Tiga Puluh Uang Perak Yudas


Gambar: kompagkj.

Gambar: kompagkj.

Siapakah Yesus? Tentang diri-Nya Yesus berkata, “Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat dan kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Siapakah Yesus? Bukan hanya masyarakat bahkan Yesus sendiri pun mempertanyakannya. Yesus adalah mesias yang tentangnya para nabi bernubuat. Yesus sering berkata bahwa yang terjadi adalah kegenapan nubuatan para nabi.

Saking getolnya menyatakan yang terjadi adalah penggenapan nubuatan para nabi, murid-murid Yesus sering lebai alias ngaco-belo. Hal demikian berlangsung terus dari generasi ke generasi sampai hari ini.  Inilah salah satu buktinya.

Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, Matius 27:3

berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!” Matius 27:4

Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci (naos), lalu pergi dari situ dan menggantung diri. Matius 27:5
 
Imam-imam kepala mengambil uang perak (argurion) itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Matius 27:6

Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah PENJUNAN (kerameus) untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing. Matius 27:7 – terjemahan lebih baik

Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah. Matius 27:8
 
Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seseorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel, dan mereka memberikan uang itu untuk tanah PENJUNAN (kerameus), seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku.” Matius 27:9-10

Kerabatku sekalian, pernahkah anda mempertanyakan, benarkah kisah Yudas dan tiga puluh keping uang peraknya adalah penggenapan nubuatan nabi Yeremia seperti yang tercatat di dalam Matius 27:9-10?

Umumnya para sarjana teologi menunjuk Yeremia 32:6-9 dan Zakaria 11:12-13 untuk membenarkan Matius 27:9-10. Pernahkah anda mengujinya dengan membandingkan ayat-ayat tersebut?

Berkatalah Yeremia: “Firman TUHAN (YHWH) datang kepadaku, bunyinya: Yeremia 32:6

Sesungguhnya, Hanameel, anak Salum, pamanmu, akan datang kepadamu dengan usul: Belilah ladangku yang di Anatot itu, sebab engkaulah yang mempunyai hak tebus untuk membelinya. Yeremia 32:7

Kemudian, sesuai dengan firman TUHAN, datanglah Hanameel, anak pamanku, kepadaku di pelataran penjagaan, dan mengusulkan kepadaku: Belilah ladangku yang di Anatot di daerah Benyamin itu, sebab engkaulah yang mempunyai hak milik dan hak tebus; belilah itu! Maka tahulah aku, bahwa itu adalah firman TUHAN. Yeremia 32:8

Jadi aku membeli ladang yang di Anatot itu dari Hanameel, anak pamanku, dan menimbang uang baginya: tujuh belas syikal perak. Yeremia 32:9

Handai taulanku sekalian, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, menyatakan kisah Yudas dan tiga puluh uang peraknya adalah kegenapan nubuatan Yeremia 32:6-9 adalah jaka sembung bawa golok, nggak nyambung, goblok!

YHWH bernubuat tentang Hanameel menawarkan tanah agar dibeli oleh Yeremia. YHWH tidak bernubuat tentang Hanameel menawarkan tanah agar dibeli oleh Imam-imam kepala. Imam-imam kepala tidak menerima tawaran membeli tanah namun pergi membelinya. Nubuatan YHWH sudah  digenapi saat Yeremia 32:6-9 ditulis.

Yeremia membeli tanah dengan perak yang beratnya 17 syikal sementara imam-imam kepala membeli tanah dengan harga 30 keping uang perak. Itu sebabnya tindakan Yeremia membeli tanah mustahil nubuatan tentang imam-imam kepala membeli tanah. Mau dikutak-katik seperti apa pun kedua kisah tersebut mustahil ngait.

Lalu aku berkata kepada mereka: “Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!” Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak. Zakaria 11:12

Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Serahkanlah itu kepada PENJUNAN (hay-yo-w-ser – Yatsar)!” –nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada PENJUNAN (hay-yo-w-ser  – Yatsar) di rumah TUHAN (bayith YHWH)
. Zakaria 11:13 – terjemahan lebih baik

Penjunan berasal dari kata dasar JUN yang artinya tempayan. Penjunan artinya pembuat tempayan alias pengrajin keramik. Bahasa Ibrani Hay-yo-w-ser artinya penjunan itu sebabnya tindakan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) menerjemahkannya sebagai penuang logam adalah penyesatan.

