanker yang menyebabkan kematian bagi penderitanya dalam waktu relatif cepat.  Kanker ganas adalah kanker yang menyebar dan cepat sekali pertumbuhannya. Apa yang disebut MENYEBAR? Menyebar artinya menyebabkan SEL-SEL lain bertumbuh kembang ABNORMAL juga. Cepat sekali pertumbuhannya artinya SEL bertumbuh kembang lebih cepat dari pertumbuhan sel normal sehingga sel kanker mengambil alih tempat yang tadinya ditempati oleh sel normal atau menghambat pertumbuhan sel normal. Adakah kanker yang tidak ganas? Ada. Ada KANKER yang BUKAN TUMOR dan TIDAK GANAS. Contohnya adalah kanker DARAH yang secara umum disebut Leukemia. Di antara 8 jenis yang dikenal secara luas, ada yang ganas ada yang tidak.

Kerabatku sekalian, tersebut di atas adalah pelajaran tentang TUMOR dan KANKER bagi kaum awam (bukan mahasiswa kedokteran maupun dokter). Saya menyajikannya sehingga anda dapat memahaminya dengan mudah. Setelah memahaminya, nanti kita akan menguliti ajaran Pst Wenas helai demi helai seperti menguliti bawang bombai sehingga nampak gamblang belatungnya dan kebusukannya.

Tolong, jangan menuduh hai hai yang TUA dan bijaksana adigung-adiguna, sebab saya sudah berkali-kali mengingatkan agar Pst Wenas TIDAK membual dan ketika membual, saya sudah memberi dia kesempatan SEHARIAN untuk memikirkannya dan BERTOBAT namun dia kekeh jumekeh MembuAL. Ha ha ha ha ha ha …..

+++++++++

Hai Hai Bengcu Sibugil: Di dalam ilmu kedokteran KANKER tidak dibagi menjadi kanker ganas dan tidak ganas. Kanker dikelompokkan menurut JARINGAN tubuh yang diserangnya, misalnya:

1.    Kanker payu dara
2.    kanker hati
3.    kanker limpa
4.    kanker prostat
5.    kanker paru-paru
6.    kanker jantung
7.    kanker otak
8.    kanker darah dan lain-lainnya.

Setelah membaginya menurut jaringan tubuh yang diserangnya, kanker kemudian dibagi lagi dengan berbagai cara sehingga akhirnya mendapatkan namanya yang paling unik untuk masing-masing jenis kanker.

Berdasarkan data-data para pengidap kanker kemudian disusunlah STATISTIK tingkat kemungkinan hidup atau Survival rate masing-masing jenis kanker.  Berdasarkan data-data tersebutlah kemudian muncul istilah KANKER GANAS dan KANKER JINAK di kalangan AWAM. Berikut ini adalah beberapa jenis Kanker darah yang disebut juga Leukemia dan statistik kemungkinan hidupnya.

1.    Large granular lymphocytic leukemia – (not aggressive)

2.    Hairy cell leukemia (HCL) – Survival is 96% to 100% at ten years.

3.    Chronic myelogenous leukemia (CML) – Chronic myelogenous leukemia (CML) – The five-year survival rate is 90%.

4.    Chronic lymphocytic leukemia (CLL) – The five-year survival rate is 75%

5.    Acute myelogenous leukemia (AML) – The five-year survival rate is 40%

6.     T-cell prolymphocytic leukemia  (T-PLL) – Survival rate is – no data

7.    Adult T-cell leukemia – no data

Pengelompokkan KANKER GANAS dan KANKER JINAK oleh orang AWAM, dikaitkan dengan tingkat kemungkinan hidup (survival rate) penderitanya.  Kenapa pembagian demikian tidak dilakukan oleh para ilmuwan? Karena tidak memenuhi standard ilmiah.

Pengetahuan tentang Kanker semakin bertambah. Pengetahuan tentang pengobatan kanker juga semakin banyak. Kemampuan mendeteksi penyakit kanker lebih dini juga semakin meningkat.  Ketiga faktor tersebut adalah faktor utama TINGKAT kemungkinan hidup (survival rate) penderita kanker. Dulu penyakit cacar adalah penyakit mematikan namun saat ini cacar bukan penyakit berbahaya lagi karena perkembangan ilmu kedokteran dan pengobatan.  Tingkat kemungkinan hidup adalah FAKTOR yang DIUBAH alias DITENTUKAN, bukan FAKTOR yang MENENTUKAN. Itu sebabnya TINGKAT KEMUNGKINAN HIDUP alias SURVIVAL RATE tidak pernah menjadi STANDARD pengelompokkan suatu penyakit.

Pengelompokkan TUMOR GANAS dan TUMOR JINAK sama sekali tidak dikaitkan dengan kemungkinan hidup (survival rate) penderitanya namun dikaitkan dengan kemungkinan dan kecepatan penyebarannya.

Beberapa saat yang lalu, dunia kedokteran Indonesia dan dunia gempar ketika para dokter dunia bersama-sama menangani manusia AKAR.  Manusia akar menderita TUMOR Ganas namun sama sekali tidak menderita KANKER ganas. Kenapa demikian? Tumornya disebut ganas karena menyebar dan tumbuh dengan cepat hampir ke seluruh tubuh. Namun kankernya  tidak ganas sebab kutilnya tidak membahayakan hidup penderitanya.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Kanker artinya sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya. Contoh kanker adalah KUTIL.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Ada kanker ganas ada kanker yang jinak. Kanker jinak adalah kanker yang tidak menyebar dan pertumbuhkannya tidak cepat. Kanker yang ganas adalah kanker yang menyebar dan cepat sekali pertumbuhannya. Menyebar contohnya: Kutil tumbuh di jari telunjuk lalu menyebar dan tumbuh di jempol juga kemudian juga tumbuh di mana-mana.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Sebagian orang awam menyebut kanker yang tidak ganas TUMOR sedangkan yang ganas disebut KANKER. Namun DOKTER, tentu saja tidak pernah membedakannya menjadi TUMOR dan KANKER apalagi mengajarkan tentang TUMOR yang SUDAH KANKER seperti yang dikatakan orang ini:

Pst Wenas: CANCER SAYA BERADA DI DUA SISI PARU2. YANG SEMULA DIKIRA FLEX BIASA (SEPERTI TBC ATAU REJAN) TERNYATA DI SISI KANAN TUMOR & YG KIRI SUDAH CANCER.

