Roh Teritorial Adalah Omong Kosong


Gambar: cultural-china.com

Ajaran sesat adalah ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab yang diajarkan sebagai ajaran Alkitab. Generasi ini bukan hanya mewarisi kesesatan generasi sebelumnya namun menambahinya dengan kesesatan baru, itu sebabnya dari generasi ke generasi kesesatannya semakin bertambah. Kata Ibrani SAIYR artinya kambing jantan alias BANDOT. Pada tahun 1969 penerjemah Alkitab Ende MENAFSIRKAN kata SAIYR menjadi PUAKA, artinya demit alias hantu penunggu. Tahun 1954 penerjemah LAI menafsirkannya menjadi syaitan alias setan yaitu roh jahat yang selalu menggoda manusia untuk berlaku jahat. Pada tahun 1974 penerjemah LAI menafsirkannya menjadi JIN yaitu makhluk halus yangg diciptakan Allah dari api. Apa dampak ayat-ayat Alkitab yang berisi kata JIN pada generasi ini?

Memberanikan diri bertanya, Dalam blognya yang berjudul “Apakah Orang Kristen Percaya Jin?” di Jawaban.com JP Simamora menulis:

Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala. 1 Yohanes 5 : 21

Apakah orang Kristen percaya Jin? Atau seperti apakah pandangan kekristenan terhadap Jin?

Bagi orang Kristen jin itu setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial. Jin bukanlah seperti yang diceritakan oleh dongeng 1001 malam ala Aladin. Dan pantangan besar atau haram bagi manusia bersekutu atau main-main atau coba-coba mengenal atau gaul dengan jin-jin.

Kekristenan atau Alkitab dengan tegas menyatakan bahwa jin itu setan seperti yang dimaksudkan dalam Imamat 17:7, II Tawarikh 11:15, dan Yesaya 13:21. Menurut ayat-ayat tersebut setan jenis ini tinggal di padang gurun dan berhasil menipu serta mengintimidasi bangsa-bangsa sehingga mereka takut, takluk dan mempersembahkan hewan atau melakukan ritual penghormatan kepada jin-jin.

Namun orang Kristen sejati tidak boleh takluk kepada mereka sama seperti kebanyakan orang yang takluk dan bergaul dengan setan-setan tersebut. Lagi pula para nabi tidak pernah bergantung dan bergaul kepada malaikat apalagi pada jin-jin. Kalau pun para nabi pernah dikunjungi malaikat tapi para nabi maupun orang-orang kudus tidak pernah berdoa kepada malaikat.

Salah satu tipu muslihat iblis yang cukup ampuh adalah membohongi manusia tentang hal-hal mistik dan gaib termasuk tentang mahluk jin. Iblis berhasil menipu manusia sehingga manusia bergaul dan takluk kepada jin-jin. Bahkan tidak sedikit manusia melakukan ritual penyembahan dan mengikatkan diri pada jin-jin.

Hal ini ternyata pernah dilakukan juga oleh beberapa orang Israel yang dipimpin Musa. Mereka salah mengartikan apa yang diperintahkan TUHAN mengenai korban persembahan sehingga mereka mempersembahkan korban kepada jin-jin. Karena itu TUHAN melarang keras mereka bergaul dan takluk kepada jin-jin (Imamat 17:7). Alkitab mengatakan orang yang bergaul, takluk dan menyembah jin-jin sama dengan berzinah.

Tahukah anda bahwa bahasa Ibrani jin-jin adalah ryes sa`iyr atau res sa`ir  (pengucapan: saw-eer’ saw-eer’) yang artinya adalah setan-setan yang dilambangkan dengan kambing jantan yang berbulu dan identik dengan sesuatu yang cabul.

Ada ayat lain yang menulis tentang jin atau jin-jin. Ayat tersebut adalah Yesaya 34:12-14 dan Yesaya 13:21. Ayat ini berbicara mengenai daerah yang sudah hancur atau terhukum oleh Allah karena banyak dari umat TUHAN terus menerus hidup dalam penyembahan berhala sehingga daerah atau kota tersebut menjadi sunyi sepi dan sarang dari setan-setan (jin) yang digambarkan dengan hewan-hewan liar seperti burung gagak, dan burung hantu.

