Iman yang Memindahkan Gereja Yasmin


Gambar: Peduli Yasmin

Anda tahu kopi si Borong-Borong? Benar! kopi Siborong-borong dijual oleh Starbucks Cafee dengan harga Rp. 90 sekian ribu per 250 g. Minggu lalu waktu kebaktian bagimu negeri di depan Istana saya kebagian 250 g. Oleh-oleh dari Jemaat HKBP Sitabo-tabo Si Borong-borong Tapanuli Utara yang dibawa oleh Ibu Pdt. Marcia Silaen. Saya sudah mencium wanginya dan menelitinya. Wow … benar-benar kopi Siborong-borong yang dasyat itu. Selain membawa kopi, Pdt. Marcia juga membawa UANG. Uang itu dikumpulkan oleh anggota Jemaat HKBP Sitabo-tabo untuk membantu GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia.

Menurut Pdt. Marcia, mereka TAHU yang dihadapi dan dilakukan oleh GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia di depan istana. Mereka tahu GKI Yasmin ada di Bogor dan HKBP Filadelfia ada di Bekasi  dan Untuk melakukan kebaktian bagimu negeri di depan istana, perlu BIAYA perjalanan. Mereka mendukung GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia dengan DOA dan berusaha MENDAMPINGI dengan KOPI hasil  kebun sendiri dan UANG yang dikumpulkan. Jumlah uangnya tidak banyak, ketika dijadikan satu dengan uang yang dikumpulkan oleh peserta kebaktian di depan Istana untuk membantu posko banjir PGI, jumlahnya sekitar Rp. 3,4 jt.

Harga kopi di Sitabo-tabo nggak semahal harga kopi mereka di Starbucks. Menurut ibu pdt Marcia, paling mahal (rekor) Rp. 40.000/Kg. Itu berarti 10 kg, hanya Rp, 400.000,- Anggap saja uang dari mereka Rp. 2,5 jt, bulatkan saja semuanya menjadi Rp. 3 juta. Tidak banyak! Benar-benar tidak banyak jumlahnya.

Sitabo-tabo bukan kampung yang kaya. Untuk membangun jembatan yang putus yang harganya hanya sekitar Rp. 100  juta, Kecamatan tidak punya dana. Rp. 3 Juta memang sedikit namun di Sitabo-tabo, untuk mendapatkan uang tiga juta anda harus menjual 75 Kg kopi kering dengan harga rekor yaitu Rp. 40.000,- Di Sitabo-tabo, 1 ha rata-rata menghasilkan 400-500 kg kopi kering/pertahun.

Kerabatku sekalian, setelah kebaktian berakhir, saya melihat Pdt. Marcia melepas jubahnya lalu menentengnya ke tempat teduh. Saya pikir dia hanya akan menyimpan jubahnya dan sepatunya ke dalam ransel kemudian kembali lagi dengan kaos dan sepatu kets dekil yang semula dipakenya. Dengan dandanan demikian, ketika menyalaminya dan memperkenalkan diri, saya sama sekali tidak menyangka dia seorang pendeta, saya pikir dia hanya seseorang yang datang untuk mendampingi GKI Yasmin dan GKI Filadelfia melakukan kebaktian bagimu negeri di depan istana.

Ternyata Pdt. Marcia Silaen tidak kembali lagi. Padahal saya ingin sekali memeluknya atau minimal menyalaminya dan menepuk-nepuk bahunya. Agar dia bisa melakukan hal yang sama kepada anggota Jemaat HKBP Sitabo-tabo Siborong-borong Tapanuli Utara. Salam dari hai hai. Salam hormat dan salam sayang. Horas!

