Bukan Jimat dan Roh Jahat Namun Hepatitis C


Om Sun (bukan nama sebenarnya) telah meninggal namun perilakunya selama sakit benar-benar MEMICU prasangka dan MEMACU perdebatan.  Roh-roh jahat yang dulu memberinya jimat kembali untuk menagih hutangnya.

Umur om Sun 70 tahun (bukan umur sebenarnya) dan selama ini dikenal sebagai jemaat yang saleh dan logis serta kritis namun sangat aktif. Itu sebabnya dia dikenal baik oleh seluruh jemaat dan sangat dihormati. Banyak yang menjadikannya tempat bertanya dan minta nasehat.

Selama sakit, om Sun beberapa kali berteriak-teriak panik karena dikejar-kejar. Dia juga berkali-kali berteriak-teriak kepanasan meskipun seluruh pakaiannya telah ditanggalkan dan suhu ruangan direndahkan. Om Sun juga bererapa kali menyatakan sudah dijemput namun dia menolak untuk pergi.

Handai taulannya bahu membahu berdoa untuk om Sun. Namun alih-alih sembuh, om sun justru KOMA. Karena nggak tega melihat penderitaannya, beberapa orang jemaat pun berdoa dengan sungguh-sungguh agar Tuhan bertindak. Bila tidak mau menyembuhkan sebaiknya panggil saja pulang. Seorang teman membujuknya agar tidak kuatir dengan yang akan ditinggalkan dan gembira untuk menyambut yang akan ditemuinya di seberang langit biru. Om Sun pun meninggal.

Waktu muda om Sun suka berkelana ke tempat-tempat keramat untuk mencari kesaktian. Bukan hanya berkunjung namun tidur di tempat-tempat keramat yang didatanginya bahkan melakukan tata sembah (ritual) untuk mendapatkan berkat dan kesaktian. Waktu muda om Sun punya banyak jimat. Itulah cerita yang beredar di antara jemaat. Namun, om Sun sudah membuang semua jimatnya. Mungkin om Sun belum melakukan doa pemutusan dengan jimat-jimatnya dan mengusir roh-roh jahat yang memberi jimat-jimat kepadanya dalam nama Yesus. Mungkin kuasa roh-roh jahat belum dipatahkan, makanya unjuk gigi menyatakan keberadaannya. Mungkin roh-roh jahatnya unjuk gigi menagih janji atau sumpah om Sun. Itulah perdebatan di antara jemaat.

Harapan adalah milik manusia yang mustahil dirampas darinya. Harapan! Manusia akan melakukan apa saja untuk mewujudkan HARAPANNYA. Mereka yang bertindak untuk mengejar harapannya tidak pernah menyesali tindakannya meskipun harapannya kandas. Namun mereka yang TIDAK bertindak mengejar harapannya selalu menyesali TINDAKANNYA. Umumnya mereka pun menjadi MR. ANDAI KATA yang hidup berandai-andai dirinya BERTINDAK mengejar harapannya sehingga harapannya pun menjadi KENYATAAN.

NAMANYA JUGA USAHA! Itulah HARAPAN! Itu sebabnya sejak lama saya belajar membina diri untuk menahan diri agar tidak menghalangi seseorang mengejar harapannya meskipun TAHU pasti harapannya akan KANDAS. Selama tidak menyelesaikan masalah dengan masalah, dukunglah tindakannya mengejar harapannya. Ketika harapannya kandas, temani dia. Bila dia tidak mau ditemani, cukup tunjukkan bahwa diri ini selalu ada dan siap sedia baginya. Biarkan dia berharap. Dukunglah dia mengejar harapannya. Jadilah penerang agar dia bisa melihat harapannya  dengan gamblang juga melihat cara-cara dia mengejar harapannya dengan terang.

Bagaimana dengan kepribadian om Sun sebelum sakit? Apakah dia seorang yang logis? Apakah dia seorang yang tabah? Apakah dia seorang yang realistis? Apakah dia seorang yang berjiwa besar? Itulah pertanyaan yang kuajukan ketika teman itu memberitahuku bahwa kondisi om Sun semakin parah. Apabila perilaku om Sun bertolak belakang dengan perilakunya sehari-hari, itulah pertanda bahwa dia tidak sehat AKAL BUDI. Tidak sehat akal budi adalah pertanda kerusakan jaringan otak. Itulah pertanda kematian jaringan tubuh. Sesungguhnya saya sedang memberitahu  teman tersebut agar dia bersiap-siap untuk sebuah perpisahan dengan sahabat tuanya. Untuk sebuah kata yang lebih baik bagi penjelasan saya di atas adalah: Sahabat tuanya sudah menunjukkan tanda-tanda MAUT sedang menjelang karena sel-sel otaknya mulai mati.

