Bengcu Menggugat Pelayan Ekaristi TOLOL Di Gereja Stelamaris


Gambar: santo-laurensius.org

Blog “Pelayan Ekaristi TOLOL Di Gereja Stelamaris” menimbulkan salah paham hai hai menghina Sakramen ekaristi serta tubuh Kristus. Saya menulis blog ini untuk  menghentikan kesalahpaham lebih lanjut.

Siapa yang salah dan siapa yang benar dalam kejadian tersebut? Mereka yang komentar di blog tersebut menyalahkan hai hai dan membenarkan misdinar dan suster. Awalnya saya merasa tidak sedang membela diri namun mengajak para pembaca untuk memahami kejadian tersebut apa adanya saja. Namun setelah membaca komentar-komentar saya di blog tersebut, memang hai hai membela diri. Meskipun bela dirinya bukan untuk membenarkan diri.

Kalau siapa yang benar dan siapa yang salah memang harus nampak gamblang, maka inilah penilaian hai hai atas kejadian tersebut.

Perbuatan hai hai:

1.    hai hai bergeser ke kanan untuk makan hosti = TIDAK SALAH.
2.    Karena takut mengganggu hai hai bergeser lagi ke kanan untuk makan hosti = TIDAK SALAH.
3.    minta izin berdoa dulu sebelum makan hosti karena merasa sakramen ekaristinya sudah tercemar = TIDAK SALAH.
4.    Hai hai menawarkan untuk mengembalikan hosti = TIDAK SALAH
5.    Hai hai mengembalikan hosti = TIDAK SALAH

Misdinar:

1.    Misdinar mencegat hai hai yang bergeser ke kanan satu langkah untuk makan hosti = SALAH
2.    Misdinar mencegat lalu mencomot hosti haihai yang bergeser satu langkah lagi ke kanan untuk makan hosti = SALAH
3.    Misdinar suruh hai hai makan hosti di tempat = TIDAK SALAH
4.    Misdinar MECEGAH hai hai mencemari hosti = TIDAK SALAH

Suster:

1.    Suster tidak mengizinkan hai hai berdoa sebelum makan hosti = TIDAK SALAH
2.    Suster minta hai hai makan hosti tanpa berdoa = TIDAK SALAH
3.    Suster minta hai hai makan hosti di tempat = TIDAK SALAH
4.    Suster menerima tawaran hai hai untuk mengembalikan hosti = TIDAK SALAH
5.    Suster menerima kembali hosti dari hai hai = TIDAK SALAH
6.    Suster mencegah hai hai mencemari hosti = TIDAK SALAH
7.    Suster MENUDUH hai hai bukan KATOLIK dengan suara keras = SALAH

Perasaan hai hai:

  1. MARAH karena merasa sakramen ekaristi kudusnya dicemari misdinar = SALAH – LEBAY
  2. Pikiran meluapkan kemarahan dengan meremas hosti, menginjaknya kemudian mengebaskan debu =  SALAH – KALAP.

Orang GKI Ikut Sakramen Ekaristi:

  1. Tindakan hai hai bukan orang Katolik ikut sakramen ekaristi TIDAK SALAH di MATA hai hai dan sebagian orang Katolik karena didukung oleh Pasal 844 ayat 3 Kitab Hukum Kanonik Katolik.
  2. Tindakan hai hai bukan orang Katolik ikut sakramen ekaristi SALAH di mata orang Katolik yang MEYAKINI orang non Katolik tidak boleh ikut makan hosti.

Bodoh Tolol dan Goblok:

Mungkin banyak orang yang memilik pemahamannya sendiri atas kata bodos, tolol dan goblok. Selama ini hai hai punya pemahaman sebagai berikut:

BODOH = daya pikirnya lambat
TOLOL = bertindak atau melakukan tindakan bodoh
GOBLOK = Berbuat atau melakukan perbuatan bodoh yang jauh di bawah kualifikasinya

Catatan:

Saya ikut misa dan sakramen ekaristi BUKAN untuk senang-senang apalagi menghina umat Katolik namun untuk BERIBADAH. Itu sebabnya saya marah ketika merasa kekudusan ibadah saya dicemari.

