Adi W Gunawan Membual Tentang Waking Hypnosis


Adi W GunawanAdi W Gunawan adalah pemilik Adi W Gunawan Institute Of Mind Technology. Waking Hypnosis Di salah satu weekend di bulan Mei 2008, dalam rangkaian pelatihan hipnoterapi 100 jam, saya sempat bertemu dengan beberapa kawan yang juga menyelenggarakan pelatihan di ruang berbeda di lantai 6 Hotel Ciputra Jakarta. Saya menggunakan kesempatan ini untuk berbincang sejenak sambil berfoto bersama. Di sela-sela obrolan kami tiba-tiba ada yang nyeletuk, “Pak, main hipnosis dong”. Sambil tersenyum saya menoleh ke seorang staff kawan saya, sebut saja Lani, dan berkata, “Coba satukan kedua jari anda. Letakkan di depan mata sekitar 20 cm dan sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas”. Apa yang terjadi kemudian?

Benar, jari Lani lengket. Tidak bisa dilepas. Semakin ia berusaha melepas kedua jarinya semakin lengket jadinya. Lani tampak mulai panik. Sambil terus berusaha melepas kedua jarinya, tapi tetap nggak berhasil, ia berkata, “Pak… pak.. ini kok bisa jadi begini? Kenapa nggak bisa dilepas?”

Sudah kepalang tanggung… saya teruskan main-main ini dengan membuat Lani nggak bisa jalan, kakinya lengket di lantai dan saya membuat punggung tangan kanannya mati rasa sehingga tidak terasa apapun saat dicubit dengan keras.

Setelah itu saya membuat semuanya kembali seperti sedia kala. Lani sudah bisa melepas jarinya, bisa jalan, dan kalo dicubit sudah bisa merasa sakit. Saya lalu minta ijin untuk ke toilet.

Saat balik dari toilet saya melihat rekan-rekan Lani bertanya-tanya mengenai hal yang baru dialami Lani. Banyak yang tidak percaya. Mereka pikir Lani hanya main-main saja. Padahal saya baru pertama kali bertemu Lani.

Sebenarnya saya sudah mau kembali ke kelas pelatihan saya tapi tiba-tiba ada dorongan untuk main-main sekali lagi. Saya lalu mendekati Lani dan berkata, “Lan, boleh nggak saya pinjam namamu?” “Boleh Pak” jawabnya. “Sungguh lho ya” tanya saya sekali lagi. “Ya pak.. boleh” jawabnya mantap.

Apa yang terjadi setelah itu?

Saya lalu bertanya, “Siapa nama anda?”

Lani tiba-tiba tidak ingat namanya. Semakin keras ia berusaha mengingat namanya semakin lupa jadinya. Dari sini saya melanjutkannya dengan, “Coba anda lihat siapa ini?”

“Oh, ini Pak Rudy” jawabnya sambil memandang rekan saya, yang berada di depannya.

“Kalau ini siapa?” tanya saya sambil menunjuk ke diri saya sendiri.

“Pak Adi” jawabnya.

“Ok, sekarang di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy. Tidak ada Pak Adi” perintah saya.

Apa yang terjadi setelah itu?

Benar, Lani tidak melihat siapapun kecuali dirinya sendiri, dan dua orang “Pak Rudy”. Lani melihat diri saya sebagai Pak Rudy.

Karena telah ditunggu di kelas saya segera mengakhiri main-main ini walaupun sebenarnya penonton masih menginginkan lebih. Sambil bercanda saya berkata, “Kalo mau lebih, ya harus pake bayar dong. Nggak bisa gratis seperti ini.”

Nah, pembaca, anda mungkin bertanya berapa lama waktu yang saya gunakan untuk main-main ini? Tidak lama. Hanya sekitar 2-3 menit saja.

“Ah yang benar… masa hanya 2-3 menit saja?” Lho, ini serius.

Bagi anda yang familier dengan hipnosis dan hipnoterapi anda tahu bahwa yang saya lakukan sebenarnya adalah hal yang biasa saja. Jari lengket, nggak bisa jalan, punggung tangan mati rasa, lupa nama, nggak bisa melihat orang, melihat seseorang sebagai orang lain, ini adalah fenomena yang dapat diciptakan by design dengan memahami cara kerja pikiran, level kedalaman hipnosis, dan sugesti pascahipnosis dengan menggunakan semantik yang tepat. Dalam hipnosis/hipnoterapi istilah teknisnya adalah limb catalepsy, anesthesia, amnesia, positive dan negative visual hallucination.

Yang mungkin menjadi pertanyaan anda adalah bagaimana saya bisa melakukannya dengan sangat cepat dan mudah? Negative visual hallucination adalah fenomena yang hanya bisa muncul atau diciptakan saat seseorang berada dalam kondisi profound somnambulism.

Bagi anda pembaca yang kurang familier dengan jargon-jargon hipnosis, kondisi profound somnambulism adalah keadaan trance atau hipnosis yang sangat dalam. Jika menggunakan skala kedalaman trance Davis Husband Susceptibility Scale (DHSS) maka negative visual hallucination baru bisa tercipta saat klien berada di level 29, dari 30 level kedalaman.

Dalam kondisi normal, untuk membawa seseorang masuk ke kondisi profound somnambulism, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pengalaman saya pribadi, dalam konteks terapi, menunjukkan bahwa subjek hipnosis atau klien harus diedukasi terlebih dahulu. Ini bisa 30 menit, bisa 1 jam, atau bahkan 2 jam. Intinya, perasaan takut dan berbagai miskonsepsi klien harus diatasi terlebih dahulu. Setelah itu baru dilakukan induksi untuk membawa klien masuk ke kondisi deep trance. Induksi formal yang biasa saya gunakan membutuhkan sekitar 4 detik hingga maksimal 4 menit saja.

Nah, pertanyaannya lagi, bagaimana saya bisa membawa Lani masuk kondisi profound somnambulism dengan begitu cepat dan mudah, tanpa perlu melakukan edukasi dan mengatasi rasa takutnya? Hanya dengan memberikan “perintah”, langsung jadi. Nggak perlu pake teknik yang aneh-aneh.

Pembaca, ini yang ingin saya bagikan pada anda melalui artikel ini yaitu Waking Hypnosis.

Memahami waking hypnosis diawali dengan memahami semantiknya. Waking artinya bangun, tidak tidur. Hypnosis, menurut definisi US Dept. of Education, Human Services Division, adalah bypass of the critical factor of conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking atau penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu sugesti atau pemikiran.

Jadi, waking hypnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu sugesti atau pemikiran dalam kondisi bangun atau mata terbuka.

Istilah waking hypnosis pertama kali digunakan oleh Wesley Wells di tahun 1924 dan untuk pertama kalinya muncul di buku yang berjudul An Outline of Abnormal Psychology, terbitan tahun 1929.

Sedangkan menurut Elman, di bukunya Hypnotherapy, 1964, waking hypnosis adalah “when hypnotic effects are achieved without the trance state” atau saat efek hipnosis dicapai tanpa kondisi trance.

Saya pribadi mendefinisikan waking hypnosis  sebagai “segala sesuatu yang dilakukan seseorang yang mampu membuat pendengarnya bereaksi karena gambaran mental yang ditanamkan di pikiran mereka tanpa perlu dilakukan induksi hipnosis secara formal”.

Nah, sekarang bagaimana cara melakukan waking hypnosis?

Sabar dulu dong. Saya akan jelaskan dulu contoh waking hypnosis biar artikel ini lebih punya taste. Nggak ada contoh… nggak rame. Yang penting anda ingat ya definisi waking hypnosis di atas.

Apa saja contoh waking hypnosis?

Ini saya beri beberapa contoh: apa yang dikatakan oleh orangtua pada anak, apa yang dikatakan guru kepada anak/murid, saat ke dokter, kampanye pemilu, iklan tv, agama, pendidikan ala militer, orangtua yang mengusap atau meniup bagian tubuh anak yang sakit sambil berkata “Nggak apa kok, sakitnya sudah mama ambil. Jadi sekarang sudah nggak sakit”.