Dalam Tuhan Yesus tidak ada lagi hukuman dan larangan pada hal-hal yang bersifat lahiriah seperti tidak boleh makan ini dan tidak boleh ke tempat itu. Namun Tuhan Yesus sangat tidak toleransi terhadap okultisme (sihir, perdukunan, paranormal, tenung, ramalan, kebatinan, tenaga dalam, hal-hal gaib, bergaul pada jin atau malaikat), penyembahan berhala, percabulan, kemunafikan serta kebencian.

Bengcu Menggugat:

Kerabatku sekalian, JP Simamora penulis blog “Apakah Orang Kristen Percaya Jin?” adalah seorang PEMBUAL yang MENIPU generasi ini dengan memelintir fakta ayat-ayat Alkitab yang dikutipnya. Inilah BUKTI-BUKTI penipuannya:

Tidak Ada Roh Teritorial Di Alkitab

JP Simamora: Bagi orang Kristen jin itu setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial.

Alkitab adaha sumber pustaka dan standar kebenaran ajaran Kristen. Tidak ada SATU ayat Alkitab pun yang mencatat kisah JIN alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial.

Untuk memahami sebuah puisi, tidak boleh hanya mengutip kata-kata. Itu akan merusak makna kalimat. Tidak boleh hanya mengutip kalimat-kalimat. Itu akan  merusak makna puisi. Merenungkannya dengan hati jernih untuk memahami maknanya, itulah yang benar. Ini sebuah contoh bila hanya mengutip kata-kata. Dalam puisi Yunhan tertulis, “Penduduk negeri Zhou, tak seorang pun tertinggal.” Hanya mengutip kata-kata berarti percaya, di negeri Zhou sudah tidak ada manusia sama sekali. Mengzi VA:4:2 – Wanzhang

Tidak ada JIN di Imamat 17:7

JP Simamora: Kekristenan atau Alkitab dengan tegas menyatakan bahwa jin itu setan seperti yang dimaksudkan dalam Imamat 17:7, II Tawarikh 11:15, dan Yesaya 13:21. Menurut ayat-ayat tersebut setan jenis ini tinggal di padang gurun dan berhasil menipu serta mengintimidasi bangsa-bangsa sehingga mereka takut, takluk dan mempersembahkan hewan atau melakukan ritual penghormatan kepada jin-jin.

Maksudnya supaya orang Israel membawa korban sembelihan mereka, yang biasa dipersembahkan mereka di padang, kepada TUHAN ke pintu Kemah Pertemuan dengan menyerahkannya kepada imam, untuk dipersembahkan kepada TUHAN sebagai korban keselamatan. Imamat 17:5

Imam harus menyiramkan darahnya pada mezbah TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan dan membakar lemaknya menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN. Imamat 17:6

Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin (saiyr), sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun. Imamat 17:7

Imamat 17:7 tidak bicara tentang jin alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial namun melarang bangsa Israel menyembah BERHALA yang berbentuk KAMBING JANTAN. SAIYR artinya kambing jantan alias domba jantan alias BANDOT.

Tidak ada JIN di 2 Tawarikh 11:15

Sebab orang Lewi meninggalkan tanah penggembalaan dan milik mereka, lalu pergi ke Yehuda dan Yerusalem, oleh karena Yerobeam dan anak-anaknya melarang mereka memegang jabatan imam TUHAN, 2 Tawarikh 11:14

dan mengangkat bagi dirinya imam-imam untuk bukit-bukit pengorbanan untuk jin-jin (saiyr) dan untuk anak-anak lembu jantan (egel) yang dibuatnya. 2 Tawarikh 11:15

2 Tawarikh 11:15 tidak bicara tentang jin alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial namun bercerita tentang raja Yerobeam menyembah BERHALA yang berbentuk kambing jantan dan anak lembu jantan.