Apabila aku bersaksi kepada handai taulan bahwa aku telah bercerita tentang banyak hal kepada om Sun, memberi tahu dia  agar tidak usah kuatir sebab yang biasa dilakukannya sudah ada yang melakukannya dengan baik, memberi tahu dia bahwa kematian adalah perpisahan dengan yang di dunia namun PERTEMUAN dengan yang telah mendahului, juga memberitahunya bahwa dari seberang langit biru pun dia tetap punya cara untuk peduli dengan yang ditinggalkannya di dunia? Benarkah bila aku bersaksi bahwa om Sun mendengar ceritaku dan memahaminya, itu sebabnya dia terharu dan meneteskan air mata?

Kerabatku sekalian, teologia REFORMED mengajarkan bahwa Iblis adalah penghulu malaikat yang memimpin sepertiga malaikat melakukan kudeta di sorga. Setelah dikalahkan oleh Michael dan para malaikatnya Iblis dan malaikat-malaikat jahatnya pun dibuang ke bumi. Karena pemberontakannya, meskipun kehilangan KESUCIANNYA namun para malaikat jahat sama sekali TIDAK kehilangan KESAKTIANNYA. Di bumi malaikat-malaikat jahat gentayangan sebagai roh-roh jahat dan dewa-dewi yang memberi imbalan harta dan kuasa serta kesaktian kepada manusia-manusia yang menyembahnya. Itu sebabnya hal-hal GAIB alias MUJIZAT yang tidak berasal dari Allah pasti berasal dari malaikat jahat alias dari roh-roh jahat alias dari dewa-dewi alias dari Iblis. Para sarjana teologi reformed menyebut ajarannya OKULTISME (kuasa kegelapan) alias Satanologi (ilmu tentang Iblis). Saya menyebut ajaran mereka DOKTRIN IBLIS MENYAMAR menjadi dewa-dewi.

Handai taulanku sekalian, pernahkah anda menguji SATANOLOGI teologi reformed? Apakah doktrin Iblis menyamar sebagai dewa-dewi adalah ajaran Alkitab? Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya menyesatkan.

Alkitab Perjanjian Lama sama sekali tidak mencatat kisah Iblis (Satan) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Lama hanya mencatat kisah Iblis beraksi di dunia sebagai utusan TUHAN (YHWH) untuk mewujudkan kehendak TUHAN. Perjanjian Lama juga tidak mencatat kisah roh-roh jahat gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Lama mengajarkan bahwa dewa-dewi yang disembah bangsa-bangsa adalah berhala. Perjanjian Lama mengajarkan bahwa berhala adalah CIPTAAN manusia, berhala tidak bernyawa alias tidak berjiwa alias tidak ada rohnya. Berhala tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat.

Alkitab Perjanjian Baru sama sekali tidak mencatat kisah Ibis (Diabolos; Satanos) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Baru hanya mencatat kisah Iblis membujuk Yesus untuk menyembahnya. Perjanjian Baru sama sekali tidak mencatat kisah setan-setan (daimonion) gentayangan di dunia untuk membujuk manusia menyembahnya dengan iming-iming harta kuasa dan kesaktian. Perjanjian Baru hanya mencatat kisah setan-setan merasuki orang Yahudi dan menyebabkan mereka gila dan ketika melihat Yesus mereka segera menyembah-Nya dan bersaksi bahwa Yesus adalah Anak Allah Yang Mahatinggi. Perjanjian Baru mengajarkan bahwa dewa-dewi yang disembah bangsa-bangsa adalah berhala. Perjanjian Baru mengajarkan bahwa berhala adalah CIPTAAN manusia. Berhala tidak bernyawa alias tidak berjiwa alias tidak ada rohnya. Berhala tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat.