Masih banyak contoh lain. Namun dari semua contoh waking hypnosis, yang paling kuat dan dahsyat adalah (jatuh) cinta. Kalau sudah jatuh cinta… berjuta rasanya, seperti katanya Eddy Silitonga.

Nah, sekarang bagaimana cara melakukan waking hypnosis?

Mudah kok. Yang penting anda harus tahu mekanisme pikiran. Sesuai dengan definisi waking hypnosis di atas maka yang perlu dilakukan adalah kita harus bisa menembus critical factor dari pikiran sadar dan selanjutnya memasukkan suatu perintah atau sugesti ke pikiran bawah sadar. Bagi anda yang awam dengan hipnosis, critical factor adalah filter yang menyaring informasi yang akan masuk ke pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar baru dapat kita “otak-atik” dengan mudah bila si penjaga ini berhasil ditembus.

Ada tiga cara yang biasanya digunakan untuk menembus critical factor. Pertama, kita membuat critical factor bosan. Kedua dengan membuatnya lengah. Dan ketiga dengan membuat critical factor kaget. Ini adalah tiga teknik dasar yang umumnya digunakan secara terpisah atau digabungkan saat melakukan induksi secara formal terhadap seorang klien atau subjek hipnosis.

Ada cara lain yang juga sangat efektif selain tiga cara di atas yaitu dengan menggunakan otoritas (authority),  emosi (emotion), dan informasi berlebih (message overload). Tiga cara ini yang paling sering saya gunakan saat melakukan waking hypnosis.

Sekarang mari kita analisis apa yang saya lakukan terhadap Lani. Pertama, ia sama sekali tidak menyangka akan bertemu dengan saya. Ia mengenal saya dari buku-buku saya yang ia baca, plus komentar dari beberapa orang rekannya. So… ia memandang saya sebagai figur dengan otoritas penuh. Apalagi saat itu ia tahu saya sedang memberikan pelatihan hipnoterapi 100 jam.

Saking senangnya bertemu saya Lani langsung minta foto bersama. Di sini faktor kedua yaitu emosinya bermain sangat intens. Saya dengan sangat mudah membangun rapport dengan Lani. Begitu dua faktor penting di atas berhasil saya dapat maka saya dengan mudah dapat melakukan waking hypnosis terhadap siapapun hanya dengan menambahkan faktor ketiga yaitu message overload.

Jadi, saat saya meminta Lani menyatukan kedua jarinya, saya sudah mendapatkan message overload. Yang ada di pikiran Lani pasti macam-macam, “Kenapa ya kok saya diminta menyatukan kedua jari saya? Mengapa jari-jari di tangan kiri, bukan yang kanan? Kenapa di letakkan di depan mata? Kenapa 20 cm, bukan 30 cm?”. Semua ini ditambah lagi Lani saat itu menjadi pusat perhatian temannya. Walau pikiran sadarnya hanya menatap jari dan mendengar suara saya namun melalui peripheral vision ia mendapat sangat banyak informasi mengenai keadaan sekitarnya. Semua ini mengakibatkan Lani mengalami message overload.

Anda jelas sekarang? Mudah kan?

Dengan menggunakan teknik deepening tertentu, tanpa sepengetahuan penonton, saya langsung membawa Lani ke level profound somnambulism. Saat mencapai level ini maka berbagai fenomena hipnosis dapat dimunculkan dengan sangat mudah.

Bengcu Menggugat:

Adi W Gunawan: Sebenarnya saya sudah mau kembali ke kelas pelatihan saya tapi tiba-tiba ada dorongan untuk main-main sekali lagi. Saya lalu mendekati Lani dan berkata, “Lan, boleh nggak saya pinjam namamu?” “Boleh Pak” jawabnya. “Sungguh lho ya” tanya saya sekali lagi. “Ya pak, boleh” jawabnya mantap. Apa yang terjadi setelah itu? Saya lalu bertanya, “Siapa nama anda?” Lani tiba-tiba tidak ingat namanya. Semakin keras ia berusaha mengingat namanya semakin lupa jadinya.

Handai taulanku sekalian, ketika mobil atau motor anda dipinjam oleh seseorang, apakah anda melupakannya? Tidak! Apakah anda lupa warnanya? Tidak! Apakah anda lupa mereknya? Tidak! Apakah anda lupa plat nomornya? Tidak! Apakah anda lupa itu motor anda? Tidak! Apakah anda lupa punya motor? Tidak! Itu sebabnya mustahil Lani lupa namanya yang dipinjam oleh Adi W Gunawan. Namun, kenapa Lani ujug-ujug lupa namanya, karena Adi W Gunawan meminjamnya? Karena itu bukan kisah nyata. Itu hanya dongeng karangan Adi W Gunawan.

Adi W Gunawan: Sambil tersenyum saya menoleh ke seorang staff kawan saya, sebut saja Lani, dan berkata, “Coba satukan kedua jari anda. Letakkan di depan mata sekitar 20 cm dan sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas.” Apa yang terjadi kemudian?

Kerabatku sekalian, ketika saya berkata, “Ada butir nasi di dagu kanan anda.” Apakah anda memberi perintah kepada dagu kanan untuk MERASA ada nasi? Tidak! Apa yang anda lakukan? Anda menggerakkan tangan untuk meraba dagu kanan.

Ketika hai hai berkata, “Coba rapatkan jari tengah dan jari telunjuk anda.” Apakah anda memberi perintah kepada jari telunjuk dan jari tengah untuk MERASA rapat? Tidak! Apa yang anda lakukan? Anda menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah untuk merapat.

Ketika hai hai berkata, “Letakkan jari telunjuk dan jari tengah anda yang sudah dirapatkan itu kira-kira 20 cm dari hidung anda.” Apakah anda memberi perintah kepada jari telunjuk dan jari tengah serta mata anda untuk MERASA 20 cm jaraknya? Tidak! Apa yang anda lakukan? Anda menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah ke posisi sejajar dengan hidung dengan jarak sekitar 20 cm.

Ketika hai hai berkata, “Sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas.” Apakah anda memberi perintah kepada kedua jari anda untuk LENGKET dan tidak bisa dilepas? Tidak! Kenapa demikian? Karena kalimat “Sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas.” Bukan PERINTAH untuk melakukan sesuatu namun PEMBERITAHUAN tentang kondisi kedua jari anda.

Ketika diberitahu, “Sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas,” apa yang anda lakukan? Anda pun menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah untuk membuktikan apakah keduanya lengket seperti yang dikatakan oleh hai hai. Kenapa anda melakukan hal demikian? Karena faktor KRITIS pikiran anda. Apa yang akan anda lakukan ketika ternyata kedua jari anda memang lengket dan tidak bisa dilepas? Anda akan menggerakkan tangan yang lain untuk melepaskannya. Anda melakukan hal demikian karena FAKTOR kritis pikiran anda.

Dari penjelasan Adi W Gunawan kita menyimpulkan bahwa menghipnotis seseorang adalah membuat dia tidak KRITIS lalu menyuruh alam bawah sadarnya melakukan perintah kita. Itu berarti ketika Adi W Gunawan melakukan waking hypnosis kepada Lani, dia membuat Lani tidak KRITIS lalu menyuruh alam bawah sadar Lani melakukan perintahnya.

Ketika Adi W Gunawan berkata, “Coba satukan kedua jari anda. Letakkan di depan mata sekitar 20 Cm!” Alam bawah sadar Lani pun meneruskan perintah itu ke tangan dan jemarinya.

Ketika Adi W Gunawan berkata, “Sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas,” itu bukan PERINTAH untuk melakukan sesuatu namun PEMBERITAHUAN kepada alam bawah sadar Lani tentang status kedua jarinya.

Apakah dalam kondisi demikian Lani akan menggerakkan kedua jarinya untuk membuktikan ucapan Adi W Gunawan? Mustahil! Kenapa demikian? Karena pada saat itu faktor KRITIS pikiran Lani tidak bekerja. Itu sebabnya, dalam kondisi demikian Lani tidak akan bertindak KRITIS.

