Bengcu Menggugat PETISI Hentikan Perdagangan Anjing Konsumsi


Gambar: change.org

Angela Sutandar dari Bogor Indonesia mempetisi Gubernur – Sultan Yogyakarta agar menghentikan kekejaman perdagangan anjing konsumsi di Yogyakarta. Saat blog ini diunggah petisi Angela menuai 5.906 pendukung. Sebelum saya lahir, keluarga kami sudah memelihara anjing dan hingga berumur 49 tahun saat ini, selalu ada anjing di rumah kami. Saya bepengalaman melatih anjing 25 tahun labih. Angela Sutandar dan Adam Herdanto sama sekali nggak ngerti anjing. Menentang perdagangan anjing konsumsi adalah hak keduanya namun informasi yang kedua berikan benar-benar mengenaskan.
Memberanikan diri bertanya, Angela Sutandar Mempetisi Gubernur – Sultan Yogyakarta Karena:

Saya Angela, beberapa waktu ini saya mendengar adanya perdagangan anjing yang dilakukan di Yogyakarta, yaitu dengan menerima pengiriman sejumlah anjing dari daerah Pangandaran – Jawa Barat. Perdagangan anjing ini dilakukan dengan cara mengangkut sejumlah anjing dengan cara yang kejam dan dibawa ke Yogyakarta untuk diperjual belikan.

Perdagangan daging anjing untuk konsumsi adalah bukan hal yang wajar, karena pada dasarnya anjing adalah bukan bintang untuk konsumsi umum, dan apabila hal ini tidak dihentikan anak-anak cucu kita akan mengikuti dan mereka akan menjadi anak-anak yang kejam dan tidak ada rasa sayang kepada binatang, dimana dalam hal ini anjing seharusnya adalah sahabat manusia, bukan hewan konsumsi. Berikut saya lampirkan posting mengenai hal ini yang saya dapat via Facebook:

Paskah: Menyayangi Setiap Mahluk Hidup

Anjing ini menitikkan airmata. Ia satu dari sekitar enampuluh ekor anjing yang pagi itu tiba di Jogja dari Pangandaran, Jawa Barat. Sejak berangkat tubuh mereka disekap dalam karung dan moncongnya dibebat erat rafia. Sebetulnya inilah akhir langkah mereka sebagai mahluk hidup. Karena mereka tidak akan pernah lagi mencecap makanan, sekalipun rempahan kerupuk, dan hanya minum dari guyuran air sungai atau tetesan hujan atas kebaikan sopir truk dan awaknya yang tidak akan membiarkannya menjadi bangkai di tengah perjalanan panjang. Mereka baru akan lepas dari bagor dan rafianya setelah melepas nyawa.

A dog is the only thing on earth that loves you more than you love yourself. Ucapan Josh Billings seorang penulis Amerika ini menunjukkan tugas anjing di bumi. Ia menjaga rumah kita. Ia menemani kita. Ia menyambut dan menyayangi kita dalam keadaan apapun. Ooh anjing itu mens best friend! seru fotografer senior Don Hasman beberapa hari silam. Anjing mahluk setia! Justru manusia yang sering tidak setia! Kata-kata Oom Don menggenapi ungkapan hati musisi Don Van Vliet, You can tell by the kindness of a dog how a human should be.

Anjing malang tadi menangisi dirinya dan teman-temannya. Tiba di tujuan mereka diturunkan dari truk dengan digajuli atau dilempar satu per satu seperti karungan sampah. Sebuah kamar pengap menyekap mereka. Tak ada makanan, tak ada air, tak ada gonggongan. Mereka hanya saling menatap dan mendengarkan tangis. Tangis diri mereka sendiri-sendiri. Karena suara yang tertahan di kerongkongan hanya akan terjun ke dalam, ke batin.

Mereka menangis sebab divonis tak berguna. Mereka akan memberikan lebih dari yang sudah pernah dilakukannya untuk manusia jika dianugerahi kesempatan. Tapi orang-orang di sekeliling mereka mengharap kalkulasi yang eksak: bathi, keuntungan. Itu sebabnya tak ada secuilpun makanan untuk mereka, karena akan mencuil laba.