Karena Alkitab tidak mengajarkannya itu berarti doktrin Iblis menyamar menjadi dewa-dewi adalah bualan para sarjana teologi belaka. Karena bertentangan dengan ajaran Alkitab itu berarti doktrin Iblis menyamar menjadi dewa-dewi adalah ajaran sesat. Bila demikian, bagaimana dengan jimat-jimat dan kesaktian yang diperoleh dari dewa-dewi? Karena dewa-dewi tidak ada itu berarti jimat-jimat dan kesaktian-kesaktian dari dewa-dewi pun sama sekali tidak ada. Bila demikian, bagaimana dengan kesaksian para dukun tentang jimat-jimat dan kesaktian mereka? Karena demikian maka jimat-jimat dan kesaktian para dukun bukan hal nyata namun pepesan kosong belaka. Bila jimat-jimat dan kesaktian para dukun bukan hal nyata namun pepesan kosong belaka, lalu bagaimana dengan kesaksian pada pengkotbah mantan dukun tentang jimat-jimat dan kesaktian-kesaktian yang mereka miliki ketika menjadi dukun? Kesaksian mereka bukan kisah nyata namun omong kosong belaka. Apabila informasinya cukup maka kita bisa menguji kesaksian pengkotbah mantan dukun secara logis dan ilmiah untuk membuktikan apakah kesaksian mereka adalah kisah nyata atau pepesan kosong belaka? Namun kita tidak akan melakukannya saat ini. Kali ini kita akan menguji apa yang sesungguhnya terjadi pada om Sun.

Om Sun menderita sakit hati (hepatitis C). Hepatitis C yang tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan hepatitis C menahun (kronis). Hepatitis C kronis akan mengakibatkan sirosis (hati mengeras) dan atau kanker hati. Yang dialami oleh om Sun adalah SIROSIS alias pengerasan hati. Pengerasan hati akan menyebabkan MALFUNGSI otak (hepatic encephalopathy) alias GAGAL Otak. Gagal Otak ringan menyebabkan HILANGNYA kewarasan. Hilangnya kewarasan ringan adalah lupa, yang lebih berat adalah perubahan kepribadian, yang lebih berat lagi halusinasi dan mimpi buruk, yang lebih berat lagi GILA. Gagal otak berat menyebabkan KOMA dan KEMATIAN.

Kerabatku sekalian, yang terjadi pada om Sun adalah proses GAGAL OTAK. Mula-mula mereka yang membesuknya melihat perubahan KEPRIBADIANNYA. Kemudian dia mulai berhalusinasi  dan mimpi buruk. Kemudian dia menjadi gila dan akhirnya KOMA lalu MENINGGAL. Tidak ada jimat-jimat sama sekali. Tidak ada kerasukan roh-roh jahat sama sekali. Tidak ada roh-roh jahat yang unjuk gigi sama sekali. Karena yang terjadi adalah gagal otak yang disebabkan oleh Hepatitis C kronis.

Mungkinkah saat KOMA, om Sun mendengar dan memahami kalimat-kalimat sahabatku? Itu sebabnya dia terharu dan meneteskan air mata? Saya tidak tahu! Saya hanya bisa katakan bahwa mata selalu meneteskan air mata untuk melumasi bola mata. Proses tersebut terjadi secara reflek. Saya tidak tahu apakah om Sun meneteskan air mata karena terharu atau karena fungsi matanya terganggu? Namun itu bukan masalah, karena masalahnya adalah sahabatku mengasihi sahabat tuanya dan menyangka sahabat tuanya kekeh jumekeh bertarung untuk sembuh karena kuatir dengan orang-orang yang disayanginya. Itu  sebabnya dia memberitahu sahabatnya untuk  jangan kuatir dan silahkan meninggalkan dunia fana ini ke seberang langit biru sebab semua yang biasa dilakukannya telah dilakukan orang lain dengan baik dan dari seberang langit biru pasti ada cara untuk tetap peduli dengan yang ditinggalkannya di dunia. Sahabatku BERHARAP sahabat tuanya mendengar dan memahami kalimat-kalimatnya. Dia BERTINDAK untuk mengejar HARAPANNYA dengan bercerita. Karena SUDAH melakukan yang INGIN dilakukannya maka dia TIDAK akan menjadi Miss ANDAIKATA.

Harapan adalah milik terakhir seseorang. Itu sebabnya ketika harapannya pupus harapann baru pun semi.

