Tumimbal Lahir Memang Ngaco Belo


Gambar: chanelduniareptil.blogspot.com

EHIPASSIKO! Artinya datang dan lihat sendiri. Benar. Datang dan lihatlah sendiri bahwa meskipun kebanyakan buddhis mengagul-agulkan dirinya LOGIS dan ILMIAH namun faktanya tidak lebih dari tukang kecap belaka.

Meskipun gembar-gembor ajarannya telah TERUJI dan terbukti LOGIS dan ILMIAH namun kebanyakan justru dongeng belaka. Tanyakan kepada  sepuluh maka seratus Buddhis akan menjawab, “Tumimbal lahir mustahil reinkarnasi sebab tumimbal lahir adalah ajaran Budha yang logis dan ilmiah sedangkan reinkarnasi adalah ajaran Hindu yang tidak logis apalagi ilmiah.” Dari mana para Buddhis tahu tumimbal lahir MUSTAHIL reinkarnasi? Apakah mereka EHIPASSIKO? Apakah mereka melakukan PENGUJIAN? Mustahil! Mustahil ehipassiko bila tidak tahu bahwa tumimbal lahir (Buddha) dan reinkarnasi (Hindu) diterjemahkan dari kata Pali yang sama yaitu: Punabbhava (lafal: punabawa). Tanyakan kepada seratus maka seribu Budhis akan menjawab, “doktrin tumimbal lahir Agama Budha benar-benar LOGIS dan ILMIAH.” Kerabatku sekalian, mari ehipassiko (datang dan lihat sendiri) untuk membuktikan bahwa doktrin tumimbal lahir selain tidak logis dan ilmiah juga menyangkal ajaran Buddha lainnya.

Memberanikan diri bertanya, di dalam buku berjudul: Kajian Tematis Agama Buddha & Agama Kristen, Djoko Mulyono, Petrus Santoso dan Kristiyanto Liman menulis:

Kehendak,  O Biku, adalah karma yang Aku katakan! Setelah memunculkan kehendak, seseorang menciptakan karma melalui tubuh, ucapan, dan pikiran. Nibbedhika-sutta

Sesuai dengan benih yang ditabur
Maka itulah buah yang akan dipetik
Pelaku kebajikan akan menuai kebajikan
Pelaku kejahatan akan menuai kejahatan
Taburlah benihnya dan tanamlah dengan baik
Engkau akan menikmati buahnya. Samyutta Nikaya I:227

Para makhluk adalah pemilik karmanya sendiri, pewaris karmanya sendiri, memiliki karma sebagai penyebab kelahiran kembali, sebagai sanak karma, dan terlindung oleh karmanya sendiri. Karma yang membedakan makhluk yang memiliki keadaan hina dan mulia. Majjhima Nikaya III:203

Agama Buddha percaya bahwa makhluk terlahir kembali di salah satu dari enam alam kehidupan: surga, asura, manusia, binatang, hantu, dan neraka. Kata kunci pengertian kelahiran kembali adalah “muncul kembali”, tidak serupa dengan konsep reinkarnasi Hindu yang mempercayai adanya suatu roh kekal yang bertransmigrasi (meninggalkan tubuh lama dan memasuki tubuh baru). Manusia bisa naik ke alam yang lebih tinggi seperti surga atau turun ke alam yang lebih rendah seperti menjadi binatang atau hantu. Seperti halnya listrik dapat termanifestasi dalam bentuk cahaya, panas, gerakan, demikian pula energi karma dapat termanifestasi dalam bentuk dewa, manusia, binatang, atau makhluk lainnya, di mana satu bentuk tak ada kaitan fisik dengan yang lain. Daripada mengatakan bahwa manusia menjadi binatang, lebih tepat mengatakan bahwa energi karma yang termanifestasi dalam wujud manusia dapat termanifestasi dalam bentuk binatang.

Bengcu Menggugat:

ketika itulah TUHAN Allah membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah (aphar admah) dan menghembuskan nafas hidup (nashamah chay) ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup (nephes chay). Kejadian 2:7

Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah (banah) seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Kejadian 2:22

Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Kejadian 4:1

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Kejadian 1:28

Karena kami tahu, bahwa jika kemah (skenos) tempat kediaman (oikia) kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman (oikodome) di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman (oikia) yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 2 Korintus 5:1

Kerabatku sekalian, kisah penciptaan yang tercatat di dalam Alkitab sangat tegas dan gamblang sehingga mustahil menyangkalnya. Ada TIGA jenis manusia. Manusia jenis pertama tubuhnya DIBENTUK dari debu tanah dan jiwanya DILAHIRKAN dari TUHAN Allah. DILAHIRKAN TUHAN Allah artinya KELUAR dari TUHAN Allah. Manusia jenis kedua namanya lelaki dan perempuan. Yang disebut perempuan DIBANGUN dari tulang rusuk dan daging LELAKI. Dalam bahasa modern namanya KLONING. Yang disebut lelaki adalah manusia JENIS pertama yang diambil rusuk dan dagingnya  untuk membangun perempuan. Manusia jenis ketiga dibangun dari sperma lelaki dan telur wanita. Setelah dikandung selama sembilan bulan sepuluh hari oleh wanita lalu dilahirkan. Tubuh manusia yang dibentuk dari debu tanah adalah kemah alias cangkang yang akan aus dan mati. Namun setelah tubuhnya mati, jiwa manusia akan mengenakan cangkang baru yang kekal sifatnya.

Agama Hindu mengajarkan bahwa pada mulanya adalah ATMA atau BRAHMAN atau Shang Hyang Widhi Wisesa alias Yang Mulia Mahaesa Yang Mahamula. Atma lalu menjadikan manusia. Manusia terdiri dari tubuh dan jiwatman. Jiwatman adalah Atma yang lahir dari Brahman dan tinggal di dalam CANGKANG atau tubuh. Ketika tubuhnya mati, Jiwatman pun dilahirkan kembali (Punabbhava) dalam cangkang atau tubuh baru. Dalam tubuh seperti apakah jiwatman dilahirkan kembali? Tergantung KARMA alias perilakunya alias karya baktinya ketika hidup.

Kesamaan ajaran Kristen dan Hindu tentang manusia adalah keduanya mengajarkan bahwa manusia terdiri dari tubuh dan jiwa alias jasmani dan rohani alias roh dan daging. Perbedaannya adalah Agama Kristen mengajarkan bahwa makluk hidup beranak cucu alias berkembang biak alias MENCIPTAKAN makluk sejenisnya. Itu sebabnya jumlah makluk hidup semakin banyak dari generasi ke generasi. Agama Hindu melalui doktrin reinkarnasinya mengajarkan bahwa jumlah TOTAL makluk hidup tetap namun jumlah makluk menurut wujudnya atau jenisnya berubah-ubah karena KARMA. Doktrin reinkarnasi juga menyangkal ajaran BERKEMBANG BIAK alias BERANAKCUCU alias BERTAMBAH BANYAK.

Anicca Dukha Anatta. Anicca artinya tidak kekal. Dukha artinya susah hati. Anatta artinya an atma alias an atman alias tidak ada jiwa alias tidak ada PRIBADI. Karena tidak ada JIWA yang KEKAL maka manusia itu ibarat api unggun. Ketika api unggun mati, kayunya atau tubuhnya menjadi debu tanah sedangkan apinya PADAM alias TIDAK ada lagi. Melalui doktrin Aanicca anatta Sidharta meyakini TIDAK ada kehidupan setelah MATI.

Meskipun meyakini doktrin Anicca Dukha Anatta namun umat buddhis juga meyakini tumimbal lahir (Punabbhava) alias reinkarnasi alias dilahirkan kembali (Re birth). Karena menganut doktrin Annata (tidak ada roh; tidak ada pribadi) itu berarti yang dilahirkan kembali mustahil jiwatman (jiwa).  Ketika ditanya APA yang dilahirkan kembali? Umat Buddha pun berlagak pilon. Alih-alih menjawab pertanyaan mereka justru menceritakan PROSES kematian. Mereka bilang, ketika menghadapi kematian, seseorang akan MENGENANG (Bhavanga) perilakunya selama hidup lalu MENYADARI kematiannya sedang terjadi (cuti citta). Ketika kesadaran kematiannya (cuti citta) PADAM maka muncullah kesadaran penerusan alias kesadaran untuk melanjutkan hidup alias kesadaran untuk dilahirkan kembali (Patisandhi Vinnana – Patisandhi citta). Setelah mati maka orang itu pun dilahirkan kembali menjadi makluk sesuai dengan KARMA-nya.

Apa yang dilahirkan kembali? Yang dilahirkan kembali bukan JIWA. Lalu apa yang dilahirkan kembali? Kembali para buddhis berlagak pilon. Alih-alih menjawab pertanyaan mereka justru menjelaskan apa ituu tumimbal lahir dengan berkata, “Tumimbal lahir itu ibarat api lilin yang digunakan untuk menyalakan lilin-lilin lainnya. Api dan lilin yang digunakan untuk menyalakan tidak berpindah. Itu sebabnya tetap menyala. Lilin yang dinyalakan menyala karena kondisi memungkinkannya menyala, bukan karena mendapat warisan api dari lilin yang digunakan untuk menyalakannya.”

