Iman Pengalaman Pengetahuan


Gambar: bangkong-hejo

Apa itu iman? Banyak orang yang mengaku beriman namun berapa banyak yang mengerti apa itu iman? Banyak yang mengutip Ibrani 11:1 lalu mengajarkannya namun apakah mereka benar-benar memahami ajarannya?

Iman (pistis) adalah dasar (hupostasis) dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti (elegchos) dari segala sesuatu yang tidak (ou) kita lihat (blepomenon). Ibrani 11:1

Iman (pistis) adalah keyakinan (hupostasis) atas segala yang kita harapkan dan bukti (elegchos) dari segala yang belum (ou) kita lihat (blepomenon). Ibrani 11:1 – terjemahan lebih baik

Untuk mengerti benar Ibrani 11:1 harus menerjemahkannya dengan benar dulu. Menerjemahkan kata Yunani “hupostasis” sebagai “dasar” adalah kekeliruan. Hupostasis bukan kata yang menunjukkan sebuah tempat atau kegunaan dari sesuatu sebagai tempat. Hupostasis adalah sebuah kata yang menunjukkan perasaan pada suatu ketika. Hupostasis artinya keyakinan alias perasaan yakin.

Kata Yunani “ou”selain berarti “tidak; bukan; jangan” juga berarti “belum”. Itu sebabnya frasa Yunani “ou blepomenon” di Ibrani 11:1 harus diterjemahkan menjadi “belum kita lihat” alias belum kita lihat dengan mata kepala sendiri alias belum terbukti secara fakta dan ilmiah.

Kerabatku sekalian, pada suatu pagi anda berharap sorenya hujan. Anda yakin harapan anda akan terjadi. Anda yakin nanti sore akan hujan. Anda merasa nyaman meyakini perasaan yakin anda bahwa nanti sore akan hujan. Yang anda rasakan itulah iman. Iman adalah perasaan nyaman meyakini sesuatu.

Sorenya hujan turun dengan derasnya. Anda melihat hujan turun dengan derasnya. Hujan adalah bukti tentang sore hujan. Karena sudah terbukti maka tidak mungkin menyangkalnya. Hujan adalah fakta  yang mustahil disangkal keberannya tentang sore hujan.

Sebelum hujan turun belum ada bukti sore hujan. Sebelum hujan turun anda belum melihat hujan. Belum ada fakta dan belum melihat hujan jam namun sudah menganggap sore hujan adalah fakta? Benar! Kenapa bisa demikian? Karena bagi anda sore hujan sudah terbukti secara perasaan. Karena sudah terbukti secara perasaan itu sebabnya anda merasa nyaman meyakini sore hujan.

Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” Yohanes 20:29

Apa yang terjadi bila sore menjelang namun hujan tak kunjung turun? Anda percaya sore sedang hujan meskipun tidak melihatnya? Anda merasa bahagia karena percaya hujan sedang turun meskipun tidak melihatnya karena itulah yang diajarkan oleh Yesus di dalam Yohanes 20:29? Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya?

Tidur di atas paku berarti menekan paku dengan seluruh berat badan. Ketika ditekan paku akan menekan balik dengan kekuatan yang sama. Ketika tidur di atas paku, tubuh yang beratnya 50 kg menekan paku dengan kekuatan 50 kg dan menerima tekanan balik seberat 50 kg pula. Karena tidak kuat menahan tekanan paku maka kulit dan daging pun sobek.

Ketika tubuh yang beratnya 50 kg tidur di atas 1000 batang paku maka beratnya dibagi rata ke 1000 paku yang menahannya. Artinya masing-masing paku hanya menahan 0,05 kg saja. Itu sebabnya tidur di atas 1.000 paku tidak menyebabkan luka  karena tekanan paku terlalu lemah untuk melukai kulit dan otot.

Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Matius 22:37

Mereka yang tidur di ranjang paku sama-sama percaya tidak akan terluka namun jenis kepercayaannya berbeda-beda. Ada yang percaya dengan segenap hatinya alias percaya dengan perasaannya alias beriman. Ada pula yang percaya dengan segenap jiwanya alias percaya dengan pengalamannya. Ada juga yang percaya dengan segenap akal budinya alias pengetahuan.