Selama ini, bagi saya gereja Katolik dan GKI sama saja, sama-sama gereja Kristus tempat saya beribadah. Itu sebabnya selama ini tidak ada masalah bagi saya untuk beribadah di gereja Katolik maupun GKI. Itu sebabnya selama ini saya mencintai gereja Katolik sama besarnya dengan cinta saya kepada GKI. Selama ini bagi saya, semua anggota jemaat GKI dan semua umat Katolik bahkan semua orang Kristen apa pun alirannya adalah sesama murid Kristus.

Selama ini belum pernah ada teman katolik saya yang tahu saya anggota jemaat GKI menyatakan keberatannya atas keikutsertaaan saya dalam misa dan sakramen ekaristi bersamanya.

Itu sebabnya, baru sekaranglah saya tahu, ternyata ada begitu banyak orang Katolik yang bukan saja tidak suka orang Kristen ikut misa dan sakramen ekaristi namun merasa tindakan orang Kristen demikian adalah penghinaan gereja Katolik dan penistaan tubuh Kristus (hosti).

Seperti yang saya katakan, saya ikut misa dan sakramen ekaristi bukan untuk senang-senang apalagi menghina umat Katolik namun untuk BERIBABAH. Itu sebabnya setelah tahu banyak orang Katolik yang bukan saja tidak suka namun menganggapnya penghinaan gereja Katolik dan penistaan tubuh Kristus (hosti), maka saya tidak akan mengikuti misa dan sakramen ekaristi lagi. Beribadah di gereja Katolik namun membuat banyak orang Katolik susah hati? Tak U U ya!

NB:
Kitab Hukum Kanonik Katolik Kan. 844 § 3: Pelayan-pelayan katolik menerimakan secara licit sakramen-sakramen tobat, Ekaristi dan pengurapan orang sakit kepada anggota-anggota Gereja Timur yang tidak memiliki kesatuan penuh dengan Gereja katolik, jika mereka memintanya dengan sukarela dan berdisposisi baik; hal itu berlaku juga untuk anggota Gereja-gereja lain, yang menurut penilaian Takhta Apostolik, sejauh menyangkut hal sakramen-sakramen, berada dalam kedudukan yang sama dengan Gereja-gereja Timur tersebut di atas.

113 thoughts on “Bengcu Menggugat Pelayan Ekaristi TOLOL Di Gereja Stelamaris

  1. Haihai ekaristi di katolik tanpa mengikuti aturan gereja tersebut = salah
    Haihai tak mengerti ‘perbedaan’ ajaran antara kristen dan katolik (dari budaya dan adat) = salah

    • Kalau anda cuma bilang “yang penting hati, cara ga penting” berarti anda terlalu malas untuk belajar mengerti.
      Apalagi kalau ini Kristen – katolik, secara di Kristen aja banyak tipe/jenis2 nya yg teoliginya berbeda, apalagi dengan katolik?
      kalau tidak srek dengan cara katolik, yah silahkan ke gereja yg anda anggap baik. Katolik ada budaya2nya sendiri koq yang membuat mereka yakin bahwa cara beribadah mereka tidak rusak karena budaya jaman. Yah kita hargai dong kalo kita bertamu kesana.
      walaupun saya sendiri Kristen dan emang kurang ‘pas’ dengan budaya/ajaran mereka, tapi saya hargai koq budaya mereka. memang ajaran/pandangannya berbeda koq.

    • Jangan SOK TAHU kisanak. Berapa kali anda katekisasi sebelum sakramen penguatan? 1 kali? hai hai pernah Katekisasi di gereja Katolik TIGA KALI nak. ha ha ha ha …

      • Sepertinya ada orang sok tahu, Katolik tidak memakai istilah Katekisasi tapi Katekumenat, dan itu tidak dipelajari pada persiapan penguatan, pada persiapan penguatan yang lebih dipelajari adalah masalah moral dan kedewasaan iman yang diwujudkan lewat tindakan nyata

        • Ha ha ha ha ha … jadi Katolik tidak pakai istilah Katekisasi lagi ya? Diganti Katekumenat? Sejak kapan tuh? ha ha ha ha … kisanak, kunjungilah pastor anda dan minta ikut katekisasi lagi, nak. ha ha ha ha …