Zakaria mustahil Yeremia. Itu sebabnya menunjuk kitab Zakaria untuk membenarkan Matius 27:9-10 yang mengaku penggenapan nubuatan Yeremia adalah pembohongan publik. Itu namanya kutak-katik mustahil ngait.

Yudas melemparkan 30 uang peraknya Bait YHWH lalu bunuh diri sementara Zakaria memberikan 30 uang peraknya ke penjunan di bait YHWH lalu pulang. Itu sebabnya perbuatan Zakaria mustahil nubuatan perilaku Yudas.

Zakaria memberikan 30 uang peraknya kepada penjunan di bait YHWH sementara imam-imam kepala membeli tanah yang disebut tanah penjunan dengan harga 30 uang perak. Apa yang dilakukan oleh nabi Zakaria mustahil nubuatan dari perbuatan imam-imam kepala.

Kerabatku sekalian, hubungan Zakaria 11:12-13 dan Matius 27:9-10 adalah jaka sembung bawa golok, nggak nyambung, goblok!

Tidak Mungkin Tidak Ada Penyesatan

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Tidak mungkin tidak ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Lukas 17:1 – terjemahan lebih baik

Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. 1 Tesalonika 5:21

Kerabatku sekalian, alkitab adalah kitab pelajaran. Para pembaca alkitab dari generasi ke generasi belajar dari kebenaran juga dari kesalahan para penulis alkitab dan tokoh-tokoh yang tercatat di dalamnya termasuk YHWH dan Elohim juga Tuhan Yesus Kristus.

Yang ingin ditulis oleh hai hai adalah “Solo kota pelajar” yang tertulis oleh hai hai adalah “Solo kota pelajar.” Itu berarti hai hai tidak salah tulis. Namun bila yang ingin ditulisnya adalah “Solo kota pelajar” namun yang tertulis adalah “Solo kota belajar,” itu berarti hai hai salah tulis. Namun Solo bukan kota pelajar sebab yang kota pelajar adalah Yogya. Itu sebabnya “Solo kota pelajar” yang ditulis oleh hai hai adalah salah.

Alkitab mustahil salah tulis (Inerrancy) ) tidak boleh dipahami sebagai yang tertulis pasti benar. Namun harus dipahami sebagai Alkitab mustahil salah tulis karena itulah yang ingin ditulis oleh penulisnya.

Alkitab mustahil salah ajarannya (Infallibility) tidak boleh dipahami sebagai ajarannya pasti benar. Namun harus dimengerti sebagai ajarannya mustahil salah karena itulah yang ingin diajarkan oleh penulis. Artinya penulis mustahil melakukan kesalahan ketika menulis yang ingin dia ajarkan.

Matius 27:9-10 mustahil salah ajarannya (Infallibility) dan mustahil salah tulisannya tidak boleh dipahami sebagai yang tertulis pasti benar.  Namun harus dimengerti sebagai mustahil salah karena itulah yang ingin diajarkan dan ditulis oleh penulis. Artinya penulis kitab Matius tidak melakukan kesalahan ketika menulis dan mengajarkan yang ingin dia ajarkan.

Apa yang kita pelajari dari kesalahan penulis kitab Matius? Yang kita pelajari adalah:

1.    Matius 27:9-10 mustahil penggenapan nubuatan nabi Yeremia.
2.    Matius 27:9-10 mustahil penggenapan nubuatan Yeremia 32:6-9 dan Zakaria 11:12-13.
3.    Yeremia 32:6-9 dan Zakaria 11:12-13 bukan nubuatan
4.    Melakukan pembohongan publik untuk memuliakan Yesus tidak ada gunanya.
5.    Cepat atau lambat pembohongan publik akan terbongkar.

10 thoughts on “Tiga Puluh Uang Perak Yudas

  1. Ya begitulah yang diajarkan bertahun-tahun, Alkitab tidak mungkin salah apapun yang tertulis ya pasti benar. Sayangnya banyak orang Kristen tidak cukup paham bagaimana asal-muasal kitab yang mereka baca. Padahal di kitabnya sendiri sudah ditulis terjemahan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia), kesannya penerjemah LAI ini tidak mungkin salah.