60 thoughts on “Bukan Jimat dan Roh Jahat Namun Hepatitis C

  1. Terima kasih atas pencerahan isi blog nya Om. Sangat disayangkan memang di kehidupan Kristen sekarang disuguhi hal-hal yang gaib dan supranatural yang kebanyakan hanya cerita bualan. Sangat disayang, kita menginginkan hidup menjadi pintar, tapi malah disuguhi kebodohan. Kadang jika ingin menolak mereka berusaha menghakimi kita dan mengatakan kita bodoh. Padahal sudah ketahuan siapa yang bodoh. Tapi saya belajar agar bisa jadi PINTAR tidak jadi BODOH karena orang bodoh jadi MAKANAN bagi orang pintar. Semoga saudara melihat sekarang banyak anak2 kita justru jadi bodoh bukan jadi pintar, karena termakan ajaran-ajaran tidak benar. Jadi saya mulai untuk kembali membawa pikiran saya ke logika, akal budi dan hati nurani. Saya tidak mau termakan oleh ajaran2 tidak benar. Firman Tuhan itu terang sekali, tapi jika dipegang dan diartikan atau dipolitisir oleh orang yang salah, bisa jadi gelap sekali jadi saya hati2 jika menerima firman dari orang lain, karena itu saya uji semua itu dengan IMAN, jika tidak cocok yang lewat saja😀
    Oh iya Om, sekarang lagi trend nih, untuk tidak memajang foto orang mati katanya itu bisa jadi tempat tinggal iblis, menurut saya logika benda mati tersebut tidak akan bisa diisi oleh iblis, karena kakek/nenek/ayah saya yang sudah almarhum meninggalnya sudah didoakan kok, dan tidak ada masalah jika foto mereka dipajang hanya sebagai kenangan dan kalo dari logika iblis bisa hinggap di benda mati berarti mobil, sepeda, uang bahkan baju/celana bisa dihinggapi iblis dong lah trus kita kudu gimana? Telanjang gak pake baju? Kalo dibantah selalu dijawab saya bersikap offensive/defensive, kosa kata mujarab yang selalu keluar dari mereka…. hehehe…. capek deh.

    • Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; Ibrani 2:14

      Oleh Kematian Yesus, Iblis SUDAH DIMUSNAHKAN. Jadi Iblis mana lagi yang gentayangan di dunia? Anggaplah iblis gentayangan itu memagn ada. Ngapain dia nongkrong di FOTO orang mati? Mending nongkrong di sofa sambil nonton Tukul Arwana dong yao?

      • xixixiix ci yang lucuuuuuuu… unyuu unyuuuuuu… Ayo di analisa lagi bengcukk, yang panjang lebar yaaa..

    • @daniel, sudah dari kecil kita disuguhkan dengan dongeng-dongeng horror yang tidak ada gunanya. Karena sudah terbiasa, ketika mengalami suasana atau kejadian yang terkesan horor, kita langsung beranggapan ada hubungannya dengan setan, tanpa menyelidikinya terlebih dahulu. Saya punya beberapa pengalaman horor.

      Pertama, istri saya mengatakan pernah mendengar suara perempuan menangis di sekitar rumah kami pada waktu ia bangun di pagi hari yang masih gelap gulita. Saya abaikan saja cerita dia. tapi satu kali, saya bangun sekitar jam setengah 5 pagi. Perut saya mulas, saya ke kamar mandi. Baru saja asik nongkrong saya mendengar suara seperti perempuan menangis. Saya terdiam, dan berusaha memperhatikan lebih serius suara itu. Suara itu benar-benar mirip suara perempuan menangis. Tapi setelah beberapa saat, saya melanjutkan kembali tongkrongan saya dengan tenang. Suara itu masih terdengar selama 2-3 menit baru kemudian menghilang. Setelah itu saya ceritakan kejadian tersebut pada istri saya. Suara yang saya dengar, mungkin sama dengan suara yang pernah ia dengar, tapi saya katakan itu bukan suara kuntilanak menangis atau suara setan apapun. Saya jelaskan kepadanya suara apa itu.