Kerabatku sekalian, menggunakan perumpamaan api lilin menyalakan api lilin untuk menjelaskan doktrin tumimbal lahir benar-benar dungu! Kenapa demikian? Karena lilin yang digunakan untuk menyalakan lilin lain tidak mati alias PADAM dulu ketika lilin lain menyala sedangkan orang yang tumimbal lahir mati DULU baru dilahirkan kembali. Menyalakan lilin dengan lilin justru menyangkal doktrin tumimbal lahir. Menyalakan lilin dengan lilin cocok untuk menjelaskan BERANAKCUCU alias berkembang biak. Anaknya lahir namun induknya tetap hidup dan ada.

LAGU lama JUDUL baru. Itulah yang terjadi. Judul lamanya REINKARNASI. Judul barunya adalah TUMIMBAL LAHIR. Namun lagunya tetap sama yaitu setelah MATI maka BAGIAN yang TIDAK BERWUJUD dari makluk pun MENEMPATI cangkang alias tubuh baru alias WUJUD baru. Bagian tak berwujud itu KEKAL sifatnya alias berperibadi dan PENGETAHUANNYA terus berakumulasi. Itu sebabnya diajarkan bahwa Sidharta BERSAKSI bahwa dia MENGINGAT semua WUJUD atau CANGKANG yang pernah DITEMPATINYA. Itulah BUKTI bahwa BAGIAN tidak berwujud Sidharta Gautama sifatnya PRIBADI dan KEKAL alias ADA terus dan TIDAK bercampur dengan PRIBADI orang lain alias UNIK alias the one and only. Sidharta Gautama itu KEKAL dan PRIBADI. Itu sebabnya ketika dilahirkan jadi tokek dan yang lainnya, dia tetap Sidharta Gautama. Bahkan ketika mencapai Nirwana pun dia tetap Sidharta Gautama, bukan Jokowi atau Ahok apalagi Foke. Gamblang dan tegas sekali bukan? Ajaran tumimbal lahir MENYANGKAL doktrin  Anicca (tidak kekal) dan Anatta (tidak ada roh – tidak ada pribadi).

Menurut ajaran tumimbal lahir alias reinkarnasi WUJUD nanti ditentukan oleh wujud kini dan Karma (perilaku kini) serta Bhavanga (kenangan) sebelum mati.

Wujud nanti = Wujud kini + Karma + Kenangan

Suatu makluk PASTI dilahirkan kembali menjadi DINOSAURUS bila KARMA dan BHAWANGA (KB) untuk lahir sebagai dinosaurus TERPENUHI. Makluk yang menanggung Karma dan bhawanga lahir kembali sebagai DINOSAURUS mustahil lahir kembali jadi KECOA atau TOKEK apalagi burung bangkai. Namun saat ini DINOSAURUS tidak ada lagi. Dinosaurus sudah MUSNAH! Dinosaurus sudah PUNAH!

Apabila doktrin tumimbal lahir Buddha memang LOGIS dan ILMIAH maka punahnya dinosaurus diakibatkan oleh tidak ada MAKLUK yang memenuhi Karma Bhavanga lahir sebagai dinosaurus. Andaikata doktrin Tumimbal lahir agama Buddha memang LOGIS dan ILMIAH, itu berarti SUATU saat nanti bila ada MAKLUK yang MEMENUHI syarat lahir sebagai dinosaurus maka DINOSAURUS pun akan ada LAGI di bumi ini.

Dinosaurus sudah MUSNAH. Dinosaurus sudah PUNAH. Tidak ada dinosaurus lagi di bumi ini. Bila demikian, saat ada MAKLUK yang memenuhi Karma Bhavanga lahir kembali sebagai dinosaurus, siapa yang akan MELAHIRKAN dia? Mungkinkah UJUG-UJUG muncul bayi dinosaurus dari ENTAH berentah karena ada MAKLUK yang MATI dan memenuhi Karma  Bhavanga lahir kembali sebagai dinosaurus? Ha ha ha ha ha ha …….

Apabila doktrin anatta (tidak ada roh; tidak ada pribadi) dan anicca (tidak ada yang kekal) serta tumimbal lahir memang BENAR serta LOGIS dan ILMIAH maka REINKARNASI bisa dijelaskan sebagai berikut:

ES itu anicca (tidak kekal). ES itu anatta (tidak ada rohnya). Ketika DIPANASKAN (Karma) maka ES pun tumimbal lahir alias reinkarnasi menjadi AIR. Ketika AIR dipanaskan (Karma) maka tumimbal lahirlah dia menjadi gas. Dan Ketika AIR didinginkan (karma) maka tumimbal lahirlah dia menjadi ES.

Ketika ES tumimbal lahir menjadi AIR, maka ES itu pun TIDAK ada lagi alias PUNAH alias PADAM. Kenapa tidak ada LAGI? Karena SUDAH tumimbal lahir alias reinkarnasi alias MENJELMA menjadi AIR. Karena SELURUH ES tumimbal lahir menjadi AIR.

Apabila ES dikubur lalu membusuk jadi tanah atau dibakar menjadi debu kemudian ada mata AIR menyemburkan AIR mustahil dikatakan bahwa AIR dari mata AIR tersebut adalah REINKARNASI atau tumimbal lahir dari ES yang mati lalu dikubur dan membusuk jadi tanah atau dibakar jadi debu tersebut.  Kenapa demikian? Karena ES yang dikubur itu tumimbal lahir menjadi tanah dan ES yang dibakar itu tumimbal lahir menjadi debu dan baik sebagai TANAH maupun sebagai DEBU, TANAH atau DEBU ES itu masih ada.

Apa yang terjadi ketika si Buddhis MATI? Dia TUMIMBAL lahir sebagai bangkai. Bila dikubur bangkai si Buddhis pelan-pelan tumimbal lahir menjadi menjadi TANAH si Buddhis. Bila dibakar, bangkai si Buddhis tumimbal lahir menjadi DEBU. Bila dibekukan dia tetap BANGKAI. Selama tanah atau debu atau bangkai si Buddhis masih ada MUSTAHIL menyatakan bahwa si Buddhis SUDAH dilahirkan KEMBALI. Hanya orang-orang DUNGU yang percaya DONGENG si Buddhis sudah tumimbal lahir menjadi si UCOK dengan LOGIS dan ILMIAH padahal  tanah atau debu atau bangkai si Buddhis masih utuh apa adanya.

Di bawah ini adalah DONGENG yang digunakan oleh kaum Buddhis untuk membuktikan secara LOGIS dan ILMIAH bahwa ajaran REINKARNASI alias TUMIMBAL LAHIR itu memang BENAR.

KISAH GNANATILLAKA

Gnanatillaka adalah namanya, Ia (wanita) dilahirkan pada 14 Februari 1956 di Kotamale, Sri Lanka (Ceylon). Kasus ini berawal di tahun 1960, Ketika ia berumur 4,5 tahun. Waktu itu ia berkata kepada orang tuanya, “Saya ingin bertemu dengan ayah dan ibu saya” “Kami adalah orang tuamu.” jawab ibunya. “Tidak.” Gnanatillaka bersikeras, “Saya ingin bertemu dengan ibu dan ayah saya yang sesungguhnya. Saya akan memberitahukan kamu dimana mereka tinggal. Tolong antar saya ke sana.”

Gnanatillaka menjelaskan kepada orang tuanya bagaimana menuju rumah dimana orang tuanya yang sesungguhnya tinggal. Rumah itu terletak dekat penampungan teh di Talawakele, sekitar 30 mil dari tempat tinggalnya sekarang.

Kedua orang tua itu mengabaikan cerita gadis kecilnya yang aneh. Setelah berhari-hari berlalu, Gnanatillaka tetap meminta untuk diantar menemui ibu-ayahnya yang sesungguhnya.

Segera berita itu mulai tersebar. Beberapa professor dari Universitas Ceylon dan Bhikkhu Piyadassi Maha Thera juga mengetahui cerita itu. Mereka memutuskan untuk menelitinya. Mereka mendengarkan Gnanatillaka bercerita ketika ia menjadi seorang bocah laki-laki bernama Tilakaratna. Mereka (para peneliti itu) mencatat semua keterangan. Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Gnanatillaka, mereka bersama-sama dengan Gnanatillaka pergi menuju kerumah yang dijelaskan oleh Gnanatillaka.

Gnanatillaka belum pernah mengunjungi rumah itu di kehidupan yang sekarang, dia juga belum pernah mengunjungi daerah lokasi rumah itu. Juga kedua keluarga itu tidak saling kenal satu sama lain dan tidak saling mengetahui kehidupan masing-masing.

