Adiknya Digigit Anjing Pitbull Barunya


Cisarua-20130919-08117

Luka setelah dijahit

Adikku di gigit anjing pitbullnya yang baru dibeli. Gua bilang juga apa, anjing adalah anjing. Grounded adalah CARA yang benar untuk membina anjing baru memasuki KELOMPOK barunya. Grounded artinya menempatkan anjing itu dalam KASTA yang paling RENDAH. Jangan lupa di foto luka-lukanya, sebelum dan sesudah dijahit, biar para pembaca bukuku tentang Pitbull nanti tahu apa arti digigit anjing terutama digigit Pitbull.

hai hai adalah seorang pelatih anjing kawakan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, demikian pula ketiga adik lelakinya. Sejak kecil kami suka anjing dan melatih anjing. Sejak kecil kami punya anjing dan melatihnya. Di antara kami berempat, pengetahuan hai hai yang paling mumpuni, sedangkan adik saya yang digigit anjing itu, dialah yang melatih anjing paling banyak.

Kejadiannya begini. Anjing itu namanya Kenzo. Dia adalah seekor Pitbull DUGONG (adu bagong ) jantan dewasa. Kenzo adalah pitbull petarung. Adik saya, untuk sebuah nama, sebut saja dia si BENGONG, sedang memanjakannya dengan menggaruk tubuhnya dan mencari kutunya. Setelah merasa cukup, si Bengong pun menarik si Kenzo berdiri untuk dimasukkan ke kandang. Si Kenzo langsung menggigitnya. Karena diserang, si Bengong pun membalasnya.

Pembalasan si Bengong membuat si Kenzo ngamuk sehingga si Bengong menderita luka-luka di paha kanan kiri, telapak dan pergelangan tangan kanan dan kiri serta pundak kiri. Si Kenzo baru berhenti menyerang setelah kaki belakangnya dipegang oleh ponakanku yang menderita down sindrom, sebut saja dia si Paijo. Selama ini, si Paijo yang membantu si Bengong mengurusi anjing-anjing peliharaannya. si Kenzo, seekor anjing Pitbull petarung yang sedang unjuk DOMINAN menghajar pelatih anjing KAWAKAN dengan 25 tahun pengalaman mematuhi seorang penderita down sindrom? Wow …..!

Luka-luka yang dierita si Bengong kali ini tidak seberapa, total, hanya 52 jahitan saja. Sekitar 9 tahun yang lalu, si Bengong menderita 98 jahitan karena diserang oleh si Frodo, seekor Pitbull campuran Rottweiler. 6 Tahun dia menderita paranoid, takut anjing dan mengundurkan diri dari dunia persilatan Anjing. Tiga tahun yang lalu dia kembali lagi memelihara Anjing, saat ini dia punya belasan ekor pitbulll dan empat puluhan ekor anjing ras kecil berbagai jenis.

Kenapa si Bengong dihajar si Kenzo? Kenapa pula dia di hajar si Frodo? Kenapa si Kenzo patuh kepada si Paijo? Meskipun hai hai tidak melihat kejadiannya namun inilah kisahnya:

Anjing adalah binatang BERKELOMPOK yang hidup dalam KELOMPOK dengan MENAATI sistem KASTA kelompok. Di dalam kelompok anjing, yang kastanya lebih tinggi BERKUASA untuk makan duluan dan Tidur di tempat yang paling nyaman. Bila yang kastanya lebih rendah berebut makan dan tidur, dia akan dihajar. Anjing yang kastanya lebih TINGGI berkuasa untuk MINTA dimanja oleh yang kastanya lebih rendah, bila ditolak, dia pun menghajar. Pada waktu-waktu tertentu, anjing yang kastanya lebih tinggi memanjakan anjing yang kastanya lebih rendah. Namun, bila yang kastanya lebih rendah coba-coba membujuk yang kastanya lebih tinggi untuk memanjakannya, maka dia pun di hajar. Anjing yang kastanya paling tinggi disebut Sang Alfa. Pelatih anjing harus Sang Alfa anjing yang dilatihnya. Pelatih anjing harus berperilaku Sang Alfa bila mau dihormati dan ditaati sebagai Sang Alfa oleh anjing yang dilatihnya. Apabila pelatih tidak berlaku sang alfa, maka anjing yang dilatihnya akan MENGANGKAT dirinya menjadi Sang Alfa dan memperlakukan pelatihnya sebagai anggota kelompoknya. Dalam kondisi demikian, bila menganggap si pelatih alias anggota kelompoknya tidak menghormatinya maka anjing yang telah mengangkat dirinya sebagai Sang Alfa akan menghajarnya alias menggigitnya.