Seusai order para pedagang sengsu penjagal akan mengeluarkan kelompok demi kelompok. Dan satu demi satu dihajar pukulan batang kayu tepat di kepala. Di hadapan teman-temannya yang menunggu hitungan. Entah mati entah pingsan penjagal dengan dingin memutuskan leher dan semangat hidupnya.

Ayam, kambing, dan sapi lebih beruntung karena Dinas Peternakan selalu memantau dan menjaga kondisinya sebelum diserahkannya tubuhnya untuk kebutuhan manusia. Sebagian orang yang bekerja untuk kebutuhan itupun masih mengucap syukur saat melakukan tugasnya. Bahkan ada yang mengelus punggungnya dan menepuk-nepuk kepalanya sebagai ungkapan terimakasih. Anjing-anjing ini dilibas dengan keji seolah mereka bukan ciptaan Tuhan.

Saya mohon dengan sangat bantuan dari Bapak Sultan untuk membantu menghentikan perdagangan ini. Dan harapan saya adalah Wilayah Yogyakarta akan menjadi wilayah yang bebas dari kekejaman ini. Apabila ada kata-kata yang kurang pantas saya mohon maaf sebelumnya. Terma kasih.

Bengcu Menggugat:

Peternakan anjing untuk konsumsi? Perdagangan anjing untuk konsumsi? Pemotongan anjing untuk dimakan? Angela menentangnya dengan alasan:

  1. Anjing diangkut dengan cara kejam.
  2. Anjing bukan hewan konsumsi umum.
  3. Anjing harus menjadi sahabat manusia, bukan hewan konsumsi.
  4. Peternakan dan perdagangan dan pemotongan anjing untuk konsumsi mendidik anak-anak menjadi kejam dan tidak sayang binatang.

Tentang kekejaman kepada anjing konsumsi, inilah yang diajarkan oleh Adam Herdanto yang notesnya di face book dikutip oleh Angela:

  1. Tubuhnya disekap dengan karung
  2. Moncongnya dibebat erat dengan rafia
  3. Tidak diberi makan
  4. Minum air hujan dan atau guyuran air sungai
  5. Diturunkan dari mobil dengan dilempar
  6. Disekap di kamar pengap
  7. Dibunuh dengan dipentung kepalanya
  8. Mati atau pingsan langsung dipenggal kepalanya

Anjing adalah binatang berkelompok yang hidup dengan sistem kasta kelompok. Anjing yang kastanya lebih tinggi berhak makan duluan dan tidur di tempat paling nyaman. Bagi seekor anjing, makluk asing hanya berarti MANGSA atau PEMANGSA. Mangsa akan dimusnahkan sementara pemangsa akan digertak agar menyingkir. Memangsa dan mengusir pemangsa, keduanya dilakukan dengan caya yang sama yaitu: Menggonggong, menggeram, menerjang, menggigit.

Apa tujuan membrongsong tubuh anjing dengan karung dan membrongsong mulutnya dengan tali? Agar anjing-anjing yang diangkut yang asing satu dengan lainnya tidak bertarung. Agar  angjing-anjing yang diangkut tidak menyerang supir dan kenek serta orang-orang yang menaikan dan menurunkannya dari angkutan.

Anjing tidak punya sel keringat itu sebabnya tidak bisa mendinginkan suhu tubuhnya dengan keringat. Apa yang terjadi dengan anjing yang kepanasan? Mati! Membrongsong tubuh anjing dengan karung dan membrongsong moncongnya dengan tali bertujuan untuk meredam aktivitas anjing yang bisa menaikan suhu badannya juga melindungi anjing dari serbuan suhu panas dari luar. Mengguyur anjing dengan air dilakukan untuk melindungi anjing dari serbuan  panas dari luar tubuhnya, bukan menyiksanya.

