Buku Bengcu Menggugat Gereja Memboikot


Peluncuran sekaligus diskusi buku Bengcu Menggugat Teologi Alam Roh, Di Mata Seorang Tionghoa Kristen, diboikot beberapa gereja di Medan. Perhelatan di kafe Ye Xiang Coffee, Komplek Asia Mega Mas Medan, pada 25 Agustus 2013 itu hanya dihadiri beberapa orang. Tokoh gereja dan sarjana teologi yang diundang, tidak muncul.

Sedianya acara ini untuk kalangan Kristen. Namun beberapa gereja menolak memfasilitasi kegiatan. Bahkan satu gereja membatalkan kontrak sewa gedung serbagunanya yang sebelumnya disepakati dipakai untuk lokasi kegiatan. Alasannya isi buku tidak sesuai dengan pemahaman dan iman gereja.

Pada bagian kaver buku memang tertera subjudul Membongkar penipuan dukun-dukun dan kesesatan pendeta-pendeta Kristen.

Buku ini sejak diterbitkan Mei 2013 lalu telah menuai kontroversi. Isi buku mengecam pendeta-pendeta agama Kristen yang mengajarkan dan memberitakankan kesaksian tentang dunia alam roh baik dalam perspektif ilmiah, adat istiadat dan tradisi budaya, yang tidak sesuai dengan apa yang dikatakan Alkitab.

foto dari kiri ke kanan mengelilingi meja. Jonni (INTI Medan), Erwin Ma (PSMTI Medan Barat), Haihai Bengcu (penulis buku BENGCU MENGGUGAT), Merry Min (GMI Medan), Tommy Wijaya (GMI Medan), Jhonny (Yayasan Perkuburan Tionghoa Kedai Durian Medan), A Shui (PSMTI Medan Denai), A Cui (Humas PSMTI Medan)

Namun, dukungan tak terduga datang dari beberapa tokoh masyarakat Tionghoa Non-Kristen yang juga diundang. Tampak hadir pengurus teras Organisasi INTI (Indonesia Tionghoa) Medan dan PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Medan serta Yayasan Perkuburan Tionghoa Kedai Durian (Johor-Deli Tua) Medan. Mereka hadir untuk mendengarkan penjelasan dari penulis buku.

“Awalnya saya menduga buku ini berisi cemooh atas adat dan tradisi budaya Tionghoa, dan keyakinan dalam Tionghoa. Beberapa buku yang ditulis dari sudut Kristen sering mengejek dan melecehkan adat dan tradisi Budaya Tionghoa. Namun setelah saya baca, ternyata isi buku mengajarkan agar jangan tertipu praktik-praktik palsu perdukunan, ramal nasib dan kerasukan roh dewa-dewa Tionghoa,” ungkap Jhonny, pengurus Yayasan Perkuburan Tionghoa Kedai Durian Medan.

A Cui, humas PSMTI Medan, menambahkan bahwa kedatangan mereka untuk mengoreksi isi buku jika terdapat kesalahan tulis mengenai adat dan tradisi Tionghoa, sekaligus memberi saran kepada penulis untuk mengutamakan edukasi adat dan tradisi Tionghoa secara baik dan benar kepada Tionghoa Kristen dan orang Kristen umumnya.

“Selama ini, budaya Tionghoa telah disalahpahami oleh kalangan Kristen. Mereka berkata adat dan tradisi Tionghoa dipengaruhi oleh kuasa iblis. Pernyataan itu seperti upaya hendak menggenosida adat dan tradisi Tionghoa. Kalau tidak tahu betul adat dan tradisi Tionghoa, sebaiknya tidak berkomentar. Orang seperti Haihai Bengcu ini memang langka. Mengerti ajaran Kristen dan budaya Tionghoa sekaligus. Kami senang bisa berkenalan,” tambah A Cui bersemangat.

“Saya pikir Haihai Bengcu hanya mau cari popularitas dengan menulis kontroversi ini. Mungkin pihak gereja juga menilai demikian. Jika Haihai Bengcu benar-benar tulus mengedepankan edukasi, kita akan sama-sama melihat perkembangan tulisan ini nanti,” komentar Jonni dari Organisasi INTI, yang juga seorang Kristen.