Ketika Gnanatillaka dan para peneliti itu memasuki rumah itu, Gnanatillaka memperkenalkan para professor kepada kedua orang tua dirumah itu. “Ini adalah ayah dan ibu saya yang sebenarnya.” Lalu ia juga mengenalkan adik laki-lakinya dan kakak-kakak perempuannya. Gnanatillaka menyebut nama-nama kecil saudara-saudarinya dengan tepat.

Lalu kedua orang tua Gnanatillaka di kehidupan sebelumnya itu diwawancarai. Mereka menjelaskan sifat dan kebiasaan anak laki-laki mereka yang telah meninggal pada 9 November 1954. Ketika Gnanatillaka melihat bekas adik laki-lakinya dalam kehidupan lampau, ia menolak bertemu atau berbicara dengannya. Kemudian orang tua Gnanatillaka di kehidupan lampau menjelaskan bahwa kedua bersaudara itu selalu berkelahi dan bertengkar. Mungkin Gnanatillaka masih menyimpan dendam dari kehidupannya yang lampau ketika dia menjadi seorang anak laki-laki.

Ketika kepala sekolah setempat mendengar cerita tersebut, ia sendiri datang berkunjung. Ketika kepala sekolah memasuki rumah, Gnanatillaka memperkenalkannya sebagai gurunya.

Gnanatillaka juga dapat mengingat pelajaran-pelajaran dan pekerjaan rumah yang diberikan kepadanya ketika ia menjadi anak laki-laki dikehidupan sebelumnya.

Gnanatillaka juga dapat menunjukkan tempat pemakaman dimana ia dimakamkan di kehidupannya yang terdahulu sebagai seorang anak laki-laki.

Dengan cepat cerita Gnanatillaka tersebar luas. Seorang peneliti spesialis kasus kelahiran kembali, Dr. Ian Stevenson dari Universitas Virginia, terbang dari Amerika ke Ceylon untuk menyelidiki kasus itu. Setelah penyelidikannya, Dr.Ian mengatakan bahwa kasus Gnanatillaka adalah salah satu peristiwa kelahiran kembali yang terbaik, baik segi bukti maupun dari aspek psikologis.

Sebuah buku menarik tentang kasus Gnanatillaka diterbitkan dalam bahasa Sinhala di Ceylon. Buku ini menyajikan foto-foto berserta bukti-bukti dokumentasi yang berhasil dikumpulkan.

Bengcu Menggugat:

Kerabatku sekalian, haruskah kita berakata, “WOW …..” begitu atas dongeng reinkarnasi tersebut di atas? Ha ha ha ha …… katakan saja, “HOAX!” begitu. Ha ha ha ha ha ha ……

Anak lelaki itu meninggal 9 November 1954 sedangkan Gnanatillaka lahir 14 Februari 1956. Jumlah hari antara hari kematian anak lelaki itu dan hari kelahiran Gnanatillaka adalah 462 hari. Rata-rata manusia dikandung selama 280 hari. Itu berarti ada selisih 192 hari. Pertanyaannya adalah selama 192 hari anak lelaki itu alias Gnanatillaka luntang lantung ke mana? Jangan-jangan dia tumimbal lahir sebagai tokek dulu kayak Sidharta Gautama? Pada hari ke 192 dia dipatok burung bangkai lalu  tumimbal lahir lagi menjadi Gnanatillaka? Ha ha ha ha ha ha …… LOGIS dan ILMIAH? Ha ha ha ha ha ha … FIKSI ILMIAH lah yao!

Advertisements

401 thoughts on “Tumimbal Lahir Memang Ngaco Belo

  1. Wahai jiwa-jiwa yang tenang..
    Berhati-hatilah dirimu..
    Kepada hati-hati yang penuh..
    Dengan kebencian yang dalam..

    Karena sesungguhnya iblis..
    Ada dan bersemayam..
    Di hati yang penuh dengan benci..
    Di hati yang penuh dengan prasangka..

    Chorus:
    Laskar cinta..
    Sebarkanlah benih-benih cinta..
    Musnahkanlah virus-virus benci..
    Virus yang bisa rusakkan jiwa..
    dan busukkan hati..

    Laskar cinta..
    Ajarkanlah ilmu tentang cinta..
    Karena cinta adalah hakikat..
    Dan jalan yang terang bagi semua umat manusia..

    Jika kebencian meracunimu..
    Kepada manusia lainnya..
    Maka sesungguhnya iblis..
    Sudah berkuasa atas dirimu..

    Maka jangan pernah berharap..
    Aku akan mengasihi menyayangi manusia-manusia..
    Yang penuh benci seperti kamu..

  2. MENGULITI SANGKALAN HAI HAI SEPERTI MENGUPAS BAWANG 😀

    Bengcu Menggugat:

    ketika itulah TUHAN Allah membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah (aphar admah) dan menghembuskan nafas hidup (nashamah chay) ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup (nephes chay). Kejadian 2:7

    Saya:
    padahal sebelum terbentuk hidung saat terbentuk embrio sudah ada kehidupan.

    Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah (banah) seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Kejadian 2:22

    Saya:
    Teori evolusi menjelaskan kehidupan awal di bumi bermula dari asam amino berevolusi menjadi kehidupan sel satu kemudian berevolusi jadi tumbuhan selanjutnya sampai serangga, burung, hingga manusia tentunya akhirnya berjalan di jalurnya sendiri.

    Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Kejadian 4:1
    Saya:
    Cabul juga ya harus incest dg kerabat, padahal iptek mengatakan manusia itu awalnya bukan satu(adam) tapi cukup banyak.

    Bengcu:
    Agama Hindu melalui doktrin reinkarnasinya mengajarkan bahwa jumlah TOTAL makluk hidup tetap namun jumlah makluk menurut wujudnya atau jenisnya berubah-ubah karena KARMA. Doktrin reinkarnasi juga menyangkal ajaran BERKEMBANG BIAK alias BERANAKCUCU alias BERTAMBAH BANYAK

    Saya:
    Ngawur, hindu mengatakan atma(roh) percikan terkecil dari brahman(tuhan) setelah moksah akan bersatu/terlebur dg brahman/tuhan. Krn ajaran hindu setiap mahluk berevolusi/berinkarnasi dari sekecil bakteri, semut, tumbuhan suatu saat jadi manusia, selanjutnya moksah bersatu dg tuhan. Jadi setiap hari ada saja roh sapi/binatang lainnya berinkarnasi jadi manusia. Menurut salah satu tokoh hindu ledakan penduduk terjadi karena banyaknya sapi disemblih tiap hari.

    Bengcu :
    Suatu makluk PASTI dilahirkan kembali menjadi DINOSAURUS bila KARMA dan BHAWANGA (KB) untuk lahir sebagai dinosaurus TERPENUHI. Makluk yang menanggung Karma dan bhawanga lahir kembali sebagai DINOSAURUS mustahil lahir kembali jadi KECOA atau TOKEK apalagi burung bangkai. Namun saat ini DINOSAURUS tidak ada lagi. Dinosaurus sudah MUSNAH! Dinosaurus sudah PUNAH!

    Saya:
    Hahaha lu belum baca sutta berikut ya?

    “ Untuk dapat terlahir kembali,

    Tiga syarat harus dipenuhi :

    Sepasang( Calon ) Orang tua yang subur,

    hubungan seksual dan

    adanya gandhabba”

    (Majjhima Nikaya I : 265 ).

    • Wahai kisanak ada lagi yg lebih lucu, bikin dinosaurus dari tanah liat..hahahaha, yang bikin cape akhir musnah dinosaurus nya..hahahaha

      • Payah kabeh nih, menciptakan dinosaurus itu pakai teknologi kloning, kalau pakai tanah itu namanya patung …makanya nonton jurastik park

    • ketika itulah TUHAN Allah membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah (aphar admah) dan menghembuskan nafas hidup (nashamah chay) ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup (nephes chay). Kejadian 2:7

      Saya: padahal sebelum terbentuk hidung saat terbentuk embrio sudah ada kehidupan.

      Bengcu: kata “hidung diterjemahkan dari kata Ibrani “aph.” Selain berarti hidung, kata APH juga berarti AMARAH. Dengan pengetahuan jaman ini maka tidak sulit mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan APH alias “amarah hidung” itu adalah DENYUT. Yang diajarkan Alkitab itu adalah, saat itu sudah ada DENYUT.
      **************

      Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah (banah) seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Kejadian 2:22

      Saya: Teori evolusi menjelaskan kehidupan awal di bumi bermula dari asam amino berevolusi menjadi kehidupan sel satu kemudian berevolusi jadi tumbuhan selanjutnya sampai serangga, burung, hingga manusia tentunya akhirnya berjalan di jalurnya sendiri.

      Bengcu: Teori Evolusi tidak mengajarkan bahwa ASAM AMINO berevolusi menjadi kehidupan sel satu. Belajar lagi gih.
      **************

      Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Kejadian 4:1

      Saya: Cabul juga ya harus incest dg kerabat, padahal iptek mengatakan manusia itu awalnya bukan satu (adam) tapi cukup banyak.