Banyak guru agama yang mengaku tidur di ranjang paku tanpa terluka adalah mujizat atas kuasa Allah. Banyak dukun mengaku tubuhnya kebal karena kekuatan gaib dan tenaga dalam. Master hipnoterapi mengklaim hal demikian terjadi oleh kekuatan hipnotisnya. Motivator meyakinkan bahwa itulah kekuatan pikiran dan motivasinya. Yang berpengetahuan tahu kebenarannya.

Beriman dan mengandalkan pengalamanan memang mudah dijalani dan kelihatan dasyat akan tetapi gampang ditipu. Hanya mereka yang menggunakan akal budinya dengan rendah hati untuk belajar yang akhirnya mendapatkan pengetahuan. Itu sebabnya dikatakan, “Iman, pengalaman dan pengetahuan. Yang paling utama dari ketiganya adalah pengetahuan.”

34 thoughts on “Iman Pengalaman Pengetahuan

  1. Baca mula mula tulisan kamu hai hai, bagus, sayangnya pada yang terachir, adalah salah kaprah.

    Itu sebabnya dikatakan, “Iman, pengalaman dan pengetahuan. Yang paling utama dari ketiganya adalah pengetahuan.”

    Ini yang Alkitab katakan :
    1 Korintus 13:13
    Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

    Karena IMAN adalah pemberian Allah, bukan kita dapat dari pengalaman., dan pengetahuan.

    Ef 2 : 8,9
    2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
    2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

    Filipi 1:29
    Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

    Rom 5 :
    5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

    Roma 8:24
    Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. Tetapi pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya?

    Setelah kita diberi IMAN dalam hati oleh Roh Kudus yang dikaruniakan pada kita, melalui Lahir kembali, kita menerima IMAN.

    Iman itu yang memampukan kita PERCAYA, bahwa Kristus telah mati bagi kita, menanggung dosa kita, menjadi pengantara antara kita dengan Allah, mendamaikan kita dengan Allah.

    Tanpa Pemberian Allah, PENGETAHUAN tidak ada gunanya.

    Karena itu hanya merupakan INFORMASI bagi orang yang belum dilahirkan kembali, masih menjadi budak dosa.

    Keadaan menjadi manusia baru, dan ciptaan baru, baru memampukan kita mengerti PENGETAHUAN .

    Manusia membutuhkan ANUGERAH ALLAH untuk dirubah dari dalam, tanpa kasih karunia Tuhan, manusia tidak mungkin mempunyai iman, pengetahuan, dan pengalaman.

    Fil 2 : 13
    2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

    • Kisanak, baca lagi dengan teliti dan hati-hati. Anda maih jauh dari mengerti isi dari blog ini. Pahami dulu apa itu IMAN, pengalaman dan pengetahuan. kalau cuman mau BERSLOGAN, ambil ember saja lalu BERSLOGAN RIA dech sana.

      • klo hai hai sdah bilang A.. maka harus A.. klo gak.. nnt dibilangin ber SLOGAN lho.. Pdhal lbh nyaman liat na klo hai hai bs jawab halussss, plagi ke org yg niatnya gak buruk, mungkin sj hai hai bs ksh terawangan biar lbh paham maksud dri blog ini.. pissss…. ^_^

  2. Iman = Keyakinan atas harapan dan bukti atas yang belum terbukti.
    Kalau sudah terbukti = Pengetahuan.

    2 Petrus 1 :5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, 6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
    7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
    8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.
    9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.
    …….
    mengaku BERIMAN tp langsung loncat ke KESALEHAN dan Loncat lagi ke MENGENAL YESUS secara PRIBADI bakal nyungsep jadi BUTA dan Picik…

    Apa begini ko?

  3. menurut saya blog anda SAMPAH, SESAT,provokatif dan tidak berguna. lebih baik dihapus saja. kalo anda merasa ini hanya uneg uneg anda, lebih baik anda corat coret saja di buku bekas, lalu bakar dan buang.

    • ha ha ha …. ngaca dulu gih? mustahillah hai hai bengcu MENURUT anda. ha ha ha ha … Kisanak, ambil EMBER lalu marahin gih. ha ha ha …. Jangan lupa berdoaminta bimbingan roh Kudus ya? ha ha ha …

      • Ko…hanya mereka yg menggunakan akal budinya dgn rendah hati untuk belajar yg akhirnya mendapat pengetahuan….., rendah hati…..kata kata yg sering terdengar namun cukup sulit dipahami, maksudnya rendah hati seperti apa ya ko….