          • Sepertinya anda yang perlu pergi kepada Pastor, Katolik memakai istilah katekumenat, dan itu pelajaran baptis sedangkan untuk penguatan itu namanya Mistagogi

            saya adalah Katekis Katolik maka saya tau

            sayang sekali ada orang yang sok mengetahui all about Catholic daripada orang Katolik sendiri

            • Wow … anda Katekis Katolik tha? Katekis artinya apa? Katekumen artinya apa? Katekumenat artinya PELAJARAN baptis? MISTAGOGI = pelajaran untuk PENGUATAN? lalu menurut anda KATEKISASI nggak ada di katolik kan? ha ha ha ha ha …

              Kisanak, anda katekis kan? Itu artinya anda belum MISTAGOGI dong ya? Ha ha ha ha ha … belajar dulu dech baik-baik. kalau sudah belajar baik-baik sampai ngerti baru kembali lagi untuk komentar. Ha ha ha ha ha …

              • Katekis adalah pengajar

                katekumenat adalah masa persiapan baptis dan Komuni Pertama

                Mistagogi adalah pendidikan iman lanjutan dalam bentuk persiapan penguatan, dll

                Kami Katolik tidak memakai istilah katekisasi tapi katekumenat, anda bisa mencari tahu di Gereja Katolik setempat

  2. Jika Merasa anda benar hai hai…
    coba Jawab menurut kamu :
    Apa itu IMAN ?
    Apa itu AGAMA ?
    Apa itu KATOLIK, Apa itu GKi ?
    Apa itu KEBEBAASAN ?
    dan apa itu EKARISTI ?

  3. Katekumenat adalah masa persiapan baptis

    Mistagogi adalah pelajaran iman lanjut dalam bentuk persiapan penguatan, dll

    ya istilah katekisasi adalah istilah Protestan sementara Katolik menggunakan istilah katekumenat

    • nicolaswijaya: Katekumenat adalah masa persiapan baptis

      nicolaswijaya: Katolik memakai istilah katekumenat, dan itu pelajaran baptis sedangkan untuk penguatan itu namanya Mistagogi

      Anda kok PLINTAT PLINTUT ya? Jadi KATEKUMAT itu MASA atau PELAJARAN sich? ha ha ha ha … Anda mulai SADAR kalau diri anda sebetulnya NGGAK tahu apa-apa? ha ha ha ha …. BAHKAN untuk CARI tahu saja anda nggak BECUS. karena anda BARU katekis katolik sich ya? ha ha ha ha …

      nicolaswijaya:Mistagogi adalah pelajaran iman lanjut dalam bentuk persiapan penguatan, dll

      Anda yakin MISTAGOGI adalah PELAJARAN iman lanjut? Ha ha ha ha …

      nicolaswijaya: saya adalah Katekis Katolik maka saya tau

      KATEKIS itu artinya apa sich? kalau KATEKUMEN artinya apa? ha ha ha ha …

      • Katekumat? sepertinya anda membuat istilah baru
        Katekumenat adalah masa persiapan baptis ya pasti di dalamnya ada pelajaran khusus orang yang ingin dibaptis Katolik sedangkan mistagogi ya seperti saya bilang adalah pelajaran iman (pemantapan iman) lebih lanjut mengenai sakramen lain terutama Sakramen inisiasi, moral, dll

        sepertinya ini saya salah reply karena salah klik, di atas juga sudah saya reply

        • nicolaswijaya: Katekumenat adalah masa persiapan baptis

          nicolaswijaya: Katolik memakai istilah katekumenat, dan itu pelajaran baptis sedangkan untuk penguatan itu namanya Mistagogi

          nicolaswijaya: Katekumenat adalah masa persiapan baptis ya pasti di dalamnya ada pelajaran khusus orang yang ingin dibaptis Katolik

          Kisanak, anda Katolik LICIK namun BODOH. Sudah tertangkap BASAH nggak ngerti istilah KATEKUMENAT bukannya NGAKU dosa malah makin NGACO BELO? ha ha ha ha ha …

          nicolaswijaya: mistagogi ya seperti saya bilang adalah pelajaran iman (pemantapan iman) lebih lanjut mengenai sakramen lain terutama Sakramen inisiasi, moral, dll