Tidak Ada JIN Di Yesaya 13:21

Ucapan ilahi terhadap Babel yang dinyatakan kepada Yesaya bin Amos. Yesaya 13:1

tidak ada penduduk untuk seterusnya, dan tidak ada penghuni turun-temurun; orang Arab tidak akan berkemah di sana, dan gembala-gembala tidak akan membiarkan hewannya berbaring di sana; Yesaya 13:20

tetapi yang akan berbaring di sana ialah binatang gurun, dan rumah-rumah mereka akan penuh dengan burung hantu; burung-burung unta akan diam di sana, dan jin-jin (saiyr) akan melompat-lompat; Yesaya 13:21

Yesaya 13:21 tidak bicara tentang jin alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial namun tentang  negeri BABEL yang akan menjadi SEPI karena TIDAK ditinggali manusia dan TIDAK dikunjungi manusia itu SEBABNYA rumah-rumah mereka akan DITINGGALI oleh binatang-binatang liar misalnya burung hantu dan burung-burung unta bahkan KAMBING JANTAN (bukan jin alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial) akan MELOMPAT-lompat.

Tidak Ada JIN Di Yesaya 34:12-14

Siang dan malam negeri itu tidak akan padam-padam, asapnya naik untuk selama-lamanya. Negeri itu akan menjadi reruntuhan turun-temurun, tidak ada orang yang melintasinya untuk seterusnya. Yesaya 34:10

Burung undan dan landak akan mendudukinya, burung hantu dan burung gagak akan tinggal di dalamnya. TUHAN menjadikannya campur baur dan kosong tepat menurut rencana-Nya. Yesaya 34:11

Jin-jin (saiyr) akan diam di dalamnya, dan para pemukanya akan tidak ada lagi; tidak ada lagi di sana yang dimaklumkan sebagai raja, dan semua pemimpinnya sudah lenyap. Yesaya 34:12

Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin (saiyr) bertemu dengan temannya; hantu malam (liyliyth) saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian. Yesaya 34:14

Yesaya 34:12-14 tidak bicara tentang jin alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial, namun tentang Edom yang akan ditinggalkan oleh penghuninya sehingga menjadi belantara yang ditinggali binatang liar misalnya: Kambing jantan (saiyr) alias bandot, burung undan (belibis), landak, burung hantu, burung gagak, anjing hutan (serigala) dan liyliyth (binatang malam).

Tidak Ada JIN Yang Menipu

JP Simamora: Menurut ayat-ayat tersebut setan jenis ini tinggal di padang gurun dan berhasil menipu serta mengintimidasi bangsa-bangsa sehingga mereka takut, takluk dan mempersembahkan hewan atau melakukan ritual penghormatan kepada jin-jin.

Kerabatku sekalian, nampak GAMBLANG sekali bahwa JP Simamora adalah seorang PEMBUAL yang sedang MENIPU dengan MEMUTARBALIK ayat-ayat Alkitab.

1 Yohanes 5:21 menyuruh untuk WASPADA terhadap BERHALA bukan terhadap JIN alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial.

Imamat 17:7, 2I Tawarikh 11:15 dan Yesaya 13: tidak mencatat kisah JIN alias setan atau roh-roh jahat yang menguasai suatu daerah atau teritorial yang TINGGAL di padang gurun.

Tidak ada JIN alias setan atau roh-roh jahat yang berhasil menipu serta mengintimidasi bangsa-bangsa sehingga mereka takut, takluk dan mempersembahkan hewan atau melakukan ritual penghormatan tercatat di dalam Imamat 17:7, 2I Tawarikh 11:15 dan Yesaya 13:21

Tidak ada JIN alias setan atau roh-roh jahat yang MENIPU.

Tidak ada JIN alias setan atau roh-roh jahat yang MENGINTIMIDASI.

SAIYR Bukan JIN

JP Simamora: Tahukah anda bahwa bahasa Ibrani jin-jin adalah ryes sa`iyr atau res sa`ir  (pengucapan: saw-eer’ saw-eer’) yang artinya adalah setan-setan yang dilambangkan dengan kambing jantan yang berbulu dan identik dengan sesuatu yang cabul.