Bagaimana cara para pecinta anjing (dog lover) mengangkut anjingnya? Dengan menempatkan anjingnya ke dalam kandang kecil dan membrongsong anjing penakut yang mudah merasa terancam. Keduanya dilakukan untuk MEREDAM aktivitas anjing yang diangkut.

Faktanya membrongsong tubuh anjing dengan karung dan membrongsong moncongnya dengan rafia dilakukan untuk memberi kenyaman kepada anjing yang diangkut, bukan untuk menyiksanya.

Berapa banyak anjing yang mati atau terluka karena dilemparkan ke atas mobil? Berapa banyak anjing yang mati atau terluka karena dilemparkan dari atas mobil ke tanah? Tidak seekorpun. Kenapa demikian? Karena tubuh anjing mampu menahan perlakuan demikian. Apakah tindakan demikian membuat anjing kesakitan? Manusia mengaduh bila kesakitan. Anjing mengaing ketika kesakitan. Karena tidak ada anjing yang mengaing baik ketika diunggah ke atas mobil maupun diunduh dari atas mobil, itu berarti dilempar ke mobil dan dilempar ke tanah dari atas mobil bukan masalah bagi anjing yang bersangkutan. Tindakan demikian sama sekali tidak kejam.

Sama seperti manusia, anjing juga bisa mabok ketika naik angkutan darat maupun laut juga udara. Secara naluri anjing berak beberapa saat setelah makan. Itulah alasan anjing tidak diberi makan selama dalam perjalanan. Agar anjing tidak mabok dan tidak berak. Hal demikian dilakukan baik oleh pedagang anjing konsumsi maupun pecinta anjing. Tindakan demikian sama sekali  tidak kejam.

Anjing minum air hujan atau air sungai bahkan air selokan? Itu bukan masalah besar bagi anjing. Tindakan demikian sama sekali tidak kejam. Hanya Mereka nggak ngerti anjing yang menganggapnya kejam.

Tujuan mementung kepala anjing untuk membunuhnya adalah:

  1. Agar anjing MATI secepat mungkin. Konon, otak anjing yang kesakitan akan memproduksi hormon adrenalin untuk menahan sakit. Kandungan adrenalin yang tinggi dalam daging membuat rasanya kurang enak.
  2. Agar DARAH anjing utuh di dalam dagingnya. Konon anjing yang tidak menumpahkan darahnya lebih enak dagingnya.

Setelah dipentung anjing segera dipenggal kepalanya. Apa yang terjadi dengan anjing yang tidak mati akibat pukulan pentung saat tipenggal? Dia pun mati. Karena pingsan maka tidak merasa sakit sama sekali ketika kepalanya dipenggal.

Kisanak, faktanya, menyembelih anjing dengan pentungan dan memenggal kepalanya sama sekali tidak kejam. Keduanya dilakukan oleh para penjagal agar anjing tidak merasa SAKIT.

Menyekap anjing-anjing dagangan dalam kamar yang pengap? Coba perhatikan anjing-anjing dalam foto yang diunggah oleh Adam Herdanto untuk mendukung pernyataannya tentang betapa kejamnya menyekap anjing-anjing dalam kamar pengap. Apakah anjing-anjing tersebut menunjukkan ekpresi MENDERITA? Tidak! Apakah anjing-anjing tersebut meronta-ronta untuk melepaskan diri dari penderitaan? Tidak. Apakah anjing-anjing itu menggong-gong marah? Tidak! Apakah anjing-anjing itu melolong penuh derita? Tidak sama sekali. Nampak gamblang sekali, anjing-anjing tersebut merasa sangat nyaman dengan kondisinya masing-masing.

Adam Herdanto: Anjing malang tadi menangisi dirinya dan teman-temannya. Mereka menangis sebab divonis tak berguna. Mereka akan memberikan lebih dari yang sudah pernah dilakukannya untuk manusia jika dianugerahi kesempatan.

