Kita Harus MENGUJI dan Memegang Yang Baik


Gambar: dna.com

Gambar: dna.com

UJILAH dan PEGANGLAH yang BAIK. Itulah inti ajaran Kristen. HARI sabat DICIPTAKAN untuk MANUSIA bukan MANUSIA diciptakan untuk hari sabat. Artinya: SEMUA ketetapan dibuat untuk KEBAIKAN manusia BUKAN untuk MEMBUAT manusia MENDERITA. Berikut ini adalah obrolan saya dengan seseorang. Sebut saja dia TEMAN.

Teman:  Anda anti poligami?

Haihai:  ya. maksud saya, poligami boleh asal istri setuju

Teman:  Ooo Salah satunya

Haihai: maksud anda?

Teman:  Slh stu syaratnya. Koq kaum kristen banyak anti poligami, Knp

Haihai: ya. karena yesus menolak poligami

Teman:  Owh. Menurut anda? Adakah bhsnnya dlm injil

Haihai: yesus memang menolak poligami. menurut yesus satu lelaki hanya untuk satu istri

Teman:  Jd krn itu umat kristen anti poligami

Haihai: ya. bukan hanya anti poligami, juga anti perceraian, karena diajarkan

Teman:  Apakah bs diterapkab. Di indonesia

Haihai: Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Mrkus 10:9. Gereja tidak pernah menyetujui perceraian. bila jemaatnya bercerai gereja kan tunjukkan ketidaksetujuannya

Teman:  Dalam islam poligami itu sunah bukan wajib. Perceraian juga tidak dilarang tapi di benci allah

Haihai: secara pribadi saya tidak menentang keduanya juga tidak menyetujui keduanya. kasus per kasus

Teman:  Bukankah agamamu tidak memboleh kannya

Haihai: uJiLAH dan PEGANGLAH yang BAIK. Itulah inti ajaran Kristen. HARI sabat DICIPTAKAN untuk MANUSIA bukan MANUSIA diciptakan untuk hari sabat. Artinya: SEMUA ketetapan dibuat untuk KEBAIKAN manusia BUKAN untuk MEMBUAT manusia MENDERITA

Teman:  Betul

Haihai: ajaran demikian tidak dipahami orang banyak. itu sebabnya kebanyakan hanya main TAAT membabibuta

Teman:  Tapi andakan pengikut yesus. Bukankah anda harus taat pd firman nya. Yesus menolak poligami. Bro, Sibuk?

Haihai: saya menaati firmannya kok. dia yang mengajari UJILAH dan PEGANG yang BAIK. hari sabat diciptakan untuk manusia bukan SEBALIKNYA

Teman:  Jadi intinya anda setuju bila poligami itu tidak dilarang. Banyak teman2 anda yang tak mengerti islam trus bilang nabi muhammad pidipolia. Dan ingin poligami dilarang di indonesia

Haihai: untuk ukuran sekarang yang dilakukan nabi memang pedopilia namun tidak untuk masa itu. tradisi pada zaman itu, anak perempuan yang haids pertama sudah dianggap dewasa. pada zaman Yesus, wanita yahudi menikah sekitar umur 9-11 tahun. menurut tradisi diakui bahwa bunda Maria melahirkan Yesus saat dia berumur 11 tahun.

Teman:  Bagi q bukan jaman yg slh tapi manusualah yg sombong. Dewasa tidak berdsrkan ketetapan umur. Haid menandakan menandakan kematangan dan kesiapan rahim

Haihai: anda hidup di dunia¸di masyarakat, oleh karena itu pahamilah masyarakat

Teman: Petunjuk nabi adalah benar. Allah yang menciptakan manusia dan allah lah yg mengatur ciptaannya. Hukum dan undng2 itu ciptaan manusia.

Haihai: petunjuk nabi BENAR? di alkitab diajarkan untuk MENGUJI dan peganglah yang baik. kita belajar dari generasi sebelumnya. belajar dari KEBAIKAN mereka. juga belajar dari KESALAHAN mereka. Itu sebabnya dikatakan belajarlah sampai ke negeri cina. apa maksud ajaran demikian? artinya adalah UJILAH dan peganglah yang BAIK. artinya yang diajarkan dan dicatat dalam kitab mungkin SALAH. MARI kita UJI tentang JILBAB. coba lihat yang terjadi di Papua. di sana lelaki hanya pakai koteka. wanita hanya pakai ROK rumbai rumbai. bagaimana dengan kehidupan SEX di papua? biasa biasa saja. sejaraj mencatat : Ken AROK birahi gara gara melihat BETIS Ken Dedes padahal pada jaman itu wanita JAWA pake KAIN semata kaki namun NOBRA alias tanpa penutup DADA.

