Nasi Bukan Nabi Yesus


Nasi: detik.com

Nasi: detik.com

Doktrin jabatan rangkap tiga Yesus sebagai imam, nabi dan raja awalnya muncul dari pemikiran Eusebius dari Kaisarea (275-339).  Yohanes Calvin (1509-1564) lalu mengembangkannya secara komprehensif dan terstruktur.

Memuji artinya melahirkan kekaguman dan penghargaan. Menjilat artinya berbuat sesuatu supaya mendapat pujian. Memuji Yesus artinya melahirkan kekaguman dan penghargaan kepada-Nya. Menjilat Yesus artinya berbuat sesuatu supaya mendapat pujian dari Yesus.

Melalui blog “Misteri Minggu Palem” dan turunannya kita sudah membuktikan bahwa Yesus tidak pernah diurapi, dinobatkan, dimahkotai, dinubuatkan, dielu-elukan dan disambut sebagai raja Israel di Yerusalem dan di mana pun. Itu sebabnya orang Kristen tidak boleh MENJILAT Yesus sebagai Raja supaya mendapat pujian dari Yesus.

Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN (YHWH), Allahmu (Elohym); dialah yang harus kamu dengarkan. Ulangan 18:15

Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati. Ulangan 18:16
 
Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik; Ulangan 18:17

seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. Ulangan 18:18

Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban. Ibrani 18:19

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama Allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

Ajaran agama Yahudi tentang nabi sangat tegas dan gamblang itu sebabnya dengan mudah kita tahu pasti bahwa Yesus bukan nabi karena Dia tidak dibangkitkan oleh YHWH untuk menjadi nabi-Nya. Yesus juga tidak pernah mengaku menerima firman dari YHWH untuk disampaikan kepada bangsa Israel. Yesus tidak pernah mengucapkan apapun atas nama YHWH. Yesus tidak pernah memberi korban bakaran kepada YHWH bahkan Yesus bukan hanya mempertanyakan bahkan menolak perintah YHWH, misalnya tentang hari Sabat.

Advertisements

19 thoughts on “Nasi Bukan Nabi Yesus

  1. Jd bingung.. klo bgitu siapa yg dimaksudkan sbagai nabi yg dibangkitkan oleh TUHAN..?
    TUHAN (YHWH) kan menurut ko hai2.. krn ko hai2 membedakan antara TUHAN (YHWH) dan Allah (Elohym)
    dri ayat ini :
    Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. Ulangan 18:15
    pengertian sy adalah TUHAN yg adalah Allah manusia.. bukan dibedakan..
    krn dri ayat tsb tdk dituliskan akan dibangkitkan bagimu oleh TUHANmu, Allahmu..

    tolong pencerahan dri ko hai2.. makasih..

    • Musa menulis 5 kitab atas perintah YHWH.

      1. Kejadian
      2. Keluaran
      3. Imamat
      4. Bilangan
      5. Ulangan

      Di Kejadian 6 tentang Nuh, ada DUA oknum. Oknum SATU memerintahkan Nuh bawa binatang 1 pasang. Oknum kedua menyuruh Nuh bawa binatang yang halal 7 pasang dan yang haram 1 pasang.

      Kalau anda buka kisah Lot dan Melkisedek Kejadian 14 maka anda kembali melihat ada DUA oknum yang bertentangan. yang disembah oleh Abraham adalah EL SHADDAY = Allah Yang Mahakuasa. SEdangkan yang disembah oleh Melkisedek dan penduduk Sodom adalah EL ELyom = Yang Mahatinggi.

      Kalau anda membaca dengan teliti dan hati-hati maka anda akan menemukan FAKTA tentang DUA OKNUM yang sering sekali BERTENTANGAN satu dengan lainnya. Kepada Musa, oknum yang SATU menyebut dirinya YHWH. dia juga menyebut dirinya dikenal oleh Abraham sebagai El SHADDAY = Yang Mahakuasa.

      Kalau anda BACA Alkitab dengan teliti maka sering sekali YHWH menyebud dirinya ELOHIM namun akhirnya kita TAHU bahwa ELOHOM bukan YHWH.