          Pantasan makin lama orang-orang Katolik makin GOBLOK. Lha anda yang NGAKU KATEKIS alias PENGAJAR ternya KOSONG kepalanya. SUDAH kosong kepalanya BEBAL-nya setengah mati lagi. ha ha ha ha ….

          kisanak, MISTAGOGI itu bukan PELAJARAN namun MASA. KATEKUMENAT itu bukan PELAJARAN namun MASA. Awalnya Gereja Katolik menggunakan Katekisasi seperti orang Protestan namun kemudian menggantinya menjadi KATEKUMENAT dalam DASA warsa ini.

          untuk menjadi seorang Katolik sejati ada 5 MASA yang harus dilewati oleh seorang Katolik yaitu:

          1. Prakatekumenat – masa persiapan untuk ikut pelajaran agama
          2. Masa Katekumenat – Masa pelajaran agama
          3. Baptis – masa menerima sakramen baptis
          4. Mistagogi – Masa pelajaran agama lebih lanjut
          5. SIDHI – sakramen penguatan

          Jadi, kisanak, tolong MENGUNDURKAN diri saja. Jangan SOK JAGOAN jadi KATEKIS lagi. ISI dulu kepala anda setelah berisi baru kembali lagi untuk jadi KATEKIS.

  4. ya sepertinya bahasa anda bersifat provokasi yasudahlah saya tidak mau memperpanjang

    sidhi wah itu istilah baru buat orang Katolik ya

    masa pelajaran iman lanjut salah satunya adalah persiapan penguatan (kepenuhan inisiasi), dll

    ya saya sudah mengatakan itu masa kan ya namanya masa pasti ada pelajarannya

    yasudahlah tidak ada baiknya berdebat terus lebih baik melakukan tindak nyata, seperti anda bilang kepala saya memang kosong ya karena masih perlu banyak belajar dan belajar, dengan rendah hati saya akui saya masih harus banyak belajar

    semoga Tuhan selalu memberkati

      • Kisanak, berpikirlah dengan AKAL BUDI yang SEHAT. jangan berpikir dengan akal budi KOSONG yang sombong. Pada mulanya gereja itu SATU. Gereja SATU itu kemudian SESAT alias MENYESATKAN diri demi DUIT dan KEKUASAAN. Sebagian umat Kristen yang SESAT itu kemudian MEMURNIKAN AJARAN-nya dan memisahkan diri untuk menghindari pertumpahan darah.

        Orang-orang Kristen yang memurnikan ajaran itu disebut PRO-TESTAMENT yang disingkat PROTESTANT. Mereka tidak membuat ajaran baru hanya memurnikan ajarannya dari ajaran-ajaran yang BERTENTANGAN dengan ajaran Alkitab. Mereka tidak membuat istilah baru juga tidak membuat TRADISI baru hanya memurnikan tradisi-tradisinya dari tradisi yang bertentangan dengan ajaran alkitab.

        Di Indonesia pada tahun 80-an muncullah gerakan muda Katolik yang saya sebut FRONT PEMBELA KATOLIK. Salah satu gerakan mereka adalah MEMBEDAKAN diri dari Kristen Protestan dengan MENOLAK istilah-istilah yang digunakan oleh orang Kristen. Salah satu gebrakan lain dari gerakan itu adalah munculnya para PENGAWAL HOSTI.

        Kepada teman-teman itu saya mengejek. Kalau mau menjaga hosti, jangan tanggung. Jaga sampai TUNTAS. setelah orang yang makan HOSTI itu BERAK, apakah tubuh Kristus berubah jadi TAI? Tidak bukan? itu berarti meskipun dalam WUJUD TAI seperti dalam wujud HOSTI namun HAKEKATNYA adalah TUBUH Kristus. bukankah itu berarti membuang TAI ke jamban adalah PENGHINAAN kepada tubuh Kristus? bukankah sebaiknya tubuh Kristus yang kelihatan TAI itu disimpan di toples dan diletakkan di tempat yang mulia karena itulah tubuh Kristus?