      Pengalaman saya yang paling seru dan menegangkan adalah, saya pernah melihat orang tanpa kepala sekitar jam setengah 12 malam. Saat itu saya seorang diri, dan jalan yang saya lalui sepi sekali. Orang tanpa kepala itu menghadap ke saya dan berdiri dalam jarak sekitar 30-40 meter di depan saya. Saya bisa melihatnya dengan jelas karena di tempat dia berdiri lampunya cukup terang. Banyak orang ketika mengalami kejadian yang sama akan lari terbirit-birit atau pingsan, atau menangis ketakutan, dll. Anda tau apa yang saya lakukan waktu itu, saya mendekati mahluk tanpa kepala itu sambil terus menatapnya, karena saya juga merasa takut dan kuatir mahluk itu melakukan sesuatu yang mengejutkan. Terlalu panjang kalau saya ceritakan disini. Tapi karena saya mendekati mahluk itu, saya mendapatkan sebuah cerita horor sendiri yang bisa saya ceritakan ke teman-teman saya. Terkesan menakutkan, tapi akhir dari kisah itu bisa dipakai untuk becanda ke teman-teman. HAHAHAHA…

      Intinya, tidak usah terpengaruh terlebih dahulu dengan sesuatu yang berbau horor sebelum memastikannya.

      • benar om kaleb, hal2 yang berbau mistis/hantu sudah saya dengar juga sejak kecil, tapi orang tua selalu mengajarkan kalau kita hidup dalam Yesus, hantu/setan/iblis tidak menganggu kita, dan ortu justru mengajarkan untuk tidak percaya sama tahyul. Saya sendiri tidak pernah mengalami seperti yang om kaleb alami, bertemu dan hanya mendengar saja hal2 tersebut dari orang lain, karena ajaran orang tua untuk jangan percaya terhadap hal2 tersebut karena kita percaya Yesus. Tapi sekarang2 dimana jaman semakin maju justru kebanyakan “diajarkan” untuk percaya kepada hal2 tersebut, seperti yang saya kemukakan di postingan sebelumnya contoh mengenai foto orang mati, padahal selama saya tinggal disana tidak ada yang aneh2 karena itu sebuah gambar foto orang mati (benda mati) dan tidak pernah didoakan atau disembah, tapi kenyataan ada larangan karena benda2 tersebut merupakan cikal bakal iblis “menginap”, dan akhirnya foto2 itu diturunkan dan dibakar, ibu saya hanya mengikuti saja kemauan dari saudara saya, saudara saya mendapat “mandat” dari ajaran aliran tempat dia beribadah. Seperti om hai terangkan kita sudah hidup didalam Yesus, dan dimenangkan bukan? Justru yang saya pikir mereka2 yang membuat hal2 tersebutlah yang masih meragukan kuasa Yesus sebagai juruselamat. Mereka berarti menganggap Yesus itu tidak berkuasa lagi dan kembali pikiran mereka berkembang dan membuat hal mistis sehingga orang2 semakin lari dari kebenaran firman Tuhan, justru lebih mengejar untuk percaya ajaran “manusia” daripada Yesus. Hal itu yang sangat disayangkan om kaleb, kenapa orang-orang Kristen banyak disuguhkan hal2 tersebut dan sepertinya mereka justru bangga menerimanya.

        • @daniel, memang benar, banyak sekali orang kristen yang sebenarnya meragukan kuasa Yesus. Mereka ngakunya sangat percaya Yesus, tapi pada saat menghadapi situasi yang terkesan horor, mereka ketakutan sendiri dan nyebut-nyebut nama Yesus atau menyanyikan lagu “ada kuasa dalam darahnya”, tapi sambil lirik kiri kanan siapa tau ada penampakan HAHAHAHA…… Kepada orang-orang yang seperti ini saya sering mengatakan “Kalau percaya Tuhan, kenapa takut sama setan”

  2. siapa yg pernah jumpa setan d alam nyata bukan ngimpi???? AYO NGACUUUNG..!!!!
    apa ada PEMBELA SETAN ???? ayo majuuuu…..hehehheheh klo tdk ada berarti yg jdi setannya yaitu mrk yg …..koar2

  3. Tolong bantu saya, mencari logikanya

    Waktu jalan2 bareng teman kantor akhir tahun,
    seorang teman mengatakan banyak melihat tuyul
    di suatu perkebunan teh. gmana logikanya ? thks

