Kisah Penciptaan Sorga Dan Dunia


sorgaduniaKisah penciptaan sorga dan dunia dalam 6 hari bukan dongeng. Anda kekeh jumekeh menuduhnya dongeng padahal belum pernah membacanya dengan teliti dan hati-hati secara ilmiah hingga memahaminya dengan benar.

Apakah 1 hari (malam dan siang) dalam kisah penciptaan adalah satu hari dalam arti 1X24 jam? Benar! Kenapa demikian? Karena itulah yang tertulis di dalam kitab Kejadian. Apakah kisah tersebut masuk akal? Bukan hanya masuk akal namun ilmiah.

Kisah penciptaan diceritakan oleh YHWH kepada Musa. Musa lalu mencatatnya di dalam Kisah Kejadian. Menurut catatan Alkitab, saat itu bangsa Israel sudah mengenal KALENDER dan TULISAN.  Kalender adalah alat dan sistem pencatatan saat dan waktu.

Satuan waktu di Kalender Ibrani adalah: Malam, Siang, Hari, Minggu, Bulan, Tahun.  Siang terdiri dari Malam dan Siang. Minggu terdiri dari tujuh hari. Bulan terdiri dari 30 hari. Tahun terdiri dari 365 hari. Sistem Jam baru ditambahkan kemudian. Sistem Tanggal (perhatikan tanggal di bulan Februari) baru muncul ratusan tahun kemudian.

Satu Hari kalender Yahudi adalah malam dan siang. Kalau 1 hari yang dicaritakan oleh YHWH kepada Musa bukan malam dan siang pastilah Musa mempertanyakannya. Kalau Kalau 1 hari yang dicaritakan oleh Musa kepada bangsa Israel sudah pasti mereka akan mempertanyakannya. Itu sebabnya kita meyakini bahwa 1 hari yang tercatat di dalam kitab Kejadian adalah satu hari yang setara dengan 24 jam dalam sistem jam modern.

Saat ini sebagian sarjana teologi Kristen percaya bahwa kisah penciptaan di kitab Kejadian adalah kisah nyata namun sayangnya mereka nggak becus menjelaskannya secara logis dan ilmiah itu sebabnya menjadi olok-olok. Sebagian teolog yang lain mengagul-agulkan diri cerdas karena menurutnya itu hanya metafora alias dongeng belaka. Padahal keduanya bodoh karena alih-alih  mempelajari Alkitab dengan cara yang benar mereka justru menafsirkannya sembarangan sehingga nggak memahaminya dengan benar.

Pada mulanya Allah menciptakan sorga (shamayim) dan dunia (eret). Dunia belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Kejadian 1:12 – terjemahan lebih baik

Demikianlah diselesaikan sorga dan dunia dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan  yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:1-2  – terjemahan lebih baik

Bagaimana cara James Watt menciptakan (bara) mesin uap? Dia menciptakannya dari nihil (Creatio ex nihilo) dengan daya ciptanya. Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh James Watt untuk menciptakan mesin uap? Sekejap. Apakah ciptaan James Watt itu ujug-ujug jadi? Tidak! Mula-mula dia  membuat rancangannya selama bertahun-tahun kemudian membangunnya (yatsar) selama bertahun-tahun.

Demikianlah riwayat sorga dan dunia pada waktu diciptakan (bara). Ketika YHWH Elohim menjadikan dunia (eret) dan sorga (shamayim), — Kejadian 2:4 – terjemahan lebih baik

belum ada semak apapun di dunia, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab YHWH Elohim belum menurunkan hujan ke bumi (adamah), dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; Kejadian 2:5 – terjemahan lebih baik

tetapi ada kabut naik ke atas dari dunia (eret) dan membasahi seluruh permukaan bumi (adamah) itu— Kejadian 2:6 – terjemahan lebih baik

ketika itulah YHWH Elohim membentuk (yatsar) manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kejadian 2:7 – terjemahan lebih baik

Itulah yang cercatat di dalam kitab Kejadian tentang penciptaan alam semesta. Walaupun diciptakan (bara)  dalam 6 hari namun Kejadian 2:4-17 mencatat bahwa alam semesta dan manusia tidak ujug-ujug jadi. Sorga dan dunia tidak ujug-ujug ada namun dibangun melalui proses memisahkan dan membatasi lalu menyatuhkan.