Apa yang terjadi bila Adi W Gunawan menyuruh Lani untuk menggerakkan kedua jarinya? Tentu saja Lani akan menggerakkan kedua jarinya dengan mudah. Bukankah Adi W Gunawan sudah memberitahu Lani kondisi kedua jarinya yaitu lengket dan tidak bisa dilepas? Benar! Namun Perintahnya adalah menggerakkan kedua jarinya, itu sebabnya Lani menaati PERINTAH Adi W Gunawan apa adanya.

Adi W Gunawan: Benar, jari Lani lengket. Tidak bisa dilepas. Semakin ia berusaha melepas kedua jarinya semakin lengket jadinya. Lani tampak mulai panik. Sambil terus berusaha melepas kedua jarinya, tapi tetap nggak berhasil, ia berkata, “Pak… pak.. ini kok bisa jadi begini? Kenapa nggak bisa dilepas?”

Berdasarkan cerita Adi W Gunawan di atas, Lani sama sekali tidak dalam kondisi TIDAK kritis. Itu sebabnya dia bertindak KRITIS dengan berusaha membuktikan ucapan Adi W Gunawan, “Sekarang kedua jari anda lengket tidak bisa dilepas,” dengan menggerakkan kedua jarinya dan ketika mendapati kedua jarinya lengket, dia pun berusaha melepaskannya bahkan minta tolong.

Kerabatku sekalian, nampak gamblang seperti menggantang di bawah matahari bukan? Adi W Gunawan mengarang dongeng untuk membual tentang waking hypnosis.

Jurus Jemari Lengket

Kerabatku sekalian, tumpangkan jari tengah anda ke atas jari telunjuk lalu tariklah jari tengah menuju pangkal jari telunjuk sehingga jari tengah dan jari telunjuk lengket dengan kuat. Posisikan kedua jari anda sejajar dengan mata dengan jarak 30-35 cm.

Dalam kondisi demikian cara yang benar untuk melepaskan jari tengah dari jari telunjuk adalah meluruskan jari tengah anda. Alih-alih melakukan hal demikian, ketika diberitahu jari tengahnya lengket dengan jari telunjuk sehingga tidak bisa dilepaskan, kebanyakan orang pun berusaha melepaskannya dengan mengangkat jari tengahnya dari punggung jari telunjuknya. Karena anatomi jari tangan maka tindakan demikian sulit sekali bahkan mustahil bagi beberapa orang.

Jurus Kaki Lengket Ke Bumi

Ketika seseorang yang sedang berdiri dengan telapak kaki terpentang selebar baru diberi tahu bahwa kedua telapak kakinya lengket ke bumi lalu disuruh untuk merasakannya, maka secara reflek dia akan mengeraskan otot-otot pahanya dan lutut serta betisnya dan merasakan telapak kakinya sehingga merasa telapak kakinya benar-benar lengket ke lantai.

Dalam kondisi demikian, bila disuruh untuk melepaskan telapak kaki kanannya dari lantai, maka cara yang benar adalah mengangkat lutut kanannya ke atas. Alih-alih melakukan hal demikian, kebanyakan orang justru memindahkan berat badannya ke kaki kiri lalu menekan kaki kirinya ke lantai (mengeraskan paha dan lutut serta betis) sambil berusaha mengangkat telapak kaki kanannya dari lantai. Bagi kebanyakan orang, mengangkat telapak kaki kanannya dari lantai benar-benar sulit bahkan mustahil. Kenapa demikian? Karena ketika berjalan, kita mengangkat lutut, bukan mengangkat telapak kaki. Itu sebabnya ketika fokus untuk mengangkat telapak kaki, kita justru tidak mengangkat lutut.

Sukarela Tidak Kritis

Di dalam seminar hipnoterapi, para peserta dikondisikan untuk tidak mempertanyakan dengan slogan, “Anda hanya bisa dihipnotis bila sukarela membiarkan diri dihipnotis. Anda hanya bisa hipnosis bila faktor kritismu tidak aktif.” Sukarela artinya hanya mematuhi dan tidak mempertanyakan. Faktor kritis tidak aktif artinya jangan berpikir logis.

Hipnotis Adalah Fiksi Ilmiah

Hipnotis adalah sulap tanpa trik yang dibungkus dengan fiksi ilmiah alias dongeng yang diberi label ilmiah. Singkirkan dongengnya maka anda pun melihat sulap tanpa triknya. Meskipun menggunakan istilah-istilah ilmiah namun hipnotis hanya FIKSI Ilmiah belaka.

Tiga tahun yang lalu saya mencari rekaman Adi W Gunawan mempraktekkan jurus-jurus hipnotisnya di Youtube untuk dikuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Meskipun menunggunya dengan sabar namun sampai hari ini dia sama sekali tidak mengunggahnya. Nampaknya, dia tidak mengunggahnya karena takut orang lain meniru jurusnya atau takut triknya dibongkar?

84 thoughts on “Adi W Gunawan Membual Tentang Waking Hypnosis

  1. Teman-teman, saya lihat Anda semua berdebat mengenai sesuatu yang Anda tidak mengerti. Coba jawab pertanyaan saya ini:
    1. Apakah Anda pernah belajar hipnosis? (kalau pernah, lanjutkan menjawab pertanyaan berikutnya)
    2. Apakah Anda mengerti benar mengenai fenomena trance baik di level fisik maupun mental?” (kalau mengerti, jelaskan apa saja fenomenanya dan anda menggunakan skala apa untuk merujuk pada kedalaman trance)
    3. Apakah Anda pernah membimbing orang masuk ke kondisi trance yang dalam sesuai dengan skala yang Anda gunakan?

    Nah, bila Anda tidak bisa menjawab dengan lugas dan jelas pertanyaan di atas hal ini menunjukkan Anda semua tidak mengerti apa itu hipnosis, apalagi hipnoterapi. Jadi, ini sama dengan orang buta yang berusaha menjelaskan gajah.

    Saya juga pernah membaca komentar Adi W. Gunawan di FBnya saat ada orang yang tidak setuju dengan penjelasannya tentang hipnoterapi, kondisi hening, dll. Adi W. Gunawan tidak pernah mau mendebat mereka karena semua ini berpulang pada pemahaman masing-masing.

    Bengcu hanya berani komentar tentang hal-hal sepele yang dia sebenarnya tidak mengerti. Bengcu tidak pernah berani membahas mengenai proses hipnoterapi karena memang sebenarnya tidak mengerti atau menguasainya.

    Saran saya, kalau memang mau dan berani, kita fasilitasi saja pertemuan rekan-rekan yang meragukan atau menilai Adi W. Gunawan salah atau pembual. Kita jumpa di lembaga Adi W. Gunawan di Surabaya dan undang para praktisi hipnoterapi untuk menilai penjelasan kedua pihak, baik Bengcu maupuan Adi W. Gunawan. Nanti dari sini akan ketahuan benar siapa yang mengerti dan tidak mengerti.

    Saya yakin bila banyak yang hadir, apalagi yang benar-benar mengerti hipnosis/hipnoterapi, maka bila Adi W. Gunawan membual atau menipu pasti akan ketahuan dan akan malu sendiri. Namun bila ternyata Adi W. Gunawan benar, maka Bengcu harus meminta maaf dengan memasang iklan di surat kabar nasional.

    Bagaimana, berani menerima tantangan ini?

    • Kisanak, apa yang bisa saya lakukan dari sini tidak akan saya lakukan di tempat Adi W Gunawan. ADi W Gunawan menulis blog lalu mempublikasikannya di Internet. Saya mengutip tulisannya lalu MENGULITINYA helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Anda BISA membacanya dengan TELITI dan MENGUJI dengan hati-hati apakah yang hai hai TULIS salah?

      Andai kata anda berpengetahuan, tolong bermurah hatilah. Apabila yang hai hai tulis SALAH, silahkan tunjukkan SALAHNYA dan ajarkan yang BENAR. Dengan cara demikian, maka bila hai hai kekeh jumekeh tidak mau BERTOBAT maka anda telah MENGHINDARKAN masyarakat DISESATKAN oleh tulisan ngaco belonya.