Setelah dipotong anjing-anjing itu memberi daging kepada manusia. Bila tidak dipotong, apa hal LEBIH yang akan diberikan anjing-anjing tersebut kepada manusia?

Anjing tidak pernah menjadi sahabat manusia. Ada anjing yang dibiakan untuk karya guna (working dog), ada anjing yang dibiakan untuk mainan (toys dog) namun jangan lupa, banyak anjing yang dibiakan untuk konsumsi. Ada sapi yang dibiakan untuk karapan sapi (olah raga) namun ada pula sapi yang dibiakan untuk konsumsi.

Seekor sapi jantan yang berdiri di depan gembalanya untuk menghadapi harimau yang menyerang sama sekali tidak terjadi karena sapi itu sahabat gembalanya. Itu hanya perilaku normal seekor sapi jantan ketika kelompoknya diserang makluk asing.

Seekor anjing yang tetap ke stasiun untuk menjemput tuannya yang sudah mati sama sekali tidak terjadi karena anjing itu adalah sahabat tuannya. Hal demikian terjadi karena anjing tersebut melakukan hal demikian secara naluri sebab sudah melakukan hal demikian selama bertahun-tahun. Seekor doberman yang sedang asyik bermain dengan seorang anak kecil lalu bertarung dengan seekor harimau yang memasuki wilayahnya sama sekali tidak melakukannya untuk membela anak kecil tersebut namun untuk menjaga TERITORIALNYA.

Meyakini anjing adalah sahabat terbaik manusia atas dasar kisah-kisah di atas? Lebai sekali! Terlalu! Nggak ngerti anjing sama sekali.

Angela Sutandar dan Adam Herdanto serta siapa saja, silahkan berjuang agar anjing tidak menjadi hewan konsumsi, namun lakukanlah dengan cara yang BENAR berdasarkan PENGETAHUAN dan INFORMASI yang benar.

FAKTANYA sebagian masyarakat Indonesia mengkonsumsi daging anjing. Itu sebabnya Pemerintah bertanggung jawab untuk menjamin agar masyarakat mendapat pasokan daging anjing yang SEHAT dan  dipotong dengan CARA yang baik.

Mendukung PETIRI Angela Sutandar? Tak U U ya!

13 thoughts on “Bengcu Menggugat PETISI Hentikan Perdagangan Anjing Konsumsi

  1. apa kata dunia kalau tidak ada SENGSU yang sedap itu… pak Haihai? bua ha ha ha ha ha
    saya dan kawan-kawan SEPAKAT UNTUK TIDAK SEPAKAT dengan Angela!!!
    Repot nanti kalau ada PENYAYANG AYAM, BABI, KODOK, dan BINATANG TERNAK lainnya menuntut PETISI SERUPA bua ha ha ha ha ha

  2. Saya heran lho, dengan Pak Bengcu ini. Ngaku doglovers dan memelihara anjing, tapi kok mendukung anjing sebagai konsumsi ? Jangan-jangan Pak Bengcu memelihara anjing memang untuk itu?
    Saya justru meragukan Pak Bengcu benar-benar memahami anjing.

    Anjing tidak punya kelenjar keringat ? SALAH.
    -> Anjing punya kelenjar keringat, di telapak kakinya. Kutip dari : http://www.psychologytoday.com/blog/canine-corner/201011/do-dogs-sweat
    A dog’s skin is quite different, which is why you have never seen a dog with sweaty underarms. Most of the dog’s sweat glands are located around its foot pads. That is why, when a dog is overheated, you will sometimes see a trail of wet footprints that he has left behind as he walked across the floor.
    Ah… Masa orang yang KATANYA sudah pelihara anjing puluhan tahun, tidak tahu hal ini ? Kalau hal begini saja, Anda tidak tahu, ya saya juga ragu dengan Anda.