  2. maaf ko hai2.. sy sangat berterus terang, klo sy adalah cm seorang jemaat biasa.. jd mmg sy akuin klo isi alkitab tdk sy kuasain seluruhnya..
    jd agar tdk melenceng jauh krn menyangkut ayat lain nnt jd panjang lg..

    menurut sy bukankah isi ayat ulangan 18:15 sdh sangat jelas menurut nalar mudah dipahamin bahwa kata “TUHAN, Allahmu” adalah oknum yg sama..? Misal : Udin, Bapakmu .. Siti, Ibumu..

    Tp ntahlah klo menurut ko hai2 mengenai ayat tsb “TUHAN, Allahmu” adalah 2 oknum yg berbeda, sy tdk akan mempermasalahkannya krn yg sy inginkan adalah pencerahan..
    Walau jawaban dri ko hai2 blum sampe mencerahkan.. sy ucapkan terima kasih atas waktunya merespon pertanyaanku yg blum dijawab..

    • Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN (YHWH), Allahmu (Elohym); dialah yang harus kamu dengarkan. Ulangan 18:15

      Kisanak, kalau begitu lupakan saja apa yang saya tulis sebelumnya. TErima saja apa yang tertulis di atas. Ulangan 18:15 tertulis dalam bahasa Ibrani. Kata TUHAN diterjemahkan dari kata YHWH sedangkan kata Allah diterjemahkan dari kata ELOHYM. terima saja itu apa adanya kisanak. Bagaimana? anda merasa lebih baik sekarang?

  3. ternyata gak bisa lupa.. krn disampaikan agar sy menerima sj apa adanya..

    jika diartikan kata per kata maka dri bahasa ibrani : * TUHAN = YHWH * Allah = Elohim *
    tp bukankah dlm ayat ulangan 18:15 : Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
    pd bagian … … … … … TUHAN, Allahmu; … … … ada tambahan huruf “mu” .. sbagai contoh yg telah sy sampaikan diatas yaitu : Udin, bapakmu …. Siti, Ibumu ….. yg merupakan 1 oknum..

    mungkin krn rasa keegoisan yg ingin menyenangkan diri sendiri, shingga sy msh sj tetap merespon agar dpt dianggap benar..
    tp jg terus terang ada jg tujuan sy agar siapa sj yg membaca spy bs lebih hati2 dan tetap menggunakan nalar sehingga tdk menerima bgitu sj..
    Hal tsb sy inginkan jika ko hai2 msh mempertahankan bahwa dlm Ulangan 18:15 yakni pd bagian … … … “TUHAN, Allahmu”
    merupakan 2 oknum.. krn menurut sy itu adalah 2 kata tp 1 oknum..

    maaf.. sy sama sekali tdk berniat memojokkan.. sy jg tdk merasa bahwa sy ini org yg lbh pintar dri ko hai2.. krn sy mengakui kepintaran ko hai2.. tp plg tdk sy mengetahui sepintar2nya seseorang, pasti akan ada suatu perbuatan kesalahan yg mungkin tdk disadari ataupun disadarinya.

    termasuk dlm judul : “nasi bukan nabi yesus” dan bbrp penggalan isinya..

    mungkin sbaiknya diralat atau mungkin sbaiknya dihapus.. agar tdk lbh byk org melecehkan ko hai2, tdk lbh byk org yg menerima bgitu sj yg diluar nalar akan postingan ini, dan jg spy sy merasa nyaman..Tp hak dan keputusan tetap ada di ko hai2 yg segani..

    sy harap di buku yg akan ko hai2 katakan mau terbitkan agar diteliti dan dicermati dulu agar tdk ada kesalahan semacam ini..
    sy tunggu bukunya utk sy beli krn sy berharap buku tsb dpt bermanfaat buat sy.. jika sdh terbit, sy mohon kesediaan utk mengirimnya ke alamatku, akan sy transfer duluan biayanya.. makasih..

    • waduh gak bs diedit ulang ya reply ku..
      maksudku.. hak dan keputusan pasti tetap berada pd ko hai2 yg sy segani..
      mudah2an ko hai2 peduli dan tdk masa bodoh.. 🙂

      • hai hai adalah hai hai. Ketika saya menulis saya hanya berhadapan dengan sebuah komentar. Semuanya hanya sebuah KOMENTAR. Jadi, kisanak, hadapi hai hai hanya sebagai sebuah blog dan KOMENTAR saja. Tidak ada tua dan muda. Tidak ada kaya dan miskin. tidak ada yang teman saya dan tidak ada yang LAWAN saya. semuanya adalah BENGCU artinya NO BODY.