      • Anda belum menjawab pertanyaan saya. Saya ulangi ya:
        1. Apakah Anda pernah belajar hipnosis? (kalau pernah, lanjutkan menjawab pertanyaan berikutnya)
        2. Apakah Anda mengerti benar mengenai fenomena trance baik di level fisik maupun mental?” (kalau mengerti, jelaskan apa saja fenomenanya dan anda menggunakan skala apa untuk merujuk pada kedalaman trance)
        3. Apakah Anda pernah membimbing orang masuk ke kondisi trance yang dalam sesuai dengan skala yang Anda gunakan?.

        Justru bila ingin belajar, kita atur waktu jumpa. Saya bisa menghubungi Pak Yan Nurindra, Adi W. Gunawan, dan pengajar hipnosis dan hipnoterapi lainnya.

        Silakan dijawab: Apakah Anda berani jumpa para pakar ini?

        • Kisanak, saya belajar hipnotis waktu SMP kelas 1. Saat itu tahun 1978. Saya mengerti apa itu TRANCE yang dimaksudkan oleh para hipnoterapis. Saya sudah menghipnotis orang sejak kelas 1 SMP, tidak pernah menghitung dan mengingat-ingat jumlahnya.

          Saya tidak perlu bertemu dengan Yan Nurindra dan Adi W Gunawan dan pengajar hipnotis yang lainnya. Kalau perlu saya tidak perlu jasa anda untuk bertemu dengan mereka. Namun terima kasih atas tawaran anda. apakah saya BERANI bertemu dengan MEREKA? Anggap saja hai hai TIDAK BERANI bertemu dengan mereka.

        • @Idrus,
          Terima kasih karena anda sebagai praktisi hipnosis/hipnoterapi mau ikut terlibat disini.
          Usul anda sangat baik tetapi ternyata haihai TIDAK BERANI menerima usulan anda.
          Haihai hanya bisa BERAK dan menyuruh orang lain untuk membersihkannya (haihai LUPA bahwa berak dihalaman rumahnya sendiri akan berakibat buruk bagi DIRINYA SENDIRI).

          @haihai, @Idrus
          Bagaimana jika haihai mengirim ‘Tim Pencari Fakta’ (yang telah haihai miliki dalam rangka menguji mujijat ataupun kesaksian) ke praktisi hipnopsis/hipnoterapi (yang difasilitasi oleh Idrus).
          Saya harap haihai dan Idrus mau berkomunikasi untuk hal tersebut.

  2. Mich : “Ok, SEKARANG di sini HANYA ADA anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy. Tidak ada Pak Adi” perintah saya.

    —–> Anda ini tidak PAHAM atau memang GOBLOK? Kapan si Adi W Gunawan bilang TIDAK ADA PENONTON alias kawan-kawan Lani yang lainnya? yang TIDAK ADA hanya Pak Adi.. COBA ANDA BACA BAIK-BAIK ha ha ha ha

    • haihai : —–> Anda ini tidak PAHAM atau memang GOBLOK? Kapan si Adi W Gunawan bilang TIDAK ADA PENONTON alias kawan-kawan Lani yang lainnya? yang TIDAK ADA hanya Pak Adi.. COBA ANDA BACA BAIK-BAIK ha ha ha ha
      >>>>>>>>>>>>>>>>>>
      @haihai yang memang benar-benar BERISI (semakin hari semakin GENIUS) sehingga tidak berani lagi menggunakan identitasnya.

      Saat itu ada beberapa orang (penonton), Lani, Rudy dan Adi
      Ada dialog berikut (dialog ini dalam rangka membuat Lani melihat Adi sebagai Rudy, jadi ada 2 Rudy) :

      {
      Coba anda lihat siapa ini?”

      “Oh, ini Pak Rudy” jawabnya sambil memandang rekan saya, yang berada di depannya.

      “Kalau ini siapa?” tanya saya sambil menunjuk ke diri saya sendiri.

      “Pak Adi” jawabnya.

      “Ok, sekarang di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy. Tidak ada Pak Adi” perintah saya.

      Apa yang terjadi setelah itu?

      Benar, Lani tidak melihat siapapun kecuali dirinya sendiri, dan dua orang “Pak Rudy”. Lani melihat diri saya sebagai Pak Rudy.
      }

      Perhatikan kalimat ini :
      [“Ok, sekarang di sini HANYA ADA anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy.]
      Dengan adanya kalimat tsb. maka PENONTON hilang karena yang ADA HANYA Lani dan dua orang Rudy.

      Kalimat : “Tidak ada Pak Adi” hanya untuk menegaskan kalimat sebelumnya yaitu Lani tidak melihat Adi tetapi melihat Adi sebagai Rudy.

      • BERPIKIR LOGIS
        di ruangan ada Lani, Adi, Rudy, Mich (anggap saja REKAN Lani), Haihai, Kalebyosua dan Sunnyday.

        Adi : “Coba anda lihat siapa ini?”
        Lani : “Oh, ini Pak Rudy”
        Adi : “Kalau ini siapa?”
        Lani : “Pak Adi”
        Adi : “Ok, sekarang di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy. Tidak ada Pak Adi”

        Haihai, Mich, Kalebyosua dan Sunnyday berdiri di sekitar para aktor;
        Lani sadar dan melihat di ruangan ada 6 (ENAM) orang SELAIN dirinya.
        Adi berkata : “kamu Lani, dia Rudy, saya Adi”
        dan berkata lagi : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI”

        Adi TIDAK PERNAH BILANG “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday, DAN BAHKAN REKAN LANI SENDIRI : Mich”

        # LUCU..SUNGGUH LUCU.. SKENARIO YANG LUCU!

        Tiba-tiba saja LANI HANYA MELIHAT RUDY DAN ADI? 6 orang lain MENGHILANG ya? ha ha ha ha

        KAPAN ya Lani MULAI “HANYA” MELIHAT RUDY dan ADI? APAKAH :

        (A) KETIKA ADI MEMPERKENALKAN : “DIA RUDY, SAYA ADI, KAMU LANI” ? LALU TIBA-TIBA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday DAN BAHKAN “REKAN” LANI SENDIRI : Mich MENGHILANG?
        atau

        (B) KETIKA ADI BILANG : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI” ?

        COBA DIJAWAB DULU wahai Mich Tukang LOPER KORAN bua ha ha ha ha ha

        • *RALAT
          BERPIKIR LOGIS
          di ruangan ada Lani, Adi, Rudy, Mich (anggap saja REKAN Lani), Haihai, Kalebyosua dan Sunnyday.

          Adi : “Coba anda lihat siapa ini?”
          Lani : “Oh, ini Pak Rudy”
          Adi : “Kalau ini siapa?”
          Lani : “Pak Adi”
          Adi : “Ok, sekarang di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy. Tidak ada Pak Adi”

          Haihai, Mich, Kalebyosua dan Sunnyday berdiri di sekitar para aktor;
          Lani sadar dan melihat di ruangan ada 4 (EMPAT) orang SELAIN Adi dan Rudy.
          Adi berkata : “kamu Lani, dia Rudy, saya Adi”
          dan berkata lagi : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI”

          Adi TIDAK PERNAH BILANG “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday, DAN BAHKAN REKAN LANI SENDIRI : Mich”

          # LUCU..SUNGGUH LUCU.. SKENARIO YANG LUCU!

          Tiba-tiba saja LANI HANYA MELIHAT RUDY DAN ADI? 4 orang lain MENGHILANG ya? ha ha ha ha

          KAPAN ya Lani MULAI “HANYA” MELIHAT RUDY dan ADI? APAKAH :

          (A) KETIKA ADI MEMPERKENALKAN : “DIA RUDY, SAYA ADI, KAMU LANI” ? LALU TIBA-TIBA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday DAN BAHKAN “REKAN” LANI SENDIRI : Mich MENGHILANG?
          atau

          (B) KETIKA ADI BILANG : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI” ?

          COBA DIJAWAB DULU wahai Mich Tukang LOPER KORAN bua ha ha ha ha ha

  3. Idrus : Saran saya, kalau memang mau dan berani, kita fasilitasi saja pertemuan rekan-rekan yang meragukan atau menilai Adi W. Gunawan salah atau pembual. Kita jumpa di lembaga Adi W. Gunawan di Surabaya dan undang para praktisi hipnoterapi untuk menilai penjelasan kedua pihak, baik Bengcu maupuan Adi W. Gunawan. Nanti dari sini akan ketahuan benar siapa yang mengerti dan tidak mengerti.