    Kami semua tahu kalau anjing kepanasan itu terengah-engah, jadi terkadang kalau mentransportkan anjing dari satu tempat ke tempat lain, biasanya memang tidak dikasih air minum dan makan supaya tidak berak dijalan, dan moncong terkadang dibrongsong. Tapi itu tidak bisa jadi alasan untuk membenarkan perdagangan daging anjing.
    Lucu sekali Pak Bengcu bisa menyimpulkan kalau anjing-anjing tersebut merasa sangat nyaman dengan kondisinya masing-masing. Teman saya kirim anjing peliharaannya dari Aussie ke Jakarta. Dikasih kandang yang tidak sempit untuknya, empuk. Ditaruh di airport yang ber-AC. TIDAK DIIKAT. Tetap saja stres, tidak suka. Apalagi yang di gambar. Yang jauh dari nyaman. NYAMAN DARIMANA?

    Tidak pernah ada peraturan mengenai pembiakkan anjing sebagai hewan ternak. Saya tidak tahu di negara lain. Tapi di Indonesia, TIDAK. Jika memang anjing bisa diternakkan sebagai hewan konsumsi, seharusnya Dinas Peternakan memasukkan anjing sebagai hewan ternak donk?
    Direktorat Jenderal Peternakan & Kesehatan Hewan ( website : ditjennak.deptan.go.id/ ) melampirkan beberapa regulasi, terutama UU No. 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jika mau membaca secara lengkap, bisa didownload di website itu.
    Kutipan beberapa pasalnya :
    – BAB I KETENTUAN UMUM –
    Pasal 1
    ayat 4. Hewan peliharaan adalah hewan yang kehidupannya untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu.
    ayat 5. Ternak adalah hewan peliharaan yang produknya diperuntukan sebagai penghasil pangan, bahan baku industri, jasa, dan/atau hasil ikutannya yang terkait dengan pertanian.
    ayat 6. Satwa liar adalah semua binatang yang hidup di darat, air, dan/atau udara yang masih mempunyai sifat liar, baik yang hidup bebas maupun yang dipelihara oleh manusia.

    Penjelasan Pasal 61 Ayat (1) ada di bagian bawah.
    Yang dimaksud dengan “dagingnya diedarkan” adalah mendistribusikan daging untuk kepentingan komersial dan
    nonkomersial seperti pemberian bantuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.
    Huruf a) Yang dimaksud dengan “rumah potong” adalah suatu bangunan atau kompleks bangunan beserta peralatannya dengan desain yang memenuhi persyaratan sebagai tempat menyembelih hewan, antara lain, sapi, kerbau, kambing, domba, babi, dan unggas bagi konsumsi masyarakat.
    Keharusan memotong hewan di rumah potong dimaksudkan untuk mencegah zoonosis.

    TIDAK ADA ANJING di dalam kategori hewan yang dipotong supaya dagingnya diedarkan.
    Kalau faktanya sebagian masyarakat Indonesia mengkonsumsi daging anjing, bukan berarti lantas mengharuskan Pemerintah untuk melegalkan daging anjing sebagai anjing konsumsi. Itu masyarakatnya yang ngawur.
    KALAU MISALNYA sebagian masyarakat Indonesia ada yang mengkonsumsi tikus, apakah itu berarti tikus bisa jadi hewan ternak? Anda mau? Makan tikus? Kecoak? Anda mau berdalih lagi, bahwa anjing itu sama aja dengen hewan lain? Teorinya lalu mengapa kita juga tidak mengkonsumsi hamster? Sama-sama hewan peliharaan tuh. Kenapa satu dikonsumsi, yang lain tidak ? Mengapa kita tidak juga memakan cacing, kalajengking, semut, nyamuk, dll? Ini menunjukkan kalau memang tidak semua binatang layak untuk dikonsumsi untuk manusia. Atau jangan-jangan Pak Bengcu memang pemakan segala? Hiiii…..

    Sudahlah, saya capek debat panjang-panjang sama Anda. Bisanya cuma ngeles dan pakai pemahaman yang salah tapi ngeyel…

    • Kisanak, terima kasih linknya tentang sel keringat anjing yang letaknya di telapak kaki. Anggap saja hai hai nggak ngerti tentang hal demikian sebelum anda beritahu.