Kerabatku sekalian, apakah hai hai ngaco belo ketika mendefinisikan kanker menjadi kanker ganas dan kanker jinak? Dia ngaco belo bila mengajarkan bahwa itulah PENGELOMPOKKAN yang dilakukan oleh ilmu kedokteran. Dia ngaco belo bila mengaitkan keganasan dan kejinakan kanker dengan TINGKAT KEMUNGKINAN HIDUP (survival rate) penderita.

Hai hai mengaitkan pengelompokkan kanker ganas dan kanker jinaknya dengan kemungkinan PENYEBARAN dan KECEPATAN pertumbuhan sel kanker seperti yang dilakukan oleh ilmu kedokteran terhadap TUMOR. Itu sebabnya, walaupun pengelompokkan kanker demikian tidak dilakukan ilmu kedokteran namun CARA atau SISTEM pengelompokkan hai hai sama sekali nggak ngco belo alias bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kenapa demikian? Karena yang dinyatakannya di bawah ini memang FAKTA ilmiah tentang KANKER.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Kanker artinya sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya. Contoh kanker adalah KUTIL.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Ada kanker ganas ada kanker yang jinak. Kanker jinak adalah kanker yang tidak menyebar dan pertumbuhkannya tidak cepat. Kanker yang ganas adalah kanker yang menyebar dan cepat sekali pertumbuhannya. Menyebar contohnya: Kutil tumbuh di jari telunjuk lalu menyebar dan tumbuh di jempol juga kemudian juga tumbuh di mana-mana.

++++++++

Pst Wenas: KALO KURANG LENGKAP, SAYA AKAN KUTIPKAN JUGA DARI JURNAL MEDIS UNAIR, YG SERING JUGA DIKUTIP BANYAK BLOG… NIH—>

Hai Hai Bengcu Sibugil: Kisanak, tolong dong kasih linknya. anda kutip dari hard copy ya?

Pst Wenas: ### IYA JACK, DARI HARD COPY, SAAT DULU SAYA PERSIAPAN BIOPSI SAYA BANYAK BACA2 ARTIKEL2 TTG KANKER, LALU SEBAGIAN SAYA KETIK ULANG UTK DI POSTING DI BEBERAPA FORUM SEJAK ZAMAN INTERNET MASIH YAHOOGROUP.

Pst Wenas: PERTAMA KALI SAYA POSTING DI YAHOOGROUP (API KATOLIK), LALU DI FRIENDSTER, JUGA DI TAGGED. ADA JUGA BEBERAPA JURNAL2 LAIN SOAL KANKER (KHUSUSNYA PARU2) YG SAYA KETIK ULANG & SY POSTING UTK BERBAGI INFORMASI. SEKALIAN JUGA UTK KESAKSIAN.

Pst Wenas:  AYO Hai Hai Bengcu Sibugil…. MASIH MAU TERUS MBULET LAGI???? TERUS KELUARKAN KEMAMPUAN SILAT LIDAHMU, HAHAHAHAHAHA TERUSLAH NGOMBES & MENYESATKAN BANYAK ORANG….. SELAIN LICIK, KAMU JUGA SOTOYNYA SETENGAH MAMPUS. NGELES-LAH TERUS… NGELES-LAH TERUS… HAHAHAHAHA

Pst Wenas:  NGELES LAGI, HAI??? HAHAHAHA… GAK MAMA DECH…..

Hai Hai Bengcu Sibugil: Wah, anda BAIK hati sekali ya? Setelah belajar baik-baik lalu mengetik ulang dan membagikannya kepada orang lain. Itu perbuatan mulia. Mohon maaf, apakah paragraf ini memang TERCATAT demikian di dalam JuRNAL uNAiR yang anda KUTIP?

JADI TIDAK TEPAT KALAU ADA YANG MENGATAKAN BAHWA KANKER JINAK ATAU KANKER GANAS. YANG BENAR IALAH TUMOR JINAK ATAU TUMOR GANAS, karena kanker tidak diklasifikasikan seperti itu. Istilah jinak atau ganas hanya ada di tumor, dan tumor ganas itulah disebut dengan kanker. Ini pengertian yang sangat mendasar yang perlu diketahui.

Pst Wenas: ### MAKASIH KOH. MEMANG SAYA BAIK HATI ORANGNYA.

Pst Wenas: ### IYA, TERTULIS BEGITU. SAYA TULIS APA ADANYA. HANYA SENGAJA ADA BAGIAN YG SAYA “BESARKAN” (TAPI TIDAK SY RUBAH APAPUN MAKNANYA, HANYA DIKAPITALKAN SAJA HURUFNYA). DIBESARKAN SUPAYA MATAMU MELIHAT & MENYADARI KEGOBLIKANMU….

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Pst Wenas yang mulia, izinkan saya bertanya bila demikian, Apakah link ini anda yang menulisnya?

http://www.facebook.com/topic.php?uid=280975810916&topic=12654

Pst Wenas: ### BUKAN. GROUP SAYA CUMAN : PERSATUAN COWOK KRISTEN GANTENG, KHALID COFFEE, SEDONA RENTAL & COZY INN HOMESTAY. SAYA GAK PERNAH PUNYA GROUP KESEHATAN.

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Pst Wenas, bisakah and tunjukkan link tempat anda mengunggah tulisan anda yang dikutip dari (Unair Medical Journal, November 1999)?

Pst Wenas: ### GAK PUNYA LINKNYA, ITU FOTOCOPY-AN YG SAYA DAPET DARI DR. NONO. SAYA MINTA BANYAK BUKU DARI BELIAU UTK SAYA COPY KARENA SAYA PENGEN TAU SEPERTI APA SEBENARNYA KANKER DI PARU2 SAYA. KALO MAU AKAN SAYA SCAN-KAN. TAPI YA BESOK AJA PAS DI KANTOR. SOALNYA DI RUMAH SY GAK PUNYA SCANNER.

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Pst Wenas, terima kasih Pst Wenas yang baik. saya akan senang sekali mendapatkan Scan FOTO COPY yang anda dapat dari Dr. nono tersebut. Sementara itu, baiklah saya minta tolong teman-teman ALuMNI UNAIR yang ada di ELIM untuk mengingat ingat atau mencari tahu, benarkahh UNAIR mengeluarkan: Unair Medical Journal, November 1999?

Pst Wenas: ### OKE, KALO SAYA LUPA INGETIN AJA GPP. ### UNAIR MEDICAL JOURNAL SAAT INI BERNAMA FOLIA MEDICA INDONESIA KALO GAK SALAH.

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Pst Wenas, semoga Tuhan mengingatkan anda dech.