    —–> Idrus ALIAS Mich, SURUH SAJA Adi W Gunawan MENJAWAB kupasan-kupasan Haihai Bengcu. Kita LIHAT dengan GAMBLANG siapa yang MEMBUAL! Masa calon DOKTOR tidak bisa menyanggah tantangan pemikiran LOGIS dan ILMIAH walau SEDERHANA dan MEMPERTANGGUNGJAWABKAN di HADAPAN KHALAYAK UMUM ?. Saya jadi BERPRASANGKA dan CURIGA terhadap DISERTASINYA…….. ha ha ha ha ha

    • @haihai : Anda sudah memasuki kondisi hipnosis yaitu KALAP.
      Anda mencurigai saya sebagai Adi W Gunawan, Idrus (tidak ingatkah anda ketika saya dikatakan sebagai ‘peliharaan haihai’ oleh Piter ho ho ho ho ataupun dikatakan ‘hanya menurut saja kepada haihai’ oleh Arif Sebastian ??)

      Saya buka sedikit mengenai diri saya :
      Saya seorang programmer komputer yang membuat aplikasi menggunakan Visual Basic dan database MySQL. Saya juga mengerti akunting (sebatas untuk pembuatan program).

      • Kisanak, saya tidak peduli siapa anda. Setiap yang memberi komentar di webblog saya hanya saya pandang sejauh komentarnya. Itulah dunia maya bagi saya. Hanya ada kata-kata, tidak ada oknum.

        Dao 道yang dijalani
        bukan Dao 道 yang kekal
        nama yang dinamai
        bukan nama yang kekal
        tanpa nama
        Tian Di天地bermula
        bernama
        bunda berlaksa ada
        tanpa prasangka
        akan melihat kemuliaannya
        dengan prasangka
        hanya memandang kulitnya
        keduanya sekelompok
        walau pun berbeda namanya
        sekelompok adalah misteri
        misteri dalam misteri
        adalah pintu ke alam gaib bagi manusia
        Daodejing 1

  4. Agar kita dapat berdiskusi dengan baik dan benar, jawab pertanyaan berikut:

    1. Apakah Anda pernah belajar hipnosis? (kalau pernah, lanjutkan menjawab pertanyaan berikutnya)
    2. Apakah Anda mengerti benar mengenai fenomena trance baik di level fisik maupun mental?” (kalau mengerti, jelaskan apa saja fenomenanya dan anda menggunakan skala apa untuk merujuk pada kedalaman trance)
    3. Apakah Anda pernah membimbing orang masuk ke kondisi trance yang dalam sesuai dengan skala yang Anda gunakan?

    Bila Anda tidak bisa menjawab dengan lugas dan benar semua pertanyaan di atas maka tidak ada gunanya kita berdebat kusir karena Anda tidak mengerti topik bahasan.

    • Idrus, yang harus anda lakukan bukan bertanya namun MENGUJI apakah yang hai hai TULIS dalam blog ini BENAR? BEnarkah Adi W Gunawan MEMBUAL tentang Waking hypnosis? Jika anda tidak memiliki kemampuan MENGUJI sebaiknya diam saja dan menonton orang lain mengujinya.

  5. luar bisa sekali bengcue menggugat ini, memang jika sebuah kalimat ditafsirkan sepotong-sepotong pada akhirnya pesan yang tersampaikanpun tidak secara utuh, kesimpulan setiap kalimat akan menjadi abu abu malahan mendekati hitam, begitupun dengan penafsiran yang dilakukan oleh tuan bengcue menggugat terhadap karya tulisannya Adi W Gunawan atau karya-karya lainnya memiliki kesan berdialektika dengan semantik, jadi, materi apapun yang dianalisa akan terlihat abu-abu malahan mendekati hitam. saya meyakini bahwa bengcue menggugatpun akan akan menguliti tulisan saya ini,

    salam dan selamat menguliti.

    • Kisanak, bila yang hai hai tulis SALAH! silahkan tunjukkan SALAHNYA dan AJARKAN yang benar. Denan cara demikian, bila hai hai kekeh jumekeh SALAH maka masyarakat pun tidak BISA dia sesatkan. Jadi, kisanak, kapan anda akan MULAI menunjukkan KESALAHAN hai hai dan MENGAJARKAN yang benar?

      • Menarik sekali mengikuti perdebadan di lapak bengcue mengugat ini, ada hal yang bermampaat namun banyak juga yang menjadi sampah untuk diambil hikmah dan mampaatnya, terlihat semua memerankan dengan baik expresi pemikiran dari peran-peran yang sudah ditetapkan namun perlu diketahui bahwa dunia tidak bisa dilihat secara utuh hanya dengan menggunakan lobang sedotan.

        • mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, MICH telah mengotori blog ini dengan komentar-komentarnya yang TOLOL! Namun itulah DAMPAK dari KEMERDEKAAN. MICH bebas untuk mengagul-agulkan KETOLOLANNYA. Jadi, silahkan menyimak yang berguna saja.

          Faktanya Hipnotis adalah saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh. Fakta demikian lalu saya BUNGKUS dengan DONGENG bahwa anda melakukan yang SAYA suruh dalam kondisi TIDAK MENYADARINYA sebab saya MENYURuH pikiran bawah SADAR anda untuk melakukan hal demikian dan PIKIRAN bawah SADAR anda tidak bisa menolaknya karena KEHEBATAN saya MEMERINTAH pikiran bawah sadar anda.

  6. sunnyday :
    *RALAT
    BERPIKIR LOGIS
    Tiba-tiba saja LANI HANYA MELIHAT RUDY DAN ADI? 4 orang lain MENGHILANG ya? ha ha ha ha
    KAPAN ya Lani MULAI “HANYA” MELIHAT RUDY dan ADI?
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    Saya kutip sedikit saja tulisan/pertanyaan anda yang tidak beraturan.
    Dari ‘tulisan anda’ saja orang akan bisa menerka ‘kemampuan logika anda’.
    Untuk membuat pertanyaan diatas saja anda butuh waktu 5 hari dan diralat pula.

    Saya jawab pertanyaan anda :
    Lani tidak tiba-tiba saja melihat Rudy dan Adi !!!.
    Pada saat itu ada penonton, Lani, Rudy, Adi.

    Perhatikan kalimat-kalimat berikut :

    {
    Coba anda lihat siapa ini?”
    “Oh, ini Pak Rudy” jawabnya sambil memandang rekan saya, yang BERADA di DEPANNYA.
    }
    Dengan adanya dialog diatas maka PERHATIAN Lani TERTUJU pada Rudy. (Perhatian Lani terfokus pada Rudy)

    {
    “Kalau ini siapa?” tanya saya sambil menunjuk ke diri saya sendiri.
    “Pak Adi” jawabnya.
    }
    Dengan adanya dialog diatas maka PERHATIAN Lani TERTUJU pada Adi. (Perhatian Lani terfokus pada Adi)

    Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tesebut MEMBUAT PERHATIAN Lani TERTUJU HANYA PADA Rudy dan Adi (tidak pada penonton, walau ada 1.000 orang disisi kiri Lani dan 10.000 orang disisi kanan Lani perhatian Lani hanya tertuju pada Rudy dan Adi)

    {
    “Ok, sekarang di sini HANYA ADA anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy. Anda lihat di sini ada dua orang Pak Rudy.
    }
    Dengan adanya perintah tersebut maka dunia HANYA milik mereka bertiga (jika anda belum mengarti juga sebaiknya anda merenungkannya siang dan malam arti kalimat diatas).

    Itulah kehebatan Adi W Gunawan, untuk mencapai suatu tujuan ia melakukan langkah-langkah kecil yang efektif sebagai pendahuluan.

    Sampai disini dulu Sunnyday, saya RINDU berdebat dengan ORANG CERDAS.