      Bengcu: iptek pala lu peyang? Kisanak, anda sendiri bilang kalau awalnya SATU SEL, kok malah plintat-plintut bilang CUKUP banyak? Ha ha ha … Belajar dulu nak.
      **************

      Bengcu: Agama Hindu melalui doktrin reinkarnasinya mengajarkan bahwa jumlah TOTAL makluk hidup tetap namun jumlah makluk menurut wujudnya atau jenisnya berubah-ubah karena KARMA. Doktrin reinkarnasi juga menyangkal ajaran BERKEMBANG BIAK alias BERANAKCUCU alias BERTAMBAH BANYAK

      Saya: Ngawur, hindu mengatakan atma (roh) percikan terkecil dari brahman (tuhan) setelah moksah akan bersatu/terlebur dg brahman/tuhan. Krn ajaran hindu setiap mahluk berevolusi/berinkarnasi dari sekecil bakteri, semut, tumbuhan suatu saat jadi manusia, selanjutnya moksah bersatu dg tuhan. Jadi setiap hari ada saja roh sapi/binatang lainnya berinkarnasi jadi manusia. Menurut salah satu tokoh hindu ledakan penduduk terjadi karena banyaknya sapi disembelih tiap hari.

      Hai hai: Anda bilang awalnya “setiap mahluk berevolusi/berinkarnasi dari sekecil bakteri,” jadi INSES dong? Ha ha ha … belajar dulu nak. Jangan plintat-plintut gitu dong. Ha ha ha
      **************

      Bengcu: Suatu makluk PASTI dilahirkan kembali menjadi DINOSAURUS bila KARMA dan BHAWANGA (KB) untuk lahir sebagai dinosaurus TERPENUHI. Makluk yang menanggung Karma dan bhawanga lahir kembali sebagai DINOSAURUS mustahil lahir kembali jadi KECOA atau TOKEK apalagi burung bangkai. Namun saat ini DINOSAURUS tidak ada lagi. Dinosaurus sudah MUSNAH! Dinosaurus sudah PUNAH!

      Saya: Hahaha lu belum baca sutta berikut ya? “ Untuk dapat terlahir kembali, Tiga syarat harus dipenuhi: Sepasang (Calon ) Orang tua yang subur, hubungan seksual dan adanya gandhabba” (Majjhima Nikaya I : 265).

      Hai hai: Coba anda baca dulu dech BLOG ini. Setelah anda baca sampai paham, barulah berpikir lagi tentang ajaran (Majjhima Nikaya I : 265). Ha ha ha ha …

      • Juga ada delapan jenis orang yang merusak diskusi

        1 orang yang penuh nafsu,
        2 orang yang pemarah,
        3 orang yang diselimuti pandangan salah,
        4 orang yang sombong,
        5 orang yang iri hati,
        6 orang yang malas,
        7 . orang yang hanya punya satu ide (fanatik buta), dan
        8. orang tolol yang patut dikasihani.

        Delapan jenis ini adalah perusak perdebatan tingkat tinggi.

      • Bengcu:
        Dinosaurus sudah MUSNAH…………………………..Mungkinkah UJUG-UJUG muncul bayi dinosaurus dari ENTAH berentah karena ada MAKLUK yang MATI dan memenuhi Karma Bhavanga lahir kembali sebagai dinosaurus? Ha ha ha ha ha ha …….
        Saya:
        Bisa aja dinosaurus di planet lain yg melahirkannya 😁😁😁
        Lu tahu Galaksi Bimasakti? Menurut ilmuwan terdiri dari 400 milyar bintang dan 3,2 triliun planet. Matahari juga termasuk salah satu bintang. Jika tiap bintang memiliki 1 planet yg bisa ditinggali mahluk hidup maka di galaksi ini saja ada 400 milyar planet berisi kehidupan, dg kondisi masa berbeda. Salah satu planet bisa aja sedang di periode kehidupan hutan belantara, tyrex, mamouth, dinosaurus sedang di planet lain 1000 tahun peradabannya lebih maju dari di bumi.
        Lu tahu JAGAD RAYA?
        Jagad raya kita memiliki 2 Triliun Galaksi yg baru mampu teramati oleh ilmuwan, yg belum mampu teramati bisa aja 1000 triliun galaksi atau malah tak terhingg!. Berarti planet yg memiliki kehidupan kemungkinan :
        400 milyar x 2 triliun = cape ngitungnya 😁😁😁😁

        Maka besar kemungkinan ada triliunan planet lain memiliki kehidupan di alam semesta ini. Galaksi Bimasakti bagai sebutir debu di jagad raya ini. dibutuhkan 120 ribu tahun cahaya hanya untuk melintasi diameter galaksi bima sakti. Cahaya aja yg kecepatannya 1,08×10^8 km/jam perlu waktu 120rb tahun! cahaya 18ribu kali lebih cepat dr pesawat luar angkasa tercepat di muka bumi yg kecepatannya sudah 45xkecepatan suara!
        http://www.infoastronomy.org/2016/10/ada-berapa-banyak-planet-dalam-sebuah-galaksi.html
        http://www.infoastronomy.org/2017/01/berapa-banyak-galaksi-di-alam-semesta.html

        Bengcu: Teori Evolusi tidak mengajarkan bahwa ASAM AMINO berevolusi menjadi kehidupan sel satu. Belajar lagi gih.
        Saya:
        Pada tahun 1953 hipotesis tentang evolusi kimia didukung oleh Harold Urey dan muridnya Stanley Miller dari Unversitas Chicago, Amerika Serikat. Urey mengatakan zat-zat organik terbentuk dari zat-zat anorganik. Menurut urey, zat anorganik yang ada di atmosfer berupa gas karbon dioksida , metana, ammonia, hydrogen, dan uap air. Semua zat itu bereaksi membentuk zat organik karena energipetir. Murid urey, Stanley Miller berhasil membuktikan dugaan gurunya di laboratorium.

        Menurut teori Urey, proses terbentuknya mahluk hidup dapat di jelaskan 4 tahapan:
        Tahap 1. Molekul metana, ammonia, hydrogen, dan uap air tersedia sangat banyak di atmosfer bumi.
        Tahap 2. Energi yang di peroleh dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis mengakibatkan zat-zat bereaksi membentuk molekul-molekul zat yang lebih besar.
        Tahap 3. Terbentuk zat hidup yang paling sederhana (mahluk hidup bersel satu) susunan kimianya dapat disamakan dengan susunan kimia pada virus.
        Tahap 4. Zat hidup yang terbentuk berkembang dalam waktu jutaan tahun menjadi oganisme (mahluk hidup) yang lebih kompleks.
        Dalam evolusi biologi dikatakan mula-mula muncul organisme bersel satu, yang dalam perkembangannya menghasilkan organisme bersel banyak; organisme berkembang dari tingkatan yang rendah menuju ke tingkatan yang tinggi; dari organisme yang hidup di laut menuju ke organisme yang hidup di darat. Di darat, persyaratan untuk hidup semakin sulit. Agar mahluk hidup dapat lestari, diperlukan daya adaptasi yang semakin besar. Sehingga di darat terbentuk berbagai macam jenis mahluk hidup.
        http://www.biologimu.com/2012/01/asal-usul-kehidupan-biologi.html
        https://blogpenemu.blogspot.co.id/2015/06/stanley-miller-peneliti-asal-usul-kehidupan.html

        Bengcu:
        ketika itulah TUHAN Allah membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah (aphar admah) dan menghembuskan nafas hidup (nashamah chay) ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup (nephes chay). Kejadian 2:7
        Saya:
        Menurut sains modern dan penemuan arkaeologi bahwa manusia tidak ujug2 terbentuk sempurna tapi melalui evolusi panjang. Kehidupan awal di bumi dimulai dari akibat kombinasi gas, panas, petir hujan kemudian terbentuk asam amino kemudian berevolusi jadi mahluk hidup bersel satu kemudian berevolusi jadi bersel banyak, lalu terbagi jadi dunia hewan dan tumbuhan, di dunia hewan evolusi yg lama terjadi percabangan aneka mahluk hidup.

        Agama Buddha menjelaskan, Manusia terbentuk dari Panca Khandha :
        Rupa = Bentuk, tubuh, badan jasmani.Sañña = Pencerapan.Sankhära = Pikiran, bentuk-bentuk mental.Vedanä = Perasaan.Viññana = Kesadaran.

        Rupa/jasmani terbentuk dari 5 unsur(panca dhatu) :
        unsur padat (pathavi dhatu), unsur cair (apo dhatu), unsur api/panas (tejo dhatu), unsur angin/gerak (vayo dhatu), dan unsur ether(akasa dhatu).
        Dalam filsafat Tao 5 unsur/elemen:
        elemen Bumi, Air, Api, Logam, Kayu. Elemen Logam merupakan padanan dari elemen Udara, dan elemen Kayu merupakan padanan dari elemen Ether.