Pst Wenas:  SEMOGA TUHAN MENGINGATKAN “NGELES” ANDA JUGA, DECH….

+++++

Tersebut di atas adalah percakapan saya dengan Pst Wenas tentang tulisan di bawah ini yang menurutnya dia KUTIP dari Hard Copy – Unair Medical Journal, November 1999. Inilah pernyataannya: IYA JACK, DARI HARD COPY, SAAT DULU SAYA PERSIAPAN BIOPSI SAYA BANYAK BACA2 ARTIKEL2 TTG KANKER, LALU SEBAGIAN SAYA KETIK ULANG UTK DI POSTING DI BEBERAPA FORUM SEJAK ZAMAN INTERNET MASIH YAHOOGROUP. PERTAMA KALI SAYA POSTING DI YAHOOGROUP (API KATOLIK), LALU DI FRIENDSTER, JUGA DI TAGGED. ADA JUGA BEBERAPA JURNAL2 LAIN SOAL KANKER (KHUSUSNYA PARU2) YG SAYA KETIK ULANG & SY POSTING UTK BERBAGI INFORMASI. SEKALIAN JUGA UTK KESAKSIAN.

Pst Wenas: KALO KURANG LENGKAP, SAYA AKAN KUTIPKAN JUGA DARI JURNAL MEDIS UNAIR, YG SERING JUGA DIKUTIP BANYAK BLOG… NIH—>

Setelah menjelajah dengan Yahoo dan google, saya hanya menemukan 2 blog yang mengutip tulisan tersebut yaitu:

http://nthee.multiply.com/journal/item/6/Beda_Kanker_dan_Tumor

Blog  dengan judul: “Beda Kanker dan Tumor” tersebut diunggah pada tanggal 24 Maret 2009.

http://www.facebook.com/topic.php?uid=280975810916&topic=12654

topik berjudul: “ANTARA TUMOR DAN KANKER” diunggah lebih dari setahun yang lalu.

Handai taulanku sekalian, dari mana Pst Wenas tahu JURNAL MEDIS UNAIR yang dikutipnya itu sering dikutip banyak blog? Apabila sering dikutip banyak blog, kenapa hanya 2 blog yang mengutipnya? Karena hanya 2 blog yang mengutipnya, kok bilang banyak blog? Aneh bin ajaib,  bukan?

Nthee: Hal yang sangat mendasar ketika kita bicara soal kesehatan adalah pemahaman istilah yang benar. Kita tahu bahwa masyarakat kita sering mendengar atau melontarkan istilah tertentu tanpa memahami apa arti  dari istilah  tersebut. Begitupun dengan penyakit kanker yang pernah saya  bahas, sering timbul kerancuan istilah dengan tumor.

SEHAT ITU INDAH: Hal yang sangat mendasar ketika kita bicara soal kesehatan adalah pemahaman istilah yang benar. Kita tahu bahwa masyarakat kita sering mendengar atau melontarkan istilah tertentu tanpa memahami apa arti dari istilah tersebut. Begitupun dengan penyakit kanker yang pernah saya bahas, sering timbul kerancuan istilah dengan tumor.

Pst Wenas: Hal yang sangat mendasar ketika kita bicara soal kesehatan adalah pemahaman istilah yang benar. Kita tahu bahwa masyarakat kita sering mendengar atau melontarkan istilah tertentu tanpa memahami apa arti dari istilah tersebut. Begitupun dengan penyakit kanker yang pernah saya bahas, sering timbul kerancuan istilah dengan tumor.

Kerabatku sekalian, saya sama sekali tidak menuduh Pst Wenas membual alias menipu namun hanya sekedar ingin menunjukkan hal-hal aneh bin ajaib kepada anda. Apabila setelah melihat hal-hal aneh bin ajaib itu nanti anda menyimpulkan bahwa Pst Wenas MEMBUAL alias MENIPU, itu bukan salah saya lho. Ha ha ha ha ha ha …

Pst Wenas bilang makalah ini dia kutip dari: Unair Medical Journal, November 1999. Perlu anda ketahui: Dalam tradisi tulisan ILMIAH di Indonesia, sang penulis tidak menggunakan kata SAYA namun menggantinya dengan kata PENULIS.  Dengan menyebut dirinya: SAYA, penulis jurnal telah melanggar kaidah tulisan ILMiaH Indonesia.

Jurnal Kedokteran seharusnya menggunakan istilah kedokteran dengan tepat. Penulis jurnal itu menulis: Hal yang sangat mendasar ketika kita bicara soal kesehatan adalah pemahaman istilah yang benar. Tumor dan Kanker adalah nama penyakit, bukan istilah KESEHATAN. Mengajarkan untuk menggunakan istilah yang benar namun diri sendiri menggunakan istilah yang salah? Benar-benar konyol.

Penulis jurnal menulis: “Begitupun dengan penyakit kanker yang pernah saya  bahas, sering timbul kerancuan istilah dengan tumor.” Tulisan mana yang dia maksudkan? Dalam tulisan ilmiah, seharusnya penulis menyebutkan judul dan alamat tulisan yang dia maksudkan. Apabila penulis tidak melakukannya maka REDAKSI jurnal Medis UNAIR bertanggungjawab untuk menyebutkannya. Hal demikian sama sekali tidak terjadi. Aneh bin ajaib. Jurnal medis Unair melanggar kaidah penulisan ilmiah yang demikian pentingnya.

Sebelum menulis blog: “Beda Kanker dan Tumor” Nthee menulisblog berjudul: “Faktor pemicu kanker”. Itu berarti tulisan yang dimaksudkan dalam kalimat: “Begitupun dengan penyakit kanker yang pernah saya  bahas, sering timbul kerancuan istilah dengan tumor.” Adalah blog berjudul: “Faktor pemicu kanker”. Inilah alamat URL kedua blog tersebut:

http://nthee.multiply.com/journal/item/5 – Faktor pemicu kanker
http://nthee.multiply.com/journal/item/6/Beda_Kanker_dan_Tumor

Kerabatku sekalian, aneh bin ajaib bukan? Pst Wenas mengaku itu adalah tulisan yang dia kutip dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999, namun faktanya justru mendukung bahwa itu bukan jurnal ilmiah namun blog yang ditulis oleh nthee di situs pribadinya.

