Daud Putranto Menikah Dua Kali


Gambar: nccmanado.blogspot.com

Daud Putranto menggelari dirinya Pastor. Dia mengaku menggembalakan NCC (New Creation Community Church) Meando sejak 1995- sekarang. Dia mengaku pernah mengajar alkitab di pedalaman Kalimantan selama 5 tahun dan kota-kota besar Indonesia, Semarang, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Batam, Palangka Raya dan Manado bahkan Korea Selatan, Malaysia dan Singapura. Dia mengaku pada tahun 2008 menemukan “rest in Calling” saat Kristus menangkapnya pada tahun 2008 melalui pewahyuan kebenaran Injil Kasih Karunia. Berikut ini adalah beberapa kalimat “unik”nya menjadi Trigger pengenalan bagi Jemaat yang digembalakannya: “Siapkan otak, bukan hati”, “Saya mengkotbahkan Yesus, bukan ajaran Yesus”, “Kamu tidak datang KE gereja, kamu datang ke NCC SEBAGAI gereja”, “We hate Religion, but we love Jesus”, “anda butuh Yesus, bukan formula kekristenan” Saat ini dia salah satu Leader di God’s Beloved Community (GBC) Indonesia – Grace Based Community yang juga memiliki website: tuhansetia.com. Pendiri KRUSIAL Network, jejaring pengkotbah Kasih Karunia dan gereja berdasarkan Kasih Karunia Yesus. Dia menulis di nccmanado.blogspot.com, membuat Video Pengajaran Kasih Karunia dalam bahasa Indonesia di youtube.com dan 4shared.com. Penulis buku GRACE ON MARRIAGE (graceonmarriage.com) Sumber: http://daudputranto.com/index.php?id=38

Transkrip Kotbah Oleh hai hai – Belum dikonfirmasi

Saya mau kasih pengumuman saudara bahwa saya menikah dua kali berdasarkan Roma pasal 7. Jadi saya ingin katakan hari ini menikahlah dua kali. Roma pasal 7:1 arti hukum taurat. banyak orang salah mengerti tentang hukum taurat. dikatakan begini pengkotbah kasih karunia itu menganggap hukum taurat mati, menganggap hukum taurat nggak ada. nggak. Hukum taurat itu nggak mungkin batal saudara. Nggak mungkin sudah tidak dipakai lagi. Nggak mungkin. Karena itu ditulis oleh tangan Allah. Ya, jadi saudara harus mengerti bahwa kasih karunia itu mengganggap nggak ada hukum taurat. Kita mau belajar itu. Supaya saya kasih penjelasan kenapa saya menikah dua kali.

Apakah kamu tidak tahu, saudara-saudara, –sebab aku berbicara kepada mereka yang mengetahui hukum–bahwa hukum berkuasa atas seseorang selama orang itu hidup? Roma  7:1

betul ya? Hukum berlaku selama orang itu hidup. Makanya saudara kalau jadi penjahat misalnya saudara pernah ngerampok ngebunuh kalau saudara mati  nggak bisa pengadilan menyatakan itu batal demi hukum karena orangnya sudah mati, tersangkanya sudah mati. kayak Angelina Sondakh kalau dia mau terbebas tuntutan tersangka dia harus mati. Lho mati secara fisik maksudnya. Lho hukum itu berkuasa kalau dia masih hidup. Jadi dia dikejar KPK terus. nggak mungkin KPK ngadilin orang yang di kuburan. ya. ayat dua. Ini contohnya, ha ha ha kurang kerjaan KPK di kuburan. Yang kedua. Sebab … ini perumpamaannya.

Sebab seorang isteri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.  Roma 7:2

Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain. Roma 7:3

Saya pendeta Daud, istri saya pendeta Joice, kami terikat oleh hukum pernikahan. Hukum itu berlaku selama kami masing-masing masih hidup. Ini saya masih hidup istri saya masih hidup. Hukum janji nikah kami berlaku. Ngerti? Nah, kalau salah satu dari kami mati, kita nggak akan mati sayang, ini cuman kotbah sayang, kalau salah satu dari antara kami mati, jangan bilang amin ya. Kalau salah satu dari kami mati maka hukum itu sudah tidak berlaku lagi. Mengerti? Sudah tho nggak berlaku lagi. Kan salah satu mati.

Kita, pada waktu kita lahir ke bumi, kita itu, istri yang dimaksud itu kita, suami pertama kita itu hukum taurat, suami kita yang pertama itu hukum taurat. Mengerti? Suami pertama kita itu hukum taurat.