Berdasarkan fakta demikianlah, hai hai mengajarkan dua hal yaitu: Pertama, pelatih anjing harus mengerti sistem kasta kelompok anjing dan perilaku masing-masing kasta dalam kelompok anjing dan membina dirinya agar senantiasa berperilaku Sang Alfa bagi anjing yang dilatihnya. Kedua, anjing BARU harus DI-GROUNDED alias memasuki kelompoknya dengan STATUS KASTA yang paling RENDAH. Caranya adalah dia HARUS dikurung di dalam kandang dan HANYA boleh diurus oleh Sang Alfa.

Langkah pertama, dia diberi makan namun tidak boleh DIMANJAKAN artinya tidak boleh DIPUJI, DIBELAI apalagi dIGARUK lebih-lebih dicariin kutu. Dari dalam kandang, anjing baru akan memperhatikan makluk-makluk kelompok BARUNYA. Dengan mengamati, dia akan tahu KASTA setiap makluk di sekitarnya dan siapa Sang Alfanya. TIDAK punya kebebasan dan dicuekin adalah KONDISI anjing kasta paling rendah dalam kelompok anjing. Dalam kondisi demikian, Sang alfa menetapkan kapan dia boleh makan.

Langkah kedua, setelah beberapa hari dikurung, Sang alfa pun mulai mengajak anjing barunya jalan-jalan di sekitar kandangnya, namun tidak boleh MEMANJAKANNYA. Jalan satu putaran lalu kembali masuk kandang.

Langkah ketiga, Ajak jalan-jalan, ikat. bersihkan kandangnya lalu masukkan dia ke kandang.

Langkah keempat, biarkan anjing di dalam kandang. Sang Alfa berkata, “Yes” dan dalam jangka waktu satu detik setelah mengucapkannya, memberi makan anjing baru itu. Tujuan pelatihan demikian adalah melatih si anjing bahwa bila dia bertindak BENAR maka Sang Alfa akan memberinya hadiah makanan. Makanan harus datang dari segala arah dan bergantian tangan kiri dan kanan agar anjing tidak bisa menduga-duga dari mana makanan akan datang dan kapan akan datang? Dengan cara demikian maka anjing akan belajar bahwa sang alfa yang menentukan kapan dan kenapa dia BENAR dan dapat hadiah, bukan dirinya.

Dengan cara demikianlah anjing baru masuk ke dalam kelompok barunya. Dia memulai karirnya dari KASTA yang paling rendah. Dia belajar bahwa KEHIDUPANNYA dikuasai oleh Sang alfa. TERTORIALNYA ditetapkan oleh sang Alfa. dia juga bejar bahwa Sang Alfa sangat MURAH hati, selain memperhatikan MAKANNYA juga MEMPERHATIKAN kenyamanan kandangnya, tempat tidurnya serta memberi HADIAH bila kelakuanya dinilai baik oleh sang Alfa.

Anjing adalah anjing. Anjing bukan manusia. Anjing menaati sistem kasta kelompok secara naluri, bukan dengan akal budi. Itu sebabnya jangan coba-coba menganggap anjing pitbull BERPIKIR seperti manusia. Itu sebabnya barang siapa yang memperlakukan anjing pitbull sebagai manusia cepat atau lambat akan celaka. Kenapa demikian? Karena pitbull bukan manusia.

Sembilan tahun yang lalu, saya membawa Frodo, umur 10 bulan, bapak Rotweiler dan ibu Pitbulll ke rumah si Bengong. Pada saat itu saya beritahu dia,  “Jangan tertipu dengan sinar matanya yang ramah dan gayanya yang manja, sebab gara-gara kedua hal demikianlah Frodo sudah menggigit 12 orang.” Saya mengingatkan dia agar menjalankan prosedur Grounded tanpa tedeng aling-aling kepada Frodo.

Apa yang dilakukan oleh si Bengong kepada Frodo? Si Bengong percaya, anjing adalah sahabat manusia yang KENAL BUDI. Itu sebabnya, bila diperlakukan dengan baik maka anjing pun akan membalas semua kebaikannya dengan berbuat baik pula. Dia mengelus-elus sambil memuji-muji si Frodo setinggi langit. Memberinya makan dari tangannya bahkan mengunyah makanan lalu memuntahkannya lalu memberikannya kepada si Frodo. Bagi si Bengong, itu adalah KEBAIKAN sedangkan bagi Frodo itu adalah cara anggota kelompok memanjakan dirinya.