Alkitab ditulis dengan prinsip: Logis, gamblang, sistematis, akurat, tegas, dan konsisten. Logis artinya tidak bertentangan dengan akal sehat. Gamblang artinya jelas dan mudah dipahami. Sistematis artinya teratur dan berkesinambungan. Akurat artinya sangat teliti dan cermat. Tegas artinya jelas dan terang benar serta tidak ada yang samar-samar. Konsisten artinya tidak saling bertentangan satu dengan yang lainnya.

Apabila menemukan hal yang tidak logis di dalam Alkitab, itu berarti belum memahaminya dengan benar. Apabila tidak gamblang, itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak sistematis itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak akurat itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak tegas alias masih samar-sama itu berarti belum memahaminya dengan benar. Tidak konsisten itu berarti belum memahaminya dengan benar. Kenapa demikian? Karena Alkitab ditulis dengan prinsip: Logis, gamblang, sistematis, akurat, tegas, dan konsisten.

Yang memegang prinsip kebenaran Alkitab demikian tidak akan menafsirkan meskipun tidak memahaminya apalagi menganggapnya salah. Tidak memahami yang dibaca? Masalahnya pada pembacanya bukan pada penulisnya apalagi yang tertulis. Masalahnya adalah kemampuan untuk memahami yang tertulis bukan ketidakmampuan penulis untuk menulis dengan benar.

Nah, kisanak, bacalah kembali kisah penciptaan sorga dan dunia dengan teliti dan hati-hati menurut kutat Kejadian. Itulah kisah nyata yang diajarkan oleh YHWH kepada Musa untuk diberitakan kepada bangsa Israel untuk teruskan ke seluruh bangsa.

Advertisements

75 thoughts on “Kisah Penciptaan Sorga Dan Dunia

  1. kok saya tidak bisa reply post yang bersangkutan ya…. untuk putra dari ufuk timur… yang saya tanyakan berdasarkan ayat kejadian tentang penciptaan bumi…..pemahaman saya ada air(1) langit dan air(2)
    air 1 adalah air di bumi yaitu samudera… langit/cakrawala adalah alam semesta bukan langit penuh awan alias atmosfer bumi… karena alam semesta tempat bergantung bintang dan matahari letaknya diluar atmosfer bumi… sedangkan air(2) adalah sorga atau tempat TUHAN berada… letaknya berada di luar alam semesta yang tidak tahu berapa besarnya…
    menurut putra definisi ini keliru atau benar? kalau keliru yang benar seperti apa?

  2. Tata surya, galaksi di alam semesta, kecuali Bumi, dan semuanya itu berada di Cakrawala yang disebut “Langit” dalam kitab kejadian pasal 1 dan 2, dalam rincian penciptaan tersebut ? Sedang pengertian “langit” sebagai Sorga…memiliki konteks yang sangat luas dan secara umum terdapat dalam kejadian 1 : 1 “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” …Langit tersebut memberikan pengertian yang luas, yakni : “Sorga dan Cakrawala”… tetapi penjelasan rincian penciptaan langit dan bumi seperti penjelasan ayat 2 dan seterusnya, adalah penjelasan tentang Cakrawala dan isinya—Bumi dan isinya…itulah “Dunia” atau Alam Semesta.

    Jadi “Langit” yang dimaksudkan “sorga” berada di atas Cakrawala, dimana dapat diketahui dari kalimat : “Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya.”. Dan “sorga” tidak dijabarkan secara mendetail dalam dalam kejadian 1 : 1. Hanya kesimpulan saja : “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.”

    Mengapa bumi berumur jutaan tahun…??? karena bumi sudah ada tetapi tertutup oleh air yang berada dibawah Cakrawala, dengan berkumpulnya air (zat cair) baru bumi terbentuk tapi masih kosong, belum ada isinya. Sehingga bumi telah berumur sangat lama…!!! Umur bumi secara pasti (numerik) tidak terdapat dalam ALKITAB, yang pasti “bumi telah ada jutaan tahun lalu namun tertutup air dibawah Cakrawala”, belum berbentuk dan kosong…!!!”