Para tokoh ini berjanji akan terus memantau dan mengawal tulisan-tulisan Haihai Bengcu selanjutnya yang berkaitan dengan budaya Tionghoa agar tidak menyimpang dari tujuan edukasi. Untuk itu kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak diperlukan. Sayangnya, pihak gereja tidak jeli memandang hal ini. (Husni Kurniawan)

Majalah Hukum & HAM  Medan edisi September 2013

NB.
Sampai saat ini buku Bengcu Menggugat Teologi Alam Roh Di Mata Seorang Tionghoa Kristen, belum dijual di toko buku. itu sebabnya anda hanya bisa membelinya lewat Internet. Harga buku Rp. 79.000,- Ongkos kirim ditanggung pembeli. Cara membeli? PM ke Face Book hai hai atau kirim email ke bengcumenggugat@gmail.com atau SMS ke 0852 8455 6636. Beritahu nama dan alamat juga No. HP anda serta jumlah buku yang dipesan. Selanjutnya anda akan diberitahu jumlah ongkos kirim yang harus ditanggung, juga nomor REKENING Bank yang harus anda transfer. Pengiriman akan segera dilakukan setelah pembayaran dikonfirmasi oleh Bank.

73 thoughts on “Buku Bengcu Menggugat Gereja Memboikot

  1. Maaf pak,saya bukan dukun,tp cuma menerka saja.mungkn jadi pak Hai salah tempat promosi,maksud sy adalah promosi di tempat ajaran ngeROH ngeROH,so wajar donk mereka memboikot,krn mreka sendri adlh ajaran ngeroh.apa pak Hai udah coba ke pihak batak protestan?,semisal Hkbp.setau saya sih jemaat mreka memeliki daya pikir kritis untk menguji buku bpk hai sblm dibantu.hehehe

    • Kisanak, dugaan anda salah. yang getol mengajak greja-gereja di Medan memboikot acara kami bukan gereja alam roh namun gereja Reformed. mohon maaf, saya tidak akan menyebut gerejanya agar tidak terjadi polemik berkepanjangan. Tenang saja, kami akan coba lagi dan coba lagi. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah, hai hai bukan pengkotbah keliling namun apolgetor jalanan yang mengajar lewat internet. Meskipun diboikot oleh gereja-gereja di Medan namun TOTAL hit perday blog saya jsutru semakin meningkat setiap harinya. Saat ini sudah mencapai RATA-RATA 1500 hits/day.

      • Hit perday 1000 pun tidak lantas membenarkan tulisan anda, anda hanya pintar membuat sensasi saja, bukan membuktikan kebenaran. Sori Bro.

        • Bro hikayat apakah sudah membaca bukunya ? sepertinya belum membaca makanya berkata seperti itu. sebaiknya dibaca dulu bro

  2. Lanjutkkan…smga buku itu kelak bisa menjebolkan benteng pemisah antara sesama kristen,ykni BENTENG KEPANATIKAN.

    • kisanak, terima kasih atas dukungannya. Yang paling penting dari buku tersebut adalah MENGAJARKAN pembacanya untuk berpikir KRITIS dan LOGIS. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. Saya yakin, sebelum saya mati, generasi ini akan bebas dari tahyul dan mujizat palsu.

  3. Haihai bangaimana dg bengcu yg bulan kristen tapi suhu,ataui pemimpin klenteng,tionghoa yg sakit hati menyerang kekristenan,jadi ini blong sebenarnya menyerang kekristenan yg dibuat ang yi tionghoa yg penganut agama leluhur.jadi banyak orang kristen yg tertjebak dalam debat kusir dg dengan haihai bengcu……padahal dia cina medan yg sangat sangat panatik dgagama leluhur

  4. Haihaihai owe cina medan asli pelcaya ama leluhul owe tiong hooa aseli dli lahil owa benci • ß•♥•Ñ•G•€•T. Ama keriten yg ngejalekin agama leluhulr owe makanya owe bikin blog ini owe bengcu asli cina medan benci • ß•♥•Ñ•G•€•T. Ama olang kristen….jangan jelekin agama leluhul owe owe bisa berak dan kencing dimeja abu leluhur owe tar

  5. Bukunya sungguh luar biasa ko hai, krn sy getol selalu membaca tulisan ko hai di blog, tdk sulit utk bs memahami yg ingin disampaikan ko hai. Namun utk org2 yg baca sekilas2 sj sy rasa tulisan ko hai akan mudah dibilang sesat krn apa yg disampaikan tll radikal, terlebih kecenderungan org2 indo yg agak malas membaca.