Kata Ibrani SAIYR artinya kambing jantan alias BANDOT. Tidak ada ayat Alkitab yang mencatat SAIYR artinya setan-setan yang dilambangkan dengan kambing jantan yang berbulu dan identik dengan sesuatu yang cabul.

Alkitab tidak mengajarkan kambing jantan yang BERBULU identik dengan sesuatu yang CABUL.

Tidak ada ayat Alkitab yang mengajarkan tentang setan-setan yang dilambangkan dengan kambing jantan.

Tidak Ada Tipuan Iblis

JP Simamora: Salah satu tipu muslihat iblis yang cukup ampuh adalah membohongi manusia tentang hal-hal mistik dan gaib termasuk tentang mahluk jin. Iblis berhasil menipu manusia sehingga manusia bergaul dan takluk kepada jin-jin. Bahkan tidak sedikit manusia melakukan ritual penyembahan dan mengikatkan diri pada jin-jin.

Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; Ibrani 2:14

Handai taulanku sekalian, tidak ada satu ayat Alkitab pun baik Perjanjian Lama maupun di Perjanjian Baru yang mencatat kisah Iblis membohongi manusia tentang hal-hal mistik dan gaib termasuk tentang mahluk jin. Juga tidak ada ayat Alkitab yang mencatat kisah Iblis berhasil menipu manusia sehingga manusia bergaul dan takluk kepada jin-jin. Bahkan Ibrani 2:14 mencatat bahwa Iblis SUDAH dimusnahkan oleh kematian Yesus.

Kesimpulan

Kerabatku sekalian, ajaran tentang roh teritorial adalah omong kosong. Alkitab tidak mengajarkan hal demikian. Ajaran Iblis siang malam menggoda manusia untuk menyembahnya dan menjahati manusia adalah pepesan kosong. Alkitab juga tidak mengajarkan hal demikian, bahkan Alkitab menyatakan Iblis sudah dimusnahkan oleh kematian Yesus. Ajaran tentang karunia melihat Iblis dan setan-setan adalah pepesan kosong. Alkitab tidak mencatat tentang hal demikian.

Bila demikian, bagaimana dengan orang-orang jujur yang bersaksi melihat roh-roh halus?

Bayangan. Coba anda perhatikan baik-baik film bayangan tangan tersebut di atas. Banyak orang menyangka dirinya melihat hantu padahal hanya bayangan belaka. Itu sebabnya orang-orang jujur yang mengaku melihat hantu selalu bilang wajah hantunya tidak kelihatan jelas.

Kemampuan mengkhayal manusia luar biasa. Manusia Apa yang dilakukan oleh para pecandu mastubari baik lelaki maupun perempuan sambil masturbasi? Mengkhayal. Meskipun hanya khyalan namun imajinasinya sangat nyata bukan? Anda ingin sekali punya kemampuan melihat makluk-makluk roh. Seorang pengkotbah arwah lalu mengajari anda berdoa dan merindukan karunia melihat roh. Anda pun mulai mengerahkan kemampuan anda untuk merasakan dan melihat kehadiran roh. Mengerahkan kemampuan untuk melihat dan merasakan kehadiran roh langsung MEMICU dan MEMACU anda untuk MENGKHAYAL melihat makluk Roh. Semakin sering anda berlatih maka semakin nyata pula KHAYALAN anda. Anda bahkan MAMPU ngobrol dengan roh yang anda lihat itu.

Halusinasi adalah pengalaman indra tanpa perangsang pada alat indra yang bersangkutan. Halusinasi adalah penyakit jiwa.

Saya punya teman yang bersaksi anaknya punya kemampuan melihat makluk halus. Menurutnya, anaknya mengaku melihat hantu di dekat pagar rumah. Hantu itu seorang perempuan berpakaian putih dengan rambut panjang dan mata menatap sedih sekali. Kulitnya putih.

Anaknya tidak pernah keluar rumah dan bargaul dengan penduduk kampung. Juga tidak pernah berinteraksi dengan satpam penjaga perumahan itu. Suatu hari satpam tua itu bercerita kepadanya bahwa tanah perumahan itu dulunya milik seorang Tionghoa. Perempuan Tionghoa itu lalu dibunuh oleh tentara Belanda karena ketahuan bahwa dia adalah seorang mata-mata. Kejadiannya bukan pada zaman perang kemerdekaan, namun dahulu kala. Arwah perempuan penasaran itu sering menampakkan diri di perumahan tersebut. Rambutnya panjang, wajahnya pucat pasi dan pakaiannya panjang, putih.