        Teori tumimbal lahir/reinkarnasi sejalan dg teori evolusi sains modern. Bedanya teori tumimbal lahir bicara evolusi kesadaran/roh yg reversible bisa kembali pada kehidupan tingkat rendah. Teori evolusi bicara evolusi tubuh yg ireversible tak bisa balik ke evolusi awal.

        Beberapa praktisi spiritual besar yg kemampuannya menembus triloka, terbuka mata ketiganya(tianmu), para Sufi/Tasawuf, Yogi, Siddha, Lama, Santo mampu melihat masa lalu:

        Saat meditasi yg dalam sang budha melihat kehidupannya yg lampau pernah terlahir di tubuh binatang.

        Guru Arjan Sahib : “ Berulang kali aku lahir sebagai kutu dan serangga, berulang kali aku lahir sebagai gajah, ikan , atau rusa. Berulang kali aku lahir sebagai rumput dan pohon. Sekarang kesempatan terbuka untuk bertemu dengan Tuhan. Tubuh ini telah ku peroleh setelah berabad-abad lamanya”

        Jalaluddin Rumi, Sufi Terbesar dari Persia yg lahir pada 604 H atau 30 September 1207 terkenal dg kumpulan syairnya Masnavi-i. Buku ini terdiri dari enam jilid dan berisi 20.700 bait syair. Salah satu bunyi syairnya:

        “Aku mati sebagai mineral
        dan menjelma sebagai tumbuhan,
        aku mati sebagai tumbuhan
        dan lahir kembali sebagai binatang.
        Aku mati sebagai binatang dan kini manusia.
        Kenapa aku harus takut?
        Maut tidak pernah mengurangi sesuatu dari diriku.

        Sekali lagi,
        aku masih harus mati sebagai manusia,
        dan lahir di alam para malaikat.
        Bahkan setelah menjelma sebagai malaikat,
        aku masih harus mati lagi;
        Karena, kecuali Tuhan,
        tidak ada sesuatu yang kekal abadi.

        Setelah kelahiranku sebagai malaikat,
        aku masih akan menjelma lagi
        dalam bentuk yang tak kupahami.
        Ah, biarkan diriku lenyap,
        memasuki kekosongan, kasunyataan
        Karena hanya dalam kasunyataan itu
        terdengar nyanyian mulia; ”

        Hai hai dapat anda saksikan Jalaluddin rumi yg bukan penganut Buddha pada tahun 1200 an telah mampu melihat kehidupannya di masa lalu mulai dari kehidupan sebagai mineral (asam amino) sedangkan teori evolusi modern baru ditemukan thn 1900an. Pakar hipnoterapi modern juga telah menggunakan teknik regresi untuk mengingat masa lalu. Belajar Yoga, Tantra, Kundalini, Tao dari guru mumpuni di Himalaya, Tibet adalah salahsatu cara mengaktifkan mata ketiga sehingga mampu melihat kehidupan lampau.

        Hai hai: Coba anda baca dulu dech BLOG ini. Setelah anda baca sampai paham, barulah berpikir lagi tentang ajaran (Majjhima Nikaya I : 265). Ha ha ha ha
        Saya:
        Emang Adam kembang biak mirip planaria? Diambil tulang rusuk terbentuk manusia? Adeh cocoklogi gak bisa dibuktiin secara ilmiah! Mahluk hidup berkembang dari tingkatan yang sederhana menuju ke tingkatan yang semakin tinggi. 15 juta tahun lalu nenek moyang manusia sama dg nenek moyang beruk. 62jt tahun lampau nenek moyang manusia sama dg nenek moyang singa,kangguru,kuda. Untuk lebih lengkapnya silahkan buka:
        http://bit.ly/2naRkGR

        • Anda merasa diri cerdas padahal dodolipet dech. Si ahok dan si Anies walaupun sesama manusia namun Karma Bhavanga keduanya berbeda bloon. Dina sourus di planet lain itu beda Karma Bhavanganya oncom.

          Sejak Harold Urey sampai anak cucunya dan cucu muridnya hari ini udah ada blom hasilnya? Udah berapa banyak zat organik yang berubah dari zat angornik? Karena blom ada maka biar lu garuk aspal dulu aja dech. ha ha ha ha …

          Yang dilakukan oleh para ilmuwan adalah MENYUSUN TEORI evolusi namun mereka tidak menemukan BUKTI teori evolusi makluk hidup itu terjadi. Artinya mereka nggak punya bukti Kecoa berevolusi menjadi manusia atau kutu busuk yang berevolusi menjadi manusia? Mereka hanya punya BUKTI berupa aneka rupa makluk lalu melihat perbedaan dan persamaannya.

          Dari mana penulis kitab-kitab Buddhis menuliskan jarannya? Dari memikirkan dan merenungkan pengetahuan yang dimiliki generasi tersebut yang merupakan warisan dari generasi-generasi sebelumnya. Ajaran tentang Sidarta BENGONG (meditasi) lalu ujug-ujug CERDAS dan BERPENGETAHUAN adalah pembohongan publik. Tulisan-tulisan generasi selanjutnya mengagul-agulkan Sidharta adalah pembohongan publik alias hoax alias dongeng alias pepesan kosong. Reinkarnasi adalah pembohongan publik.

          Tulisan anda tentang lima unsur itu juga HOAX yang udah ketinggalan jaman. Kalau saja elu cerdas dan rajin belajar maka elu pasti tahu bahwa DULU di Cina belom ada BESI. Sebelum itu bukan hanya nggak ada besi TEMBAGA aja blom ditemukan. Gua kasih tahu dech ajaran lima unsur Tiongkok kuno paling tua yang syukur kepada Allah dipahami oleh suhu hai hai yang dasyat itu adalah:

          1. Air
          2. Tanah
          3. Tanaman
          4. Binatang
          5. Manusia

          Orang Tionghoa sudah menyebarkan pengetahuan sejak jalur sutra menjdi rame. Itu abad kedua tong. Selain menyebarkan pengetahuan orang-orang Tionghoa juga meyebarkan agama Buddha. Itu sebabnya kebudayaan Buddha sudah ada di timur tengah sebelum agama Islam disebarkan oleh nabi Muhamat.

          Itu sebabnya apa yang ditulis oleh Jalaluddin Rumi itu maslaah kecil cep. Ha ha ha ha … Masalahnya adalah elu dah pernah KATAM nggak baca tulisan Jalaluddin Rumi? Anda belum pernah membacanya bukan? Cuman kutip aja kok lagaknya kayak jagoan? ha ha ha ha …

          Anda mau belajar tentang Hipnotis? belajarlah kepada suhu hai hai yang dasyat itu.

          https://bengcumenggugat.wordpress.com/tag/hipnotis/

      • Bengcu Menggugat:
        Di bawah ini adalah DONGENG yang digunakan oleh kaum Buddhis untuk membuktikan secara LOGIS dan ILMIAH bahwa ajaran REINKARNASI alias TUMIMBAL LAHIR itu memang BENAR.

        KISAH GNANATILLAKA

        Gnanatillaka adalah namanya, Ia (wanita) dilahirkan pada 14 Februari 1956 di Kotamal ……………………………………………………………………………………. Sebuah buku menarik tentang kasus Gnanatillaka diterbitkan dalam bahasa Sinhala di Ceylon. Buku ini menyajikan foto-foto berserta bukti-bukti dokumentasi yang berhasil dikumpulkan.

        Saya:
        Silahkan bandingkan kedua sabda berikut mana yg lebih masuk akal? Mana yg dongeng!
        Ada dalam Alkitab,”Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?” Jawab Yesus: “Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia” (Yohanes 9:2,3).
        Suatu ketika, seorang pemuda bernama Subha menemui Sang Buddha: “ Mengapa dan apa sebabnya di antara umat manusia ada yang memiliki keadaan rendah dan ada yang memiliki keadaan mulia ? Mengapa ada manusia yang berumur pendek dan ada yang berumur panjang, ada yang sehat dan ada yang berpenyakitan, ada yang berwajah tampan dan ada yang berwajah buruk, ada yang berkuasa dan yang tertindas, ada yang miskin dan ada yang kaya, ada yang hina dan ada yang mulia, ada yang bodoh dan ada yang bijaksana ? “
        Sang Buddha menjawab : “ Semua makhluk memiliki kammanya sendiri, mewarisi kammanya sendiri, lahir dari kammanya sendiri, berhubungan dengan kammanya sendiri, terlindung oleh kammanya sendiri. Kammalah yang membuat semua makhluk menjadi berbeda, hina atau mulia “
        Sang Buddha bersabda :
        “Untuk mengetahui kehidupan yang lalu lihatlah apa yang Anda alami dikehidupan ini yntuk mengetahui kehidupan yang akan datang lihatlah apa yang Anda perbuat dikehidupan ini”
        Jadi jelaslah tumimbal lahir berhubungan erat dg hukum karma, bukan kehendak tuhan menentukan kehidupan manusia seenak udelnua😃
        Kisah reinkarnasi:
        Kisah reinkarnasi anak usia 3 tahun Tang Jiangshan, 2002 Edisi ke 7 tahun 2002 majalah “Femina Dunia Timur” dari propinsi Hai Nan – Tiongkok
        http://www.kejadiananeh.com/2015/03/kisah-nyata-reinkarnasi-bukti-kelahiran.html
        http://lifestyle.liputan6.com/read/2192392/kisah-anak-lima-tahun-yang-mengaku-reinkarnasi-aktor-hollywood
        https://henkykuntarto.wordpress.com/2011/06/24/reinkarnasi-lama-thubten-yeshe-osel-hita-tores/
        Nah dia juga ada fb:
        https://m.facebook.com/TenzinOselHita/
        https://henkykuntarto.wordpress.com/2009/09/09/kisah-reinkarnasi-dalai-lama/
        http://www.tentik.com/10-kasus-reinkarnasi-paling-menggemparkan/