Pada hari ketiga, si Bengong mengambil rantai dan kalung lalu mengenakannya kepada Frodo dan mengajaknya jalan-jalan. Ketika Frodo berjalan ke arah yang tidak diingininya, si Bengong pun menyentak rantainya agar Frodo mengikutinya. Bagi Frodo, tindakan demikian adalah perilaku SOK JAGOAN dan tidak sopan, itu sebabnya dia pun segera melancarkan jurus GIGITAN brongsong  untuk menunjukkan dominasinya sekaligus mengajari sopan santun. Menghadapi tindakan Frodo tersebut, si Bengong pun menghentak rantai untuk menunjukkan kehebatannya. Frodo menanggapinya dengan serangan yang lebih dasyat. Maka yang terjadi pun terjadilah. Gigitan di paha dan pantar serta punggung. 98 jahitan dan hai hai memutuskan untuk mensukabumikan (membunuh) Frodo sebab meskipun mampu melatihnya namun saat itu saya tidak punya waktu untuk hal demikian. Pada saat itu saya memegang prinsip, dari pada memenjarakan anjing dan mengurusnya asal-asalan, lebih baik mensukabumikannya. Frodo pun dieksekusi dan dagingnya dimakan ramai-ramai.

Hari ini, si Bengong melakukan kesalahan yang sama. Dia memanjakan anjing barunya sehingga anjingnya pun bertindak sebagai sang Alfa kepadanya. Itu sebabnya si Kenzo anjing barunya, marah bukan kepalang ketika si Bengong yang sedang asyik memanjakan dirinya tidak mau lagi memanjakannya bahkan memaksanya masuk kandang. Kenzo pun melakukan gigitan dominasi alias gigitan brongsong untuk menegor tindakan tidak sopan dan kurang hormat si Bengong kepadanya. Karena diserang, si Bengong pun bereaksi untuk menaklukkan si Kenzo. Tindakan si Bengong demikian membuat si Kenzo murka dan menyerang habis-habisan untuk menegakkan dominasinya.

Kenzo menghentikan serangannya ketika si Paijo datang menolong dengan menarik kakinya. Aneh bin ajaib, si Kenzo yang sedang kalap itu pun menjadi tenang dan patuh ketika dimasukkan ke kandang oleh si Paijo.

Paijo menderita down sindrom. Si Paijo nggak pernah bisa bertepuk tangan karena setiap kali tepuk tangan, yang terjadi adalah meleset. Benar, saraf motorik halusnya yang mengatur gerakan akurat, tidak bertumbuh kembang sempurna. Sebagai asisten di Bengong, tugas si Paijo adalah memberi makan anjing-anjing dan mengajak jalan-jalan. Paijo tidak punya ketrampilan melatih anjing. Paijo tidak pernah memanjakan anjing berlebihan. Ketika memanjakan, dia hanya menggaruk kepala anjing dengan telapak dan jemari tangan. Namun Paijo menentukan dua hal yaitu: Makanan dan  teritorial anjing-anjing si Bengong. Perilaku si Paijo adalah perilaku Sang Alfa. Semua anjing menghormatinya. Sejak awal memasuki kelompok itu, si Kenzo melihat anjing-anjing lainnya memperlakukan si Paijo sebagai sang Alfanya.

Apa yang dilihat si Kenzo dari si Bengong selama ini? Kenzo melihat, si Bengong adalah anggota kelompok dari kasta rendah yang tugasnya MEMANJAKAN anggota kelompoknya baik yang jenisnya anjing maupun yang jenisnya manusia (kedua anaknya). Ketika si Bengong memanjakannya, secara naluri si Kenzo pun yakin dirinya memiliki KASTA yang lebih tinggi dari si Bengong yang biasa memanjakannya. Itu sebabnya si Kenzo ngamuk ketika merasa tidak diperlakukan dengan sopan dan hormat oleh si Bengong.

Handai taulanku sekalian, itulah yang terjadi. Si Bengong, meskipun sudah berkali-kali diajari bahwa anjing hidup dengan sistem kasta kelompok anjing namun tidak mau mengerti sebab dia hidup dengan keyakinan bahwa Anjing BERPIKIR seperti manusia yang akan membalas KEBAIKAN dengan KEBAIKAN pula. Perlakukan salah terhadap anjing-anjing jenis permainan (Toys dog) seperti Golden Retriver dan Labrador memang jarang menimbulkan masalah. Namun perlakukan salah terhadap anjing-anjing jenis pekerja (working dog) seperti Doberman, Herder, Rotweiler, Pitbulll, cepat atau lambat pasti mengakibatkan digigit anjing. Semoga si Bengong bertobat dan sejak hari ini berhenti memperlakukan anjing sebagai manusia.