Menurut teman saya, kesaksian Satpam tua dan kesaksian anaknya saling menunjang. Itulah bukti bahwa keduanya memang melihat hantu dan itulah bukti bahwa hantu itu ada. Mustahil dua orang yang tidak saling berinteraksi bersaksi untuk hal yang sama.

Saya lalu memberitahu teman saya tentang hantu-hantu yang muncul di sinetron dan  film-film Indonesia. Semuanya pakai daster atau longdres putih. Rambutnya panjang, kulitnya pucat dan matanya sembab sedih sekali. Sejak purbakala, sampai awal jaman kemerdekaan, perempuan Tionghoa toto pakai pakaian Tionghoa. Perempuan Tionghoa yang kaya dan atau berpendidikan selalu pakai kebaya encim. Tidak ada orang Tionghoa yang pakai daster putih. Juga tidak ada perempuan Tionghoa. Hantu yang diceritakan oleh anaknya dan satpam itu benar-benar mirip dengan hantu perempuan dalam sinetron dan film Indonesia.

Orang kampung saya di Medan banyak yang bersaksi pernah melihat datuk. Wujudnya seorang berambut panjang dan berjenggot panjang mamakai baju hitam dan celana tiga perempat tiang kakinya. Datuk itu adalah penjaga kampung kami. Mereka bilang datuk itu seorang pangeran Jawa yang diwaktu hidupnya sakti mandra guna. Saya cuman ngakak mendengar semua kesaksian mereka sebab seorang pangeran Jawa bila tidak pakai baju lurik pasti pakai baju batik. Pangeran Jawa pakai surjan, tidak pakai baju hitam seperti yang biasa dipakai tukang sate Madura. Pangeran Jawa pakai sarung batik. Pangeran Jawa tidak pakai celana tiga perempat berwarna hitam. Pangeran Jawa pakai terompah alias pakai selop, tidak pakai sendal jepit kulit. Yang kalian ceritakan itu bukan pangeran Jawa namun dukun sakti di dalam film-film Indonesia tahun 60-70 an.

16 thoughts on “Roh Teritorial Adalah Omong Kosong

  1. “sa’iyr” muncul 58x di PL. KJV menterjemahkannya 2x menjadi “devil”, 2x ditransliterasikan dan sisanya jadi “kambing” atau sejenisnya. Lucunya di PB KJV pakai kata “devil” (diabolos) dengan pengertian akan person yang sama dengan person yang menyandang gelar “satan”. Sangat rancu sekali terjemahan KJV kalau tidak diselidiki kata2 aslinya. Dalam hal ini tentunya 2 ayat yang mengandung kata “sa’iyr” tersebut.

    • Pada mulanya orang-orang belajar bahasa Ibrani lalu Yunani untuk bisa membaca Alkitab. Ketika Alkitab diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa asing, kebanyakan tidak LANGSUNG menerjemahkannya dari bahasa asli namun dari Alkitab BAHASA ibunya. Misalnya. Alkitab yang diterjemahkan ke bahasa Melayu bukan Bahasa Yunani namun bahasa Belanda. Yang menerjemahkan adalah seorang PEDAGANG, bukan PAKAR bahasa Yunani. Apa yang terjadi ketika LAI menerjemahkan Alkitab dari BAHASA Asli? Kebanyakan tidak melakukanny dengan BAIK karena MENJADIKAN terjemahan SEBELUMNYA sebagai ACUAN. Juga menggunakan Terjemahan bahasa lain sebagai PEMBANDING. Di samping itu, para penerjemah itu juga SUDAH kenyang di doktrin setiap minggu di gereja sebelum dirinya menajdi pakar. Itu sebabnya TIDAK berani SEMBARANGAN menyatakan KEBENARAN bahkan TIDK berani BENAR karena doktrinnya tidak boleh dilanggar.