        • Orang RENDAH HATI bukan orang yang PURA-PURA bloon dan menolak semua pujian. Orang RENDAH HATI bukan orang yang rajin MENAGUL-AGULKAN diri orang BODOH atau orang BIASA saja. Orang RENDAH DIRI adalah orang yang MENGENAL dirinya apa adanya dan MENERIMA dirinya apa adanya SAJA. Dia tidak TAKUT dipuji juga tidak takut DICELA karena baginya PUJIAN dan CELAAN hanya NILAI yang BERIKAN seseorang atas PRESTASInYA. PUJIAN dan MAKINA itu ibarat ULANGAN dan dapat PONEN.

          Menggunakan akal budi dengan RENDAH HATI artinya menggunakan AKAL BUDINYA apa adanya SAJA. orang demikian, TAHU bilang TAHU dan TIDAK TAHU bilang TIDAK TAHU.

          RENDAH HATI lawannya bukan SOMBONG namun TINGGI HATI. TINGGI hati adalah orang yang SELALU MENINGGI-NINGGIKAN AHTINYA alias MENGUTAMAKAN PERASAAN PUAS dan NYAMANNYA SAJA. Lawan kata SOMBONG adalah MINDER.

          • Ko……berarti sayalah orang yang paling tinggi hati…..di dunia ini. Bgmn bisa begini ko……tolonglah saya…supaya mjd rendah hati…pls..

                • Apakah sy tdk boleh merasa puas dan nyaman. Nanti sy mjd org serakah dan tdk pernah puas dan nyaman. Atau rasa puas dan nyaman bukan lagi hal yang utama….?, begitukah…ko…

                  • Sy hanya ingin berbuat yg terbaik (menurut saya) dalam hidup saya….hal ini bisa menjadi unsur penyebab tinggi hati….mungkinkah….?

                    • Tinggi hati=mengutamakan perasaan puas dan nyamannya saja. Puas dan nyaman adalah keadaan. Kenapa harus menolaknya…?. Apakah ini boleh diartikan bahwa tinggi hati adalah sebuah istilah yg secara natural dimiliki oleh seluruh umat manusia didunia. Ada yg tinggi hati itu baik. Ada pula yang rendah hati itu juga baik. Kalau mmg rendah hati itu lebih baik dari tinggi hati. Sang pencipta bisa kok membuat ciptaannya (segambar dan serupa dgn Nya) itu “rendah hati ” semua…..begitu kah ko……

                    • Ketika disebut “TOLOL” orang rendah hati akan memeriksa diri sendiri kenapa dirinya disebut tolol? Orang rendah hati yang bijaksana justru akan minta keterangan lebih lanjut dari orang yang menyebutnya TOLOL.

                      Ketika disebut “TOLOL” ornag tinggi hati akan menuduh anda TIDAK SOPAN, tidak BERETIKA, tidak Punay KASIH, tidak berhak menghakimi dan segala bla bla bla yang lain. Hakekatnya adalah dia MENGHALALKAN segala CARA untuk MENYATAKAN anda TIDAK BOLEH menyebutnya “TOLOL” apa yang dia lakukan hanya MEMUASKAN perasaaanya dan MEMBUAT perasaannya nYAMAn. Itu sebabnya PENGETAHUANNYa tidak akan pernah MAJU. Dia akan BEBAL dan terus MEngulangi KESALAHAN yang SAMA dan semakin hari punya SEMAKIN banyak kalimat untuk MEMBELA diri dan MENYALAHKAN orang yang MENUNJUKKAN kesalahannya.

                    • berhubung gak ada pilihan reply.. dri kolom komen “TOLOL” dibawah.. trpaksa sy respon na disini.. klo sy dibilangin “TOLOL” oleh org lain biasanya sy cm jawab ……. Oh yaaa..?

  4. saya tdk mengrti.
    Bang apakah artinya bhwa iman hnyalah perasaan yakin walaupn nantinya tdk menutp kemungknan apa yg kta yakni tdk terjdi.?