        Bengcu Menggugat:
        Kerabatku sekalian, haruskah kita berakata, “WOW …..” begitu atas dongeng reinkarnasi tersebut di atas? Ha ha ha ha …… katakan saja, “HOAX!” begitu. Ha ha ha ha ha ha ……
        Saya:
        Hoax mana doktrin tumimbal lahir yg udah banyak kesaksian teruji, apa doktrin surga neraka, yerusalem baru yg belum teruji entah kapan, jangan2 ini malah dipercaya:
        http://catatanakhirzaman.com/index.php/2015/07/03/surga-neraka-kesaksian-park-yong-gyu-yang-hidup-dari-kematian/
        http://yehudaministry.blogspot.co.id/2013/02/kesaksian-penglihatan-pdt-bo-ra-choi.html

        Bengcu menggugat:
        Anak lelaki itu …………………………………………….Pada hari ke 192 dia dipatok burung bangkai lalu tumimbal lahir lagi menjadi Gnanatillaka? Ha ha ha ha ha ha …… LOGIS dan ILMIAH? Ha ha ha ha ha ha … FIKSI ILMIAH lah yao!
        Saya:
        Hahaha….kok ngitung pake waktu di bumi? buku kecil yang berjudul Kisah Perjalanan ke Barat menuju Dunia Sukhavati dikisahkan ada seorang biksu bermeditasi berlatih Gong, ketika Yuanshen-nya sampai di Dunia Sukhavati telah dapat melihat pemandangan di tempat itu, setelah berputar-putar satu hari, sekembalinya ke dunia manusia enam tahun telah berlalu

        • Faktanya, reinkarnasi alias tumimbal lahir bukan ajaran original Sidharta Gautama. itu adalah ajaran agama Hindu dengan berbagai variasi di dalamnya. Faktanya AJARAN baru dari Sidharta yang paling utama adalah, “Hidup itu SAMSARA alias sengsara. Sengsara karena KEINGINAN. Hidup yang baik itu ada 8 jalan kesunyataan alias 8 jalan utama namun jangan ekstrim alias fanatik.

          Bagaimana cara memutus Karma? Awalnya Sidharta dan umat Hindu yang lain melakukannya dengan bertapa. Apa akibatnya? Suatu hari Sidharta pingsan karena kelaparan dan kehausan. Dia lalu ditolong oleh seseorang dengan menyapinya minum lalu makan. Dari situ Sidharta pun tahu bahwa tindakan ekstrim hanya mengakibatkan kematian. Ajaran jangan ekstrim Budha itu lalu di gabungkan oleh orang-orang Tionghoa dari ajaran Dao dan Khonghucu Zhong 中artinya jangan menyebalah lahirlah doktrin JALAN TENGAH.

          Setelah Sidharta maangkat karena keracunan makanan, maka ajaran-ajarannya pun mulai menyebar dan mulai dipertanyakan oleh banyak orang. Itu sebabnya murid-murid Sidharta pun lalu membangun ajaran-ajaran lainnya untuk menyelamatkan diri. Ajaran muridnya itu termasuk ajaran Reinkarnasai dan dongeng-dongeng tentang Sidharta.

  3. Cu…bengcu, lagak lho kayak sudah suci aja, pakai menggugat segala. Sok pinter tapi aslinya NGU…DUNGU, kalau emang ga cocok dengan ajaran Buddha ga usah sok keminter, jalani aja apa yg kamu yakini jangan usil sama keyakinan oeang lain

    • kisanak, suhu hai hai memang sudah SUCI. Kalau tidak suci dia pasti mandi lagi.

      Suhu hai hai memang cerdas dan berpengetahuan.

      Menuduh suhu hai hai dungu? bolah-boleh saja namun anda tunjukan dong buktinya? Kala tidak ya dia tetap cerdas bang. ha ha ha ha …

      Anda kesal karena suhu hai hai menguliti ajaran Buddha? Ha ha ha ha … silahkan saja nak.

  4. “Agama masa depan adalah suatu agama semesta, yaitu agama yang melampui konsep/doktrin tentang Tuhan sebagai pribadi, serta menghindari dogma dan teologi. Agama haruslah berdasarkan pengertian keagamaan yang muncul dari pengalaman akan segala hal, baik yang bersifat alami atau batiniah, yang merupakan satu kesatuan yang sangat berarti. Buddhisme menjawab gambaran tersebut… Seandainya ada agama yang dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, maka hal itu adalah agama Buddha”. Kata Albert Einstein.
    Doktrin, dogma dan teologi menuntut keimanan. Iman, didefinisikan sebagai “percaya begitu saja” yang bertolak belakang dengan “Ehipassiko”. Dalam hal ini, seharusnya Pak Bengcu menggugat terlebih dahulu apa yang disebutkan dengan “iman”, sesuatu tidak jelas dan dipaksakan begitu saja untuk dipercayai. Seandainya, menurut anda terdapat kelemahan pada Ehipassiko, setidak-tidaknya masih lebih baik karena diajak untuk memahami dan mengalami terlebih dahulu atas sesuatu yang akan dipercayai. Di sini ada keanehan, yaitu seseorang yang terdokrinisasi oleh sesuatu yang tidak jelas berusaha untuk mengukur hal lain yang lebih terang benderang….. seperti si buta menjadi juri ratu kecantikan.
    Pengalaman akan segala hal, baik yang bersifat alami atau bathiniah merupakan satu kesatuan yang sangat berarti, menunjukkan Buddhisme melihat sesuatu secara holistik. Segala sesuatu saling terkait dan berubah-ubah menurut waktu dan ruang (konsep re-birth dan maaf bukan reinkarnasi). Jadi dapat dimaklumi, apabila seseorang yang berfikir statis dan linier tidak akan mampu melihat dinamika fenomena alam yang membentuk suatu sistem…….like a dumb guy looking at things from a stovepipe.
    Dalam gugatannya, Pak Bengcu, mengcampur-adukkan tumimbal lahir dengan reinkarnasi dengan menampilkan kisah Gnanatillaka. Hal ini, menunjukkan bahwa alur berpikir yang kusut, meskipun dapat dimaklumi karena pola pikirnya berasal dari “keimanan” menurut buku pra-sejarah yang dianggap sebagai buku suci. Selanjutnya, memberikan contoh tentang dinosaurus dan kecoa yang menunjukkan ke-statis-an pikiran seperti yang sudah disebutkan di atas. Cobalah berpikir, bahwa alam semesta itu begitu luas, umur yang tidak terbatas dan diyakini ada kehidupan lain selain kita. Sayangnya, hal hal yang demikian tidak mudah dicerna oleh orang-orang yang pikirannya sudah ditutupi oleh kabut tebal doktrin dan dogma sehingga pada akhirnya melarikan diri menuju “keimanan” dan menganggapnya sebagai ilusi.
    Akhir kata, sebaiknya belajar dulu agama yang dianutnya sendiri dengan sebaik-baiknya. Mungkin saja, tidak sesempit yang anda pikirkan. Pelajarilah dengan mendalam tentang “siapa yang menebar angin akan menuai badai” dan bisa saja berasal dari sumber yang sama. Tidak perlu bersikap agresif dan mencari kelemahan atau mencela agama lain…. sebagaimana halnya dengan konsep cinta kasih dalam Agama Nasrani.

    • Einstin bicara tentang agama Buddha? Ha ha ha ha …. HOAC begitu kok anda percaya? Ha ha ha ha … Kapan dan di mana Einsten bicara tentang Buddha? Ha ha ha ha … Einsten AHLI agama Buddha ya? ha ha ha

      • Einstein memang buka ahli gama Buddha, tapi dalam pencarian tentang agama, menurut beliau yang pas menurut pemikirannya adalah Buddhisme. Oh ya, pak Bengcu yang hanya suka menggugat agama Buddha (tetapi, nggak berani terhadap agama lain karena takut), sudah belum anda menggugat apa itu “iman” pada agama you sendiri? Sudahkah anda menggugat buku pra-sejarah yang katanya di “email” dari atas sehingga menjadi buku suci yang anda pedomani sekarang? “Hoax” inilah sesungguhnya yang perlu anda gugat dulu sebelum menggugat yang lain. Jika sudah, maka you akan berpihak pada Ehipasiko………Jangan mengalihkan perhatian untuk menutupi “Hoax” yang menjadi sandaran “iman” anda sendiri. hai hai hai ho ho ho ho.