Nthee: Untuk itu ada baiknya saya coba jelaskan masalah tumor, sebagai berikut :

Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan aringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Nah, tumor ganas ini sering disebut dengan Kanker. Jadi tidak tepat kalau ada yang  mengatakan kanker jinak atau kanker ganas ? karena kanker tidak diklasifikasikan seperti itu. Istilah jinak atau ganas hanya ada di tumor, dan  tumor  ganas itulah disebut dengan kanker. Ini pengertian yang sangat mendasar yang perlu diketahui.

SEHAT ITU INDAH: Untuk itu ada baiknya saya coba jelaskan masalah tumor, sebagai berikut :
Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan aringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Nah, tumor ganas ini sering disebut dengan Kanker. Jadi tidak tepat kalau ada yang mengatakan kanker jinak atau kanker ganas ? karena kanker tidak diklasifikasikan seperti itu. Istilah jinak atau ganas hanya ada di tumor, dan tumor ganas itulah disebut dengan kanker. Ini pengertian yang sangat mendasar yang perlu diketahui.

Pst Wenas: Untuk itu ada baiknya saya coba jelaskan masalah tumor, sebagai berikut :
Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan aringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Nah, tumor ganas ini sering disebut dengan Kanker.

Pst Wenas: JADI TIDAK TEPAT KALAU ADA YANG MENGATAKAN BAHWA KANKER JINAK ATAU KANKER GANAS. YANG BENAR IALAH TUMOR JINAK ATAU TUMOR GANAS, karena kanker tidak diklasifikasikan seperti itu. Istilah jinak atau ganas hanya ada di tumor, dan tumor ganas itulah disebut dengan kanker. Ini pengertian yang sangat mendasar yang perlu diketahui.

Handai taulanku sekalian, kata SAYA yang melanggar kaidah tulisan ILMiAH kembali digunakan dalam paragraf kedua di atas. Apabila itu memang Unair Medical Journal, November 1999, maka kualitasnya benar-benar murahan.

Kata JARINGAN diketik salah menjadi ARINGAN. Aneh bin ajaib! Pst Wenas yang mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 melakukan SALAH KETIK yang persis sama dengan tulisan si SEHAT ITU INDAH dan Nthee.

Menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tanda baca HARUS menempel pada kata di depannya. Di dalam paragraf tersebut di atas, tanda baca TITIK DUA (:) seharusnya menempel  (tanpa spasi) pada kata “BERIKUT” yang ada di depannya. Aneh bin ajaib! Pst Wenas yang mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 melakukan SALAH KETIK yang persis sama dengan tulisan si SEHAT ITU INDAH dan Nthee yaitu: menempakan TANDA titik dua (:) setelah SPASI.

Seharusnya frasa “Tumor adalah pembengkakkan …” menyambung di kalimat  “Untuk itu ada baiknya saya coba jelaskan masalah tumor, sebagai berikut :” Nthee melakukan kesalahan sehingga kedua kalimat tersebut terpisah paragraf dengan spasi 1 baris.  Apabila kedua paragraf tersebut di-copy paste dari wall Nthee ke Notepad maka anda akan mendapatkan format tulisan persis format di atas yaitu ada paragraf dengan spasi 1 baris. Namun bila kedua paragraf tersebut anda copy paste dari wall Nthee ke Face Book maka spasi paragraf pun HILANG.

Pst Wenas mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999. Apabila format Unair Medical Journal, November 1999 salah, seperti tulisan SEHAT ITU INDAH, mustahil Pst Wenas mengutipnya apa adanya. Tidak perlu menjadi genius apalagi punya gelar lebih panjang dari namanya untuk mengetahui bahwa format demikian salah.

Anehh bin ajaib. Kenapa Pst Wenas yang mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 melakukan SALAH FORMAT persis seperti si SEHAT ITU INDAH?

Saya sudah bertanya dan Pst Wenas menyatakan dengan tegas dan gamblang bahwa topic berjudul: “ANTARA TUMOR DAN KANKER” yang ada di group “SEHAT ITU INDAH” sama sekali bukan tulisannya. Tidak perlu menjadi GENIUS apalagi punya gelar yang lebih panjang dari namanya untuk menarik kesimpulan bahwa yang terjadi adalah:

  1. Nthee adalah penulis blog: “Beda Kanker dan Tumor” di http://nthee.multiply.com/journal/item/6/Beda_Kanker_dan_Tumor.
  2.  Blog tersebut lalu di copy paste ke Facebook dan diganti judulnya menjadi: “ANTARA TUMOR DAN KANKER”  – http://www.facebook.com/topic.php?uid=280975810916&topic=12654
  3. Pst Wenas meng-copy tulisan tersebut dari group SEHAT ITU INDAH ke Elim. Itu sebabnya kesalahan ketik dan formatnya PERSIS sama.

Walaupun tidak lengkap namun definisi Tumor dalam tulisan ini sangat ilmiah. Namun definisi semua tumor ganas = kanker, sama sekali tidak ilmiah. Memang semua tumor ganas adalah kanker. Namun ada juga tumor jinak yang adalah kanker. Kutil adalah tumor jinak yang kanker. Tumor yang disebut kanker tidak tergantung pada ganasnya namun pada PEMBENTUKANNYA. Aneh bin ajaib, Unair Medical Journal memuat tulisan ilmiah yang sama sekali tidak bermutu.

Definisi kanker adalah tumor ganas dalam paragraf di atas semakin mempertegas betapa tidak ilmiah alias tidak bermutunya jurnal medis ini.

Dalam paragraf di atas, Nthee dan SEHAT ITU INDAH melakukan kesalahan yang sama yaitu memasang tanda TANYA (?) padahal seharusnya tanda KOMA (,).  Hal itu terjadi karena tulisan SEHAT ITU INDAH adalah copy paste tulisan Nthee. Kesalahan tersebut tidak ada pada tulisan Pst Wenas. Kenapa demikian? Karena Pst Wenas mengedit HURUF kecil menjadi HURUF besar sekaligus mengoreksi tanda tanya (?) menjadi koma (,). Pst Wenas bukan hanya mengedit huruf dan tanda baca namun juga memisahkan paragraf di atas menjadi DUA paragraf. Hal itu dia lakukan untuk menekankan bahwa definisi kanker jinak dan kanker ganas itu tidak ada. Dia melakukan hal demikian untuk membuktikan bahwa tindakan hai hai mengelompokkan kanker menjadi: Kanker jinak dan kanker ganas, ngaco-belo.