      Kenapa pLAI menerjemahkan sa’iyr yang diterjemahan lama diterjemahkan sebagai SYAITAN (setan)? Kata Ibrani SATAN sudah diterjemahkan menjadi Iblis. Lucunya jadinya bila sa’iyr diterjemahkan jadi setan. juga kata Yunani Daimonion sudah diterjemahkan menjadi setan. Itu sebabnya mereka lalu pilih JIN. Kenapa tidak gunakan kata HANTU? Karena HANTU malam sudah dipakai untuk menerjemahkan kata Ibrani (liyliyth).

      Kenapa tidak diterjemahkan apa adanya saja? Karena Alkitab terjemahan bahasa Inggris tidak menerjemahkannya apa adanya namun menerjemahkannya menjadi demos, evil dan sebangsanya. Akhirnya dipilihlah kata JIN. Pda tahun 70 an kata JIN memang sedang sangat populer. Pada saat itu ada Jin Kartubi yang bisa kelar dari pisa si Maza (komik) ada Aladin yang punya Jin . Ada film amerika tentang Jin perempuan yang keluar dari botol. Itu sebabnya Alkitab terjemahan Baru yang terbit tahun 1974 memakai kata JIN.

      • Usulan buat ko Bengcu… ini saya baru dengar saja tapi belum selidiki sendiri. Kita tahu dalam Yohanes 3 ada percakapan Yesus dengan Nikodemus. Kira2 dua orang Yahudi bercakap2 dengan bahasa apa, tentunya bahasa Ibrani atau Aramaik bukan? Dalam cerita tersebut Yesus berkata tentang ‘lahir baru’ yang kemudian tidak dimengerti Nikodemus. Apabila cerita ini dibaca dalam bahasa Yunani (bukan Ibrani) maka semua akan make sense apabila Nikodemus salah mengerti karena kata ‘lahir baru’ dalam bahasa Yunani memang berarti ganda, ‘lahir dari rahim kembali’ atau ‘lahir dari atas’. Tapi sekali lagi, ini saya baru dengar belum saya cek lagi.. tapi mungkin menarik untuk diulas/diselidiki.

        • Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali (anothen), ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Yohanes 3:3

          Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan DI ATAS (anothen), ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Yohanes 3:3 – Terjemahan lebih baik.

          Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali (deuteros) ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” Yohanes 3:4

          Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari OLEH (ek) air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yohanes 3:5 – Terjemahan lebih baik

          Kitab Yohanes ditulis dalam bahasa Yunani. Itulah yang kita miliki saat ini. Saat itu Yesus ngobrol pakai bahasa Apa? kita tidak tahu. Bila harus MENAFSIRKAN maka saya tafsirkan Yesus dan Nikodemus ngobrol pake bahasa hokkien. Ha ha ha ha …

          Kata Yunani anothen digunakan 13 kali di Perjanjian Baru. 5 kali diterjemahkan sebagai DARI ATAS. tiga kali diterjemahkan sebagai ATAS dan 2 kali diterjemahkan sebagai KEMBALI. 3 kali tidak diterjemahkan yaitu di Galatia 4:9, Kisah Para Rasul 26:5 dan Lukas 1:3.

          Semua yang belajar bahasa Yunani pasti TAHU kalau kata Yunani ANITHEN artinya ATAS dan mustahil di-TAFSIRKAN sebagai KEMBALI alias LAGI alias SEKALI lagi alias AGAIN. Kata Yunani untuk KEMBALI alias LAGI alias sekali lagi alias AGAIN adalah DEUTEROS.

          Saya sering berkata, “MATI di dunia LAHIR di sorga.” Sebetulnya yang saya katakan itu adalah yang Yesus katakan ketika ngobrol dengan Nikodemus. Dan ketika bertanya Nikodemus tidak salah paham.

          Terima kasih informasinya. Kitab Yohanes memang menarik. Sesungguhnya keempat kitab Injil benar-benar menarik karena masih banyak hal darinya yang belum dipahami oleh umat Kristen.