  2. Wahyu 21:14 (TB) Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

    yg disebut binasa dan yg dianggap penghianat oleh umat kristen namanya terukir indah di surga di atas batu dasar ha ha ha ..om yudas iskariot maafkan orang orang kristen picik itu ya…rasul anak domba tetap 12 jumlahnya tidak ada yg terhilang .jd jng sirik ye

  3. Lihat ayatnya :

    Matius 27:9 (TB) Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,

    http://www.bibleforandroid.com/v/0e1f534c7793

    Pertama2, Lihat kata : disampaikan.
    Di kitab injil, ada kalimat “tertulis” dan ada kalimat “disampaikan” . Disampaikan nggak berarti harus ada tertulis, krn penyampaian itu bisa juga bermakna lisan.

    Kedua,
    Yang disampaikan itu adalah tentang harga untuk seseorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang israel. Yang disampaikan itu spesisik ttng harga seseorang.

    Salam,
    Aldy Tan

    • berarti firman yang disampaikan Yeremia mengenai 30 uang perak itu adalah salah satu firman yang tidak termuat dalam kitab kanonik?

  4. Gaya pikir om bengcu unik, kpn nih ketemu ngobrol langsung sambil ngupi…. Info dr temen, kita rumahnya deketan… Sekali naik angkot 02 ke arah tempat paling macet di dunia hehe