    Demikian juga “Langit” yang memiliki makna atau disebut “Sorga” , itu pun telah ada dalam waktu yang sangat lama…, mengenai hal ini tidak dijelaskan secara mendetail dalam ALKITAB, tetapi isi “Langit” itu secara jelas telah tertulis dalam ALKITAB.

    Mengapa TUHAN ALLAH tidak menyatakannya secara mendetail seperti penciptaan “langit dan bumi” atau yang disebut “Dunia” atau “Alam Semesta” atau segala sesuatu yang terdapat di bawah “air diatas Cakrawala” …..??? Karena bukan itu point-nya untuk menjelaskan tentang “Alam Semesta”…Penciptaan Sorga bukan-lah urusan manusia dan makhluk dibawah kolong langit…!!!

  3. mari berbicara sedikit tentang sorga… apakah sama dengan kota yerusalem baru yang berada di kitab wahyu?

  4. Terjemahan yang tepat di kejadian 1 itu adalah “Pada waktu/saat Allah Mendesain/Merakit/Merancang Surga Dan Alam Semesta”

    – Surga adalah dunia supranatural yang tidak kelihatan atau dunia roh atau alam Ghoib 🙂

    – Alam Semesta adalah Universe atau adalah dunia material termasuk luar angkasa dan galaxy.

    – Alam semesta itu tidak diciptakan dari ketidakadaan (nihil) namun diperbaiki dari keadaannya pada waktu di desain oleh Allah yaitu “Belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air”

    • orang-orang BODOH namun SOK TAHU membuat pembohongan publik dengan menyebutnya itu ALAM GAIB. Orang-orang TOLOL mempercayainya. itulah FAKTA-nya.

      Jadi kalau mau JAGOAN dengan cara BELOON ya sebut saja bahwa itu ALAM GAIB alias DuNia ROH.

      • Memang demikianlah bung, berdasarkan kesaksian beberapa hamba tuhan yang bermimpi pergi ke surga.

        Membaca alkitab saja nggak cukup!. Karna hanya orang2 yg paling berimanlah seperti pdt. phillip mantofa dan pariadji yg dapat memahaminya karena tuntunan roh kudus. 😉

        • kalau anda pernah mengikuti blog ini dan perdebatan tentang surga dan neraka… ada flaws yang disebutkan oleh hamba TUHAN tersebut…
          1. gambaran surga dan neraka tidak konsisten… tiap hamba Tuhan memiliki versinya sendiri…
          2. Gambaran surga tidak sesuai dengan isi kitab wahyu pada hari penghakiman…
          3. para hamba Tuhan tidak bisa menceritakan sama persis bagaimana rupa surga itu jika ditanyakan lagi.. itu bukti mereka sedang berhayal….
          4. bukannya menjelaskan hayalan mereka, para hamba Tuhan menyatakan yang tidak percaya pasti langsung berdosa….
          5. versi paling unik ada yang mengatakan surga itu kosong dan putih… padahal jelas dikatakan pada kitab wahyu banyak sekali isinya…
          6.Hamba Tuhan mengatakan mereka bertemu Yesus dan Allah dan menganggap Yesus adalah pesuruh mereka.. padahal tidak ada yang pernah bertemu muka dengan Allah.. dikatakan di alkitab….

          jgn gampang-gampang percaya bro… jadi kristen fanatik tanpa menganalisa logis akan tersesat…
          amsal 18:2 Orang bebal tidak suka kepada pengertian, hanya suka membeberkan isi hatinya.
          amsal 28:26 Siapa percaya kepada hatinya sendiri adalah orang bebal, tetapi siapa berlaku dengan bijak akan selamat.
          Proverbs 14:15 ESV / 58The simple believes everything, but the prudent gives thought to his steps.
          orang bodoh percaya segalanya, namun orang bijak memikirkan langkahnya….