  2. ko hai2, numpang nanya. .. msh seputaran kambing. ..
    Imamat 16:8-10 dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.
    Lalu Harun harus mempersembahkan kambing jantan yang kena undi bagi TUHAN itu dan mengolahnya sebagai korban penghapus dosa.
    Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.
    ngomong2 azazel itu siapa ya? klo d wikipedia ditafsir sbgai iblis kepala kambing hehehehe
    thanks

    • umat Islam dan Kristen RIBUT tentang SIAPA yang dikorbankan oleh Abraham. Umat Islam bilang yang dikorbankan adalah Ismael sedangkan umat Kristen bilang yang dikorbankan adalah Ishak. Alkitab mencatat, baik Ismael maupun Ishak, keduanya sama-sama dikorbankan. Ismael dikorbankan bagi AZAZEL dengan dilepas ke padang Gurun. Ishak dikorbankan dengan DISEMBELIH di atas Mezbah. Siapakah AZAZEL? Siapa yang bilang ke Abraham nggak apa-apa menyuruh Hagar dan Ismael pergi? ELOHIYM. Malaikat Elohiym pula yang menyelamatkan Hagar dan Ismael di Padang. siapa yang menyuruh Abraham mengorbankan Ishak di atas mesbah? YHWH. siapa yang menyelamatkan Ishak? Malaikat YHWH.

      Nampaknya, perintah memberi korban kepada YHWH dan Azazel diadakan untuk MENGENANG kisah pengorbnan Ismael dan Ishak oleh Abraham.

    • Kisanak, belajar alkiab bukan bukan belajar pilihan ganda. anda harus belajar baik-baik kalau mau paham. Kalu nggak mau ya sudah. kalau mau tunggu hai hai ajarin? ha ha ha ha … tunggu saja dech. Siapa tahu suatu saat nanti saya menulis tentang Azazel? ha ha ha

  3. Krn tdk tahu dan tdk mengerti apalagi paham, maka sy bertanya. Supaya agak paham dan bisa mencerna tulisan tulisan bpk. Hai hai.

  4. Daniel 10:18 Lalu dia yang rupanya seperti manusia itu menyentuh aku pula dan memberikan aku kekuatan,
    10:19 dan berkata: “Hai engkau yang dikasihi, janganlah takut, sejahteralah engkau, jadilah kuat, ya, jadilah kuat!” Sementara ia berbicara dengan aku, aku merasa kuat lagi dan berkata: “Berbicaralah kiranya tuanku, sebab engkau telah memberikan aku kekuatan.”
    10:20 Lalu katanya: “Tahukah engkau, mengapa aku datang kepadamu? Sebentar lagi aku kembali untuk berperang dengan pemimpin orang Persia, dan sesudah aku selesai dengan dia, maka pemimpin orang Yunani akan datang.
    10:21 Namun demikian, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tercantum dalam Kitab Kebenaran. Tidak ada satupun yang berdiri di pihakku dengan tetap hati melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu itu,

    Daniel 10;20 yang dimaksud pemimpin org Persia itu ya roh teritorial penguasa Persia

    • Ooo, jadi pemimpin Persia itu roh tertorial penguasa persia ya? Pemimpin Yunani juga roh Teritorial Yunani dong ya? Memangnya pada saat itu pemimpin teritorial Yunani lagi ke mana? ke hongkong ya? Kenapa pemimpin tertorial yunani ke Persia? naik haji ya? ha ha ha ha …

  5. to ALL READERS
    🙂🙂🙂🙂

    Jin (Ibrani, שָׂעִיר – SA’IYR), artinya Kambing berhala diterjemahkan oleh MILT-2008 dari kata Ibrani: שָׂעִיר – SA’IR) artinya: ‘yang berbulu’, ‘kambing jantan’. Bentuk jamak Ibrani שְּׂעִירִם – SE’IRIM seperti diterjemahkan dalam ayat-ayat berikut :
    ________________________________________________________________________________
    (Imamat 17:7)
    LAI TB, Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin (SA’IR), sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.

    MILT (2008), Dan mereka tidak akan lagi mengurbankan kurban-kurban mereka kepada kambing-kambing berhala (SA’IR), yang kepadanya mereka telah berbuat zina. Hal ini telah menjadi suatu ketetapan selamanya bagi mereka untuk generasi-generasi mereka.

