Kita Harus MERDEKA Bukan MEREK


Kita harus MERDEKA bukan MEREK. Menyangka berjuang untuk MERDEKA padahal sedang membuat MEREK? Menumpahkan darah sesama manusia demi sebuah merek apalagi merek BARU?  Mengenaskan!

Sejak SMA kelas satu tahun 1981, ada tiga bangsa yang saya pikirkan nasibnya dengan mendalam yaitu: Papua, Timor Timur dan Palestina. Setelah bertahun-tahun memikirkannya akhirnya saya menyimpulkan, jalan terbaik adalah menerima kenyataan bahwa MEREK-nya sudah ditetapkan artinya tetap menjadi bagian dari negara (merek) yang menurut mereka adalah penjajahnya.

Sejak itulah, saat itu saya seorang mahasiswa, saya berkata kepada teman-teman dari Papua dan Timor Timur: “Menjadi bagian dari NKRI jauh lebih baik dari pada hanya menjadi bagian Irian Jaya dan Timor Timur MERDEKA. NKRI dan Irian Jaya serta Timor Timur Merdeka hanya MEREK. Yang utama adalah MERDEKA dan sejahtera. MEREK dari Kemerdekaan dan sejahtera itu tidak penting. Berjuang agar Pemerintah NKRI bersih dan tidak diskriminasi jauh lebih MUDAH dari pada berjuang untuk MERDEKA. Indonesia yang BERSIH tanpa diskriminasi adalah yang terbaik bagi kita semua. Masalah kita bukan NKRI juga bukan tidak MERDEKA namun KEJAHATAN oknum-oknum yang BERKUASA. Bagi orang Irian Jaya dan Timor Timur, menjadi presiden NKRI jauh lebih HEBAT dari menjadi presiden Irian Jaya dan Timor Timur. Jadi, mari kita berjuang agar NKRI merdeka dari orang-orang JAHAT yang saat ini BERKUASA.”

Hal yang sama juga saya katakan kepada beberapa orang sahabat pena Palestina-ku. “Menjadi Perdana Menteri Israel jauh lebih BERGUNA dari pada menjadi perdana menteri Palestina saja.”

Ketika Timor Timur Merdeka menjadi Timor Leste, beberapa orang teman bertanya, “Bagaimana?” Sampai hari ini saya masih berkata dan meyakini hal yang sama, “Perjuangan kita tetap SAMA meskipun MEREK-nya berbeda. Mari kita tetap berjuang agar NKRI dan Timor Leste MERDEKA dari orang-orang JAHAT yang BERKUASA.”

Sebagai orang Tionghoa saya percaya ajaran nenek moyang bahwa, “Di empat penjuru lautan semuanya saudara.” Mari kita berjuang untuk sesama manusia bukan berjuang untuk MEREK yang disebut negara.

Sejak kelas satu SMA tahun 1981 pula saya berpikir secara mendalam tentang umat beragama. Kalau saya masuk sorga karena agama saya dan orang lain masuk neraka karena tidak memeluk agama saya, apa yang akan saya hadapi saat itu?

Membayangkan orang lain masuk neraka karena lebih suka memeluk agamanya dari pada memeluk agama saya benar-benar menyakitkan. Itu sebabnya saya pun lalu membabibuta membujuk orang lain untuk memeluk agama saya agar mereka masuk sorga juga seperti saya. Namun tidak semua orang suka memeluk agama saya. Kenyataan demikian benar-benar membuat frustasi.

Di samping itu juga muncul pertanyaan, “Bagaimana bila yang masuk sorga adalah umat agama lain dan saya tidak masuk sorga karena tidak memeluk agama mereka?” Saya tidak takut masuk neraka karena yakin cepat atau lambat akan menemuka cara untuk hidup nyaman di neraka namun kuatir orang-orang yang saya kasihi tidak merasa bahagia di sorga karena memikirkan saya di neraka.

Sejak itu saya tidak berani lagi membujuk orang lain memeluk agama saya karena kuatir gara-gara ikut-ikutan memeluk agama saya mereka justru masuk neraka.