          jadi analisalah kebenaran bukan menjadi bebal dan bodoh karena percaya buta dan menelan mentah-mentah informasi dari pihak-pihak walaupun itu adalah hamba Tuhan… kalau anda baca alkitab pasti tahu tidak mungkin tidak ada penipu… dan nabi-nabi palsu dari jaman dulu sampai sekarang pasti ada

        • NB anda bilang sendiri itu mimpi… jika mimpi dapat dipercaya tanpa alasan logis yang jelas maka kita harus percaya bahwa semua mimpi manusia juga kenyataan… contohnya saya bermimpi kalau ada alien yang akan datang 2 minggu lagi di jakarta… ingat jangan gunakan standar ganda dan kemunafikan dalam emnilai suatu kasus

          • Memang beberapa kesaksian pendeta belum teruji namun tidak semuanya. Kita bisa mengujinya siapa yang benar dan tidak dengan menggunakan teknologi zaman ini seperti Test Kebohongan, Binocular, Spotting Scope, Video/tape, kaset, CCTV, dLL.

            Beberapa hamba tuhan seperti Ptd ir Niko, Mantofa dan Pariadji mungkin kedudukannya lebih tinggi daripada paulus. Karna Paulus itu hanya rasul yesus kristus namun mereka ini adalah nabi YHWH pada zaman modern karna mereka mengaku telah diurapi. Makanya nggak heran kalau mereka itu banyak duitnya karena memang pasti diberkati dengan kenikmatan dan kekayaan duniawi karena tugasnya yang mulia.

            Intinya bahwa tidak membaca alkitab itu nggak penting karena sekarang sudah banyak buku teologia yang bisa dibaca untuk bagaimana secepatnya kita bisa mengerti alkitab. Yang paling penting itu adalah merasakan jamahan dari roh kudus melalui lahir baru dari air (zat zair, baptisan) dan roh (meditasi, yoga) supaya roh kudus inilah yang langsung memberikan iluminasi akan pengertian yang sesungguhnya dari kebenaran.

            • sayang sungguh sayang… pengertian sebuah agama dinilai dari betapa kayanya pendeta yang anda puja itu… berdasarkan logika anda yang seperti itu… maka disimpulkan jika hamba Tuhan lebih hebat dari Paulus karena kekayaannya dan dianggap nabi… maka anda harus mengakui Bill gates yang atheist itu sebagai TUHAN…. karena kekayaan bill gates puluhan kali lipat dibandingkan idola anda itu….
              picik sekali menganggap kristen adalah agama yang materialsitis dan dinilai hanya karena kekayaan… dan bukan menitik beratkan kepada pemahaman kasih, alkitab dan pertintah Tuhan untuk memperbaiki ahlak manusia… sungguh miris cara berpikir anda……..

              • Tipikal penganut theologi kemakmuran memang cara berpikirnya memang seperti itu.
                Parameternya adalah kekayaan, makanya dengan jumawa langsung menyimpulkan bila seorang pendeta itu lebih hebat dari Paulus hanya dengan parameter kekayaan yang dimilikinya. Begitu juga mimpi2 yang diceritakan oleh para pendeta langsung mereka percayai begitu saja dan dijadikan sebagai standard kebenaran. Kenapa bisa demikian? Karena pendeta adalah sosok sentral buat mereka, meskipun mereka tidak mau mengakui dan menyangkalnya mati-matian, tapi faktanya demikian. Sikap kultus individu jemaat terhadap sosok pendeta sangat kuat digereja2 penganut teologi sukses.