    KJV, And they shall no more offer their sacrifices unto devils, after whom they have gone a whoring. This shall be a statute for ever unto them throughout their generations.

    NASB, They shall no longer sacrifice their sacrifices to the goat demons (SA’IR) with which they play the harlot. This shall be a permanent statute to them throughout their generations.

    ———————————————————————————————————————————-
    (2 Tawarikh 11:15)

    LAI TB, dan mengangkat bagi dirinya imam-imam untuk bukit-bukit pengorbanan untuk jin-jin dan untuk anak-anak lembu jantan yang dibuatnya

    MILT (2008), Dan dia mengangkat imam-imam bagi dirinya untuk tempat-tempat pemujaan, untuk kambing-kambing jantan (SA’IR), serta anak-anak lembu jantan yang telah dia buat.

    KJV, And he ordained him priests for the high places, and for the devils, and for the calves which he had made.
    NASB, He set up priests of his own for the high places, for the satyrs (SA’IR) and for the calves which he had made.
    ___________________________________________________________________________________

    שְּׂעִירִם – SE’IRIM dalam kepercayaan semitis-kuno adalah dewa-dewa yang mempunyai rupa kambing-jantan. Korban-korban dipersembahkan bagi mereka di tempat-tempat yang tinggi, di gunung2/bukit2, dengan imam-imam yang khusus melayani upacara keagamaan itu (2 Tawarikh 11:15).

    SATYR, menurut kamus :

    From THE DEVIL’S DICTIONARY ((C)1911 Released April 15 1993) :
    SATYR, n. One of the few characters of the Grecian mythology accorded recognition in the Hebrew. (Leviticus, xvii, 7.) The satyr was at first a member of the dissolute community acknowledging a loose allegiance with Dionysius, but underwent many transformations and improvements. Not infrequently he is confounded with the faun, a later and decenter creation of the Romans, who was less like a man and more like a goat.

    Dari Kambing ke Setan adalah perubahan yang mudah terjadi dalam kepercayaan semitis. Jin-Jin ( שְּׂעִירִם – SE’IRIM), rupanya makhluk demonik, yang melompat-lompat diatas reruntuhan Babel :
    _____________________________________________________________________________
    (Yesaya 13:21)
    LAI TB, tetapi yang akan berbaring di sana ialah binatang gurun, dan rumah-rumah mereka akan penuh dengan burung hantu; burung-burung unta akan diam di sana, dan jin-jin akan melompat-lompat;

    MILT (2008), Namun binatang liar dari gurun akan berbaring di sana, dan rumah-rumah mereka akan dipenuhi dengan binatang-binatang yang melolong, dan burung-burung unta akan berdiam di sana dan kambing jantan (SA’IR) akan melompat-lompat di sana;

    KJV, But wild beasts of the desert shall lie there; and their houses shall be full of doleful creatures; and owls shall dwell there, and satyrs (SA’IR) shall dance there

    NASB, But desert creatures will lie down there, And their houses will be full of owls; Ostriches also will live there, and shaggy goats (SA’IR) will frolic there.
    ________________________________________________________________________________
    Dan digambarkan juga dalam lukisan penghancuran Edom, dimana jin-jin itu juga disebut :

    (Yesaya 34:14)
    LAI TB, Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian.

    MILT (2008), Dan binatang-binatang buas gurun akan berpapasan dengan anjing hutan, dan kambing jantan (SA’IR) akan bertemu dengan temannya. Sesungguhnya, di sana burung hantu akan bertengger, dan menemukan tempat peristirahatan baginya.

    KJV, The wild beasts of the desert shall also meet with the wild beasts of the island, and the satyr (SA’IR) shall cry to his fellow; the screech owl also shall rest there, and find for herself a place of rest.

    NASB, The desert creatures will meet with the wolves, The hairy goat also will cry to its kind; Yes, the night monster will settle there And will find herself a resting place.

    sumber:
    http://www.sarapanpagi.org/jin-vt387.html
    🙂🙂🙂🙂🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s