Nthee: Kanker berpotensi menyerang atau merusak jaringan di sekitarnya dan menyebabkan metastase (penyebaran bibit penyakit). Sedangkan benign  tumor tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase,  tapi

secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

SEHAT ITU INDAH: Kanker berpotensi menyerang atau merusak jaringan di sekitarnya dan menyebabkan metastase (penyebaran bibit penyakit). Sedangkan benign tumor tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi
secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Pst Wenas: Kanker berpotensi menyerang atau merusak jaringan di sekitarnya dan menyebabkan metastase (penyebaran bibit penyakit). Sedangkan benign tumor tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi
secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Handaiku, perhatikan baik-baik format ketiga paragraf tersebut di atas. Nthee melakukan kesalahan format, itu sebabnya kata “TAPI” yang seharusnya dipisahkan oleh SPASI dari kata “SECARA” pun dipisahkan oleh PARAGRAF.  Hal demikian terjadi karena dia copy paste tulisannya dari Word ke blognya di multiply.com. Beberapa kali saya mengalami hal demikian karena di Word, kedua kata dipisahkan oleh 2 spasi, bukan 1 spasi.

Ketika dicopy paste ke SEHAT ITU INDAH di Face Book, garis paragraf hilang, default format FB adalah single line, namun formatnya tetap SALAH. Itu sebabnya, kata  “TAPI” tidak menyatu secara benar dengan kata “SECARA”.

Pst Wenas mengaku bahwa dia mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999. Aneh bin ajaib. Kenapa tulisannya memiliki kesalahan format persis dengan tulisan SEHAT ITU INDAH yang melakukan copy paste dari tulisan Nthee? Mujizat? Atau Pst Wenas membual?

Kerabatku sekalian, apa yang anda pahami setelah membaca paragraf tersebut di atas? Anda tidak memahami apa pun bukan? Ha ha ha ha ha ….. Ketahuilah bahwa masalahnya bukan pada akal budi anda namun pada kemampuan mengajar orang yang menulis paragraf tersebut. Menurut saya, penulis tersebut sama sekali nggak ngerti masalah tumor dan kanker secara baik. Melalui paragraf tersebut di atas, yang hendak diajarkannya adalah Kanker menyerang tubuh dengan tiga cara yaitu:

1.    Sel tumbuh tidak terkendali
2.    Sel menjadi ganas dan menyerang sel lain
3.    Sel menyebar (metastasizes) lewat darah dan getah bening

Tumor jinak (benign tumor) walaupun membesar namun pertumbuhannya terkendali dan tidak menyerang sel lain dan menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Itu sebabnya setelah dioperasi, tumor jinak pun tidak tumbuh lagi atau bila tumbuh pun, sangat lambat pertumbuhannya.

Aneh bin ajaib. Unair Medical Journal menerbitkan jurnal tentang kanker dan tumor yang ditulis oleh seseorang yang sama sekali tidak memahami pengetahuan dasar kanker dan tumor. Benar-benar mengenaskan.

Nthee: seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi  berbagai  mutasi di dalam DNA-nya. Ini berarti prevalensi terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang

yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu  adalah tumor yang ganas. Sebagai contoh, jika perempuan berumur 20  tahun  memiliki tumor di payudaranya, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor jinak. Namun, jika perempuan berusia 70 tahun memiliki tumor payudara, maka  tumor itu kemungkinannya adalah tumor ganas.

SEHAT ITU INDAH: Ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi di dalam DNA-nya. Ini berarti prevalensi terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang
yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu adalah tumor yang ganas. Sebagai contoh, jika perempuan berumur 20 tahun memiliki tumor di payudaranya, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor jinak. Namun, jika perempuan berusia 70 tahun memiliki tumor payudara, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor ganas.

Pst Wenas: Ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi di dalam DNA-nya. Ini berarti prevalensi terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang
yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu adalah tumor yang ganas. Sebagai contoh, jika perempuan berumur 20 tahun memiliki tumor di payudaranya, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor jinak. Namun, jika perempuan berusia 70 tahun memiliki tumor payudara, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor ganas.

Nthee kembali melakukan kesalahan seperti paragraf sebelumnya. Kata “SESEORANG” yang seharusnya hanya dipisahkan oleh SPASI dari kata “YANG” justru dipisahkan oleh paragraf. Ketika di-copy paste ke FB maka paragraf pun hilang namun format paragraf tetap salah. Aneh bin ajaib, Pst Wenas yang mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 melakukan kesalahan format paragraf yang persis sama dengan SEHAT ITU INDAH.

Anda kembali sama sekali tidak memahami yang diajarkan paragraf tersebut di atas? Ha ha ha ha ha ….. Sekali lagi, kesalahan bukan pada akal budi anda namun pada pengetahuan penulis paragraf tersebut di atas. Yang hendak diajarkannya adalah:

Kanker terjadi karena DNA sel mengalami mutasi. Zat yang menyebabkan DNA bermutasi disebut MUTAGEN. Mutagen yang menyebabkan kanker disebut CARCINOGEN. Dengan bertambahnya usia maka akumulasi Carcinogen di dalam tubuh semakin tinggi, itu sebabnya resiko kanker pun semakin tinggi. Contoh, dalam hal kanker payudara, seorang wanita berumur 20 tahun memiliki resiko lebih rendah dibandingkan dengan wanita berumur 70 tahun. Apabila wanita berumur 20 tahun dan wanita berumur 70 tahun sama-sama mengidap kanker payu dara, maka kemungkinan besar kanker payu dara yang diidap oleh wanita berumur 70 tahun lebih ganas.

Nthee: Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang

menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA  sudah terlalu berat. Apoptosis  adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

SEHAT ITU INDAH: Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang
menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

Pst Wenas: Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang
menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.
Pst Wenas: (Unair Medical Journal, November 1999)

Kesalahan format paragraf dalam tulisan Nthee kembali terjadi Kata “YANG” yang seharusnya hanya dipisahkan oleh SPASI dari kata “MENYEBABKAN” justru dipisahkan oleh paragraf. Ketika di-copy paste ke FB maka paragraf pun hilang namun format paragraf tetap salah. Pst Wenas yang mengaku mengutip tulisan tersebut dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 melakukan kesalahan format paragraf yang persis sama dengan SEHAT ITU INDAH. Benar-benar aneh bin ajaib.

Lebih dari tiga kali melakukan kesalahan yang persis sama benar-benar membangkitkan prasangka bahwa Pst Wenas alih-alih mengutip foto copy Unair Medical Journal, November 1999, justru meng-copy paste tulisan SEHAT ITU INDAH yang berjudul: ANTARA TUMOR DAN KANKER. Ha ha ha ha ha ….