      Sebelum Indonesia merdeka bahkan sebelum dijajah Belanda, orang Batak sudah makan daging anjing. Demikian juga orang Menado. Selain makan daging anjing, orang Menado juga makan tikus dan kalelawar. Orang Tionghoa, suku Haka (khe) dan Khonghu juga makan daging anjing. Bahkan, daging anjing adalah salah satu hewan persembahan dalam sembahyang agama Tiongkok kuno.

      Saya pecinta ikan. Saya juga pecinta burung. Saya pecinta kelinci. Saya juga pecinta anjing. Namun, saya juga suka makan daging ikan, burung, kelinci dan anjing. Sejak kuliah, itu berarti tahun 1984, Saya selalu BERHARAP agar pemerintah IKUT campur MENJAMIN agar masyarakat mendapat PASUKAN daging anjing yang SEHAT. Sejak tahun 1984 pula saya mendorong masyarakat penggemar daging anjing agar tidak sembarangan potong anjing, namun beternak anjing khusus untuk konsumsi.

      Anda mau bicara tentang PERATURAN? Ha ha ha ha ha ha … KOSNISTENLAH! Tidak ada PERATURAN yang melarang orang Indonesia makan daging anjing. Jadi, untuk apa kebakaran jenggot karena sebagian masyarakat Indonesia makan daging anjing? Kalau anda menilai sistem pengangkutan anjing tidak BAIK, silahkan proteS sistem angkutannya saja. Tunjukkan SALAHNYA dan ajArkAN yang BENAR. Karena sistem angkutannya tidak baik maka TIDAK boleh makan daging anjing? TAK U U ya!

      Anda makan ikan? Anda makan daging ayam? Anda makan Bebek? Anda makan daging burung? Anda pernah lihat CARA mengangkut ayam? Anda pernah melihat cara mengangkut kambing, domba dan kerbau? Karena ada peraturannya ya? Ha ha ha ha ha …. bila demikian, BERJUANGLAH agar untuk daging anjing pun ada PERATURANNYA. ha ha ha ha …

      • Dulu dan sekarang saya memelihara anjing kampung, saat anjing terdahulu mati karena umur, saya sangat sedih karena saya merawatnya. Walau begitu, saya juga SUKA makan daging anjing, dan perasaan sayang saya pada anjing saya tidak mengurangi hasrat saya makan daging anjing, dan sebaliknya.
        Anjing bukan manusia, mereka tetap hewan. Sayangilah apa adanya, jangan terlalu lebay sampai menganggap budaya makan anjing adalah kejahatan. Jika anda breeder perjuangkanlah hak-hak kepemilikan anjing. Namun juga perjuangkan adanya peternakan anjing khusus untuk konsumsi.

        Wah jadi lapar nich!!! Bua ha ha ha ha

  3. daftar tunggu bengcu menggugat
    1. motivator tung dw mario teguh dkk
    2. ESQ trainer dan sejenisnya
    3. trainer property machine kaya lewat property main saham valas dsb.
    4. master kartu kredit roy shakti dkk
    5. pengobatan alternatif pijat totok divine kretek sinse sari alam herbal dkk
    6. reiki chakra healing taich cikungdan sejenis
    7.teori konspirasi da vinci code dsb
    8. teori alien nenek moyang dsb
    9. cara mudah membesarkan penis kuat tahan lama
    10.OCD diet
    ditunggu tanggal mainnya

  4. bengcu pukimak aku sumpahin anak kau dibunuh sama anjing diterkam manusia jahanam kau bengcu gak berprikemanusiaan jahanam bangsat kusumpai kau benar” kusumpahi kau

  5. dari cara menulis si bengcu ini jelas manusia tamak atau dendam karena pernah digigit anjing
    cuma 2 alasan yang memperbolehkan manusia menyantap daging yang tidak umum :
    1. pengobatan
    2. tidak ada lagi yang bisa dimakan di daerah tersebut karena berbagai alasan (bencana alam, perang, dll)
    selebihnya adalah faktor keserakahan manusia yang tidak pernah puas
    seperti pepatah agama apa yang disantap manusia itulah yang mencerminkan dirinya