    • Logikanya gampang sekali. Kalau tidak membual itu artinya teman anda tidak sehat akal budi, makanya berhalusinasi. Orang yang bisa melihat tuyul seharusnya bisa melihat tuyul. Orang yang bisa melihat dan mendengar tuyul seharusnya bisa dilihat dan didengar juga oleh tuyulnya. bila tidak demikian itu namanya dia melihat Film atau berhalusinasi. Bila bisa saling melihat dan mendengar seharusnya bisa berkomunikasi. Tulis sebuah HURUF di telapak tangan anda tanpa dilihat teman anda lalu TUNJUKKAN huruf tersebut kepada TUYUL yang taman anda lihat. biarkan teman anda minta tolong Tuyul itu kasih tahu huruf atau gambar apakah itu? Bila bisa benar 10 kali berturut-turu barulah BENAR dia melihat Tuyul. bila tidak itu hanya tebak-tebak buah manggis.

  4. wah, kejadian serupa tulisan di atas baru terjadi di keluarga saya.
    Adik laki-laki Mama, masuk RS sejak awal Februari. sejak setahun lalu, beliau sering mengeluh BAB keluar darah, belakangan malah kalo bersin pun dari dubur mengeluarkan darah. beliau selalu bilang ini cuma ambeien. tapi seluruh keluarga curiga kalau beliau punya penyakit dalam dan mendesak agar beliau pergi periksa/ cek up. tapi beliau menolak dengan alasan… takut jarum suntik.
    awal februari kemarin beliau terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh maagnya sakit sekali. dan sejak itu beliau tidak lagi pulang ke rumahnya melainkan hingga hari ini sudah keliling 4 rumah sakit dan ganti dokter spesialis. bahkan imlek pun dirayakan di RS.
    Rupanya om saya ini menderita kanker pankreas. ada tumor menyumbat area pankreas ke usus sehingga sekujur tubuhnya (sampai mata putihnya) berubah jadi kuning. levernya pun sudah tidak berbentuk normal lagi. dokter tidak bisa berbuat banyak karena penyakit om saya ini sudah terlambat untuk ditangani (akibat beliau enggan cek up/ memeriksakan diri lebih awal). dokter hanya bisa menyarankan untuk operasi bypass (membuat saluran dari pankreas ke usus) supaya cairan yg dihasilkan pankreas dapat diteruskan ke usus dan dibuang lewat dubur. jadi nantinya badan om tidak menguning lagi. sebelumnya, dokter mengingatkan ini operasi yg amat beresiko. 2 minggu pasca operasi adalah masa kritis dan pasien mesti diawasi ketat.
    oya, selama masuk RS dan om saya menunjukkan gejala makin parah, om saya didesak oleh istrinya untuk masuk agama kristen pentakosta. dalam keadaan lemah, om saya kuatir kalau kelak dia meninggal keluarganya bakal ribut gara-gara adat yg akan dipakai untuk penguburannya. maka dia pun dibaptis dan menyatakan pindah keyakinan. sebelumnya om saya ini menganut kepercayaan leluhur tionghoa.
    semasa muda, om saya ini memang perokok dan mengkonsumsi alkohol. beliau juga gemar mengkonsumsi makanan berlemak. kalau menurut dokter, penyakit om besar kemungkinan diakibatkan oleh gaya hidup beliau tersebut. om saya juga bukan orang terpelajar, beliau tidak tamat SD. Dan akibat pergaulannya, beliau dikenalkan dengan jimat-jimat ini itu (supaya bisa kebal, rejeki lancar dsb). ketika dibaptis, jimatnya semua dikeluarkan dan dibakar oleh pendeta.
    kembali ke operasi bypas, 4 hari setelah operasi om saya mulai ‘hilang ingatan’. beliau lupa banyak hal, bahkan beliau benar-benar lupa ketika ditanya rumahnya dimana. beliau juga mengeluh kepanasan. persis cerita diatas, walau kamarnya ac nya sudah dingin dia minta dikipasi dan tetap mengeluh panas. esok harinya makin parah, beliau benar-benar tidak mengenali orang sama sekali, baik itu istri-anak-saudara-saudaranya bahkan mamanya (oma saya). dan selama tidak ingat siapa-siapa itu, om saya meracau, bahasa-bahasa kotor diteriakkan semua. padahal selama ini beliau dikenal sebagai orang yg santun. tidak pernah marah/ memaki dengan bahasa kotor. hari ketiga om saya bahkan melihat ‘yg sudah duluan pergi’. bapaknya, kakak perempuannya, sampai-sampai oma saya sudah mengikhlaskan dia untuk pergi.
    anak istri om saya beberapa hari itu gencar memanjatkan doa, manggil pendeta juga. menurut istri om saya ini, om saya ini dimasuki oleh jin-jin dari jimat-jimat yg tidak rela dibuang itu. om saya trance kira-kira 3 hari. dan setelah itu, kesadaran beliau pelan-pelan pulih. saat ini om saya masih memulihkan diri di RS. Ketika dia deberitahu dan diperlihatkan rekaman video saat dia trance itu, beliau benar-benar heran. karena beliau sama sekali tidak ingat peristiwa apapun selama trance tersebut. anak istrinya benar-benar bangga karena merasa doa mereka dan keputusan om saya menerima Tuhan Yesus kala sakit ini manjur. Tapi saya masih sangsi. menurut saya om saya trance begitu akibat fungsi organnya ada yg menurun. adik saya, yg selama ini banyak bergelut di bidang medis pun berkomentar, “yg hebat dokternya juga dong! kan sudah dari awal diberitau beresiko. tapi om berhasil melewati masa kritis dan sekarang harapan hidupnya menjadi lebih panjang, ini juga merupakan campur tangan dokter.”
    kadang orang terlalu fanatik hingga akal logisnya tersesat.
    itu menurut saya.🙂