Kalau kita tidak, kalau hukum taurat, kalau hukum tauratnya ini masih hidup iamasih terikat. Jadi begini, saya suami, dia istri. Ayat ini bilang begini, kalau suami  masih hidup dia terikat pada saya. pdt Joice terikat pada saya selama saya hidup. Nah, bagaimana kalau supaya dia tidak  terikat? kalau saya mati. Mami nggak doain papi mati, ini cuma contoh.

Jadi ayat 3, selama suaminya hidup, selama saya hidup dia nggak boleh punya suami lain. Ok. Saya ini hukum taurat. ini hanya gambaran, perumpamaan jadi saya ini hukum taurat maka istri saya ini adalah anda semua, gereja. menjadi gereja, gereja. Jadi kita menikah dengan suami pertama kita yaitu hukum taurat.

Nah, begini. Kalau tunggu dia mati, dia nggak bisa mati. Ya kan? betul nggak? Karena hukum taurat itu ditulis oleh tangan Allah sendiri. OK. Kasih batas yang pasal tujuh, kita lihat  Keluaran  atau 31 juga boleh. Keluaran  31:18

Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah.  Keluaran 31:18

Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh b  itu. Kaluaran 32:16

Diukir. Jadi hukum Taurat itu tidak mungkin mati. Aduh…. susah sekali kalau tunggu dia mati, itu suami kita yang pertama, susah sekali kalau tunggu dia mati. Itu sebabnya kitab Roma bilang begini, supaya kita boleh nikah sama orang lain, karena kita, menikah dengan hukum taurat kita nggak mungkin masuk sorga.

Maka kita yang mati terhadap hukum taurat. Sama kayak begini. Saudara kalau saudara susah mengubah orang, dia mulutnya, mulutnya susah diatur. Kalau anda susah mengatur mulutnya dia aturlah telingamu. Itu lebih cepat. Amin, betul nggak? Kalau saudara susah mengatur dia maka aturlah telingamu.  Itu lebih cepat. Anda kan nggak bisa menjada mulut orang? Anda bisa menjaga telinga anda kan? Jadi agak pinter sekarang ya? Haleluyah! Roma pasal 7 tadi kita kembali sedikit.

Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah. Roma 7:4

Sekarang istrinya yang disuruh mati bagi hukum taurat oleh apa? Oleh tubuh Kristus. Makanya setiap kali kita mengangkat perjamuan kudus, ingatlah setiap kali kamu makan kamu menyatakan kamu sudah mati. Amin? Kamu mati. Bukan hukum taurat. Hukum tauratnya tidak bisa mati. Dia kekal karena ditulis Allah. Kita mati terhadap hukum taurat itu.

Kayak begini saudara, ada tulisan dilarang merokok. Yang tersinggung kan yang merokok kan? Kalau saya tidak merokok saya tidak tersinggung. Betul nggak? Saya mati terhadap peraturan itu. Misalnya dilarang kencing di sini selain anjing! Kalau anda tersinggung, anda anjing. Saya mati terhadap hukum itu.  cuman anjing kok. Kita nggak anjing kok. betul nggak? Amin?

Lho itu namanya mati tapi peraturan perlu. Dilarang membunuh. Itu bagus. Titus bilang bagus dong pembunuh-pembunuh. lho kalau nggak ada hukum taurat kacau dunia ini. Jangan mencuri, semua mencuri. Tapi bila anda bukan pencuri anda nggak akan marah sama peraturan itu.

Nah itu harus mati. Kalau dia nggak bisa dibatalkan ya kita yang harus mati terhadap dia. Amin? Saya bersyukur sehat anda sudah sehat buktinya ganti jam dinding. Is the head of this house. Ini lebih mantab. Yesus adalah kepala rumah tangga ini. Oh tepuk tangan haleluyah saudara.

Kalau anda masih kawin dengan suami pertama anda nggak mungkin berbuah. Bayangkan orang kawin dengan hukum taurat berbuah, nggak bisa. Anda hanya bisa berbuah bagi Allah kalau nikah dengan suami kedua. Siapa suami kedua kita? Yesus. Itu sebabnya kita harus menjadi janda. Sebenarnya Yesus dapat kita itu janda. Kita ini jandanya hukum taurat. anda mengerti?

Lho pak, mempelai Kristus kan harus perawan? Kasih-Nya yang menjadikan kita perawan. Kesucian-Nya membuat kita perawan. Jadi kabar mempelai itu salah kaprah jelasinnya. Kita ini janda, saya katakan Kristus dapat kita itu sudah second. Lho? Anda baca Alkitab ndak? Ini Roma pasal 7 Kamu itu, kamu itu pada saat lahir ke dunia  itu status kita di hadapan Allah nikah. Suami kita siapa? Hukum taurat. Makanya banyak aturan di gereja kan? tak hanya di gereja, di dunia, semualah mau di pekerjaan, aturan di mana-mana.