Gambar: wikipedia

Apa yang harus dihadapi ketika menghadapi serangan dominasi anjing? DIAM! Jangan MELAWAN! Itu hanya gigitan brongsong yang tidak dilakukan dengan kekuatan penuh. Gigitan brongsong tidak menghunjam sebab tujuannya hanya membrongsong, sehingga anjing tidak mengatupkan moncongnya dengan penuh. Perhatikan perilaku serigala dominan alias serigala kasta tinggi menunjukkan dominasinya terhadap anggota kelompoknya  yang lebih rendah kastanya. Serigala kasta rendah akan diam sementara yang kasta tinggi menggeram dan mengancam dengan gigitan brongsong di moncong. Ketika merasa cukup menunjukkan dominasinya, serigala dominan pun melepaskannya pergi. Hal demikian pun terjadi di dalam dunia anjing.

Advertisements

19 thoughts on “Adiknya Digigit Anjing Pitbull Barunya

  1. nice info.. jadi tau gmana memperlakukan anjing… tapi apakah cara GROUNDED berlaku untuk setiap anjing?? termasuk anijng sperti pomerian, maltese??? trus sbagai pelatih anjing, apa yang akan anda lakukan jika anjing anda sangat takut kepada orang lain atau orang yang baru dikenalnya.. bahkan sampai gemeteran.. bagaimana melatihnya?? dan apa dampaknya jika hal itu dibiarkan? mohon dibalas..Trimakasih sblumnya

    • Kisanak, pada hakekatnya GROUNDED berlaku untuk semua jenis anjing yang didapat setelah dia lebih dari 8 bulan untuk anjing besar dan 6 bulan untuk anjing ras kecil. Kenapa demikian? karena pada masa demikian mereka sudah CUKUP dewasa bagi anjing.

      Anjing OVER takut tidak bisa DISEMBUHKAN. kenapa demikian? Karena anjing hidup dengan NALURI bukan dengan AKAL BUDI. Itu sebabnya anda tidak bisa MEMOTIVASI anjing over penakut menjadi PEMBERANI. di masa-masa lalu saya pernah punya anjing over penakut dan mencoba untuk melatihnya namun akhirnya saya memahami apa yagn saya tulis di atas. Anjing over takut, BIARKAN dia hidup sampai mati namun jangan DIBIAKKAN lagi sebab BIBIT bobot BEBET sangat penting dalam dunia binatang.

  2. wow, menarik. Meskipun begitu saya juga punya kebiasaan sayang anjing spt si Bengong, suka ngelus2 mrk (4 anjing total; 1 doberman, 1 mix n 2 lokal), ngajak main, lari2 dsb. Hanya sj sy ga pernah digigit, bahkan saat sy memasukkan tangan saya (sering) ke tempat makan mrk n ngambil makanan mereka (walopun sy masukkin lagi), menggerampun mereka tidak, tetep makan dengan cueknya.
    Hanya 2 hal yg saya latih ke mereka (hanya kpd 2 anjing muda, krn yg tua bekas abused), spy duduk sblm makan/dikasih treat sama datang waktu dipanggil.

    Banyak yang bilang kalo Pitbull sebenernya anjing keluarga cuman tampangnya aja yang sangar. Ternyata ada sifat2 lainnya jg yang harus diperhitungkan ya.

    Btw, hai hai cuma punya account FB aja yah? Twitter ndak??

    • hai hai punya account twitter juga namun nggak aktif. Jadi di FB aja dech. Pitbull adalah anjing yang diciptakan untuk menjadi anjing petarung. Singat saya, tahun 80 an banyak sekali orang-orang yang diserang oleh Pitbull, itu sebabnya banyak pemerintah yang lalu MELARANG keberadaan anjing Pitbull. contohnya adalah pemerintah singapura. Juga beberapa negara Eropah. Di Amerika pitbull lalu dibenahi karakternya agar tidak berbahaya. Pitbull yang saat ini ada di Indonesia adalah Pitbull generasi baru. Selain pitbull demikian, ada juga yang disebut pitbull DUGONG – adu bagong yang oleh sebagaian ornag disebut pitbull sejati. Pitbul demikian, tidak turun gelanggang. kalau pun di bawa, biasanya hanya untuk kalangan sendiri saja alias untuk para penggemar pitbull dugong.