      • iya boss pulang tdr cuci kaki jgn di perpanjang lagi..klo stnk sim jgn lupa prpanjang lupa bikin baru lu

    • Anda memang BEBAL. MASA adalah JANGKA waktu. PELAJARAN adalah BAHAN pelajaran. sudahlah. saya tahu kenapa pengetahuan orang-orang Katolik generasi ini makin PARAH. itu karena PENGAJARNYA selain KEPALA KOSONG seperti anda juga BEBAL. ha ha ha ha …

      Anda bahkan MUNAFIK! ngakunyamasih perlu BANYAK belajar tapi sudah SOK MENGAJAR dan MENUDUH hai hai yang PENGETAHUAN Katoliknya jauh di atas anda nggak NGERTI ajaran Katolik. Ha ha ha ha ha ….. Dasar FRONT Pembela Katolik. “Katlik PASTI benar makanya hai hai HARUS salah! ha ha ha ha …

      • ia anda lebih hebat, sangat hebat, begitukan yang anda ingin dengar

        yasudah tidak perlu diperpanjang, jika kekatolikkan anda lebih kuat
        mari bertindak nyata seperti Mother Theresa, berdoa seperti Santa Theresia kecil, mengajar seperti Thomas Aquinas, dan tetap rendah hati seperti Fransiskus dan Bonaventura

        semoga Tuhan memberkati

        • Ha ha ha ha .. terbukti kan bahwa anda hanya FRONT PEMBELA KATOLIK belaka yagn hidup dengan prinsip. HALALKAN segala cara pokoknya Katolik pasti benar dan hai hai bengcu HARUS salah. ha ha ha ha … BErtindak nyata seperti Theresia? ha ha ha ha .. anda KEMBALO SOK JAGOAN menyalahkan hai hai bengcu BELUM berbuat apa-apa. ha ha ha ha ….. Kisanak, kalau anda belum BERBUAT apa-apa kecuali SOK JAGOAN mengjaar padahal pengetahuan Katolik anda ngaco belo, itu tidak berarti hai hai juga demikian. ha ha ha …

  5. Apapun yg anda katakan, anda dalam posisi salah total, anda bukan katolik, tapi ikut komuni, itu adalah kesalahan mendasar, jadi apapun pembelaan anda, anda salah. Jadi saya harap saudara-saudara terkasih dalam Kristus hal ini tidak usah diperpanjang lagi. Dan saran saya, anda kembali ke Protestan dan membuat aliran baru, kasihan GKI, salah satu Gereja yg bagus terkontaminasi oleh anda, bikin misalnya aliran Mawar Berduri gitu…Salam, Tuhan memberkati

    • Bagi Front Pembela Katolik hai hai pasti SALAH karena Misdinar dan suster Katolik serta semua orang Katolik PASTI BENAR. Ha ha ha ha ha …. Kembalilah ke gereja Katolik anda dan BELA saja sampai kuda gigit jari. ha ha ha ha …

  6. saya hanya bisa tersenyum geli melihat komentar dan postingan anda yang mengatakan bahwa orang lain bebal, arogan, tolol dan sebagainya. tapi komentar anda malah mencerminkan bahwa anda yang bebal dan arogan yang menganggap anda adalah yang paling benar. saya sarankan anda ke psikiater untuk periksa kejiwaan anda, damai Kristus menyertai. ☺

  7. ada undang2 hate speech ya kalau gak salah.. Ntar klo pas maen ke polda bisa coba buat laporan deh, biar tau yg benar dan salah dimata hukum… amen bengcu

    • Uhya, jangan lupa KUMPULKAN duit yang banyak dulu ya agar anda bisa BAYAR waktu dituntut balik. Ha ha ha ha ha … belajar dulu mampir ke POLSEK sebelum sok tahu ke Polda nak, ha ha ha ha …

  8. Mau komen apapun, anda salah, anda berani menerima hosti walau anda bukan katolik, kalau anda keberatan, gugat saja Gereja tersebut secara hukum, atau kita selesaikan aja masalah keberatan anda secara jantan. Gak usah berkoar terus aja…

    • Sudahlah nak, JANGAN BODOH. pelayan ekaristi TOLOL itu memang BODOH dan anda BEBAL. jadi selamat jadi Front pembela Katolik sampai kuda gigit jari. ha ha ha ha …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s