    • bua ha ha ha ha, lho BELUM PAHAM JUGA YA?
      padahal sudah saya beri waktu beberapa hari untuk berpikir lho….CUMA BERPIKIR bua ha ha ha ha ha

      SAYA ULANGI YA :
      Haihai, Mich, Kalebyosua dan Sunnyday berdiri di sekitar para aktor;
      Lani sadar dan melihat di ruangan ada 4 (EMPAT) orang SELAIN Adi dan Rudy.
      Adi berkata : “kamu Lani, dia Rudy, saya Adi”
      dan berkata lagi : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI”

      Adi TIDAK PERNAH BILANG “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday, DAN BAHKAN REKAN LANI SENDIRI : Mich”

      # LUCU..SUNGGUH LUCU.. SKENARIO YANG LUCU!

      Tiba-tiba saja LANI HANYA MELIHAT RUDY DAN ADI? 4 orang lain MENGHILANG ya? ha ha ha ha

      KAPAN ya Lani MULAI “HANYA” MELIHAT RUDY dan ADI? APAKAH :

      (A) KETIKA ADI MEMPERKENALKAN : “DIA RUDY, SAYA ADI, KAMU LANI” ? LALU TIBA-TIBA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday DAN BAHKAN “REKAN” LANI SENDIRI : Mich MENGHILANG?
      atau

      (B) KETIKA ADI BILANG : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI” ?

      +++++++
      Mich : Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tesebut MEMBUAT PERHATIAN Lani TERTUJU HANYA PADA Rudy dan Adi (tidak pada penonton, walau ada 1.000 orang disisi kiri Lani dan 10.000 orang disisi kanan Lani perhatian Lani hanya tertuju pada Rudy dan Adi)

      SAYA ULANG LAGI :
      Haihai, Mich, Kalebyosua dan Sunnyday berdiri di sekitar para aktor;
      Lani sadar dan melihat di ruangan ada 4 (EMPAT) orang SELAIN Adi dan Rudy.
      Adi berkata : “kamu Lani, dia Rudy, SAYA Adi”
      dan berkata lagi : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI”

      PERHATIKAN : “SAYA ADI”

      PERHATIKAN : “SAYA ADI”

      dan berkata lagi : “di sini hanya ada anda, Lani, dan dua orang Pak Rudy, TIDAK ADA ADI”

      MASIH BELUM PAHAM wahai Mich sang LOPER KORAN ? bua ha ha ha ha ha

      HEI TOLOL! Si Adi MEMPERKENALKAN Rudy dan dirinya BUKAN UNTUK MENGHILANGKAN Haihai, Kalebyosua, Sunnyday dan bahkan Mich! Namun dia BERAKTING agar PENONTON MEMBANDINGKAN 3 orang yang DIINGAT Lani SEBELUM dan SESUDAH fase HIPNOSIS.

      Anda BEGITU TOLOL sampai MENGIRA Haihai, Kalebyosua, Sunnyday dan bahkan Mich HILANG dari pandangan Lani. HILANG dari Hongkong?

      Kisanak, anggaplah anda benar Lani LUPA NAMA dan WAJAH, SETELAH ADI TIDAK ADA, SEHARUSNYA Lani BISA MENGANGGAP salah satu dari penonton (Haihai, Kalebyosua, Sunnyday dan bahkan Mich) SEBAGAI Rudy.

      COBA DIPIKIR LAGI BERULANG-ULANG, TOLOL!!!!!

      BUA HA HA HA HA HA HA

      • @sunnyday yang GENIUS,

        Disuatu ruangan ada Anjing dan Kucing.
        Jika ada pernyataan :”‘Sekarang HANYA ADA Anjing disini”
        Pertanyaannya : ‘Apakah masih ada Kucing di ruangan itu ?
        Silahkan PAKAR LINGUISTIK bertanya kepada ANAK TK, semoga mendapat PENCERAHAN !!!!

        • @mich, HAHAHAHA… mich, kalo mau cari perumpamaan yang lebih menyakinkan dong. Kalau pertanyaan di atas saya tanyakan pada anak saya yang masih TK dan dia lihat masih ada kucingnya, maka anak saya akan menjawab “Tuh kucingnya masih ada..” HAHAHAHAHA…. hanya anak TK yang punya “kelainan” yang akan menjawab “tidak ada kucing”….

          • @kalebyosua,
            Pokok persoalan adalah apakah perintah :
            1. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini”
            atau
            2. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini, TIDAK ADA Kucing disini”

            Coba anda tanya anak anda yang di TK, jika ada seorang ‘ahli sihir’ (yang bisa menghilangkan benda) memberi perintah :
            Apakah dengan kalimat pertama maka Kucing akan hilang.
            atau
            Hanya dengan kalimat kedua Kucing akan hilang.

            • @mich, anak-anak akan melihat fakta apakah kucing tersebut masih ada atau tidak, kalau ternyata masih ada maka ia akan bilang “ADA”. Saya pernah memainkan sulap menghilangkan benda di depan anak saya. Anak tidak langsung percaya benda tersebut hilang, tapi akan mencarinya dahulu. Ketika anak saya tidak menemukannya, maka ia percaya benda tersebut benar-benar hilang, tapi jika ia menemukannya, maka ia akan mengatakan benda tersebut tidak hilang.

              Yang anda bahas adalah masalah hipnotis Lani yang anda tahu bahwa tidak ada orang yang hilang dari pandangannya, jadi orang-orang tersebut tidak di sihir oleh Adi W Gunawan menjadi hilang, tapi masih ada disana. Jadi jika Lani tidak melihat orang lain disekitarnya saat itu, itu perlu dipertanyakan.

        • MICH, menurut saya sudah waktunya anda berhenti mengagul-agulkan KETOLOLAN anda. Para pembaca sudah tahu kok FAKTA tentang hipnotis.

          Faktanya Hipnotis adalah saya menyuruh anda melakukan sesuatu dan anda melakukan yang saya suruh. Fakta demikian lalu saya BUNGKUS dengan DONGENG bahwa anda melakukan yang SAYA suruh dalam kondisi TIDAK MENYADARINYA sebab saya MENYURuH pikiran bawah SADAR anda untuk melakukan hal demikian dan PIKIRAN bawah SADAR anda tidak bisa menolaknya karena KEHEBATAN saya MEMERINTAH pikiran bawah sadar anda.

          • @haihai,
            Anda telah menulis panjang lebar tentang hipnosis ternyata isinya SAMPAH SEMUA.
            Saya tidak melihat adanya dukungan dari pendukung anda selama ini (yang umumnya mampu berpikir rasional).

        • @sunnyday yang GENIUS,

          Disuatu ruangan ada Anjing dan Kucing.
          Jika ada pernyataan :”‘Sekarang HANYA ADA Anjing disini”
          Pertanyaannya : ‘Apakah masih ada Kucing di ruangan itu ?
          Silahkan PAKAR LINGUISTIK bertanya kepada ANAK TK, semoga mendapat PENCERAHAN !!!!

          ———> Disuatu ruangan ada Anjing (bernama mich) dan Manusia (bernama Haihai, sunnyday, Adi, Rudy, Kalebyosua)
          Jika ada pernyataan :”‘Sekarang HANYA ADA Anjing (bernama mich) disini”
          Pertanyaannya : ‘Apakah masih ada Manusia di ruangan itu ?
          Ya ADA, TOLOL! disitu TETAP ADA 5 Manusia (bernama Haihai, sunnyday, Adi, Rudy, Kalebyosua) bua ha ha ha ha ha ha….. Anda NANYA APA’AN SICH?

    • Mich : Itulah kehebatan Adi W Gunawan, untuk mencapai suatu tujuan ia melakukan langkah-langkah kecil yang efektif sebagai pendahuluan.