      Saat ini saya melihat, para penggemar pitbull di indonesia, gemar sekali untuk kawin silang. tujuannya adalah untuk mendapatkan pitbull dengan PENAMPILAN yang menurut mereka dasyat. misalnya, dikawinkan dengan Mastif agar badanya tinggi besar, dikawinkan dengan rotweiler agar kepalanya besar, dll, dlll. Orang orang demikian sama sekali tidak menyadari bahwa SELAIN tubuh, anjing JUGA mewariskan KARAKTER kepada keturunannya. Saat ini saya sudah melihat munculnya pitbull-pitbul PENAKUT yang gemetaran ketika mendengar suara orang asing yang keras dan melihat orang asing. sifat demikian bukan sifat pitbull.Karena sifat penakut muncul, mungkin juga sifat yang lainnya SUDAH muncul juga.

      Fakta demikianlah yang mendorong saya, untuk menulis sebuah buku tentang Pitbull dan pelatihan anjing. Saya benar-benar kuatir dengan kondisi perpitbullan di Indonesia.

      Berdasarkan cerita anda nampak gamblang sekali bahwa anjing anda menghormati dan mamatuhi anda sebagai sang Alfanya. Kenapa anda tidak mencoba untuk melatih anjing tua anda? Silahkan klik di SINI untuk membaca tulisan saya yang lain tentang anjing.

      • saya jg sangat menyayangkan banyak orang piara hewan (kebanyakan sih anjing) hanya untuk gengsi2an. Mereka terlalu malas untuk belajar ttg karakter dan kebutuhan anjing tsb sehingga ketika anjingnya bermasalah (sakit, gigit orang) atau orangnya udah males piara anjing, yah anjingnya dibuang begitu saja, terlepas itu anjing ras ato (apalagi) lokal.

        Dan banyak orang tidak mengerti bahasa tubuh anjing, sehingga mereka dengan lugunya menghampiri anjing asing dari depan dengan tangan terjulur. Akhirnya banyak anjing dieliminasi karena dianggap berbahaya udah ngegigit orang.

        Ketika sy dikasih anjing utk pertama kalinya, setelah sekian lama ga piara anjing lg karena keterbatasan waktu dan tempat, saya baca2 banyak hal ttg mereka; dari cara ngelatih, dog psychology, dan yang paling meresahkan saya adalah tentang makanan anjing.

        Sedikit yang orang2 ini tahu (bahkan pelatih anjing sekalipun) tentang bahaya di dalam dogfood. Mungkin hai hai udah tau?? Kalo belom dan hai hai mau tau, coba search “dogfood secret”, “food pets die for”, “dogfood by-product”, “bahaya dogfood” dan sejenisnya.

        saya ga bisa ngelatih anjing yang tua (doberman n lokal) karena spt yg sy tulis sblmnya, mereka korban abused. Pertama kali saya ketemu, mereka sama sekali tidak mau dekat, bahkan saat saya angkat tangan utk nggaruk kepala/punggung saya disekitar mereka, mereka lari! Setelah sekitar 2 tahun baru keliatan manjanya dan bisa nunjukkin kepercayaan lagi. Saya rasa utk ngelatih anjing2 ini masih kurang tepat waktunya. Yang jelas sih mereka cukup rakus dan pintar untuk tahu bahwa setiap saya manggil mereka tuh pasti dengan makanan di tangan saya, karena itu mrk selalu datang 😀

        Saya baru2 ini sih nemu website hai hai, dan senang karena hai hai ternyata jg penyayang anjing 🙂 disamping pembahasan ttg alkitab or orang2 tertentu 😀

        • Anda benar. kebanyakan pelatih anjing di Indonesia benar-benar payah pengetahuannya tentang anjing. Kebanyakan pemilik anjing hanya mau anjingnya namun nggak mau ngurusnya apalagi belajar tentang anjing.

          Dog food sama seperti makanan ternak lainnya. Ada yang kualitasnya bagus ada yang kualitasnya abal-abal. Ada pula yang ampas berwarna belaka. Generasi ini punya pengetahuan dan teknologi yang cukup untuk mengetahui kebutuhan gizi seekor anjing. Setelah mengetahuinya maka kita pun bisa memperkirakan makanan apa yang cocok untuknya. Saya tidak suka memberi anjing makan dogfood. Alasannya sederhana. Anjing yang makan dogfood badannya BAU. Makanan yang membuat badan manusia BAU adalah makanan yang tidak SEHAT (kecuali pete, jengkol dan durian bikin kentut dan kencing nggak wajar). makanan yang membuat badan anjing BAU juga bukan makanan yang sehat.