Nah supaya bisa berbuah, harus mati, harus jadi janda, makanya Yesaya itu kitab yang keren, berbahagialah janda-janda karena ada seorang suami baru amin? Kristus Yesus. Kita dapat original Kristus, Kristus dapat orang second saudara, jangan sombong, jangan belagu, cabo semua kita ini cagak bongkar, Haleluyah.

Pewahyuan ini saya dapat tadi malam, saya bilang istri saya, “Mi, papi mau nikah yang kedua.” “Ha?” “Sama Kristus!” Pernikahan saya yang kedua itu dengan Kristus, pernikahan saya yang pertama itu dengan hukum taurat. Jadi hari ini yang belum nikah dua kali, nikahlah dua kali. Jangan diartikan nikah di KUA ya? Nich coba liat, ayat empat kitabaca sekali lagi bersama-sama.

Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat, kita yang mati, bukan hukum taurat yang mati untuk kita ya,  oleh tubuh Kristus, kenapa tidak oleh dada Yesus? habis ini kita bahas, supaya kamu menjadi milik orang lain, anda sudah menjadi milik orang lain? Sudah! Amin! Kita milik Kristus, suami yang kedua. Bayangkan Dia rela disebut suami kedua, kita ini janda saudara. Bukan saya harus melambai dulu, maksud saya di hadapan Kristus kita ini jandanya hukum taurat itu. Amin?

Bengcu Menggugat:

Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya membual! Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya menyesatkan. Baik yang membual maupun yang menyesatkan, keduanya adalah penipu.

YHWH Bukan Elohiym Sejati

Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN (YHWH) menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: “Akulah Allah Yang Mahakuasa (El Shadday), hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela. Kejadian 17:1

Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian  yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu (elohiym) dan Allah keturunanmu.  Kejadian 17:7

Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah (elohiym) mereka.” Kejadian 17:8

Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun. Kejadian 17:9

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; Kejadian 17:10

haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. Kejadian 17:11

Kerabatku sekalian, kisahnya sangat gamblang dan tegas sehingga mustahil menyanggahnya. YHWH (TUHAN) alias El Shadday (Allah Yang Mahakuasa) bukan Elohiym. Agar menjadi Elohym Dia pun membuat perjanjian dengan Abraham. Perjanjiannya adalah:

El Shadday akan memberikan tanah Kanaan kepada Abraham dan keturuannya selama-lamanya. Abraham dan keturunannya harus menyembah YHWH alias El Shadday sebagai ELOHIYM selama-lamanya.

El Shadday alias YHWH bukan Elohiym SEJATI namun ELOHIYM perjanjian. Artinya Dia bukan Elohiym seluruh dunia namun Elohiym keturunan abraham dari Sarah, dari Ishak, dari Yakub. YHWH adalah Elohiym  keturunan Yakub alias bangsa Israel alias orang Yahudi.

Agama Yahudi adalah Agama Warisan

Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Keluaran 19:5
 
Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel.” Keluaran 19:6

Lalu datanglah Musa dan memanggil para tua-tua bangsa itu dan membawa ke depan mereka segala firman yang diperintahkan TUHAN kepadanya. Keluaran 19:7
 
Seluruh bangsa itu menjawab bersama-sama: “Segala yang difirmankan TUHAN akan kami lakukan.” Lalu Musapun menyampaikan jawab bangsa itu kepada TUHAN. Keluaran 19:8

Pada zaman Musa, YHWH (TUHAN) alias El Shaddy (Allah yang mahakuasa) menguatkan Perjanjian-Nya dengan Abraham kepada anak cucunya yaitu bangsa Israel. Kenapa agama Yahudi alias agama Israel disebut agama warisan?

Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya, ulangan 23:3

Janganlah engkau menganggap keji orang Edom, sebab dia saudaramu. Janganlah engkau menganggap keji orang Mesir, sebab engkaupun dahulu adalah orang asing di negerinya. Anak-anak yang lahir bagi mereka dalam keturunan yang ketiga, boleh masuk jemaah TUHAN.”Ulangan  23:7

Agama Yahudi adalah agama WARISAN yang hanya boleh dianut oleh AHLI WARIS Yakub. Orang Samaria adalah orang asing yang memeluk agama Yahudi. Meskipun mereka menjalankan Hukum Taurat namun alih-alih dicintai mereka justru dibenci. Kenapa demikian? Karena mereka bukan ahli waris perjanjian Abraham, Ishak dan Yakub. Keberadaan mereka di bait TUHAN haram hukumnya. Orang asing alias KAFIR alias bukan Jemaah TUHAN yang beribadah kepada TUHAN di bait TUHAN pasti dihukum mati. Itu sebabnya Paulus yang dituduh membawa orang asing ke dalam bait TUHAN digebukin bahkan akan dibunuh oleh bangsa Yahudi.