Sejak itulah saya getol sekali membuat kesepakatan dengan handai taulan pemeluk agama lain, “Aku berjanji tidak akan merasa bahagia bila masuk sorga karena agamaku dan kamu masuk neraka karena agamamu. Namun, tolong jangan berduka bila kamu masuk sorga karena agamamu dan aku masuk neraka karena tidak memeluk agamamu. Konon di neraka tidak ada kematian, itu sebabnya cepat atau lambat aku pasti akan menemukan cara untuk hidup nyaman di neraka.”

Anak kami lahir 7 September 2001. Ada kalanya dia menyebalkan namun sering kali dia menyenangkanku, namun satu hal aku yakin: Karena menyayanginya maka aku mustahil tega menghukum dia selama-lamanya di neraka karena membuatku kesal. Aku akan terus-menerus mengajarinya agar tidak  membuatku kesal. Kalau kami hidup selama-lamanya maka aku akan mengajarinya sampai selama-lamanya untuk tidak membuatku sebal. Kalau membuatku berkenan adalah caranya menjalani hidup yang benar, aku akan  mengajarinya sampai selama-lamanya. Kalau membuatku berkenan BUKAN cara menjalani hidup yang benar, maka aku akan membina diri sampai selama-lamanya agar tidak SEBAL meskipun dia tidak berkenan padaku.

Allah adalah Bapa karena dari-Nya manusia berasal. Mustahil Dia menghukum manusia selama-lamanya karena membuat-Nya sebal dan kesal karena hukuman bukan balas dendam namun cara untuk membina seseorang agar menjalani hidup dengan cara yang benar sekaligus cara untuk mencegah dia berbuat jahat lagi kepada sesamanya manusia.

Kesadaran demikian, membuatku hanya mengajari orang lain untuk menjalani hidup dengan cara yang benar agar BERBAHAGIA dan tidak MENYESAL, bukan membujuknya memeluk agamaku supaya masuk sorga. Aku menyebut diriku Kristen artinya pengikut alias murid Kristus bukan pemeluk agama Kristen. Sama seperti aku menyebut diriku Tionghoa artinya orang yang tidak menyebelah (adil) bukan karena aku warga negara Tiongkok.

Yang penting MERDEKA bukan MEREK! 17 Agustus 2015.

Advertisements

36 thoughts on “Kita Harus MERDEKA Bukan MEREK

    • Lim Tjin Kwang, menurut apraisal, tanah gereja yasmin tahun ini harganya sekitar 15 M. Tanah yang ditawarkan oleh Walikota Bogor sekitar 30 M. Jumlah bantuan dana dari gubernur Jabar sekitar 10 M dan dari walikota Bogor 2. Dana bantuan bisa naik kalau diminta. Belum lagi SUKSES FEE.

      Kalau hanya berjuang untuk merek, mustahil Kami MENOLAK semuanya dan berdiri di depan istana dong ya? ha ha ha …

  1. —-Allah adalah Bapa karena dari-Nya manusia berasal. Mustahil Dia menghukum manusia selama-lamanya—-
    asumsi belakakah?
    karna buat orang yg sudah baca alkitab lebih 100X, pasti tidak akan menemukan ayat alkitab yg intensinya seperti asumsi diatas

    apakah semua manusi adalah anak?
    salah melulu?

    • Bagi orang yang belum penah baca alkitab, ucapan ornag yang sudah baca alkitab 100 kali lebih itu menang tidak akan dipahami. Mengajari orang yang belum pernah baca alkitab namun BERLAGAK pakar alkitab juga pekerjaan sia-sia. Itu sebabnya hai hai membiarkan anda BERLAGAK sampai kuda gigit jari, nak. ha ha ha ha …..

      • alkitab bukan novel kisanak
        berapakalipun anda baca namun manusia roh anda tidak berfungsi sama saja tidak bermanfaat
        ha..ha..ha anda juga menandakan anda sebagai pribadi yg pecicilan dan tidak cerdas sama sekali

        jurus usang anda —sudah baca 100 kali—- tidak mempan dengan saya
        saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak

        jadi kalau anda tidak bisa memberikan respon yg relevan dan kontekstual
        mending anda ganti profesi menjadi penulis gosip dan fiksi saja kisanak
        lebih cocok