          Tentang melatih anjing, tunggulah sampai buku saya terbit. Setelah membacanya, anda bisa memutuskan, apakah anjing tua anda bisa dilatih atau tidak? Saya senang anda suka tulisan-tulissan saya.

    • nona, adik saya itu akan sembuh dalam waktu 3 minggu. Selama 3 minggu ke depan dia akan kesal setengah mati karena nggak bisa kerja. Namun biarkan saja, biar dia belajar. Yup, bila tidak menemukan sang alfa maka anjing akan mengangkat dirinya menjadi sang alfa.

  3. gimana dengan Cerpelai? kata orang-orang, karakter Cerpelai, satu tingkat di bawah anjing….. apakah perlakuannya sama seperti anjing ketika melatihnya?

    soalnya owe punya seekor Cerpelai usia remaja yang sudah jinak, namun senangnya main berantam-berantaman dengan owe (*alias pura-pura gigit) tak bisa diam kalok sudah di gendong……

    • Kisanak, saya belum pernah melatih cerpelai juga nggak pernah memelihara cerpelai, jadi nggak bisa kasih saran sama sekali. Namun mernurut saya, cerpelai bisa dilatih dengan metode MELATIH dengan TANDA (Marker Training). Caranya adalah anda MENANDAIsuatu tindakan dengan memujinya dengan kata Yes dan memberinya makanan sebagai hadiah.

  4. Wah infonya sangat bermanfaat!
    Saya jg punya pitbull, betina usianya udh 3 tahun. Kami udah ngurus dia sejak usia 2bln. Tp membaca posting di atas sy jadi ingin banyak mengoreksi kesalahan saya. Kalau boleh apa bisa dijelaskan ciri bahwa anjing kita sudah mnganggap kita sebagai si alpha? Karena selama ini saya dan keluarga senang memeluk dia, saya baca di slh satu blog memeluk anjing artinya menunjukan dominasi kita. Lalu saya jg kdang mngajk di tidur di kamar tp tidak di satu kasur tentunya, apa itu salah? Dan 3 bln lalu dia melahirkan, berbeda dg induk lainnya, pitbull sy suka menjaga makanannya dr anak”nya, bagaimana cara mengoreksinya? Karna kalau di tegur malah dia yg berhenti makan. Mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, Terima kasih!

      • Kalau ada bukunya, saya sangat berminat untuk beli. 🙂
        Saya baru baca td, dr doberman hingga frodo. Saya sngat tercengang saat baca tentang frodo yg usianya br 10bln dan sdh mnyerang 10 orang. Sy jg baca tntg sistem alpha pd srigala, jd kalau saya makan lbh dulu, tidur di tempat enak dan jalan di dpn dia apa itu brrt dia sdh menganggap sy alpha-nya? Karna saya dan xena (pitbull sya) sll begitu di kehidupan sehari-hari. Oh iya, xena itu sangat ramah pada orang asing malah dia senang kalau ada tamu, kecuali yg dia kira akan menyakiti saya. Tapi xena akan sangat buas kalo melihat binatang, blm lama dia gigit kakatua tetangga hingga tewas pdhl kakatua itu itu ada di atas pohon, apalagi kalau melihat anjing lain, kayanya no mercy bg dia.
        Terima kasih banyak atas tanggapannya!

        • saya berhutang janji kepada adik saya untuk menulis sebuah buku tentang anjing dan pelatihan anjing. namun belum sempat untuk menulisnya. Pitbull dikembangbiakkan untuk ADU. itu sebabnya salah karakternya adalah RAMAH kepada manusia kecuali dia diserang. Dan tidak kenal ampun kepada binatang dan sesama anjing.

          Kalau anda tinggal di jakarta dan sekitarnya serta mau belajar menjadi pelatih anjing yang sakti, maka saya rekomendasikan anda untuk belajar kepada Kennyrao. dia seorang pelatih spesialis anjing Belgian malanois dengan reputasi dunia. Biayanya 1 tahun 15jt. Anda bawa anjing anda ke tempatnya dan di sana belajar melatih di sana. 1 Minggu 2 kali, kalau tidak salah. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik di SINI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s