      • Akal diciptakan mestinya dipakai, dihidupkan. bukannya dimatikan. hahaha…, bingung juga liat mereka ini.
        hari ini om saya sudah diperbolehkan pulang. kami selaku keluarga yg kini sudah ‘berseberangan keyakinan’ tengah menunggu apakah beliau akan mengeluarkan ‘mandat’ untuk ‘mempensiunkan’ papan-papan sembahyang leluhurnya. kalau dipensiunkan, apakah dilakukan dengan baik-baik atau langsung cabut paksa oleh pendeta kemudian dibakar?
        kalaupun tidak mau sembahyang lagi, papan-papan dan altar tersebut selayaknya diperlakukan dengan hormat. diturunkan baik-baik. kayak kita lagi duduk anteng-anteng tiba-tiba datang orang tanpa tedeng aling-aling mendorong kita dan minta kita menyingkir tanpa permisi. anda tidak merasa tersinggung diperlakukan begitu?
        saya sudah membaca artikel bengcu tentang meja sembahyang. tapi sudah banyak yg tahu kok, termasuk di kota saya ini kalo yg namanya OKB, biasanya lebih lihai dari OKL (orang kristen lama). kayak dia sudah pernah jalan-jalan ke surga.

        Kata Emak saya, kalo orang yg sudah pernah jalan-jalan ke surga gak mungkin balik lagi ke dunia ini. surga kan lebih enak, ngapain dia balik lagi ke dunia fana lagi?

        • SEmoga om kamu sehat jasmani dan rohani serta cukup bijaksana dech. Kalau dia sudah tidak mau lagi memelihara meja abu, tidak boleh dibuang begitu saj. Harus ditanyakan dulu kepada adik atau kakak dan generasi selanjutnya. kalau ada yang masih mau merawat, harus diwariskan. kalu tidak ada lagi, maka diturunkan baik-baik bukan DIbaKAR dngan alasan itu IBLIS. Ha ha ha … benar juga emak kamu. klo enak ngapain balik ke dunia? bo kang co.

          • koh haihai bengcu, semalam hari minggu 3 mei 2015, om saya telah berpulang ke rumah bapa. beliau menyelesaikam perjuangan terakhir melawan penyakitnya didampingi istri, anak dan beberapa keluarga lainnya.

            Almarhum Tante ke2 saya selalu berpesan: hubungan darah tidak bisa dipungkiri. sekalipun 2 org bersaudara darahnya dicuci oleh air laut, mereka tetaplah bersaudara. beliau tetap salah satu famili kami walau telah berbeda keyakinan. kami mendoakan agar beliau pergi dengan damai dan terlahir di alam-alam bahagia (sesuai kepercayaan kami).

            terima kasih atas artikel ko haihai diatas. dan terima kasih telah diberi kesempatan menulis komentar disini🙂

  5. baginda ang ci yang alias bengcukk , profesor analisa…Wkwkwkwkwkkwkw (trima analisa smua perkara, kikikiiiikikkk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s