Kerabatku sekalian, FAKTA-FAKTA memang mendukung prasangka bahwa Pst Wenas meng-copy paste tulisan SEHAT ITU INDAH yang berjudul: “ANTARA TUMOR DAN KANKER”, namun kenapa dia mengaku bahwa itu adalah tulisan yang dia kutip dari mengutip foto copy Unair Medical Journal, November 1999? Saya tidak tahu.

Ketika diserang, awalnya Pst Wenas gentar sekali dan mengaku sama sekali tidak tahu tentang kanker dan semua yang diucapkannya hanya mengulangi apa yang dikatakan oleh dr. Nono. Namun, ketika menyangka hai hai melakukan kesalahan konyol dalam mengklasifikasi kanker, dia pun tiba-tiba mengaku: SAAT DULU SAYA PERSIAPAN BIOPSI SAYA BANYAK BACA2 ARTIKEL2 TTG KANKER, LALU SEBAGIAN SAYA KETIK ULANG UTK DI POSTING DI BEBERAPA FORUM SEJAK ZAMAN INTERNET MASIH YAHOOGROUP. PERTAMA KALI SAYA POSTING DI YAHOOGROUP (API KATOLIK), LALU DI FRIENDSTER, JUGA DI TAGGED. ADA JUGA BEBERAPA JURNAL2 LAIN SOAL KANKER (KHUSUSNYA PARU2) YG SAYA KETIK ULANG & SY POSTING UTK BERBAGI INFORMASI. SEKALIAN JUGA UTK KESAKSIAN. Walaupun mengaku sudah banyak belajar, namun faktanya pengetahuannya hanya sebatas kedua blog yang dibacanya, itu sebabnya dia menulis pernyataan tolol:

TUMOR TUH KALO UDAH GANAS DISEBUT KANKER, DODOL…..

Nampaknya Pst Wenas melihat peluang untuk naik daun dan menghajar hai hai habis-habisan karena sok tahu tentang tumor dan kanker. Itu sebabnya dia mengaku sudah belajar banyak sejak tahun 1999 dan  mengutip dari foto copy Unair Medical Journal, November 1999 adalah salah satu buktinya. Namun sayangnya dia tidak tahu bahwa dia tidak tahu bahwa hai hai sudah tua dan bijaksana serta cerdik seperti ular yang tulus seperti merpati.

Bila anda kembali tak memahami paragraf di atas, masalahnya bukan pada akal budi anda namun pengetahuan orang yang menulis blog: Beda Kanker dan Tumor. Inilah yang hendak dia ajarkan melalui paragraf tersebut di atas.

Kematian sel tubuh karena mengalami kerusakan parah akibat serangan dari luar disebut Nekrosis. Sel tubuh yang bunuh diri secara sadar disebut Apoptosis. Apoptosis adalah bagian dari sistem peremajaan tubuh dan perlindungan tubuh. Sel-sel yang tua dan aus bunuh diri untuk digantikan oleh sel-sel baru. Sel-sel yang DNA-nya mengalami mutasi sehingga tidak berguna lagi melakukan bunuh diri agar tidak membahayakan tubuh. Sel-sel yang DNA-nya mengalami mutasi namun kehilangan kemampuan apoptosisnya disebut sel kanker.

Nthee: Inilah sedikit penjelasan yang sangat mendasar berkaitan dengan istilah Tumor  dan kanker. Meskipun sangat singkat, paling tidak bisa memberikan andil pengetahuan untuk kesehatan kita.

Satu hal yang sering saya renungkan adalah :

– Sebagian dari harta yang kita miliki ada hak orang lain.  Berikanlah…

– Sebagian dari ilmu yang kita kuasai ada hak orang lain.  Amalkanlah…

– Sebagian dari tenaga yang kita miliki ada hak orang lain. Bantulah…

Semoga bisa menjadi renungan kita bersama, dan bisa kita amalkan sesuai kemampuan kita. Sayangi dan kasihilah seluruh mahluk yang ada di bumi, insya Allah kucuran rahmat dan hidayah Allah akan tercurah pada kita.

 Amin

Sahabat yang senantiasa menyayangimu sebagai sahabat baik.

SEHAT ITU INDAH: Inilah sedikit penjelasan yang sangat mendasar berkaitan dengan istilah Tumor dan kanker. Meskipun sangat singkat, paling tidak bisa memberikan andil pengetahuan untuk kesehatan kita.

Satu hal yang sering saya renungkan adalah :
– Sebagian dari harta yang kita miliki ada hak orang lain. Berikanlah…
– Sebagian dari ilmu yang kita kuasai ada hak orang lain. Amalkanlah…
– Sebagian dari tenaga yang kita miliki ada hak orang lain. Bantulah…

Semoga bisa menjadi renungan kita bersama, dan bisa kita amalkan sesuai kemampuan kita. Sayangi dan kasihilah seluruh mahluk yang ada di bumi, insya Allah kucuran rahmat dan hidayah Allah akan tercurah pada kita.
Amin

Sahabat yang senantiasa menyayangimu sebagai sahabat baik.

Kerabatku sekalian, ada dua hal lagi yang aneh bin ajaib dalam tulisan yang diakui oleh Pst Wenas dia kutip dari Unair Medical Journal, November 1999.  Pertama, dia sama sekali tidak mengutip JUDULNYA. Kedua, dia sama sekali tidak mengutip paragraf penutupnya. Ketiga, dia sama sekali tidak mengutip siapa penulis jurnal tersebut.

Mari kita lihat apa yang dia lakukan untuk memenuhi tawarannya mengirimkan SCAN foto copy Unair Medical Journal, November 1999. Ha ha ha ha ha ha ha ….. Nampaknya Oen Tay joeng yang mengaku bernama Gyntara Yongky Wenas dan menggelari diri Pst Wenas akan sibuk sekali merekayasa dokumen tersebut. Mari kita lihat, bualan apa lagi yang akan dia lakukan Ketika merekayasa Unair Medical Journal, November 1999? Ha ha ha ha ha ha ha …

Oen Tay Joeng alias Pst Wenas alias Gintara Yongky Wenas alias Philips Joeng adalah PEnIPU. hati-hatilah agar anda tidak tertipu olehnya.

NB.

Silahkan klik di SINI untuk membaca kisah-kisah penipuan publiknya yang lain.

Advertisements

19 thoughts on “Philips Joeng Menipu Tentang Unair Medical Journal

  1. http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5871

    Dari pengertian tumor diatas, tumor dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu tumor jinak (benign) dan tumor ganas ( malignant) atau yang popular dengan sebutan kanker. Terdapat perbedaan sifat yang nyata diantara dua jenis tumor ini dan memang membedakannya merupakan tuntutan wajib bagi praktisi medis.