Bila jodoh, saya pasti akan ketemu dengan ibu pendeta KAMPUNG tersebut. Bila bertemu dengan dia, saya akan ceritakan kepadanya bahwa Pdt. Royandi Tanudjaya, di dalam pertemuan dengan aktivis Ham dan Lintas Agama bercerita, ketika tanggal 17 Januari 2013 malam, BPMS GKI mengumumkan kepada Majelis Jemaat GKI Pengadilan Bogor keputusan membatalkan pembangunan gereja Yasmin dan membubarkan GKI Yasmin dengan MENGHAPUS semua kegiatan mereka (kebaktian, minggu, kebaktian keluarga, persekutuan doa, sekolah minggu, Majelis Pendamping GKI Yasmin, dll) dengan imbalan anggota-anggota GKI Yasmin boleh mengikuti semua kegiatan GKI Pengadilan Bogor dengan Cuma-Cuma (gratis), ada anggota Majelis Jemaat yang menyalaminya lalu mengucap SYUKUR kepada Allah dan merasa LEGA sekali akhirnya GKI Yasmin DIBUBARKAN dan pembangunan gereja Yasmin DIBATALKAN!

Demi Auloh (Allah) saya BERSUMPAH dalam nama Yesus untuk kemuliaan Allah bagi kepentingan bangsa, akan MEMBIAYAI semua ongkos transportasi dan akomodasi serta tunjangan perjalanan serta BONUS bagi Pdt. Royandi Tanudjaya MDiv yang YAKIN tindakan BPMS GKI membubarkan GKI Yasmin dan membatalkan pembangunan gereja Yasmin adalah kehendak Allah karena ada anggota Majelis Jemaat yang bersaksi dan anggota Majelis Jemaat GKI Bogor yang bersaksi mengucap SYUKUR kepada Allah dan merasa LEGA sekali akhirnya GKI Yasmin DIBUBARKAN dan pembangunan gereja Yasmin DIBATALKAN dan di lokasinya akan dibangun Puskesmas!

Selama ini, Pdt. Royandi Tanudjaya dan anggota para peserta Rapat Kerja BPMS GKI dan Majelis Jemaat Bogor pasti berdoa dengan penuh IMAN agar GKI Yasmin bubar dan gereja Yasmin BERUBAH menjadi Puskesmas yang lebih BERMASLAHAT bagi masyarakat!.

Konon, di Alkitab tertulis, bila memiliki IMAN sebesar sesawi, seseorang bisa memindahkan gunung. Meskipun imannya belum sebesar biji sesawi, tentu saja Walikota Bogor yang akan habis masa jabatannya bulan Oktober tahun 2013 ini harus ikut bersaksi tentang IMAN-nya yang MEMINDAHKAN gereja Yasmin.

Saya percaya, anggota HKBP Sitabo-tabo akan berdoa dengan tekun untuk mendukung dan menjual kopi lebih giat lagi agar bisa mengirim uang lebih banyak untuk untuk mendampingi Pdt. Royandi Tanudjaya MDIv dan anggota Majelis Jemaat GKI Pengadilan Bogor serta Walikota berkeliling dunia untuk bersaksi. Demi kepentingan yang lebih luas, kepentingan bangsa, bukan? Ha ha ha ha …

25 thoughts on “Iman yang Memindahkan Gereja Yasmin

  1. Selamat kepada Pdt Royandi Tanudjaya, dengan dukungan haihai semoga lebih banyak lagi gereja GKI yang berubah menjadi mal, pom bensin dll

    • @mich, semua yang anda sebutkan memang lebih bermaslahat bagi masyarakat. ha ha ha ha ha … Bagaimana bila BPMS GKI dan Mejelis Jemaat GKI Bogor yang bijaksana dan BERIMAN itu kita ACUNGI JARI (tengah)? ha ha ha ha …

  2. saya sedih juga konflik berlarut2,dan diantara gki sendiri tidak ada kata sepakat.
    harusnya majelis gki seindonesia apapun itu rapat akbar dulu mengambil kata sepakat
    masa sesama gki ribut sendiri?
    seharusnya majelis gki seindonesia mendukung apabila salahsatu cabangnya bermasalah.
    Anda bersumpah demi auloh?
    jangan mencampur2 ajaran agama ah,ntar jadi lia eden sampeyan
    apapun itu saya hanya memberi pandangan berbeda.
    penting kita memperjuangkan pembangunan gereja tetapi bait Yahwe yang sesungguhnya adalah hati kita.
    kan ada lagunya: aku gereja kamu gereja,kita sama2 gereja

    • @gogon, anda benar-benar TOLOL dan BEBAL sekali. Sudah berkali-kali saya menegor anda yang selalu ASAL pentang BACOT tanpa mikir, kok nggak kapok ya? JANGAN komentari hal yang TIDAK anda pahami, DUNG!

      hai hai bersumpah demi AULOH (Allah), kenapa demikian? Karena orang-orang DUNGU seperti anda pasti nggak tahu bahwa AULOH (Allah) adalah Allah yang disembah oleh Abraham yang disembah oleh umat Islam.