Hukum Taurat hanya berlaku bagi bangsa Yahudi. Hukum Taurat tidak berlaku bagi orang Kafir alias orang non Yahudi. Itu sebabnya doktrin semua manusia melanggar hukum taurat benar-benar SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Doktrin orang Kristen harus menaati hukum Taurat adalah ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Daud Putranto Menikah Dua Kali

Daud Putranto mengaku pernikahan pertamanya  dengan Hukum Taurat sedangkan pernikahan keduanya dengan Yesus Kristus. Karena mengaku hanya menikah DUA kali itu berarti yang diakuinya sebagai istrinya saat ini yaitu  Joyce Anastasia Kandou belum dinikahinya sama sekali sebab bila sudah dinikahinya, seharusnya dia mengaku menikah tiga kali, bukan dua kali.

Karena membuat perjanjian dengan YHWH maka orang Israel terikat oleh Hukum Taurat. Andai kata terikat pernikahan dengan Daud Putranto maka Joyce Anastasia Kandou terikat oleh Hukum Pernikahan Indonesia. Apakah orang Israel menikah dengan Hukum Taurat? Mustahil! Apakah Joyce Anastasia Kandou menikah dengan Hukum Pernikahan Indonesia? Tak U U ya!

Ajaran Daud Putranto tentang umat manusia dilahirkan dengan status menikah dengan hukum taurat adalah PEMBOHONGAN PUBLIK alias pepesan kosong alias omong kosong belaka. Menurutnya itu adalah wahyu yang diterimanya semalam sebelum dia kotbah. Wahyu dari mana? Wahyu dari hongkong kali? Ha ha ha ha …

Oleh Kematian Yesus Hukum Taurat Dibatalkan

sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, Efesus 2:15

Adakah ayat Alkitab yang mengajarkan Hukum Taurat mustahil batal karena ditulis oleh jari-jari Allah? Tidak ada! Efesus 2:15 mengajarkan dengan tegas dan gamblang bahwa oleh kematian Yesus sebagai manusia hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya telah dibatalkan. Bila demikian, apa jadinya ajaran Hukum Taurat mustahil batal karena ditulis oleh jari-jari Allah Daud Putranto? Itu PEMBOHONGAN publik. Untuk sebuah kata yang lebih kristiani, namanya, PENYESATAN.

Mati Bagi Hukum Taurat

Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah. Roma 7:4

Kamu di dalam Roma 7:4 bukan orang non Yahudi namun orang-orang Yahudi. Itu sebabnya kematian Yesus juga membuat bangsa Yahudi mati bagi Hukum Taurat. Kenapa demikian? Sebab Yesus adalah inkarnasi YHWH. YHWH adalah Raja orang Yahudi yang menandatangani perjanjian dengan banga Israel untuk menjadi Allah (Elohiym) Yahudi. Itu sebabnya kematian-Nya membatalkan hukum Taurat dari kedua belah pihak. Kematian Yesus membebaskan YHWH dan bangsa Yahudi dari KWAJIBAN atau IKATAN hukum Taurat.

Advertisements

59 thoughts on “Daud Putranto Menikah Dua Kali

  1. @ Hai hai: dari buahnya kita bisa mengenal orang,dari bicara kamu saya sudah bisa mengenal siapa kamu? klo org yg percaya Yesus adalah Tuhan,hidup di dalam Yesus pasti tidak seperti cara bicara kamu….saya justru tidak tertarik dengan semua ulasan anda…menurut saya ulasan anda sebenarnya “PEPESAN KOSONG”!….ttg Yesus jalan,kebenaran dan hidup, anda mengulasnya dgn hikmat yg sangat terbatas( ketahuan pakai pengetahuan pribadi bukan pewahyuan), ttg dua tiga orang berkumpul,ulasan anda ngarang banget,,,ayat itu muncul karena sebelumnya bagi orang yahudi,ibadah tidak sah sekalipun yg hadir 100 org jika laki-laki hanya 5 org..selalu diukur dari jumlah laki-laki,itu sebabnya Yesus meng”counter” hukum itu dgn ayat tsb….cobalah minta hikmat dan pewahyuan dari Tuhan. dan saran saya yang terakhir; “Percaya dulu bahwa YESUS adalah TUHAN”..Pahami dulua Yesus sebagai Firman yg hidup supaya kamu bisa memahami firman yang tertulis..