  5. YUDAS ISKARIOT SANG RASUL DENGAN DUA KALI UCAPAN DUKA CITA.
    -Pada waktu Yudas yang menyerahkan Dia,melihat,bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati,menyesallah ia .LALU IA MENGEMBALIKAN UANG YANG TIGA PULUH PERAK ITU kepada imam-imam kepala dan tua-tua, dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tidak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!.(Mat.27:3-4)
    -MAKA IA PUN MELEMPARKAN UANG PERAK ITU KE BAIT SUCI,lalu pergi dari situ DAN MENGGANTUNG DIRI.(Mat.27:5) “ UANG UPAH MENYERAHKAN YESUS DI LEMPARKAN YUDAS KE BAIT SUCI LALU YUDAS PUN PERGI GANTUNG DIRI DAN MATI” Inilah duka pertama atas kematian Yudas.
    -Yudas ini telah MEMBELI SEBIDANG TANAH DENGAN UPAH KEJAHATANNYA, lalu IA JATUH TERTELUNGKUP dan PERUTNYA TEBELAH SEHINGGA SEMUA ISI PERUTNYA TERTUMPAH KELUAR. (Kis.1:18) “UANG UPAH MENEYERAHKAN YESUS DI JADIKAN YUDAS UNTUK MEMBELI TANAH,entah apa sebabnya Yudas jatuh dengan perut terbelah ahirnya MATI LAGI” Inilah duka kedua atas kematian Yudas. AGAR KISAH INI DAPAT DI IMANI,AGAR MEMILIKI KESAN SEBAGAI FIRMAN TUHAN DICARIKANLAH DALILNYA DIKITAB MAZMUR .
    Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemehanNYA menjadi sunyi,dan biarlah tidak ada penghuni didalamnya : dan: BIARLAH JABATANNYA DIAMBIL ORANG LAIN(Kis1:20) INILAH AYAT YANG DIMAKSUDKAN DI KITAB MAZMUR: -Biarlah Perkemahan MEREKA menjadi sunyi,dan biarlah KEMAH-KEMAH MEREKA tidak ada penghuninya,sebab mereka mengejar orang yang Kaupukul,mereka menambah kesakitan orang-orang yang Kautikam.(Mzm.69:26-27) “ Itulah adalah bagian kalimat-kalimat doa nabi daud kepada Allah,Tuhannya”,tidak ada hubungan sama-sekali dengan kematian Yudas yang dua kali,bahkan jika Yudas dimatikan sampai tiga kalipun,tetap saja tidak akan nyambung.
    Tidak mungkin tidak ada motifasi penulis Al kitab,sehingga berlaku seperti demikian. Apakah orang-ornga Yahudi tidak pernah melihat wajah Yesus?
    -Setelah Yesus turun dari bukit ORANG BANYAK BERBONDONG-BONDONG MENGIKUTI DIA. (Mat.8:1)
    -MAKA KELUARLAH SELURUH KOTA MENDAPATKAN YESUS DAN SETELAH MEREKA BERJUMPA DENGAN DIA, mereka pun mendesak,supaya Ia meninggalkan daerah mereka.(Mat.8:34)
    -Sementara Yesus berbicara demikian DATANGLAH SEORANG KEPALA RUMAH IBADAT,LALU MENYEMBAH DIA dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal ,tapi datanglah dan letekkanlah tangan-Mu atasnya maka ia akan hidup.(Mat.9:18)
    -Melihat itu, BERKATALAH ORANG-ORANG FARISI kepada-Nya: “Lihatlah ,murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat.(Mat.12:2)
    -Pada waktu itu berkatalah BEBERAPA AHLI TAURAT DAN ORANG FARISI kepada Yesus: “GURU, kami ingin melihat tanda dari pada-Mu.(Mat.12:38)
    -Lalu disuruh-Nya ORANG BANYAK itu dudukdi rumput,Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus mengadah kelangit dan mengucap berkat,lalu memecah-mecah roti itu dan memberikannya kepada murid-Nya,lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya KEPADA ORNG BANYAK.(Mat.14:19)
    -Yang IKUT MAKAN KIRA-KIRA LIMA RIBU LAKI-LAKI tidak termasuk perempuan dan anak-anak. (Mat.14:21) Itu adalah sebagian dalil bahwa YESUS DI KENAL OLEH BERIBU-RIBU ORANG BANGSA ISRAEL, namun ketika mereka mau menagkap Yesus,mengapapa tidak satu orangpun yang kenal wajah-Nya,sehingga harus menunggu Yudas datang mintak di sogok, sehingga Yudas harus memberi tanda dengan ciuman?. –Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: “ORANG YANG AKAN KU CIUM ,ITULAH DIA,TANGKAPLAH DIA.(Mat.26:48)
    -Ketika berkata kepada mereka: “Akulah “Dia” MUNDURLAH MEREKA DAN JATUH KETANAH. Maka Ia bertanya pula: “siapakah yang kamucari?’ kata mereka “Yesus dari Nazaret”. Jawab Yesus: Telah kukatakan kepadamu,Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari ,birakanlah mereka ini pergi.(Yoh.18:6-8)
    -Jawab Yesus kepada mereka: “Aku berbicara terus terang kepada dunia: Aku SELALU MNGAJAR DI RUMAH-RUMAH IBADAT DAN DI BAIT ALLAH TEMPAT SEMUA ORANG YAHUDI BERKUMPUL; Aku tidak berbicara sembunyi-sembunyi.(Yoh.18:20)
    Yesus mengajar di berbagai tempat ibadah,dikenal oleh ribuan orang,ketika mereka mau menangkap-Nya,tak satupun yang kenal, bahkan ketika Yesus menjawab “Akulah Dia” orang-orang yang mau menangkapnya mundur dan jatuh ketanah.