      • kelihatan jelas hikmat anda sekarang
        jangan2 anda cuma seorang muslim yang memeakai jubah kristen,sibuk mengadu domba orang2 kristen
        kalau sampeyan itu muslim,katakan terus terang,tidak usah menganggap diri sok tahu
        terbuka jalan kok buat ente masuk muslim bareng ibu irene atau ustad abi,mungkin menyusul ustad bengcu menguggat?
        mohon mazmur 83 dibaca ko bengcu!
        dikatakan keturunan hagar dan ismail saja bergabung ama amalek melawan musa & israel, mau dikatakan ada nabi muhammad sakti mandraguna tiba2 mewakili kaaum hagar dan ismail?
        apa Yahwe menelan ludahnya sendiri?
        andai sesmbahan muslim benar dikabah.salomo udah duluan mendirikan bait suci disitu,tetapi berlaku sebaliknya kan?
        jadi tidak benar abraham mendirikan dasar kaabah.
        dimana paran,dimana besyeba?bukankah israel?
        Yahwe yang saya tahu tidak mau disamakan dengan batu hitam,tugu manat dan aneka ritual pagan quraish yang diangkat jadi agama
        apa tanggapan sampeyan?

        • @gogon, sowrie nyela, tp sama aja kaleeee…. yhwh minta disembah, agama situ yhwh ya??? btw konsep ketuhanan yhwh udah basi…. dia udah turun jadi anak manusia:yesus kristus….nah yesus kristus juga udah mati dan dibangkitkan…. ente kemana aja gon????

          • lha luh dari golongan orang apa jin nih?
            ngerti Yahwe tidak,kristen diragukan,sama kayak bengcu pret
            kumpulan orang2 kagak waras semua,he he
            pada alay semua nih,kecuali gua,he he

        • gogon: Yahwe yang saya tahu tidak mau disamakan dengan batu hitam,tugu manat dan aneka ritual pagan quraish yang diangkat jadi agama

          K’cian dech YHWH, bangsa Israel memilih untuk menyembah BAAL makanya dia CEMBURU! ha ha ha ha ha …. YHWH memang PEMBUAL dan penipu. masak anda belum tahu sich? ha ha ha … YHWH mau DISAMAKAN dengan BAAL lalu DISEMBAH? Tak UU ya!

          Kisanak, bilang ke YHWH, kalau CINTANY ditolak oleh bangsa Israel, mbok berjiwa besar aja.Itu namanay cintanya kandas di rerumputan.

          silahkan MENCUMBUI bayang-bayang bangsa Israel aja dech.

          • ya,masih aja lu romantis doang
            kayak kagak waras aja nih bengcu
            lu bawa2 panji gki yasmin/gki cicurug tapi nolak yahwe
            kenapa lu kagak pindah agama aja?
            jadi aliran kepercayaan misalnya?
            ntar lu kan bisa jadi nabi penerus lia eden?
            ntar kitab sucinya novel2 marga t?he he

  3. si gogon masih memegang teguh gaya ekslusif yhwh-tuhannya israel…. fantes aja konflik israel-falestina kgk sembuh2… ekslusif tuhan masing2

  4. Saudaraku Bengcu says Selama ini, Pdt. Royandi Tanudjaya dan anggota para peserta Rapat Kerja BPMS GKI dan Majelis Jemaat Bogor pasti berdoa dengan penuh IMAN agar GKI Yasmin bubar dan gereja Yasmin BERUBAH menjadi Puskesmas yang lebih BERMASLAHAT bagi masyarakat!.

    IMAN ? kata yang gampang diperjual belikan !! dengan iman dengan iman ……
    Lakon pendeta beriman seperti ini ….? Layaknya JUDAS ISKARIOT !