    Sy harap ko hai bs mengadakan seminar atau bedah buku di jkt, agar sy bs mengajak handai taulan lainnya yg malas membaca dan jd terpancing utk bljr lbh byk.

    Ko hai, agak oot sdkt, skdr share aja, ini peryataan luar biasa dr paus fransiskus http://kom.ps/AF5vkB, dulu krn kebykn didoktrin teologi alam roh sy selalu menghakimi bhw org katolik sesat, dan pernyataan spt ini pasti mentah2 akan dicap sesat oleh umat alam roh pdhl ada pengertian teologis mendalam dan alkitabiah dr apa yg disampaikan paus😀

    • @ko benny, nanti kita atur dech biar ada acara seminar dan atau bedah buku di Jakarta. Pada saat itu saya pasti akan halo halo agar banyak yang bisa hadir. Paus kali ini memang luar biasa. Pandangannya sangat logis dan Alkitabiah. Thanks sudah kasih link berita tentangnya.

  6. Tanya : Apa sih bedanya Tikong & Samkay..Saya buat bahan debat skripsi neh… saya baca di buku etnik Tionghoa kalo pas perkawinan ciotao itu pengantin berdoa kepada tikong tapi di buku lain bilangnya berdoa kepada samkay, jadi sebenarnya apa beda tikong dan samkay?

    • Thi kong 天公 (tian gong) = Allah – Agama Khonghucu
      Sam kai 三清 (San qing) = Tiga dewa mahasuci – agama Dao yaitu:

      1. 元始 天尊 Yuanshi Tianzun
      2. 靈寶 天尊 Lingbao Tianzun
      3. 太上老君, Taishang Laojun = Laozi = 道德天尊 Daode Tianzun

      umat Agama khonghcu yang mau menikah sembahyang Thi Khong sedangkan umat agama Dao sembahyang Sam kai.

  7. Tanya : Apa sih bedanya Tikong & Samkay..Saya buat bahan debat skripsi neh… saya baca di buku etnik Tionghoa kalo pas perkawinan ciotao itu pengantin berdoa kepada tikong tapi di buku lain bilangnya berdoa kepada samkay, jadi sebenarnya apa beda tikong dan samkay?

  8. nice book !! saya sudah baca dan saya juga sudah baca banyak tulisan bro Haihai di blog ini dan di sabdaspace. Saya pribadi tidak beragama tapi saya suka cara penjabaran bro Haihai yang ibarat petinju, menggunakan uppercut yang telak dan akurat

    Kebenaran itu suaranya keras, melebihi petir … gendang telinga bisa sobek, karena itu jalan Kebenaran adalah jalan untuk mereka yang pemberani, berani melihat diri sendiri dan berani menerima kenyataan bahwa diri mereka MUNGKIN salah. dan kalau salah mereka BERANI mengakui dan memperbaiki kesalahannya.

    hanya yang berani yang bisa menemukan Kebenaran😀

    bukunya bagus sekali, saya dapat special edition yang ditandatangani sendiri … belum bayar malah bukunya datang duluan !!

    keep up the good work !!

    • Terima kasih untuk dukungannya. Saya senang buku saya berguna bagi anda.Berguna bagi anda, mungkin berguna juga bagi lainnya, jadi. tolong sebarkan pengetahuannya.

  9. Bengcu ini bukan orang Kristen (pengikut Kristus) saya bahkan ragu jika dia adalah beragama Kristen, saya melihat pola pandang Islam dalam pemikiran Bengcu, karena itu kita harus waspada, seandainya Bengcu sanggup membuat mujizat saya baru berfikir untuk mengikuti Bengcu, yang disampaikannya adalah, pola berfikir menurut Bengcu, bukan menurut kebenaran….silahkan saja bro, tapi saya juga punya punya pola berfikir yang beda dengan Bengcu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s