            • sekalian ganti saja kitab sucinya jgn pakai alkitab… karena baca alkitab ga penting… yang penting adalah baca buku teologi yang belum tentu benar itu… saya menilai cukup gampang saja… ada pendeta yang mengaku dibangkitkan setelah kematiannya buktinya ia tidak bangkit… ada pendeta yang terbukti menipu bahwa ia keturunan tebu ireng… jadi di dalam kasus ini mereka tidak lebih manusia biasa… anda silakan saja uji mereka dengan teknologi… saya yakin hasilnya 0 besar… silakan cari contoh-contoh penipuan kharismatik lain di amreika seperti peter popoff, gilbert deya.. eddie long… anda akan terbelalak bahwa cara-cara di indonesia tidak lain dan tidak bukan hanya njiplak cara dari luar negri untuk menipu… sayang aturan hukum terkait di indonesia belum ketat sehingga kasus-kasus seperti ini masih bisa bertebaran di mana-mana

              • Bukan miris tapi itulah kenyataannya. Di alkitab saja tercatat bahwa abraham dan raja salomo memiliki banyak harta bahkan budak, hamba dan istri. Bill Gates sendiri adalah orang amerika yang pastinya kristen, bukan ateis karena di Us itu mayoritas kristen. Dan untuk masalah penipuan kepada jemaat itu saya kira hanya terjadi di amerika namun di indonesia kita bersyukur saat ini belum ada.

                Sebenarnya alkitab itu sendiri tidak penting, tapi yang paling penting itu apa artinya, makanya lebih baik kalo kita membacanya saja dari buku teologia sebab disini sudah disimpulkan intisari dari alkitab yang telah disusun oleh para teolog yang memang merupakan pekerjaan mereka untuk menafsirkan alkitab, jadi pasti lebih tepat pengertiannya.

                • hahahaha ………… logika berpikirnya lucu sekali ya anda ini…… ya sudah lah… tetaplah menjadi bebal dengan pemikiran anda itu… anda mengatakan Bill gates kristen karena orang amerika? berarti semua orang amerika kristen? yang kaya pasti kristen? tidak ada kristen yang berkekurangan?
                  orang terkaya di dunia
                  1. bill gates atheist atau agnostik
                  2. amancio ortega agama katolik roma
                  3. warren buffet agama yahudi
                  4. carlos slim agama katolik moranite
                  5. Jeff bezoz agama yahudi

                  bro dilihat list orang terkaya di dunia bro… agamanya beda-beda dan bukan kristen kharismatik… anda boleh tetap kukuh jadi orang bebal yang yakin bahwa kekayaan itu berkaitan dengan agama… saya memiliki pemikiran yang berbeda… agama mengajari kita ahlak moral agar menjadi orang yang penuh kasih dan lebih humanis… bukan mengajarkan kekayaan..
                  kekayaan ada kaitannya dengan bisnis dan teknik dagang serta keahlian berwirausaha… para pendeta itu jadi kaya bukan karena ia saleh di mata Tuhan… tapi karena mereka memiliki keahlian dagang, keahlian marketing, dan keahlian berjualan… lihat saja lulusannya tidak semata mata kuliah theologia namun juga sarjana psikologi dan marketing s2 di luar negri…
                  apa yang diperdagangkan disini? komoditasnya apa? yang diperdagankan bisa macam-macam yakni cerita bertemu Yesus, ajaran tentang kekayaan itu sendiri, berjualan buku, membuat sekolah-sekolah, bahkan menjual minyak percikan yang katanya suci itu… bahkan mukjijat kesembuhan adalah komoditas yang diperdagangkan untuk mendapat ketenaran dan uang….
                  hahahahaha…. silakan anda tetap kekeh jumekeh bebal.. tapi lebih pintarlah sedikit dalam menganalisa dan mengutarakan pendapat agar tidak terlihat bodohnya…
                  jika anda berpatokan buku teologia yang dipakai sebagai standar… secara fakta di lapanagan terdapat banyak buku teologia mulai dari yang kelas gurem sampai kelas atas… ada yang isinya tidak bermutu ada pula yang bermutu.. lalu pakai yang mana bro standarnya? hahahah
                  dari banyaknya buku teologia, karena banyak penulis yang menulis berdasarkan ilham mereka sendiri… tidak jarang ada yang berbeda pendapat dan saling menyerang… nah kalau sudah seperti ini mana buku yang dipakai?

                  kalau anda pakai buku tertentu karena anda merasa paling sreg lalu menyalahkan yang tidak sependapat dengan anda itulah yang dinamakan standar ganda atau seenaknya sendiri…

                  anda mengatakan bill gates kristen coba deh cari info dulu biar ga keliatan bodoh dan dikira asal bunyi…

