Minggu Palem Kelabu


Yesus di Buikit Zaitun

Yesus di Bukit Zaitun

Mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat karena tak mungkin merayakan Minggu Palem dengan hikmat karena doktrin “Yesus Dielu-Elukan Di Yerusalem” yang diimani umat Kristen sejak abad ketiga ternyata hoax.

Alkitab mencatat bahwa Yesus memang dielu-elukan di awal perjalanan-Nya ke Yerusalem dari Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun namun sambutan itu cuma hangat-hangat tai kucing belaka karena setelahnya Dia dan murid-muridnya lalu dibiarkan sendirian tanpa dikenal.

Kisah yang awalnya diberi judul “Minggu Palem” itu layak diganti menjadi “Minggu Palem Kelabu karena antiklimak dan mengenaskan. Silahkan klik ayat-ayat yang bersangkutan untuk membacanya. Kisah itu tercatat di Matius 21:1-11, Markus 11:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19 dan terbagi menjadi empat bagian yaitu:

1.    Tiba di Betfage – Matius 21:1, Markus 11:1, Lukas 19:28-28, Yohanes 12:12
2.    Yesus Minta Keledai –  Matius 21:2-7, Markus 11:2-7, Lukas 19:30-35, Yohanes 12:14
3.    Yesus Dielu-elukan – Matius 21:8-9, Markus 11:8-10, Lukas 19:36-44, Yohanes 12:13-19
4.    Masuk ke Yerusalem – Matius 21:10-11, Markus 11:11, Lukas 19:45

Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: “Siapakah orang ini?” Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.” Matius 21:10-11

Kerabatku sekalian, ternyata Alkitab mencatat bahwa Yesus tidak pernah dielu-elukan dan disambut kedatangan-Nya sebagai raja di Yerusalem. Bahkan Matius 21:10-11 mencatat bahwa selain lenggang kangkung Yesus dan murid-murid-Nya memasuki Yerusalem yang hiruk-pikuk itu tanpa sambutan bahkan tidak dikenal orang. Benar-benar mengenaskan.

Selama ini anda merayakan Minggu Palem dengan meriah dan rasa hormat karena percaya bahwa itu adalah peringatan Yesus dielu-elukan dan disambut kedatangan-Nya di Yerusalem sebagai raja.

Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara anda hendak merayakan Minggu Palem setelah tahu bahwa Yesus tidak pernah dielu-elukan dan disambut kedatangan-Nya di Yerusalem sebagai raja? Menyebalkan bukan? Minggu Palem Kelabu? Lanjutkan dengan membaca: Nubuat Minggu Palem

4 thoughts on “Minggu Palem Kelabu

  1. Yohanes8:7-8 mengatakan bahwa Yesus Kristus sebelumnya di hendak di kempari batu di Yudea…lantas kenapa Matisu21:10-11 menuliskan ada yang bertanya kepada seseorang tentang siapakah yg membuat keributan atau kegemparan???
    sy melihatnya begini,bahwa salah seorang Yahudi menanyakan menggunakan gaya bahasa tertentu”sy lupa apa nama majasnya”.
    jadi maksudnya orang itu menyindir Yesus Kristus,karna menurut si penanya Yesus Kristus bukan apa2,tidak menduduki jabatan apa pun tetapi rakyat di hebohkan dengan kehadiranNya???
    sy kasih contoh:sebelum Jokowi menjadi Gubernur jokowi di pertanyakan kredibelitasnya bahkan di cibir oleh pejabat lokal jakarta,mungkin pertanyaannya bisa sama dengan Matius 21:10-11 Siapakah orang itu”kenapa bisa heboh?” -padahal bikin MOBIL ESEMKA aja gagal???…

    • Pada saat itu Yerusalem dan sekitarnya memang sedang RAME karena hari raya sudah dekat. Murid-murid Yesus percaya bahwa tindakan Yesus naik keledai itu adalah penggenapan firman yang disampaikan oleh Nabi. Murid-murid itu lalu MENCOBA membual agar nubuatan tersebut BENAR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s