      —–> HEI TOLOL, LANGKAH-LANGKAH MENGGIRING PIKIRAN Penonton maksud anda? bua ha ha ha ha ha….
      KETAHUILAH, saya adalah PAKAR dalam kajian LINGUISTIK. CAMKAN ITU di OTAK loper koran anda bua ha ha ha ha ha

  7. kalebyosua :
    @mich, anak-anak akan melihat fakta apakah kucing tersebut masih ada atau tidak, kalau ternyata masih ada maka ia akan bilang “ADA”. Saya pernah memainkan sulap menghilangkan benda di depan anak saya. Anak tidak langsung percaya benda tersebut hilang, tapi akan mencarinya dahulu. Ketika anak saya tidak menemukannya, maka ia percaya benda tersebut benar-benar hilang, tapi jika ia menemukannya, maka ia akan mengatakan benda tersebut tidak hilang.
    >>>>>>>>>>>>>>>
    Saya tidak minta anda untuk bermain sulap didepan anak-anak.
    Anda bisa bercerita tentang ada suatu kisah ruangan yang berisi Anjing dan Kucing.
    Jika ada seorang ahli sihir (yang semua perkataannya akan terlaksana), ujilah kalimat ini kepada anak anda :
    1. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini”
    2. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini, TIDAK ADA Kucing”

    Saya ingin menguji logika PAKAR LINGUITIK sunnyday yang mengatakan untuk menghilangkan Kucing(=PENONTON) tidak bisa dengan kalimat pertama, harus kalimat kedua.
    Yang ingin saya ketahui adalah apakah anak anda mengerti bahwa dengan kalimat pertama saja Kucing akan hilang.

    • @mich, dengan kalimat pertama maupun kedua, selama kucingnya masih ada disana, maka anak saya dan umumnya anak-anak akan protes dan mengatakan kucingnya juga masih ada. Kalau memang sunnyday mengatakan harus dengan kalimat kedua, dengan kondisi kucing yang masih ada, berarti sunnyday juga salah.

    • semakin dibahas saya malah semakin yakin kalau Lani hanya bersandiwara mengikuti perintah Adi W Gunawan.

      • @kalebyosua,
        Justru yang dipermasalahkan apakah kisah ini KISAH NYATA atau BUALAN Adi W Gunawan.
        Untuk itu PAKAR LINGUISTIK sunnyday MEMBEDAH satu persatu kalimat dalam cerita yang ditulis Adi W Gunawan.
        Jika anda berkata ‘Lani hanya bersandiwara’ berarti anda menganggap kisah tsb KISAH NYATA.

        • @mich, anggap aja kisah tersebut nyata, dan Lani tidak terhipnotis melainkan hanya bersandiwara.

          • @kalebyosua,
            Jika anda anggap hanya sandiwara berarti anda punya kemampuan untuk mengujinya.
            Maukah anda (mewakili haihai) bertemu dengan hipnoterapis/hipnotis untuk menguji fenomena hipnosis agar kita bisa mengetahui KEBENARANNYA.

            • @mich, saya justru menilai Lani bersandiwara berdasarkan contoh yang anda berikan tentang anjing dan kucing… HAHAHAHA…..

    • Saya tidak minta anda untuk bermain sulap didepan anak-anak.
      Anda bisa bercerita tentang ada suatu kisah ruangan yang berisi Anjing dan Kucing.
      Jika ada seorang ahli sihir (yang semua perkataannya akan terlaksana), ujilah kalimat ini kepada anak anda :
      1. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini”
      2. “Sekarang HANYA ADA Anjing disini, TIDAK ADA Kucing”

      ——-> pertanyaan TOLOL dan DUNGU dari seorang yang mengaku PROGRAMMER! bua ha ha ha ha ha ha

      • @sunnyday, mich tidak bisa membedakan antara cerita dongeng dan fakta, itu sebabnya saya tidak heran kalau dia percaya penuh dengan pakar hipnotis.

      • Inilah jurus yang dimainkan PAKAR LINGUISTIK sunnyday (=kloningan haihai) setelah tidak bisa berargumentasi lagi :

        Aninditta B (Kompasiana) :
        dan bila sudah tidak dapat membantah sanggahan lawan debatnya maka ia menggunakan pendekatan argumentum ad hominem yaitu untuk mengaburkan atau mengalihkan fokus, ia menyerang pribadi seseorang, bukan argumentasi yang diajukan lawan debatnya.

        • @mich, tulisan Aninditta B di Kompasiana cukup lumayan, tapi sayangnya dia juga menulis secara tidak adil. Aninditta B adalah seorang Psikolog Klinis, Kandidat Doktor Psikologi, setidaknya itu yang tertulis di Kompasiana. Ini menunjukkan kalau Aninditta B adalah pendukung hipnotis. Meskipun menggunakan bahasa yang lebih halus daripada hai hai, tapi saya melihat dia tetap menulis dengan tidak adil. Seharusnya jangan hanya menulis tentang pihak-pihak yang menerima hipnotis saja. Dikalangan akademis maupun kedokteran masih banyak yang meragukannya.

          Kalau anda baca dengan teliti, pada dasarnya tulisan Aninditta B juga ada bagian yang menyerang pribadi hai hai, hanya saja disampaikan secara halus. Jadi apa bedanya Aninditta B dengan Hai hai???

          • @kalebyosua,
            Wajar saja Aninditta menulis hal-hal yang mendukung hipnosis untuk memberikan gambaran kepada haihai agar melihat hipnosis dengan wawasan yang lebih luas.

            Silahkan anda menulis tentang kalangan akademis maupun kedokteran yang meragukan hipnosis (dalam hal apa ??)
            Sepengetahuan saya dalam bidang kedokteran hipnosis belum bisa diterapkan secara luas karena ‘Hasil Yang Tidak Konsisten’.
            Respon pasien berbeda-beda terhadap hipnosis, ada pasien yang sensitif, ada yang tidak sensitif (hal ini juga tergantung kepada kepiawaian yang menghipnosis).
            Jadi bukan karena hipnosis itu sesuatu yang pura-pura (seperti yang dituduhkan haihai)

            Dalam hipnoterapi juga ada/banyak pasien yang penyakitnya bertambah parah setelah dihipnoterapi.
            Maka dari itu Adi W Gunawan mensyaratkan minimal 100 jam pelatihan untuk seorang yang ingin menjadi hipnoterapist (tidak mungkin hanya 5 menit seperti perkiraan haihai)

          • kalebyosua :
            Kalau anda baca dengan teliti, pada dasarnya tulisan Aninditta B juga ada bagian yang menyerang pribadi hai hai, hanya saja disampaikan secara halus. Jadi apa bedanya Aninditta B dengan Hai hai???
            >>>>>>>>>>>>>>>>>>
            Yang anda maksud dengan link yang ia berikan ?
            Link yang ia berikan sebagian besar ditulis sendiri oleh haihai.
            Ia bukan menyerang pribadi haihai tetapi meminta kita memahami haihai secara utuh ??

            • kisanak sejak kapan anda jadi JURU BICARA Aninditta B? Ha ha ha ha ha … Selain BERLAGAK tahu isi kepala Adi W gunawan, Henrikus yorath, Awie Suwandi, skarang anda juga berlagak tahu isi kepala Aninditta B? ha ha ha ha ….. Izinkan hai hai mENGACUNGKAN jaru bagi anda dong. ha ha ha ha ha … JARI tengah lho. ha ha ha ha …

            • @mich, Aninditta B menulis dengan tidak adil karena dia pendukung hipnotis. Dia berusaha menunjukkan keburukan hai hai untuk mengarahkan pembacanya memiliki asumsi negatif dahulu terhadap hai hai. Komentar anda mendukung dia, karena anda percaya dengan hipnotis.

          • kalebyosua, para PENIPU hipnoterapi yang SULAP tanpa Triknya dibongkar oleh hai hai menggunakan JURUS yang SAMA yaitu:

            1. MENUDUH hai hai nggak NGERTI hipnotis dan nggak bisa hipnotis.
            2. MENUDUH hai hai SAKIT jiwa atau BERMORAL BEJAD.
            3. KUTIP sana KUTIP sini untuk mendukung BUALAN bahwa HIPNOTIS adalah ilmu pengetahuan ilmiah.

            APA’s 54 divisions are interest groups organized by members. Some represent subdisciplines of psychology (e.g., experimental, social or clinical) while others focus on topical areas such as aging, ethnic minorities or trauma. APA members, and even nonmembers, can apply to join one or more divisions which have their own eligibility criteria and dues. In addition, each division has its own officers, website, publications, email list, awards, convention activities and meetings.