                • kalau tafsiran pendeta pasti tepat maka tafsiran tidak akan bermacam-macam… pasti hanya ada 1 dan mutlak… justru karena banyak berbeda tafsir-tafsir dan pemahaman, praktek yang berbeda-beda, pengertian berbeda-beda… maka itulah bukti bahwa tafsir pendeta tidak pasti tepat dan perlu dipertanyakan kebenarannya… kalau anda mengatakan tafsir pendeta dan ahli teologia pasti benar coba deh analisa hal berikut:
                  1. babtis harus disiram dengan air
                  2. babtis harus ditenggelamkan di dalam air
                  3. babtis tidak harus menggunakan air.
                  4. babtis harus menggunakan air boleh dipercik atau dicelup…
                  ada 4 pemahaman tafsir tentang baptis yang disebutkan oleh 4 pendeta sebut saja a, b, c, d
                  karena logika anda mengatakan pokoknya pendeta pasti benar berarti keempat hal diatas adalah benar semua… padahal keempat pendapat itu saling bertentangan ( mana nih yang benar nih)….
                  kalau anda memilih menguji karena belum tentu benar maka anda akan gunakan alkitab untuk mengecek mana yang benar dari keempatnya…
                  nah ini yang sering terjadi di kalangan orang kristen… memilih salah satu jawaban, memastikannya benar karena itu memang ajaran pendetanya, memastikan ketiga ajaran yang lainnya salah… bukan didasarkan alkitab namun didasarkan buku teologia pendeta favoritnya itu…
                  orang seperti ini saya sebut… kristen bebal yang sebenarnya tidak tahu apa-apa namun sok tahu karena menelan bulat-bulat semua perkataan pendetanya…….
                  mulailah menganalisa bro…. agar tidak tersesat di dalam kebebalan dan kebodohan… amin

                • pendeta yang tidak jadi bangkit, pendeta yang mengaku keturunan tebu ireng, pendeta yang katanya melihat sun go kong ( sun go kong itu mahluk khayalan dalam novel journey to the west… bukan asli)…. pendeta yang menggelapkan uang di jakarta…
                  semua itu di indonesia bro bukan di luar negri….. masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya… jnaganlah menutup diri dan menipu diri sendiri dan menjadi bebal

  5. Suhu hai hai mau tanya donk. Bagaimana bentuk bumi yg sebenarnya menurut alkitab apakah bulat seperti yg di dongeng kan NASA or datar seperti yg di hebohkan oleh flat earth. Mohon bimbingan nya ya suhu?

    • Pengetahuan yang ada di dalam Alkitab itu berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Contohnya, ketika Yosua melihat matahari, maka yang dia lihat adalah Matahari yang dilihatnya ketika mendongak ke atas.

      Pemgetahuan yang tertulis di dalam Alkitab ya, cuman itu yang ada saat itu. Apakah bumi itu bulat atau lonjong, apakah mengelilingi matahari? alkitab tidak mencatatnya.

      • Trimakasih suhu hai hai… Kalo menurut suhu hai2 di Lukas 4:5, Matius 4:8, dan juga,
        Daniel
        4:10 Adapun penglihatan yang kudapat di tempat tidurku itu, demikian: di tengah-tengah bumi ada sebatang pohon yang sangat tinggi;
        4:11 pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi.
        Menurut suhu hai2 tidak kah menjelaskan bahwa alkitab dgn gamblang mengatakan bahwa bumi itu datar? Bagaimana mungkin pohon tinggi besar menjulang k langit dpt di lihat oleh seluruh manusia di bumi jika bumi itu bulat(bola)?
        Nah, bagaimana menurut suhu hai2? Saya suka dgn pemikiran anda karna anda itu logis, bukan manusia yg gampang termakan takhyul maupun dongeng.

        • Di dalam Alkitab tidak ada ajara tentang Bumi ibu BULAT. juga tidak ada ajaran tentang Matahari mengelilingi bumi. Yang ada adalah yang BISA anda lihat dengan melihat ke langit.