    • Bagi orang BAtak dan orang Menado anjing adalah daging yang umum. Bagi orang Tionghoa Anjing adalah daging umum bahkan untuk sembahyang. Ha ha ha ha Bagi orang India SAPI dan KERBAU adalah daging nggak UMUM. Bagi orang Islam BABI adalah daging nggak umum. Ha ha ha ha ha ha …. MIKIR dong MIKIR sebelum ngejeblak.

      • Saya luruskan pernyataan anda :
        1. Bung bengcu, saya adalah orang tionghoa dari generasi kakek nenek yang asli toto kelahiran tiongkok sana sampai sekarang tidak ada cerita orang tionghoa menjadikan daging anjing sebagai menu makan, begitu juga dengan teman-teman ane (kalaupun ada itu bisa dihitung dengan jari)
        Anjing adalah daging umum untuk sembahyang ??? saya katakan ngawur…..ada tiga jenis daging yang boleh untuk sembahyang yaitu daging babi/sapi (mewakili darat), ayam/unggas (mewakili udara), & ikan (mewakili air)
        Bahkan sebagian sudah menggunakan buah sebagai media untuk sembahyang
        Kalaupun ada orang tionghoa yang konsumsi dogy, contoh singkawang adalah sebagian kecil tidak bisa digeneralisir bahwa orang tionghoa pemakan dogy (kalau mau tau itu juga sudah dikecam kanan kiri)
        2. Saya setuju bahwa manusia adalah ciptaan paling mulia Yang Maha Kuasa, dan anjing tetapi hewan
        Tetapi manusia memilikki akal budi bisa bedakan mana yang layak konsumsi mana yang tidak boleh, begitu juga anjing punya kodrat bukan sebagai konsumsi manusia
        Sharing dengan teman saya yang islam tidak hanya babi, bahkan hewan melata, hewan bertaring, hewan hidup di 2 alam dilarang untuk konsumsi, ini jelas bukti dari teman saya yang muslim begitu hati2 untuk memilih mana yang layak konsumsi
        Bagaimana mungkin Bung Bengcu dengan percaya diri mengatakan anjing boleh dikonsumsi?
        3. Anda boleh bangga sebagai pelatih anjing 25 thn tapi itu berdasarkan duit semata (bandingkan dengan bule bule pecinta hewan yang datang ke indonesia, mereka begitu care dengan hal-hal semacam ini)
        Ibu saya saja bisa menangis ketika KIMBA (anjing labrador peliharaan kami) mati tua, buka hati nuranimu bung !!!
        4. Anjing tidak akan mati atau sakit ketika dilempar ke atas mobil? ngawur…..anjing memilikki sistem saraf dan bertulang belakang, mereka sama seperti kita (baca lagi buku IPA)
        Mereka bisa merasa sakit, merasa kelaparan, merasa sedih bahkan sakit saat dipentung & disembelih tukang jagal
        5. Pernyataan anda : “Seekor doberman yang sedang asyik bermain dengan seorang anak kecil lalu bertarung dengan seekor harimau yang memasuki wilayahnya sama sekali tidak melakukannya untuk membela anak kecil tersebut namun untuk menjaga TERITORIALNYA” jawaban anda nol besar…..bagaimana dengan kisah anjing kecil yang bertarung dengan anjing liar sampai mati untuk melindungi majikannya di sebuah taman di negara bagian AS? apakah anjing itu berada di area teritorialnya? Tidak…manusia normal sudah tentu menghindari lawan yang lebih besar
        Bagaimana dengan anjing yang menjaga jenazah majikannya di jalan akibat serangan jantung? apakah anjing itu berada di area teritorialnya? (real story ada di on the spot)