    ### BACA BAEK2!!!

    Terdapat perbedaan sifat yang nyata diantara dua jenis tumor ini dan memang membedakannya merupakan tuntutan wajib bagi praktisi medis.

    TERDAPAT PERBEDAAN SIFAT YG NYATA DIANTARA DUA JENIS TUMOR INI!!!

    TUMOR JINAK & TUMOR GANAS (YG DISEBUT DGN KANKER)!!!!

    BUKAN KANKER JINAK & KANKER GANAS, SOTOY!!!

    HAHAHAHAHAHAHAHA

  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker

    Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

  3. JADI INTINYA GINI:

    PST. WENAS :
    ADA TUMOR JINAK & ADA TUMOR GANAS (YAKNI KANKER). SEMUA LINKNYA UDAH SAYA TUNJUKKAN. MANA LINKMU HAI???

    HAI HAI :
    SAYA GAK PERLU PAKE LINK2AN SEGALA. INI MURNI PEMIKIRAN SAYA. YANG JELAS PST.WENAS MEMBUAL. YANG BENER ADALAH KANKER JINAK & KANKER GANAS. BUKAN TUMOR JINAK & TUMOR GANAS.

    PST.WENAS :
    YA SUDAHHH…KALO GITU OMONGAN PARA DOKTER & BERBAGAI LINK DIATAS, TOLOL SEMUA YACH???
    CUMAN HAI HAI AJA YG BENER & “PINTER” SOAL KANKER JINAK. HAHAHAHAHAHAHAHA

    • @Pst. Wenas yang mulia, INTI dari blog ini adalah menunjukkan kepada para pembaca bagaimana cara anda mengopy paste blog berjudul: “ANTARA TUMOR DAN KANKER” dari:

      http://www.facebook.com/topic.php?uid=280975810916&topic=12654

      kemudian dengan LICIK mengaku bahwa itu anda KUTIP dari foto copy: Unair Medical Journal, November 1999

      Tindakan anda itu benar-benar BEJAT dan TIDAK BERMORAL. Semoga Tuhan mengampunimu sebab engkau tahu apa yang kau lakukan. Setelah ini kita akan lihat KEBUSUKANMu selanjutnya.

    • @Pst. Wenas Saya Temukan hal yg sama, yg anda Temukan
      pada Blog Hai Hai ini di Bengcu Menggugat Doktrin Satu Pribadi Dua Hakekat 6
      https://bengcumenggugat.wordpress.com/2011/02/05/bengcu-menggugat-doktrin-satu-pribadi-dua-hakekat-6/

      Hai Hai membuat Kesimpulan Bahwa semua Pria Mengalami Mimpi basah /Emisi Nokturnal, kalau Pria tdk Mengalami Mimpi basah /Emisi Nokturnal adalah Manusia JENIS LAIN atau Seperti ALIEN Gitu…….

      Ternyata Kesimpulan Yang Terhormat Hai Hai Bengcu ini Tanpa Referensi,

      Saya Pikir Sdr. Hai Hai ini melakukan Penelitian atau Paling tdk karena Tulisannya menyangkut Ilmiah, menyangkut Ilmu Pengetahuan, maka menggunakan REFERENSI sebanyak-banyaknya

      Ternyata Anggapan Saya Salah, Sdr. Hai Hai yg Sudah Menghakimi orang lain disana sini, ternyata Tidak melihat ke Diri Sendiri

      Tulisannya yg tentang Ilmu Pengetahuan dan Menyangkut Ilmiah Sangat Tidak Berdasar, Kesimpulan Pribadi…….. Sangat Lucu dan MENGENASKAN

    • @Pst. Wenas, JURUS kunonya keluar lagi ya? MEMUTAR balik FAKTA? ha ha ha ha ha ha ha … Ingat lho, hai hai menyusun debat kita dengan sistematis sehingga para pembaca dapat MEMAhAMi dengan GAMBLANG penjelasan hai hai yang SISTEMATIS tentang TOMOR dan KANKER. Ha ha ha ha ha ha ha ha …..

      Anda MAu MEMFITNAH bahwa hai hai MENUDUH anda SALAH karena bilang ada tuMor jinak dan tumor ganas? Ha ha ha ha ha ha ha ha … Kisanak, kisanak. anda benar-benar MENGENASKAN. saya kutip kembali dech penjelasan hai hai tentang TUMOR ya? ha ha ha ha ha ha ha …

      Hai Hai Bengcu Sibugil: Kerabatku sekalian, saya paling senang ketika melihat adegan film di mana penjahatnya takabur sekali ketika mengagul-agulkan ketololannya. Dan kali ini saya lebih senang lagi karena PENJAHATNYA yang bernama Pst Wenas mengagulkan diri sampai MENCRET. Mengenaskan!

      Tumor = daging yang membesar = bisul = bengkak = benjol

      Tumor disebabkan oleh:

      1. Radang
      2. Sel tumbuh abnormal

      Kepala benjol karena dijitak? Itu namanya tumor. Jempol bengkak karena kejepit pintu? Itu namanya tumor. Kutil atau mata ikan adalah tumor. Hidung Pst Wenas menjadi panjang karena MEMBUAL? Itu namanya tumor. Tentu saja tiang tunggal penyanggah bumi yang membesar karena birahi bukan tumor. Kenapa demikian? Karena tidak ada peradangan dan tidak ada sel yang tumbuh abnormal.

      Tumor:

      1. Tumor jinak (benign tumor)
      2. Tumor ganas (malignant tumor)

      Tumor Ganas dibagi menjadi:

      1. Tumor ganas belum mengganas (pre-malignant tumor)
      2. Tumor ganas mengganas (malignant tumor)

      KANKER = Sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya = sel tumbuh abnormal

      TUMOR yang disebut KANKER adalah TUMOR yang terbentuk karena sel tumbuh abnormal.

      Semua TUMOR yang disebabkan oleh RADANG adalah tumor jinak.

      Semua tumor ganas disebabkan oleh sel tumbuh abnormal.

      Karena semua tumor ganas disebabkan oleh sel tumbuh abnormal, itu sebabnya TUMOR ganas juga disebut KANKER oleh orang awam.

      Namun, TuMoR JINAK tidak boleh disebut KANKER tidak ganas atau KANKER JINAK karena ada TUMOR jinak yang BuKAN KANKER sebab bukan sel tumbuh abnormal.

      Apakah semua KANKER pasti TUMOR? TIDAK!