        • Kisanak, kalau anda mau tahu hal sebenarnya tentang HOAX Einstein dan agama Buddhis, silahkan klik di BLOGG di di atas bank. Tindakan mengejek ajaran agama lain agar anda MERASA puas adalah perbutan yang mengasyikkan namun sama sekali tidak menambah pengetahuan agama Buddha anda. Itu sebabnya jangan buang-buang waktu melakukan hal demikian.

          • Blogg yang anda rekomendasikan, penuh dengan permainan kata2 yang diputarbalikkan pertanda keputus-asaan dari otak yang terindoktrinasi oleh hoax zaman kuno. Menggugat Buddhisme dengan hal2 yang tidak substansial dan sepotong-potong berdasarkan kacamata agamanya sendiri yang penuh keterbatasan dengan maksud menutupi kelemahannya sendiri. Oleh karena itu, berhentilah “mencandai” agama Buddha, bila agama you sendiri sangat lemah “struktur dasar”nya. Bukankah lebih baik, “Hai hai” beserta organisai pendukungnya, menyebarkan substansi ajaran agama nasrani yaitu: tentang “damai” dan “kasih”. Bila hal ini dilakukan, mungkin banyak yang akan tertarik. Menyebarkan agama dengan mengungkap kelemahan agama lain, hanya akan menimbulkan respon negatif dan tidak menambah pengetahuan agama you sendiri.

            • Sudah waktunya orang buddha celik matanya dan mulai menjalani hidup dengan cara yang benar. Mulailah dengan membaca kitab-kitabnya dengan teliti kemudian mengujinya secara logis. Tanpa melakukan hal demikian maka cepat atau lambat agama buddha akhirnya hanya akan menjadi agama TAHYUL.

              Agama Kristen adalah agama yang paling sistematis dan paling banyak teolognya. Itu sebabnya sulit sekali untuk membongkarnya walaupun agama Kristen sama parahnya dengan ajaran agama Buddha yaitu penuh TAHYUL dan pembonongan publik.

      • Supaya Pak Bengcu menjadi lebih cerdas lagi, coba belajar dari Einstein tentang Buddhism (menurut pengakuannya sendiri, Bengcu merasa sangat cerdas?), saya sampaikan beberapa bahan bacaan tentang Einstein seperti di bawah ini:

        Einstein on Buddhism, http://www.bbncommunity.com/einstein-on-buddhism/
        Was Einstein a Buddhist?, https://responsiveuniverse.me/2014/01/18/was-einstein-a-buddhist/
        Talk:Buddhism and science. From Wikipedia, the free encyclopedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Talk%3ABuddhism_and_science

        Mudah2an setelah Pak Bengcu menggugat balik agamanya sendiri, kemudian belajar dari Einstein tentang Buddhism, saya percaya dengan karakter Pak Bengcu yang rasional dan kritis (dan juga sangat cerdas), kemudian akan berpandangan positif terhadap agama Buddha (terutama tentang Ehipasiko).

        • Jangan auban alias keras kepala kisanak. Einstein tidak pernah bicara tentang agama Buddha. Karena kasihan kepada teman-teman Buddhis itu sebabnya hai hai bengcu melakukan penelitian dan membuktikan bahwa yang anda agul-agulkan itu cuman hoax. Ha ha ha ha …

          • Maaf, bukan level anda memanggil-manggil “kisanak”. Baca, pelajari dan perluas wawasan dulu tentang Einstein dan Buddhisme. Sungguh mengherankan, orang yang cara berpikirnya yang terbatas oleh dan berasal dari ajaran yang penuh dogma dan indroktrinasi bisa melakukan penelitian (metodenya opo?) dan bahkan bisa membuktikan kelemahan Buddihisme?, padahal orang yang diakui kecerdasannya di Dunia meng-rekomendasikan Buddhisme sebagai agama masa kini. Wow..sungguh “auban” ini orang yang bahkan berani mengaku-ngaku “suhu/dukun” dan mengasihani para Bhuddist. Hai hai hai Ho Ho Ho.

            • Klaim orang Budha tentang Enstein bicara tentang agama Buddha adalah HOAX. Belajar baik-baik kisanak. DEBAT kusir hanya menjadikan anda makin BODOH dan tanpa pengetahuan.

  5. Hai hai:
    Anda merasa diri cerdas …….. Dina sourus di planet lain itu beda Karma Bhavanganya oncom.
    Saya:
    31 alam kelahiran, alam binatang entah di planet bumi atau planet lain kalo ada dinosaurusnya kan masih alam binatang juga. Elu bikin istilah seenak udel, bhavanga artinya aliran kesadaran, bukan kenangan.

    Hai hai:
    Sejak Harold Urey sampai anak cucunya dan cucu muridnya hari ini udah ada blom hasilnya? Udah berapa banyak zat organik yang berubah dari zat angornik?
    Saya:
    Stanley Miller dan Harold Urey pada tahun 1953
    bikin percobaan memasukkan air,as-gas berupa CH4, NH3, H2 dan H2O dalam suatu alat dialiri listrik tegangan tinggi (meniru petir) seminggu kemudian terbentuk asam amino.
    Jadi mirip proses keadan awal bumi yg dipenuhi gas2 beracun, panas luar biasa, hujan, petir menyambar lama2 setelah mulai mendingin terbentuk senyawa organik (asam amino)
    Lebih lengkap buka link ini: http://belajarbiologiyok.blogspot.co.id/2012/02/percobaan-stanley-miller.html

    hai hai:
    Yang dilakukan oleh para ilmuwan adalah MENYUSUN TEORI evolusi namun mereka tidak menemukan BUKTI teori evolusi makluk hidup itu terjadi. Artinya mereka nggak punya bukti Kecoa berevolusi menjadi manusia atau kutu busuk yang berevolusi menjadi manusia? Mereka hanya punya BUKTI berupa aneka rupa makluk lalu melihat perbedaan dan persamaannya.
    Saya:
    Ini alur evolusi manusia:
    ZAT ANORGANIK—–ZAT ORGANIK(ASAM AMINO)—–PROTISTA(organisme sel 1)——HEWAN BERTULANG BELAKANG(IKAN PURBA)——-AMPIBI(hewan hidup di darat/diair)——REPTIL(termasuk keluarga dinosaurus)——MAMALIA(hewan menyusui)—–PRIMATA(kera besar)——MANUSIA.
    Alur evolusi kecoa:
    ZAT ANORGANIK—–ZAT ORGANIK(ASAM AMINO)—–PROTISTA(organisme sel 1)——HEWAN TAK BERTULANG BELAKANG(serangga)——–KECOA

    Bukti leluhur manusia reptil:
    http://global.liputan6.com/read/2619609/reptil-aneh-ini-ternyata-nenek-moyang-manusia
    Bukti leluhur manusia beruk:
    http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2009/10/091001_fosil.shtml
    Bukti leluhur manusia ikan purba:
    http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2006/04/060406_ikan.shtml

    menurut ilmu taksonomi, lu juga termasuk kera😆
    Kingdom: Animalia (binatang)
    Filum: Chordata (binatang yang memiliki penyokong tubuh dalam)
    Kelas: Mamalia (binatang menyusui)
    Ordo: Primata (mamalia berjari lima, arah ibu jari berlawanan, pandangan ke depan)
    Famili: Hominidae (kera besar)
    Bangsa: Hominini (meliputi manusia-kera dan manusia)
    Genus: Homo (manusia)
    Spesies: H. sapiens (manusia cerdas)

    maka dongeng yg mengatakan manusia terbentuk dari tanah liat tertiup angin kemudian bernafas hanya pepesan kosong belaka, terlebih berkembang biak dg mencuri rusuknya saat tidur sangat bertolak belakang dg sains.

    Hai hai:
    Orang Tionghoa sudah …………. Itu sebabnya kebudayaan Buddha sudah ada di timur tengah sebelum agama Islam disebarkan oleh nabi Muhamat.
    Saya:
    Sebelom Sidharta lahir faham reinkarnasi udah nyebar di eropa dan Timur tengah, lu tau Phytagoras? Lahir 570SM masehi, lebih dulu lahir dari Sidharta 563SM. Selain pakar matematika dia juga pakar Reinkarnasi pengikutnya disebut Phytagorean yg tidak makan daging (vegetarian). Santo Augustine juga menganut faham reinkarnasi juga tokoh berikut: Plato, Pythagoras, Origen, Philo Judaeus, Paracelsus, Boehme, Spinoza, Leibniz, Schopenhauer, Goethe, Leonardo da Vinci, Bruno, Kant, Blake, Schiller, Emerson, Thoreau, Whitman, Browning , Flaubert, Wagner, Tolstoy, Kipling, Sibelius, McTaggart.