Teman: Maaf bro ajaranmu beda dg agama q

Haihai: ya. Kapan TEKNOLOGI kain berkembang di Arab? sebelum itu orang orang pakai apa? anda paham maksud saya? sebelum ada KAIN dan KULIT orang orang menutupi apa yg disebut AURAT dngn apa?

Teman:  Apapun yg menurut mrk layak. Jd itu sebabya injil ada revisi? Nabi muhammad lahir waktu kain tlh ditemukan.

Haihai: Injil direvisi? wow …… Anda punya yang ASLI itu sebabnya TAHU versi revisi?

Teman:  Itu injilmu bro silahkan pelajari sendiri, kita kembali ke mslh poligami.

Haihai: lho? bukankah anda yang memberitahu saya injil direvisi? haha ha ha …. aneh bin ajaib

Teman:  Bukan rahasia bro. Sy tidak ada aslinya tapi lihat sj di intrnet banyak membahsnya. Sy hanya menanggapi tentang ajarn yg kau sampaikan. Anda mengatakan isi dalam kitap bs saja salah

Haihai: ya

Teman:  artinya yang diajarkan dan dicatat dalam Alkitab mungkin SALAH

Haihai: apa maksud anda dngan SALAH? Ketika anda bilang SALAH, apa standardnya?

Teman:  Menurut anda? Slh ya ga benarlah. Tidak ada slah yang benar

Haihai: SALAH = tidak sesuai STANDARD. apa standard anda? Menurut ajaran Islam, boleh punya istri berapa?

Teman:  4

Haihai: berapa istri mohamad?

Teman:  Knp?

Haihai: kalau STANDARDNYA boleh istri 4 dan mohamad punya istri lebih dari 4 bukankah itu berarti Mohamad juga bisa SALAH?

Teman: Muhammad nabi bro

Haihai: Apabila Mohamad adalah NABI yang PASTI BENAR. bukankah seharusnya anda MENELADANI dia? Kenapa ngak mulai dengan BERISTRI BANYAK lebih dari 4? Anda yang bilang Mohamad itu NABI. Apakah Alquran mengajarkan Istri 4 NAMUN NABI boleh 17, misalnya?

Teman:  Ada hukum dalam islam yang wajib dilakukan nabi tapi haram buat umatnya. Slah satunya itu. Krn nabi bs adil

Haihai: : ha ha ha ha … adakah ayat yang mengajarkan nabi boleh beriistri 17? misalnya? bukankah anda harus MENELADANI NABI? kenapa nggak meneladani dia beristri banyak?

Haihai: NABI WAJIB beristri BANYAK? Wwow ….. Mana ayat yang mengajarkan NABI wajib beristri BANYAK lebih dari 4? mungkin yang anda MAKSUDKAN adalah NABI mohamad dapat DISPENSASI. Dia tidak disalahkan meskipun punya istri lebih dari 4 karena dia NABI. Bila hal demikian yang TERJADI, bukankah itu NGACO BELO? NABI saja NGGAK MAMPU MEMENUHI TuNTUTAN hanya boleh BERISTRI 4, kenapa yang BUKAN NABI kekeh jumekeh harus 4? mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya tidak sedang mengejek namun mengajak untuk berpikir LOGIS dengan BAHAN yang anda AJUKAN.

Teman:  Maaf itu bukan patogan utkmu klau and ‎♏ªυ cari pstinya anda pelajari hukum2 islam

Haihai: POLIGAMI. Perlu anda ketahui. waktu SD saya ikut NGAJI. dalam waktu 3 tahun, saya KATAM 3 kali. saya mempelajari Alquran. memahami cukup banyak dan mengujinya. tentang poligami, itulah yang saya ajak anda untuk mengujinya.

Teman:  Sy kurang hafal hukum2 itu. Hehe

Haihai: anda nggak perlu hafal. kita hanya mengujinya dengan akal budi.

Teman: Itu sebabnya anda sy sarankan tuk belajr hukum2nya krn jawaban sy mgkin slah tapi bukan brti islam yg slh Di sisi lain ada amal yang wajib bagi Nabi tapi bagi umatnya hanya menjadi Sunnah. Lalu ada juga yang haram dikerjakan oleh Nabi tetapi justru boleh bagi umatnya. Hal ini bisa kita telaah lebih lanjut dalam beberapa uraian berikut ini:

1. Boleh bagi Nabi, haram bagi umatnya. Ada beberapa perbuatan hanya boleh dikerjakan oleh Rasulullah SAW, sebagai sebuah pengecualian. Namun bagi kita sebagai umatnya justru haram hukumnya bila dikerjakan. Contohnya antara lain:

a. Puasa wishal adalah puasa yang tidak berbuka saat Maghrib, hingga puasa itu bersambung terus sampai esok harinya. Nabi Muhammad SAW berpuasa wishal dan hukumnya boleh bagi beliau, sementara umatnya justru haram bila melakukannya.