        Percayalah bila sifat “rakus” saudara tidak dihilangkan akan selalu mencari pembenaran
        Pada akhirnya itu terserah pada prinsip masing-masing individu, bila bung bengcu mau menghidangkan semangkuk sup anjing untuk anak istri sekeluarga

        Regards,

        Henky

        • Saudara Henky, orang TOLOL seperti anda selalu menyangka dirinya paling PINTER. Itu sebabnya orang-orang TOLOL seperti anda selalu menyebalkan. Kalau anda mau PINTER dan BERPENGETAHUAN sebaiknya BELAJAR baik-baik bukannya BERLAGAK berpengetahuan. Kakek nenek anda datang dari Tiongkok? Mereka pasti MISKIN sekali dan hidup di kampung itu sebabnya nggak PERNAH MAMPU makan daging anjing. Ha ha ha ha …..

          25 tahun lebih melatih anjing dan mempelajari anjing. Dan saya tidak melakukannya untuk MENCARI DUIT namun untuk SENANg-SENANG alias HOBBY. Kaluarga kami cukup KAYA untuk mampu memelihara puluhan ANJING RAS lho. Saya sudah berpengalaman menghadai RATUSAN anjing dari berbagai RASA dan melatih 100 ekor anjing lebih. Ha ha ha ha ha ha … jadi, kisanak, jangan TOLOL. Ada anjing yang dipiara untuk KONSUMSI ada anjing yang dipiara untuk karya guna. Anda baru piara satu dua ekor anjing sudah MERASA diri jagoan anjing? ha ha ha ha …. Anda baru baca satu 2 kisah anjing sudah merasa PAKAR anjing? ha ha ha ha ….

          Kalau anda mau TAHU benarkah orang Tionghoa makan daging anjing dan mempersembahkan daging Anjing dalam sembahyang kepada Tian, pergilah kepada orang-orang Khonghucu dan minta izinlah untuk membaca KITAB suci mereka yang namanya LIJI. Lalu bacalah kitab Yueling, khususnya tentang musim GUGUR. Di situ tercatat kisah raja makan daging anjing dan mempersembahkan daging anjing dalam sembahyang She dan sembahyang di kuil leluhur.

          Kisanak, kalau anda mau dihormati oleh bengcu, berperilakulah TERHORMAT, jangan BERLAGAK sok tahu dan sok hormat. ha ha ha ha …

        • Halo Pak Henky dan Pak Bengcu, maaf saya ikutan nimbrung nih… Saya sih ingin menanyakan pada Pak Henky, untuk poin nomor 2 Bapak. Anda bilang “tapi manusia memilikki akal budi bisa bedakan mana yang layak konsumsi mana yang tidak boleh, begitu juga anjing punya kodrat bukan sebagai konsumsi manusia”. Nah untuk informasi Anda saja, di India, orang2 tidak makan daging sapi karena sapi dianggap suci, di daerah Pegunungan Andes orang2 pribumi Amerika Selatan bahkan makan guinea pig. Jadi pertanyaan saya, Bapak menganggap anjing tak layak dikonsumsi karena akal budi manusia, manusia yang mana nih Pak? Karena tiap manusia, beda akal pikiran, beda juga kebudayaanya pula…

          Dan Anda mesti bedakan dengan saudara kita di Islam; kalau mereka memang JELAS SUDAH TERTULIS bahwa hewan2 tersebut memang DILARANG dikonsumsi, berarti karena alasan agama, ya toh? Nah setahu saya anjing tidak dilarang untuk dikonsumsi di agama apapun (kecuali Yahudi, maaf saya baru inget).

          Jadi ya, menurut Anda, anjing layak dikonsumsi. Sorry to say, saya anggap Anda masih kurang memiliki pengetahuan umum untuk memahami tiap perbedaan kebudayaan manusia. Cheers~

          • Saya orang Tionghoa, sejak purbakala nenek moyang saya makan anjing. itu sebabnya sejak lama saya MENDUKUNG agar diadakan PETERNAKAN Anjing agar kualitas DAGING anjing TERJAGA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s