    • Kalau anda mau BELAJAR maka baca yang saya tulis lalu BACA ayat-ayat yang saya sebutkan di Alkitab anda. Kalau anda anggap SUDAH mengerti dan menganggap hai hai SALAH, maka puaskanlah dirimu dengan apa yang ditulis oleh hai hai. Kalau ornaglain mengejek dan menghina hai hai, itu bukan masalah bagi saya. bukanlah kalau anda baca blog-blog saya banyak sekali hinaan dan ejekan? ha ha ha ha …. tolong jangan berharap kepada hai hai karena anda akan dikecewakan, kisanak. Soal buku kalau terbit nanti pasti saya akan halo-halo ke seluruh dunia dan anda bisa memesannya nanti.

  4. yaa.. skedar persepsi..
    mungkin ko hai2 sengaja spt ini dengan membuat blog yg wow dan penuh pro kontra..
    agar lancar jaya dikunjungin agar pemasukan hasil iklan dri blog hai2 tetap berjalan..
    sy paham.. pemasukandri blog ini gak berefek ke sy tp berefek ke ko hai2..
    It’s All for Money..?

    gak usah dijawab.. makasih.. 🙂

    • anggap saja demikian, kisanak. namun weblog saya ini gratisan jadi nggak bisa pasang iklan. Kapan-kapan dech kalau sudah punya duit nanti saya bikin iklan. ha ha ha ha ,,,

  5. Yesus adalah nabi, sebagaimana yg dinyatakanNya, lihat Mat 13:57.

    Yesus adalah nabi atau utusan BapaNya dan Bapa bukanlah YHWH.

    YHWH itu adalah allah bangsa Israel, salah satu anak dari Yang Maha Tinggi, lihat Ul 32:8-9 Septuaginta atau RSV.

    Kaum Masoret mengganti kata “sons of God” menjadi “sons of Israel”.

    • Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.” Matius 13:57

      Kisanak, jangan MEMBUAL. Di dalam Matius 13:57 Yesus sama sekali TIDAK mengaku diri-Nya NABI. Belajar Alkitab dulu yang benar. setelah belajar sampai ngerti baru komentar nak.

      • Perkataan Yesus tsb adalah untuk menjelaskan keadaan ditolaknya dia di Nazaret, baca dari ayat 53. Yesus menyatakan diriNya sebagai nabi. Gamblang dan jelas tertulis.

        • Maka Yesus berkata kepada mereka: Seorang nabi dihormati dimana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya. Markus 6:4

          Banyak teman-teman yang merasa prihatin dengan apa yang dialami oleh suhu hai hai dari orang-orang Kristen yang membaca tulisan-tulisannya. Teman-teman itu sering sekali mengutip Markus 6:4 untuk mengungkapkan keprihatinannya. Hai hai pun sering mengutip uangkapan tersebut. Pertanyaannya adalah, “Apakah suhu hai hai adalah NABI?”

          gamblang dan jelas bukan bukan? Teman-temannya dan suhu hai hai MENYATAKAN dirinya sebagai nabi??

          • Kalau Hai hai bukan nabi maka hai hai seharusnya tidak bisa menggunakan ungkapan tsb (bhw hai hai adalah nabi).

            Pernyataan tsb (bhw NABI tidak dihormati di tempat asalnya sendiri) disampaikan Yesus karena Dia memang adalah nabi/menyatakan dirinya adalah nabi.

            Nabi itu artinya jurubicara/spokesman (inggris), atau kadang dimaknai juga sbg utusan.

            Dari mana lagi kita tahu bhw Yesus adalah jurubicara atau utusan selain dari kata “nabi” ?, yakni :

            1. Dari pernyataan2Nya yg lainnya, yakni bahwa Dia diutus oleh BapaNya dan bahwa perkataannya atau ajararannya adalah sebagaimana yang didengarNya dari BapaNya.

            2. Tanda2 yang menyertai Yesus, menyertai seorang nabi, yakni mujizat2.

              • Saya amati, kalau anda mulai melihat kesalahan anda dalam memahami alkitab maka omongan anda mulai ngaco.

                Coba deh amati perilaku anda tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s