        • Kalau manusia ROH anda berfungsi pasti SUDAH baca alkitab RIBUAN kali dong ya? Tapi anda belum pernah baca alkitab kan? Belum pernah baca dari KEjadian sampai Wahyu bahkan belum pernah baca dari Matius 1:1 sampai Matius 28:20 kan? Belum pernah baca alkitab namun SOK mengajar? ha ha ha ha … itulah manusia MUNAFIK! ha ha ha ha …

          • saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak
            saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak
            saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak
            saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak
            saya sudah baca alkitab 1000 kali kisanak

            kisanak daya bacanya rusak?
            jurus usangnya kok dipake2 terus, kayak kaset rusak aja
            ga ada jurus baru kisanaK?

            cuma bisa pecicilan? ngaku2 bisa ber-apologet ria?

            • wah kenapa jadi begini?
              apakah sesama orang kristen tidak bisa saling menghormati dengan menyampaikan kata2 yg memberkati?

              apakah perkataan yang seperti itu bisa memuliakan nama Tuhan?
              Angga jadi turut prihatin

  2. salam hormat om
    sy terpancing utk berkomentar mohon ijin ya om.
    sy ga ngerti apa itu apologetika sy jg ngga ngeri apa itu hermeneutik(ilmu tafsir, maaf kl slh nulis ya mmg sy ga ngerti makanya bisa slh nulis) sy cm orang yg biasa menggunkan logika aja. Apa yg ditulis om hai hai mengusik logika berpikir sy selama ini dan makin sy pikir makin bisa sy terima alasan logisnya jujur om sebenernya disatu sisi sy senang ternyata pemahaman sy ttg alkitab bertambah tp disatu sisi sy jg kuatir apa sy tersesat???( sy tdk menuduh om hai hai menyesatkan sy hanya mohon pencerahan saja dr om hai hai)
    terimakasih banyak om

    • Apologetika artinya membela ajaran agama. Hermeneutik artinya ilmu TAFSIR ayat. Kenapa anda takut tersesat? bukankah anda diajari bahwa Yesus akan meninggalkan kumpulan 99 ekor domba untuk mencari satu domba hilang? ikuti jalanmu nak. lihat kiri kanan ujilah. kalau anda mati dalam sesat, jangan kuatir katanya Yesus itu juruselamat. Menyelamatkan yang tidak sesat itu bukan juruselamat bukan? hanya orang sakit yang butuh obat. orang yang sudah saleh dan santun dll, gak perlu lagi. ha ha ha ha …

      • kisanak, @bukanadidas masih punya hati nurani yg murni, ybs takut tersesat, hanya orang sesatlah yg mendorong orang lain agar tersesat dan ditemukan

        cara kerja Yesus tidak demikian kisanak, jika anda dengan sengaja menyesatkan diri, apa beda anda dengan Yudas Iskariot?….

        jangan karna anda ingin dinilai hebat kisanak, anda tega menyesatkan orang lain
        bertobat cepat kisanak

    • jelas @hai2 ini sesat
      karna penafsirannya dengan modal 100 kali baca alkitab tidak relevan sama sekali

      logika manusia yg belum diperbaharui oleh Roh Kudus tidak akan bisa digunakan menafsirkan alkitab, karna itu bertobat dulu baru baca alkitab, mau satu juta kali anda baca alkitab tapi ga bertobat, hasilnya seperti @hai2….tua2 keladi yg suka menipu dan membual

      • Anda belum pernah baca alkitab bahkan dari Matius 1:1 sampai Matius 28:20 kan? kisanak, belum pernah BACA alkitab kok BERLAGAK pakar alkitab ya? SOK MENHAKIMI ya? Dengan MODAL apa anda MENGHAKIMI karena belum pernah baca alkitab? ha ha ha ha … PASTI dengan modal KONTOL ya nak? ha ha ha …

        • kisanak ternyata paranormal atau dukun yg biasa kasih nomor togel ternyata?

          jangan kisanak merasa menjadi satu2nya manusia yg sdh membaca habis dari kejadian sampai wahyu lebih 100 kali, kisanak masih jauh dibawah level 10000 kali

          mending kisanak jadi penulis gosip atau fiksi saja, kontens kisanak cuma modal membual dan menipu

        • kisanak terlalu temperamental, itu tanda2 orang yg narsistik akut….

          kisanak hanya manusia pembual yg ada dari ribuan pembual lainnya

          tdk perlu cakap kotor kisanak
          nnti anak cucu kisanak malu pny ayah/kakek yg mulutnya sprti comberan bocor

          • @hai2 ; ha ha ha ha … PASTI dengan modal KONTOL ya nak? ha ha ha …
            ====

            herannya masih aja ada yg like?
            dan ga ada yg berani unlike?
            selera penghuni blog sini kampungan semua y?