    YUDAS ISKARIOT RASUL CELAKA DAN BERDOSA YANG MEMILIKI TAHTA DI SORGA.
    CELAKA: -Anak manusia memang akan pergi.SESUAI DENGAN YANG ADA TERTULIS tentang Dia, akan tetapi,CELAKALAH ORANG YANG OLEHNYA ANAK MANUSIA ITU DISERAHKAN. Adalah lebih baik bagi oang itu SEKIRANYA IA TIDAK DILAHIRKAN.(Mat.26:24)
    -Tetapi, lihat,tangan orang yang menyerahkan Aku,ada bersama dengan Aku dimeja ini,sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan,akan tetapi,CELAKALAH ORANG YANG OLEHNYA IA DISERAHKAN!(Luk.22:21-22)
    BERDOSA:_Yesus menjawab: “Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku,jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia YANG MENYERAHKAN AKU kepadamu. LEBIH BERSAR DOSANYA.(Yoh.19:11)
    TAHTA DISORGA: -Bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku,didalam Kerajaan-Ku DAN KAMU AKAN DUDUK DIATAS TAHTA UNTUK MENGHAKIMI KE DUA BELAS SUKU ISRAEL.(Luk.22:30)
    -Dan tembok kota itu mepunyai dua belas batu dasar dan DIATASNYA TERTULIS NAMA KEDUA BELAS rasul Anaka Domba itu(Why.22:14)
    YUDAS ISKARIOT, PENGHIANAT ATAU ORANG YANG BERJASA?
    Apakah Yudas MENYERAHKAN YESUS karena dirasuki iblis? Kalau gitu iblislah yang harus dikutuk bukan Yudas yang di cap sebagai penghianat. Sungguh besar jasa Yudas,dan imam-imam kepala bangsa Yahudi itu, jika Yudas tidak menyerahkan Yesus,dan imam-mama kepala serta tua-tua bangsa Yahudi TIDAK MELAKUKAN PENANGKAPAN: penyaliban tidak ada,kalau penyaliban tidak ada, kematian tidak ada,jika Kematian Yesus tidak ada, kebangkitan juga takkan ada.SEDANGKAN KEMATIA DAN KEBANGKITAN YESUS MENDATANGKAN BERKAH YANG SANGAT LUAR BIASA BAGI UMAT KRISTEN:
    1.KEMATIAN DAN KEBANGKITAN YESUS MEMBUKA PELUANG BAGI PAULUS UNTUK MENJADI RASUL,Sebab ketika dibumi Yesus belum sempat mengangkat Paulus jadi rasul .
    2.YESUS MATI DAN BANGKIT,AGAR TIDAK SIA-SIA AJARAN PAULUS DAN IMAN UMAT KRISTEN. _Tetapi andaikata KRISTUS TIDAK DIBANGKITAN,SIA-SIALAH PEMBERITAAN KAMI DAN SIA-SIALAH JUGA KEPERCAYAAN KAMU.(1.Kor.15:14) _Dan jika Kristus tidak dibangkitkan,MAKA SIA-SIALAH KEPERCAYAAN KAMU DAN KAMU MASIH HIDUP DALAM DOSAMU.(1.Kor.15:17)
    3.YESUS MATI UNTUK MENJADI TUHAN. _Sebab untuk itulah Kiristus telah mati dan hidup kembali,SUPAYA IA MENJADI TUHAN……(Rom.14:9)
    4.YESUS MATI UNTUK MEMBATALKAN KITAB TAURAT. _Sebab dengan mati-Nya sebagai manusia IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUANNYA,…(Ef.2:15)
    5.YESUS MATI UNTUK MENGHAPUS DOSA UMAT KRISTEN: -Sebab juga KRISTUS TELAH MATI SEKALI UNTUK DOSA KITA,…..(1.Pet.3:17)
    6.YESUS MATI UNTUK MEMATIKAN KUASA IBLIS: _…..Supaya oleh kematian-Nya Ia MEMUSNAHKAN dia, YAITU IBLIS YANG BERKUASA ATAS MAUT.
    Bukankah kisah tentang PENANGKAPAN,PENYALIBAN,KEMATIAN DAN KEBANGKITAN adalah sesuatu ketetapan yang harus DIGENAPI Yesus??? _sebab selama ini mereka belum mengerti isi Kitab suci yang mengatakan, BAHWA IA HARUS BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI.(Yoh.20:9)
    _Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk dalam kemuliaan-Nya? Lalu Ia MENJELASKAN KEPADA MEREKA APA YANG TERTULIS TENTANG DIA DALAM SELURUH KITAB SUCI, MULAI DARI KITAB-KITAB MUSA DAN SEGALA KITAB NABI-NABI.(LUK.24:26-27)
    _Kata-Nya kepada mereka: “ADA TERTULIS DEMIKIAN: MESIAS HARUS MENDERITA DAN BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI PADA HARI KETIGA(Luk.24:46) Kalau sudah menjadi nubuatan,BUKANKAH MASING-MASING PIHAK YANG TERLIBAT DALAM KISAH ITU HANYA MENJALANI TAKDIR YANG MEMANG TIDAK BISA DIHINDARI….? TAPI PERSOALANNYA DIMANAKAH KISAH TENTANG ITU TERTULIS…? DIMANAKAH KISAH TENTANG YESUS TETULIS DI KITAB-KITAB MUSA DAN SEGALA KITAB NABI-NABI….????. TENTU SAJA SEORANG:HAI HAI “ sipengupas bawang bombai” yang telah membaca Al Kitab seeraatus kali dan sering menasehati orang-orang agar “baca dulu Al kitab dari Kejadian sampai Wahyu!!” TAHU BETUL DAN PAHAM BENAR DIKITAB APA DAN AYAT BERAPA SEPERTI YANG DIMAKSUDKAN TUHAN ITU TERTULIS, karena setiap umat beragama,tak ada Tuhannya yang berdusta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s