            54 divisi APA adalah kelompok-kelompok kepentingan yang diselenggarakan oleh anggota. Beberapa kelompok merupakan subdisiplin psikologi (misal: eksperimental, sosial atau klinis) sedangkan yang lain hanya topik belaka, misal: penuaan, etnis minoritas atau trauma. Anggota APA, bahkan non anggota, boleh bergabung dengan satu atau lebih divisi atas dasar minatnya sendiri asal membayar iuran. Setiap divisi memiliki petugas sendiri, website, publikasi, daftar email, penghargaan, kegiatan konvensi dan rapat.

            Aninditta B: Hipnosis diajarkan sebagai bagian dari mata kuliah Psikologi Kognitif di S1 Psikologi. Hipnosis untuk aplikasi klinis adalah divisi ke 30 dari 56 divisi yang diakui oleh American Psychological Association (APA). Sebagai cabang ilmu psikologi, riset dan pengembangan hipnosis/hipnoterapi telah dipublikasi di berbagai jurnal, antara lain American Journal of Clinical Hypnosis , International Journal Of Clinical & Experimental Hypnosis, dan The European Journal of Clinical Hypnosis.

            BUALAN Aninditta B yang mengaku Kandidat Doktor Psikologi benar-benar MENGENASKAN. Hipnotis memang diajarkan di beberapa universitas, namun sebagai mata kuliah TAMBAHAN. Bukan MATA KULIAH yang ditentukan oleh KURIKULUM sebagai SYARAT untuk menjadi sARJANA Psikologi.

            divisi ke 30 Ap tidak lebih dari Society of Psychological Hypnosis alias KOMUNITAS psikologis hipnotis belaka. Hipnotis BUKAN CABANG ilmu Psikologi. Belum ada Universitas di dunia ini yang mengakui HIPNOTIS sebagai CABANG ilmu psikologi. TIDAK ada pemerintah negara di dunia ini yang MENGAKUI Hipnotis sebagai ILMU pengetahuan ilmiah, itu sebabnya TIDAK SERTIFIKASI sama sekali. coba anda klik di SINI dan lihatlah daftar KETUA dan MANTAN ketua divisi ke 30. Tidak ada SATUPUN yang bergelar:

            1.CH = Certified Hypnotist
            2.CHT = Certified Hypnotherapist
            3.CCH = Certified Clinical Hypnotist (or Hypnotherapist)
            4.CCHt = Client-Centered Hypnotherapist
            5.MH = Master Hypnotist
            6.CMH = Certified Master Hypnotist
            7.DCH = Doctor of Clinical Hypnotherapy

            Aninditta B: Hipnosis/hipnoterapi telah diterima di dunia medis, khususnya di Inggris oleh British Medical Association (BMA) di tahun 1955 dan oleh American Medical Association (AMA) di tahun 1958. Aplikasi hipnosis/hipnoterapi dalam dunia medis, khususnya sebagai metode alternatif untuk pain management mendapat sambutan dan respon positif.

            British Medical Association = Asosiasi Kedokteran Inggris. American Medical Association = Asosiasi Kedokteran Amerika. IDI = Ikatan Dokter Indonesia. Apakah ASOSIASI kedokteran Inggris dan Amerika mengakui HIPNOSIS sebagai CABANG ilmu psikologi? TIDAK! Apakah keduanya mengakui HIPNOTIS sebagai CABANG ilmu KEDOKTERAN? MUSTAHIL! Lalu keduanya MENGAKUI hipnotis sebagai apa? sebagai METODE ALTERNATIF. Kenapa disebut ALTERNATIF? Karena belum TERUJI dan BELUM DIAKUI sebagai METODE ILMIAH.

            hipnotis diakui oleh American Psychological Association, British Medical Association, American Medical Association dan diajarkan di beberapa universitas sama sekali TIDAK MENGUBAH FAKTA tentang PENIPUAN HIPNOTERAPI yang dilakukan oleh orang-orang yang hai hai BONGKAR penipuannya. Silahkan klik di SINI untuk membaca blog-blog tentang HIPNOTIS yang hai hai TULIS. Anda BISA mengujinya dengan mudah SECARA ILMIAH.

            Pertanyaannya adalah kenapa sampai HARI INI para HIPNOTERAPI termasuk Aninditta B yang mengaku Kandidat Doktor Psikologi nggak BECUS berapologetika alias MENUNJUKKAN kesalahan tulisan hai hai dan MENGAJARKAN yang BENAR? Apakah dengan bertemu hai hai mereka akan UJUG-UJUG BECUS berapologetika alias MENUNJUKKAN kesalahan tulisan hai hai dan MENGAJARKAN yang BENAR? ha ha ha ha …. Karena nggak BECUS menulis mustahil BECUS ngomong. Kalau pun KETEMU yang mereka lakukan PASTI sama dengan yang MEREKA tulis di internet yaitu:

            1. MENUDUH hai hai nggak NGERTI hipnotis dan nggak bisa hipnotis.
            2. MENUDUH hai hai SAKIT jiwa atau BERMORAL BEJAD.
            3. KUTIP sana KUTIP sini untuk mendukung BUALAN bahwa HIPNOTIS adalah ilmu pengetahuan ilmiah.

            Ha ha ha ha ha …… mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hai hai tIDAK BERANI buang waktu untuk hal demikian. ha ha ha ha

            • haihai sangat khawatir kehilangan asetnya yang paling berharga (=kalebyosua).

              Ketika kalebyosua melihat ada sisi positipnya Aninditta maka haihaipun mengeluarkan seluruh jurus/tenaga untuk mempengaruhi kalebyosua.

              • @mich, saya bukan pendukung hai hai, jadi tidak bisa menjadi aset HAHAHAHA…. Tidak ada yang mempengaruhi saya. Apa yang dibahas hai hai di blognya tentang penipuan hipnotis, bisa saya anggap benar secara logika. Aninditta B mempersalahkan logika hai hai, karena dia melihat secara tidak netral. Saya hanya mengatakan tulisan Aninditta lumayan bagus, bukan berarti saya membenarkan dan melihat sisi positifnya, justru dia menyisipkan sisi negatifnya secara terselubung. Orang yang tidak menyukai hai hai, ketika membaca tulisan Aninditta B akan langsung membenarkannya. Orang yang mendukung hai hai cenderung lebih hati-hati membacanya. Orang yang netral, diarahkan untuk berpikir negatif tentang hai hai, sehingga bisa mendukung Aninditta, tapi kalau orang tersebut waspada, dia akan bisa melihat cara licik dari tulisan Aninditta. jadi apanya yang positif dari tulisan Aninditta???

        • kisanak, semua membaca blog ini bisa melihat dengan gamblang TIPUAN Adi W Gunawan. Anda berusaha untuk MEMBENARKAN Adi Gunawan dengan mengkhayal andai kata ini, andai kata itu? ha ha ha ha ha ha … Silahkan saja bila itu memang mengasyikkan.

  8. Pertanyaannya sekarang adalah :
    1. Siapakah Bengcu…???
    2. Apa latar belakang pendidikan akademisnya…???
    3. Apakah Bengcu memiliki kapasitas sebagai seorang narasumber yang ahli dibidangnya…???
    4. Apakah informasi yg diuraikan Bengcu telah terbukti secara ilmiah…???
    5. Apakah informasi yg diuraikan Bengcu merupakan informasi yg dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau hanya pendapat Subjektif Bengcu sendiri…???
    6. Apakah informasi yg diuraikan Bengcu bersumber dari data yg valid atau hanya pendapat Subjektif Bengcu…???
    7. Menurut Anda apakah tujuan Bengcu mengkritik orang lain untuk mengungkap kebenaran atau hanya iri terhadap prestasi yg dicapai orang lain…???
    8. Menurut Anda jika Bengcu mengkritik orang lain untuk mengungkap kebenaran, Apakah informasi yg diuraikan Bengcu merupakan informasi yg dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau hanya pendapat Subjektif Bengcu sendiri…???
    9. Apakah informasi yg diuraikan Bengcu telah terbukti secara ilmiah…???

Leave a Reply