  3. trimakasih banyak om atas kesediaan om hai hai menjawab, sekali lg trimakasih om. salam hormat

  4. Maaf pak bengcu… saya ngga ngerti. Apakah maksud Anda percaya dan mengikut YESUS belum tentu masuk surga seperti yg ditulis dalam Alkitab? Mohon jawaban pak. Trimakasih banyak.

    • Semua orang MATI pasti masuk Sorga. Tidak ada orang MATI yang MASUK neraka karena Nereka tidak PERNAH diciptakan.Bacalah Wahyu 22. Semua orang mati pasti masuk sorga.

      • kisanak jangan baca alkitab sepotong2……baca wahyu 21

        (8) Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.

        kisanak juga berhalusinasi bahwa iblis dan seluruh pengikutnya LENYAP? atau ikut masuk surga?
        kisanak dalam ilham dari penunggu gua?
        bertobatlah kisanak

        • owh.. kek na @me jg mungkin salah 1 pakar nih.. dah 1000x baca Alkitab.. dri kejadian sampaiiiii wahyu..? yg 1000x..?
          klo bgitu.. tlg pencerahannya.. krn sy org bodoh..
          sy yakin anda paham dlm alkitab itu dikatakan ada Surga.. tlg ceritakan Surga itu kek bgmn.. dan Neraka itu kek bgmn.. termasuk skalian pemahaman anda ttg pembuatan dunia, dri awal mula..
          Sdh byk dijelaskan oleh pemuka agama, apa @me jg salah 1 yg menghasut utk percaya buta kpd pemimpin agama walau tdk sesuai logika, dan berkata harus dgn iman bru bs paham..? Iman itu apa sih..?
          Krn menurut yg benar2x bs dipegang adalah Alkitab itu sendiri.. terima kasih..

            • haha.. lewat tulisan anda.. byk hal yg bikin sy kaget dan akhirnya mencoba menelaah lgi dgn membaca Alkitab sesuai logika.. sedangkan dri tulisan anda pun, ada bbrp yg anda translate kan yg berbeda dgn LAI.. dan itu cukup berpengaruh dlm memahami Alkitab dri maksud yg sbenarnya.. lanjutkan suhu hai2.. anda menyarankan baca original, pasti sy lakukan, tp sy tdk serajin anda dlm membaca alkitab ratusan kali krn byk hal urusan kerja, makan, tidur, urus keluarga, yg mesti sy kerjakan.. (cari gampang).. Btw.. ada target gak suhu..? ttg penerbitan buku..? kira2 kapan..?

  5. Seorang yang mengaku Kristen (pengikut Kristus) tidak mengandalkan kekuatan dan kepintaran sendiri…karena…seorang Kristen harus lebih menggunakan imannya sehingga mengalami pembaharuan karakter dirinya setiap hari secara terus menerus sepanjang hidupnya… sampai bertemu Allah Bapa di sorga…bila tidak maka sejatinya ia hanyalah penumpang gelap…yang tidak dikenal…dan yang akan ditolakNya…

    • Wah kalau gitu semua orang kresten musti meralat alkitabnya dengan : Kasihilah Allahmu dengan segenap budimu saja, atau mungkin yang lebih permisif dengan : Kasihilah Allahmu dengan segenap budimu dan sedikit akalmu saja.ha..ha..ha

    • bagaimana kita bisa meyakinkan dan memahami apa yang diperintahkan oleh Allah jika tidak mulai membaca alkitab sebagai dasarnya… meyakini karena asumsi orang lain dan tidak mempelajari dari sumbernya bisa saja salah kaprah lo….

    • Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda tahu yang diajarkan oleh alkitab TENTANG iman? ha ha ha ha …. Yang BERIMAN nggak kebagian karena setelah dia MATI baru KEJADIAN. Itulah nasib Abraham dan orang-orang beriman lainnya. ha ha ha ha …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s