Haihai: lainnya?

Teman: Kita diskusi utk mencari kesepakatan kan bro,bukan utk menyesatkan

Haihai: tidak saya diskusi untuk saling membagi pengetahuan.  nggak perlu sepakat nggak apa apa.

Teman:  Diluar kapasitas. Tar q ksh alamatnya. http://mhs.blog.ui.ac.id/afif.akbar11/wp-content/blogs.dir/14106/files/2012/03/makalah-agamanew.docx. Sy ol lewat hp. Jd banyak nge hank.

Haihai: gak papa. maksud saya, anda kasih link dan saya buka link tersebut untuk belajar.

13 thoughts on “Kita Harus MENGUJI dan Memegang Yang Baik

  1. jawaban temen bengcu itu mirip dengan rata2 org Kristen yang cuman taunya beribadah dan membela pendetanya tanpa mengerti ekstrak ibadah itu sendiri…..kudos buat bengcu :):)

  2. wait ko…. menanggapi masalah jilbab, bagaimana jika kita memandangnya dari sudut yang berbeda, buka lagi sebagai syariat islam (agama) tetapi dari sudut keamanan, secara nih ya… di jakarta (dimana2 deh) pelecehan bukan lagi hal tabu, cewe naik angkot sendirian aja bisa di perkosa, ngantri di halte busway bisa di lecehkan juga, bahkan jalan kaki pake rok (gak mini ya) bisa di cicicuitin cowo2 tuh, bagaimana jika untuk saat ini jilbab saya pandang sebagai keamanan kaum cewe? memang tidak membuat 100% para perempuan aman dari pelecehan, tetapi setidaknya mengurangi resiko, apa boleh perempuan kristen menggunakan pandangan seperti itu?

    • @aletheiaminerva, penduduk pedalaman PAPUA hanya pakai koteka lelakinya dan perempuannya hanya pakai rok rumbai-rumbai. DAri generasi ke generasi mereka hidup dengan CARA demikian penelitian yang dilakukan ilmuwan membuktikan TIDAK ada yang BIRAHI membabibuta lalu melecehkan wanita tuh. Apa yang TERJADI bila anda MENGAJARI penduduk demikian BERJILBAB dan BERJUBAH? Anda MENGAJARI mereka UNTUK MEMICU dan MEMACU birahinya dengan NONToN paha dan NEN NEN.

      Ken Arok melihat DADA Ken Dedes yang GTERBUKA namun nggak BIRAHI akan TETAPI dia birahi ketika melihat BETIS. Tahukah anda bahwa 100 tahun sebelumnya, Wanita JAwa hanya pakai KAIN MINI hanya menutupi sebagian PAHA. coba anda perhatikan pakaian Wanita Jawa abad ke 9 dengan klik di SINI.

      • Benar – benar … om beng, contohnya ; klo anak, kita larang2 untuk ini dan itu mereka malah cari2 tahu larangan itu, tapi klo kita terbuka dan menjelaskan mereka malah biasa aja.
        bukan aja di papua tapi bali tempo dulu juga topless🙂

  3. memang kita gak bisa memasang standard tertentu sepanjang sejarah, masalah makanan ditiap zaman bisa berubah, kemudian penemuan tertentu dapat merubah pola pikir bahkan prinsip, manusia memang secara naluri berubah ubah entah dalam rangka apa tetapi nyata, demikian juga dengan kontekstual keadaan misalnya sedang perang atw tdk, bahkan ada yang bilang bahwa kebenaran itu kontekstual, jadi ada baiknya kita melihat sikon dan dg siapa kta berhadapan, karena gak akan mungkin seluruh dunia jadi Islam atw seluruhnya jadi Kristen

  4. kelihatan sekarang ente bahkan pernah baca quran dan menyelidikanya
    lalu timbul kekaguman anda
    dan sekarang sampeyan menulis tulisan ini untuk membuat orang kristen goyah imannya
    itulah yang saya lihat dari sampeyan
    walau kebenaran itu relative,tapi pilihlah salah satu
    anda jangan mengumpulkan ala lia eden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s