      Ada banyak KANKER yang tidak menyebabkan TuMor.

      Kanker darah sama sekali tidak menyebabkan Tumor.

      Kanker getah bening sama sekali tidak menyebabkan tumor.

      Itu sebabnya, dikatakan bahwa KANKER bukan SINONIM dari TUMOR.

      Perhatikan definisi TUMOR dan KANKER:

      Tumor = daging yang membesar = bisul = bengkak = benjol

      KANKER = Sel tubuh bertumbuh kembang tidak sesuai kodratnya = sel tumbuh abnormal

      Apa yang disebut kanker ganas? Kanker ganas adalah kanker yang menyebabkan kematian bagi penderitanya dalam waktu relatif cepat. Kanker ganas adalah kanker yang menyebar dan cepat sekali pertumbuhannya. Apa yang disebut MENYEBAR? Menyebar artinya menyebabkan SEL-SEL lain bertumbuh kembang ABNORMAL juga. Cepat sekali pertumbuhannya artinya SEL bertumbuh kembang lebih cepat dari pertumbuhan sel normal sehingga sel kanker mengambil alih tempat yang tadinya ditempati oleh sel normal atau menghambat pertumbuhan sel normal. Adakah kanker yang tidak ganas? Ada. Ada KANKER yang BUKAN TUMOR dan TIDAK GANAS. Contohnya adalah kanker DARAH yang secara umum disebut Leukemia. Di antara 8 jenis yang dikenal secara luas, ada yang ganas ada yang tidak.

      Kerabatku sekalian, tersebut di atas adalah pelajaran tentang TUMOR dan KANKER bagi kaum awam (bukan mahasiswa kedokteran maupun dokter). Saya menyajikannya sehingga anda dapat memahaminya dengan mudah. Setelah memahaminya, nanti kita akan menguliti ajaran Pst Wenas helai demi helai seperti menguliti bawang bombai sehingga nampak gamblang belatungnya dan kebusukannya.

      Tolong, jangan menuduh hai hai yang TUA dan bijaksana adigung-adiguna, sebab saya sudah berkali-kali mengingatkan agar Pst Wenas TIDAK membual dan ketika membual, saya sudah memberi dia kesempatan SEHARIAN untuk memikirkannya dan BERTOBAT namun dia kekeh jumekeh MembuAL. Ha ha ha ha ha ha …..

  4. Nice Blog ko Hai Hai…….selain dapet pelajaran Tumor dan Kanker,dpt jg pelajaran menguliti helai demi helai soal copas tulisan org lain…….hehehehehe……

    Slama blom mau ngaku ayooo Ko urang arak kek odong2 ;D

    • @Mey Weh, si barakokok ma bedegong pisan. (Si tukang berkokok memang kurang ajar). Dia mengaku BERHASiL mengajari hai hai tentang sesuatu. Anda tahu apa yang akan dia akui? Dia akan MENGAKU bahwa dia SENGAJA berdebat dengan hai hai SEMBARANGAN untuk menmberi pelajaran kepada hai hai yang SELAMA ini DEBAT sembarangan. Ha ha ha ha ha ha … Dia pikir dia CERDIK sekali. Sayang dia ngak tahu bahwa selain CERDIK seperti ular yang tulus seperti merpati, hai hai juga tulus seperti merpati yang cerdik seperti ular. Ha ha ha ha ha a ha ha …

      Kita akan ARAK terus si JONI KEMOT alias Pst Wenas alias si BARAKOKOK.

  5. Kanker ganas dan tidak ganas (tidak menyerang/menyebar) secara klassifikasi diakui oleh dunia penelitian medis. Salah satu faktor yang dipakai sebagai biomarker (penandanya) adalah dijumpai metabolite sarcosine dalam urine atau protein Hsp-27 dalam darah. Di dunia medis memang ada dikenal kanker tidak ganas. Nama lainnya adalah non-aggressive cancer. Bahkan dalam salah satu penelitian, 2/3 penderita kanker prostate tidak memerlukan treatment yang urgent karena tidak memiliki kanker yang ganas. Mereka bisa hidup dengan aman selama beberapa tahun. Memang nampak kali ketololan dari Si Pst penipu itu. Udah tolol, sok menantang pula. Biarlah lewat komentar ini dia bisa membaca bahwa memang ada 2 klasifikasi jenis aggressivitas kanker. Atau malahan dia gak ngerti setelah saya tulis karena cuma membaca link Wikipedia dan Wikimu? Hahaha..Mau gak linknya Pst Wenas? Ngaku goblok dulu donk…Hahaha…Memang lucu melihat tingkah Pst Tukang Main Drama ini. Ditambah lagi integritasnya yang bejat memalsukan dokumen Unair medical jurnal. Semoga dia bertobat.

    • @Vantillian, ini yang say sebut GETOK MoNYET. Begitu Pst Wenas nongol dan MEMBuAL maka kepalanya segera DIGETOK dengan FAKTA-FAKTA yang menyangkal bualannya. ha ha ha ha ha …. Semoga dengan cara demikian kita bisa membuatnya bERTOBAT. Atau bila dia tidak bertobat, kita sudah memberitahupenduduk cara dia MEMBUAL can CONTOH bualannya. Dengan demikian, dia ngagk BISA menipu lagi walaupun melakukannya atas NAMA Injil dan Tuhan. Ha ha h a ha ha ha …

  6. @hai-hai: pst. wenas nya kasihan ya…… ditelanjangi dan diarak keliling kampung. Tapi hajar aja terus gan, orang bebal harus diberi pelajaran supaya kadar bebalnya berkurang…

    good job hai……..

  7. Koh Hai…..asaan mah nulisnya lain BARAKOKOK daa….tapi BOROKOKOK……ceuk kang Kabayan mah he he he he…..:)

  8. Baru tau dramanya. Kelihatannya saya punya akses ke jurnal yang bersangkutan. Siang ini ada rencana ke ITB, nanti coba saya cek. Jika ada dan bisa dapat jurnalnya, akan saya posting serta konfirmasi apakah memang ada tulisan tersebut. But yeah, very likely gak ada. Tulisan seperti itu gak akan masuk ke jurnal manapun.

  9. bertobat lah kamu “hai hai bengcu menggugat” > jgn suka copypaste khotbah2 pendeta kharismatik / pentakosta hanya utk menyesatkan narasi ato kesaksian kristen (pengikut Kristus)
    tolong urusan agamamu sendiri “hai hai bengcu menggugat”, sy tahu situ islam cina…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s