Nubuat Minggu Palem


wikipedia

wikipedia

Dalam perjalanan dari Betfage di Bukit Zaitun ujug-ujug Yesus minta disediakan keledai muda untuk dinaiki-Nya ke Yerusalem. Menurut Matius dan Yohanes itulah penggenapan firman yang disampaikan oleh nabi.

Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: “Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” Matius 21:4-5

Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis: “Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai.”  Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia. Yohanes 12:14-16

Nabi siapakah yang dimaksudkan? Silahkan klik untuk membaca ayat-ayatnya: Matius 21:1-11 dan Yohanes 12:12-19 mencatatnya dengan gamblang. Ayat Alkitab Perjanjian Lama manakah yang mencatat kedua nubuat tersebut?

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. Zakaria 9:9

Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang; sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya. Yesaya 62:11

Para sarjana teologi mengajarkan bahwa nubuat yang dimaksudkan oleh Matius dan Yohanes adalah Zakaria 9:9 dan Yesaya 62:11. Mereka juga sepakat bahwa kedua nubuat tersebut digenapi dalam Yesus. Benarkah? Mustahil! Kenapa demikian?

Bacalah blog ini: “Minggu Palem Kelabu

Yesus tidak pernah menyatakan tindakan-Nya naik keledai lalu disalami para penduduk Betfage di Bukit Zaitun adalah pengenapan firman. Murid-murid Yesus-lah yang menyangka hal demikian karena mereka tidak mengerti ajaran Alkitab.

Mungkin saja awalnya Yesus berharap Zakaria 9:9 dan Yohanes 12:14-16 digenapi dalam diri-Nya namun kenyataannya tidak demikian karena meskipun awalnya Yesus disoraki di Betfage namun tidak ada sorak-sorai menyambut-Nya di Yerusalem.

Yesus tidak pernah menyinggung kejadian tersebut karena ternyata harapan-Nya tidak menjadi kenyataan. Artinya Yesus tidak pernah diurapi sebagai raja Israel seperti harapan-Nya.

2 thoughts on “Nubuat Minggu Palem

  1. Orang banyak menyambutnya di Yerusalem kok.

    Khan Yoh nulis tuh di Yoh 12:12-13
    Itu orang2 di Yerusalem.. yg namanya ambil daun palem dan menyongsong itu khan nggak naik kuda dulu selama 1 jam an🙂

    Yesus adalah benar Raja Israel.

    Raja khan nggak melulu dalam konteks duniawi bukan ? Yesus khan juga sudah bilang bhw kerajaannya bukan dari dunia ini.

    Sepertinya Hai hai mengalami hal yang sama spt orang2 Israel, yakni memahami kata raja dalam konteks duniawi.

    Padahal

    • Belajar Alkitab dulu baik-baik baru ngejeblak kisanak. Baca alkitab dulu gimana prosedurnya Saul mau diangkat jadi raja demikian juga Daud. Juga baca gimana caranya Salomo naik tahta. emang lu kipiki YEsus boleh naik tahta jadi raja seenak jidatnya kayak si Mukidi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s