          Semua yang anda lihat itu hanya menjukkan yang KELIHATAN dengan mata telanjang.

          Itu tidak membuktikan bahwa orang-orang jaman itu mengajarkan bahwa BUMI itu DATAR atau bulat. Itu hanya menunjukkan apa yang dilihat dan kelihatan.

          Nebukadnezar BERMIMPI. Mudah sekali untuk membuktikan bahwa CERITA-nya itu memang MIMPI bukan FAKTA. Hanya di dongeng dan di MIMPI saja seseorang bisa MELIHAT pohon yang tingginya sampai ke langit kemudian dia melihat buah-buahnya.

          Kalau di alam nyata, anda harus bertanya dulu, sebesar apa pohon tersebut? Bagaimana cabang dan rantingnya? Seberapa tinggi cabang dan ratingnya itu? Cobalah sebatang pohon yang tinggi, maka anda akan lihat bahwa pohon di dalam mimpi Nebukadnezar itu mustahil pohon sejati.

          Manusia memang gampang sekali termakan tahyul. Itu sebabnya, saya mengajarkan bagaimana membombongkar tahyul.

          • Trims, suhu… Satu argumen lg boleh kan? Hehehe
            Menurut Mazmur 19:4-7, pada ayat tersebut apa tidak menjelaskan juga bahwa matahari berada dikubah langit dan ia beredar menutur garis edar nya?
            Dan juga, menurut Yesaya 40:22 di versi KJV dan dlm bhsa asli nya yakni ibrani menjelaskan bumi itu berbentuk circle( lingkaran)? Apakah d ayat atas juga belum cukup menjelaskan bentuk bumi bahwa itu datar yg berbentuk lingkaran?
            Dan maaf kalo saya ada salah mengartikan ayat alkitab.

            • Mazmur 19:4-7 hanya puisi yang bicara tentang terbitnya matahari sampai tenggelamnya. Tidak bicara tentang peredaran matahari seperti yang kita pahami saat ini secara ilmu pengetahuan.

              Yesaya 40:22 juga tidak bicara tentang bumi ini bulat seperti yang diajarkan oleh ilmu pengetahuan.

              Kedua ayat itu bicara tentang matahari dan langit seperti kita melihat matahari dan langit ketika kita mendongak ke langit. Yang jadi masalah adalah, seberapa sering anda melihat langit? Saat ini saya melihat, kebiasaan melihat langit bintang, matahari dan bulan sudah jarang dilakukan oleh manusia sekarang.

              Jarang ada guru yang mengajarkan lagu, bintang kecil, dll kemudian mengajak anak-anak untuk melihat langit.

              Kalau kita lihat langit, itulah yang kidapati. kita lihat BUMI dengan LANGIT itu bulat karena matahari terbit lalu meninggi, kemudian menurun lalu terbit. Itulah yang tercatat di puisi Daud dan Yesaya.

              • Saya sangat terkesan dengan pendapat HaiHai. Biarpun ‘kelihatan’ bukan penggemar Flat Earth tapi sangat lugas. Saya sendiri makin mempelajari Flat Earth makin ‘teracuni’ dengan konsep itu, apalagi dalam Alkitab tidak ada yang bertentangan dengan itu misalnya : air dibawah maupun diatas cakrawala (firmament).

                • Agama Zoroaster mengarkan bahwa pada mulanya, BUMI itu DATAR. Juga mengajarkan bahwa dari kekal sampai kekal, ada DUA dzat yang saling bertarung. Yang satu namanya BAIK yang lain sifatnya jahat. Yang Baik itu namanya Ahura Mazda sedangkan yang jahat disebut Angra Mainyu.

                  Bumi yang diciptakan oleh Ahura MAzda itu DATAR. Angra Mainyu yang lalu mengacaunya sehingga ada yang naik dan ada yang turun sehingga Bumi dari bepeng.

                  Sejak diajarkan oleh Zarathustra abad 6 SM, orang-orang PERSIA pun percaya bahwa BUMI itu DATAR. Ajaran itu menguasai Timur Tengah dan Israel kemudian menyebar ke ERopa bahwa BUMI itu datar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s