    • by @charles metusalah : to @ hai hai: dari buahnya kita bisa mengenal orang,dari bicara kamu saya sudah bisa mengenal siapa kamu? klo org yg percaya yesus adalah tuhan,hidup di dalam yesus pasti tidak seperti cara bicara kamu. =========== sy kshtau ya kpd @cm :

      klo DILIHAT dari soal bcr……mayoritas org kristen cakep alus manis diluarnya, ttpi di dlm nya ASTAGAFIRULOH AL AZIN.

      klo soal si hai2 bcr nya kasar diluarnya, ttpi d dlm nya blm tentu jlk.

      skg mending yg mana ??? klo d ukur dr SOAL BICARA???

    • @Charles Metusalah, hai hai adalah manusia 100%. Yesus mengaku dirinya anak manusia. Itu sebabnya hai hai PERCAYA bahwa Yesus adalah anak hai hai. Karena percaya yesus adalah ANAK maka saya mustahil percaya Dia adalah TUHAN alias MAHATUAN saya. Namun bukan masalah bila anda pecaya Yesus anak saya adalah TUHAN anda. Semoga YEsus anakku memberkatimu!

      Charles Metusalah: bagi orang yahudi,ibadah tidak sah sekalipun yg hadir 100 org jika laki-laki hanya 5 org..selalu diukur dari jumlah laki-laki,itu sebabnya Yesus meng”counter” hukum itu dgn ayat tsb….cobalah minta hikmat dan pewahyuan dari Tuhan.

      Kisanak, hai hai adalah orang Kristen itu sebabnya percaya kesaksian Yohanes bahwa setelah kitab WAHYU tidak ada lagi WAHYU baru. Percaya kesaksian Paulus bahwa dirinya adalah ORANG PALING terakhir yang BERTEMU dengan Yesus, setelah dia tidak ada orang lain lagi. PErcaya bahwa selain yang tercatat di dalam Alkitab nggak ada lagi WAHYU tentang ajaran Alkitab. Jadi mohon maaf lho ya kalau saya MENGANGGAP ajaran anda di atas PEPESAN kosong karena tidak diajarkan oleh Alkitab.

      • Weleh-weleh,…..
        Begitukah pemahamannya ???
        Ebit G Ade bilang tanyakanlah pada rumput yang bergoyang ,…..
        …. —-> Apakah Ebiet G Ade bisa bicara pada rumput?……. –> jawabnya tidak
        kenapa Ebiet menyatakan kalimat seperti itu???? —–> Think,……
        Tentang anak Manusia Baca Daniel 7:13,14

        Adakah anak manusia bisa datang di awan-awan??? —-> Think
        Bisakah anak manusia di akhir jaman menghakimi manusia? —> Think

        Selamat berfikir yang Normal ya …… —> Think

        • Ebit G Ade tidak bicara kepada rumput namun menyuruh pendengarnya agar bertanya kepada rumput yang bergoyang.

          mana ayatnya tentang anak manusia datang di awan-awan? Kapan dia datang? Sebaiknya anda baca dulu alkitab dari anda dari Kejadian sampai Wahyu, kisanak. Minimal bacalah dari Matius sampai Wahyu. Kalau anda memang benar-benar BALAS, cobalah baca dari MAtius 1:1 sampai Matius 28:20. Jangan sampai SOK jagoan padahal BAca dari Matius 1:1 sampai MAtius 28:20 saja anda belum pernah? ha ha ha ha …

    • @Charles Metusalah, pertengahan tahun lalu, setiap hari TOTAL views blog ini di atas 1000. Berikut ini adalah EVALUASI blog ini oleh wordpress.com. Jadi percuma anda MENYEBAR fitnah tentang nggak ada yang MINAT ke blogsite ini. ha ha ha ha …

  2. haha brarti YHWH adalah elohim gadungan. Dia sign kontrak sm Abraham supaya diakui mreka jadi Elohim. Bgitukah? mohon pencerahan. trims

  3. miris bacanya..memang kalo nangkep pake otak gini deh jadinya hhaha..selamat menikmati pikiran2 anda..kalo saya baca ngak ngaruh ya makin meneguhkan bahwa apa yg diajar ps daud itu bener2 injil yg sejati..karna klo bukan injil ga ada orang yg bakal nulis pepesan kosong macam begini..hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s