    Hai hai :
    ……….Itu sebabnya apa yang ditulis oleh Jalaluddin Rumi itu maslaah kecil cep ……… Cuman kutip aja kok lagaknya kayak jagoan? ha ha ha ha …
    Saya:
    Jalaluddin Rumi itu udah setingkat Santo, Yogi, Siddha yg udah terbuka chakra mata ketiganya ajna chakra(sanskerta)/Tianmu(mandarin) sehingga bisa melihat kehidupan lampau. Buku2 Jalaluddin rumah udah sering wa baca, bertebaran tuh di Gramedia klo lu mau baca yg paling lengkap serinya diterjemahkan Anand Khrisna.

    Hai hai
    Anda mau belajar tentang Hipnotis? belajarlah kepada suhu hai hai yang dasyat itu.
    Saya:
    Emang kemampuan elu udah kayak Rommy Rafael yg bisa bikin tidur serentak 100 orang 😁😁

    Hai hai:
    Dari mana penulis kitab-kitab Buddhis menuliskan jarannya? Dari memikirkan dan merenungkan pengetahuan yang dimiliki generasi tersebut yang merupakan warisan dari generasi-generasi sebelumnya.
    Saya:
    Yg jelas tidak asal Telon, ajaran Budha beda jauh dg Hindu dlm konsep ketuhanannya, reinkarnasinya, pendeta hindu tidak selibat

    Hai hai:
    Ajaran tentang Sidarta BENGONG (meditasi) lalu ujug-ujug CERDAS dan BERPENGETAHUAN adalah pembohongan publik.
    Saya:
    Sidharta tidak ujug2 cerdas tapi dari hasil percobaan praktek spiritual beserta hasil belajar dari sekian banyak kehidupan.

    Hai hai:
    Tulisan-tulisan generasi selanjutnya mengagul-agulkan Sidharta adalah pembohongan publik alias hoax alias dongeng alias pepesan kosong.
    Saya:
    Yesus kok mau belajar agama buddha (PEPESAN KOSONG)😁😁😁
    Yesus pada usia 13-29 tahun ke Tibet belajar agama Budha termuat di Kanon Budha Tibet dan ke India belajar Mujizat. Kenapa anak sang tukang kayu dari Nazaret dinamai ISA? kemungkinan didapat sewaktu perjalanannya ke India dan pernah bergabung di komunitas pemuja Siwa(Isa).
    kata ISA(bhs.India) dilafalkan Yesus(bhs.ibrani). Kisah mujizat tidak umum di Timur tengah tapi hal biasa di Timur Jauh. Malah mujizat yesus mirip banget dg mujizat Krishna dan para Yogi di Himalaya.Bukti ISA(YESUS) nama dewa Hindu terdapat di kutipan doa mereka:
    “OM NAMASTE BHAGAWAN AGNI, NAMASTE BHAGAWAN HARI, NAMASTE BHAGAWAN ISA, SARWA BHAKSA HUTASANA” artinya: “Sembah padamu Dewa Agni, Sembah padamu Dewa Hari, sembah padamu DEWA ISA, yang menyaksikan segala jenis pengorbanan”
    Salah satu kitab Weda (Bhavisya-purana, Skanda III Bab 2 sloka 26-27) mencatat perjalanan Yesus di India:
    “ko bhavanithi tvam praha sakovaca isa putram ca mam vidhi kumari garbha sambhavam aham isa masiha nama, Sang Raja bertanya, “Bolehkah saya tahu siapa anda?” Dengan riang yang ditanya menjawab, “Ketahui lah saya adalah putra Tuhan yang lahir dari rahim wanita perawan dan saya dikenal dengan nama Isa Al Masih ”.

    Hai hai:
    Reinkarnasi adalah pembohongan publik.
    Saya:
    Mau tahu fakta reinkarnasi yg udah dibuktikan kebenarannya oleh pakar Barat, buka dan baca link ini dulu:
    Hai hai: http://www.kejadiananeh.com/2015/03/kisah-nyata-reinkarnasi-bukti-kelahiran.html

    Hai hai:
    Tulisan anda tentang lima unsur itu juga HOAX yang udah ketinggalan jaman.
    Saya :
    Tanah, air, api, udara, ether adalah 5 unsur penyusun tubuh manusia juga sama dg penyusun alam semesta, hoaxnya dimana?

    Hai hai:
    Kalau saja elu cerdas dan rajin belajar maka elu pasti tahu bahwa DULU di Cina belom ada BESI. Sebelum itu bukan hanya nggak ada besi TEMBAGA aja blom ditemukan. Gua kasih tahu dech ajaran lima unsur Tiongkok kuno paling tua yang syukur kepada Allah dipahami oleh suhu hai hai yang dasyat itu adalah:
    1. Air
    2. Tanah
    3. Tanaman
    4. Binatang
    5. ManusiaSaya:
    Saya:
    Ribuan tahun sebelom masehi besi udah dipakai di China, kompas, seismograf udah ditemukan 200SM.Lao Zi yg juga alchemist sendiri udah memakai logam cair (merkuri/raksa) sebagai ramuan panjang umur dan hidup abadi.
    Lu gagal faham, wa kan jelasin 5 elemen penyusun tubuh versi buddha dan versi china kuno yg benar2 ilmiah. Unsur kelima (ETHER) sendiri sudah ditemukan 2500 tahun lalu jaman Sakyamuni dan baru2 ini dibenarkan ilmuwan setelah diteliti Newton dan Einstein, hebat bukan hai hai? Bible sendiri masih kalah segi IPTEK dibanding Tipitaka walau lahir belakangan benar apa benar😊?

    Hai hai:
    Menurut ajaran tumimbal lahir alias reinkarnasi WUJUD nanti ditentukan oleh wujud kini dan Karma (perilaku kini) serta Bhavanga (kenangan) sebelum mati.
    Saya:
    Bhavanga=kenangan? Ngawur arti bhavanga adalah penerus kehidupan / aliran kesadaran penyambung kehidupan

    Hai hai:
    Wujud nanti = Wujud kini + Karma + Kenangan
    Saya:
    Membual, mana ada rumusan gitu di kitab suci buddha?
    TUMIMBAL LAHIR (Patisandhi/punabhava) bukan berarti pemindahan atau penjelmaan, dalam agama Buddha tidak dikenal pemindahan atau penjelmaan dari nama (bathin /jiwa) setelah seseorang meninggal dunia.tetapi dikenal dengan istilah “penerusan”(patisandhi)vinnana.ketika seseorang akan meninggal dunia,kesadaran ajal (cuti citta) mendekati kepadaman dan didorong oleh kekuatan-kekuatan kamma.

    • Saya: 31 alam kelahiran, alam binatang entah di planet bumi atau planet lain kalo ada dinosaurusnya kan masih alam binatang juga. Elu bikin istilah seenak udel, bhavanga artinya aliran kesadaran, bukan kenangan.

      Cari dulu dinosaurus di planet lain itu sampai ketemu nak. Setelah ketemua baru bicara lagi. ha ha ha …

      Saya: Sebelom Sidharta lahir faham reinkarnasi udah nyebar di eropa dan Timur tengah, lu tau Phytagoras? Lahir 570SM masehi, lebih dulu lahir dari Sidharta 563SM. Selain pakar matematika dia juga pakar Reinkarnasi pengikutnya disebut Phytagorean yg tidak makan daging (vegetarian). Santo Augustine juga menganut faham reinkarnasi juga tokoh berikut: Plato, Pythagoras, Origen, Philo Judaeus, Paracelsus, Boehme, Spinoza, Leibniz, Schopenhauer, Goethe, Leonardo da Vinci, Bruno, Kant, Blake, Schiller, Emerson, Thoreau, Whitman, Browning , Flaubert, Wagner, Tolstoy, Kipling, Sibelius, McTaggart.

      Buktinya reinkarnasi bukan ajaran original sidharta Gautama kan? Ha ha ha

      kisanak, belajar dulu baik-baik sampai PAHAM baru mengajar. Anda merasa diri anda GENIUS karena jago berbedat dengan KUTIP sana kutip sini link internet? Ha ha ha ha … Padahal yang anda BACA itu pun belum BECUS anda pahami. Ha ha ha ha ..

      Jangan berdebat dulu kisanak. Baca dengan teliti blog yang suhu hai hai tulis di atas. Baca sampai mengerti. Setelah baca sampai mengerti maka yang harus anda lakukan adalah MEMBACA kitab suci agama anda bahkan buku-buku agama anda dengan baik. Berapa banyak buku tentang Buddha yang sudah anda baca? Perlu anda ketahui, kisanak, balau dipajang, maka buku-buku tentang agama Buddha yang sudah saya baca dan pahami itu lebih dari 2 meter panjangnya. Ha ha ha ha …

      Saya bukan meneyerang AGAMA orang namun mengajarkan pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s