    • Benar. Iman adalha PERASAAAN Nyaman meyakini SESUATU. IMAN harusnya menjadi DASAR untuk MENCARI pengetahuan. Setelah punya pengetahuan tidak perlu IMAN lagi. Jadi, mengagul-agulkan IMAN hanya dilakukan oleh orang-orang TIDK BERPENGETAHUAN alias para penuja TAHYUL.

  5. Apakah itu artinya jika ap yg kita imani tidk trjadi kta tdk perlu lagi mengimani hal trsbt krna kta thu tdk akan terjadi? Apakh sperti itu?. Ataukah dari pengetahuan yg kta dpat, mengajarkan kita bhwa mujizat terjdi bukn krna iman tpi krna khendak Tuhan?

  6. Sehingga di sini Ibrani hanya menitikberatkan pada bagaimana seharusnya iman bekerja dalam praktek (How faith works, dan proof dari iman itu {dalam konteks doa} murni kewenangan Tuhan untuk mewujudkannya?) CMIIW

  7. Koh Hai hai, saya punya usul, mau diterima yah silahkan, kalau tidak yah silahkan juga🙂
    1. Buat semacam FAQ untuk istilah2 yang sudah dibahas dan dijawab berkali2, sehingga “orang2 baru” tidak perlu menanyakan lagi berulang2 dan koh hai hai tidak perlu berulang2 juga menjelaskan maupun mencap mereka sebagai “bebal”, tolol”, “bodoh”, dll
    contoh pertanyaan berulang :
    a. koh hai hai/beng cu sudah dijamah roh kudus belum ?
    b. koh hai hai/beng cu itu siapa sih ?
    c. koh hai hai percaya YESUS tidak ?
    d. dll

    saya sudah membaca blog2 koh hai hai ( hampir semua ), dan saya menemukan koh hai hai harus “capek2” berkali2 menjelaskan kepada para pembaca, termasuk mencap mereka ( dan atau saya ) dengan “bodoh”, “tolol”, dll, yang mana saya tahu bahwa pengertian koh hai hai akan “bodoh”, “tolol” dst adalah untuk mendefinisikan istilah “bodoh”, “tolol”, dst dengan sangat jelas, yang sayangnya ditangkap lain oleh para pembaca ( mungkin koh hai hai dianggap memaki2 dan menghina ), padahal kalau menurut saya, justru bukan untuk menghina tapi untuk “menyesatkan” dan “memaksa menyesatkan” para pembaca ke arah yang benar ( salut 2 jempol ).

    2. koh Hai hai, sekedar saran juga, saya kadang2 menemukan adanya mistyping di jawaban2 koh hai hai atas comment orang2 ( mungkin karena terlalu semangat🙂 ), mengingat blog ini membahas isi alkitab, termasuk menggunakan bahasa2 asli, saya pikir mistyping bisa menimbulkan beda persepsi…..

    demikian 2 saran saya, mohon maaf kalau tidak berkenan buat koh hai hai….keep on posting, saya terbantu, dan tercerahkan banyak sekali. Banyak hal2/pertanyaan2 yang kurang jelas jawabannya, menjadi tersingkapkan dengan adanya blog-blog koh hai hai ini.

    terima kasih,
    budi

    • Terima kasih usulannya. Sudah cukup lama saya berpikir agar tidak perlu mengetik ulang untuk jawaban yang sering ditanyakan. Terima kasih usulannya. saya akan langsung kerjakan. soal salah ketik. Itu terjadi karena Note book saya sudah tua, sudah berumur 7 tahun, jadi kyeboardnya suka macet. di samping itu, umur tua ternyata menjadi masalah. otak berjalan CEPAT namun jemari berjalan lambat, makanya nggak sinkron dengan pikiran. Dulu saya selalu memeriksa jawaban, namun sekarang karena banyaknya komentar baik di blog ini muapun di email juga di FB, maka nggak memeriksa dan mengeditnya lagi.

      • Bagus deh kalo usul saya diterima…..thx….merupakan suatu kehormatan bagi saya :)… mungkin juga koh hai hai butuh tim ( semacam sekondan di catur ) , saya pikir blog ini perlu “ditangani” dengan serius …bukan untuk “mengejar” kesombongan, tapi untuk mendidik orang dalam kebenaran, sekaligus “menyesatkan” orang2 ke jalan yang benar…..🙂

        Salam,
        budi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s