  5. Miris mendengarnya…..gereja koq dijadikan puskesmas hny krn kemashalatan umum…nanggung brur,skalian aja di bangun diskotik yg skaligus ada hotel bintang 5 nya.

  6. ciri2 orang narsis
    bengcu menggugat a
    bengcu menggugat b
    bengcu menggugat c
    bengcu menggugat d
    tidak pernah bengcu menggugat bencu,mana mungkin?
    jawaban bengcu biasanya emang gua pikirin
    apa bengcu pakar?bukan
    apa bengcu waras?mungkin
    apa pengikut lia eden?sangat mungkin
    apa bengcu kristen?kelihatannya begitu
    hobi bengcu apa?ya,topik2 seks,sodomi,atau seputar gitu deh,masa gak tau sih,udah beken gini,he he
    tuhan menurut bengcu?semua tuhan sama tuh
    tujuan bengcu?membela gki yasmin mas
    ada apa sama gki?pada sesat
    trus kenapa masih digki?nunggu senjata ke13(sun go kong)
    yang paling benar menurut bengcu?ya diri sayalah yang paling benar
    Yesus salah,Yahwe juga salah,Roh Kudus,gki?salah juga tuh,bengcu gitu loh….
    apa yang bencu idam2kan?ya temen smp sih,waktu itu cinta saya ditolak,he he
    apa yang paling membuat bengcu bahagia?pujian tentunya dari pengunjung wordpres,yu cap cus bungkus,pret tralala…..
    apa kesan anda wordpressnya pada rame dikunjungi?aduh,gimana yah,bingung juga sih,kok orang pada demen yah?padahal isinya cuma pepesan kosong aja.
    apa tapsiran alkitab menurut bengcu yang paling bener?ya tapsiran saya lah,mana ada yang lain,sontoloyo!
    bengcu merasa sudah sempurna?ya,sedikit mungkin,tetapi kok saya takut mati juga yah,bingung tuh,he he
    kebenaran menurut bengcu?ya yang universal gitudeh…
    seperti lia eden maksudnya?anda tepat sekali…..
    anda kan udah tua,mau sampai kapan berjuang?ssssst,jangan bilang gua tua,baru juga mulai nih,jangan ngomong2yah,he he

    salam sejahtera

    nabi bengcu menggugat
    mendapat ilham setelah semedi digunung kawi dan pawon

    • orang kristen macem si gogon ini di dunia aslinya cm bisa membacot kayalannya sndiri, omongannya oot plus oon. org kristen model gini persis macem farisi di kitab injil kalian haahhahaahhha

      • yah,anggota simamad ada disini toh?,he he
        ngapain lu?kalo hoax aja,muslim pada datang
        lha sana keh ngurus jin,
        cs banget nih ama bengcu,
        dari awal gua juga udah curiga nih yang beginian

      • sorry aja,kagak level ama elu mah,he he
        lha cuma pepesan kosong doang blognya
        kapan nih bengcu menggugat bengcu?
        mana olham ke13 nih?he he
        mumpung gua ada waktu nih.
        jangan2 lu takut lagi komentari
        kok yang dibilang gogon pada bener yah?he he

        • Mantaf gogon, benar adanya isi blog si bengcu itu cuma ‘peverat et beihn’ tikus yang berdecit ganggu orang aja .. Udah tau orang tolol, katanya org kristen tapi tunggu sungokong turun dari langit.. Ckckck.. Sekalian aja kita gibeng bersama si bengcu.. Tolol2 tapi ad pengikutnya.. Ckckck

  7. Bang Hai hai… “… bahwa Pdt. Royandi Tanudjaya, di dalam pertemuan dengan aktivis Ham dan Lintas Agama bercerita, ketika tanggal 17 Januari 2013 malam, BPMS GKI mengumumkan kepada Majelis Jemaat GKI Pengadilan Bogor keputusan membatalkan pembangunan gereja Yasmin dan membubarkan GKI Yasmin dengan MENGHAPUS semua kegiatan mereka (kebaktian, minggu, kebaktian keluarga, persekutuan doa, sekolah minggu, Majelis Pendamping GKI Yasmin, dll) …”
    Boleh kasih link media yg memberitakan? Sorri kalo merepotkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s