Lot Adalah Orang Saleh


Lot: Google

Lot: Google

Benarkah Lot serakah itu sebabnya ketika diberi kesempatan dia pun memilih kota Sodom dibandingkan tanah Kanaan sehingga selain kehilangan semua harta dan para gembalanya dia bahkan kehilangan istrinya? Bohong!

Kejadian 13:1-13 mencatat bahwa bukan Lot namun Abrahamlah yang mengajak berpisah karena mereka masing-masing sangat kaya-raya sehingga negeri itu tidak cukup besar untuk keduanya. Bukan Lot namun Abrahamlah yang memberi Lot kesempatan untuk memilih.

Sejak meninggalkan Haran, Abraham memang menyukai tanah Kanaan, itu sebabnya setelah meninggalkan Kanaan lalu mengembara sampai ke Mesir Abraham kembali lagi ke tanah Kanaan dan kembali ke pohon terbantin di Memre.

dan ia berkata: “Saudara-saudaraku, janganlah kiranya berbuat jahat.  Kamu tahu, aku mempunyai dua orang anak perempuan yang belum pernah dijamah laki-laki, baiklah mereka kubawa ke luar kepadamu; perbuatlah kepada mereka seperti yang kamu pandang baik; hanya jangan kamu apa-apakan orang-orang ini, sebab mereka memang datang untuk berlindung di dalam rumahku.” Kejadian 19:7-8

Keluarlah Lot, lalu berbicara dengan kedua bakal menantunya, yang akan kawin dengan kedua anaknya perempuan, katanya: “Bangunlah, keluarlah dari tempat ini, sebab TUHAN akan memusnahkan kota ini.” Tetapi ia dipandang oleh kedua bakal menantunya itu sebagai orang yang berolok-olok saja. Kejadian 19:14

Kerabatku sekalian, Alkitab mencatat dan membuktikan bahwa Lot dan  anak istrinya serta kedua calon menantunya adalah orang-orang saleh. Tindakan Lot menerima kedua malaikat itu di rumahnya adalah bukti bahwa dia murah hati. Tindakannya tanpa ragu untuk mengorbankan kedua anak perempuannya demi kedua tamunya membuktikan bahwa dia memiliki hati yang teguh.

Lot dan istrinya mendidik kedua anak perempuannya dengan baik. Kedua anak perempuan Lot yang tetap perawan membuktikan bahwa selain mereka kedua calon suami mereka pun adalah orang saleh.

Bertobatlah hai para sarjana teologi yang selama ini memfitnah Lot dan keluarganya sebagai orang-orang jahat dan bukalah matamu hai orang-orang Kristen bahwa Lot dan keluarganya termasuk kedua calon mantunya adalah orang-orang saleh.

78 thoughts on “Lot Adalah Orang Saleh

  1. Bengcu, murah hati, teguh hati, pendidik yang baik, baik hati dan bukti anak perempuannya yang masih perawan tidak membuktikan bahwa Lot orang saleh. Jika itu dijadikan patokan bukankah ini berarti banyak orang saleh di muka bumi ini sekarang? Sorry saya gagal paham Bengcu

    • Tentu saja anda gagal paham karena pikiran ANDA sudah butakan oleh ajaran Kristen bahwa selain orang kristen semuanya adalah KAFIR alias PENJAHAT. itu sebabnya anda MEYAKINI bahwa masuk kristen artinya BERTOBAT.

  2. Bengcu bilang bahwa para sarjana teologi telah memfitnah Lot dan keluarganya, tapi ketika ditanyakan kepadanya siapa saja sarjana teologi yang dibilangnya memfitnah itu, Bengcu tidak dapat menjawabnya. Alih-alih untuk menyebut nama si pemfitnah, malahan Bengcu mencoba menjadi pelawak. jadi sebetulnya siapa yang sedang memfitnah ? Bengcu yang memfitnah para sarjana teologi itu atau sebaliknya ?

    Abraham yang menawar kepada YHWH agar tidak memusnahkan Sodom dan Gomora apabila ada 10 orang benar disana. Tanpa peran Abraham yang menawar itu, maka seluruh kota akan dimusnahkan oleh YHWH termasuk Lot dan keluarganya. Jadi di mata YHWH, Lot bukan orang saleh yang layak diselamatkan olehNYA.

    Menantu Lot orang saleh ? TIDAK. Kalau menantunya orang Saleh, mereka tidak akan mengolok-olok perkataan calon mertuanya itu bukan ?

    Anak gadis Lot orang saleh ? TIDAK. Kalau mereka anak saleh, mereka tidak akan membuat bapaknya sendiri mabuk demi digauli bapaknya agar hamil. Alasan untuk meneruskan keturunan ? itu adalah alasan paling bejat. Terbukti Lot tidak mendidik anak-anaknya dengan baik.

    orang macam apa Lot ini, dengan mudahnya menukar dua anak perawannya demi menyelamatkan dua orang asing dirumahnya namun menyerahkan anak kandungnya sendiri kepada seluruh orang untuk di gangbang ? moral macam apa yang dimiliki Lot ini ? Lot orang saleh ? TIDAK. Lot orang cerdik ? IYA. Lot dengan cerdik sedang mencari muka terhadap dua orang asing itu agar diselamatkan (dan dia berhasil), Lot dan para penduduk tahu bahwa dua orang asing itu datang untuk menghakimi mereka. Maka ia dengan entengnya mengorbankan para anak gadisnya itu. Karena Lot tahu, para penyerangnya adalah para homo yang tidak suka perempuan.

    Demikianpun dengan istri Lot bukan orang saleh, larangan dari malaikat untuk tidak menoleh diabaikannya sehingga dia pun menjadi tiang garam.

    Jadi kesimpulan Bengcu bahwa Lot orang saleh, adalah FITNAH.

    Lot hanya orang yang punya HOKI besar disayang pamannya ABRAHAM yang orang SALEH. Lot adalah orang yang cerdik dan pintar melihat peluang untuk keuntungan dirinya.

    Bukalah matamu wahai BENGCU.

    • Kenapa aja elu TANYAIN aja seluruh sarjana teologi? Nanti kan ketahuan kalau suhu hai hai membual? ha ha ha ha …

      Orang kayak apa si Lot? Tanya dia dong? kok tanya gua? Gua kan hai hai, bukan Lot? ha ha ha ha …

      • Gak berani sebut nama namun menuduh, itu namanya fitnah. Lagakmu sih boleh bilang :

        Bertobatlah hai para sarjana teologi yang selama ini memfitnah Lot dan keluarganya sebagai orang-orang jahat dan bukalah matamu hai orang-orang Kristen bahwa Lot dan keluarganya termasuk kedua calon mantunya adalah orang-orang saleh.

        Tapi ditanya siapa orangnya yg fitnah, malah diem dan melongo. Rupanya kamu asal mbacot doang beng, kan kampret namanya hehe
        Yang nanya soal lot denganmu siapa beng ? gak ada, jangan geer dong.

    • coba dibaca lebih dalam lagi tentang lot, kejadian 19:1 ia menyonsong dua malaikat di gerbang sodom…
      19:4 ada orang sodom ingin mengepung dan memaksa malaikat itu keluar. 19:7 lot mengingatkan kepada orang sodom agar jangan berbuat jahat . 19:8 ia menawarkan anaknya demi melindungi malaikat tersebut.. 19:10 malaikat menarik tangan lot masuk.. 19:11 malaikat membutakan orang sodom dan menyelamatkan lot dari tempat itu.. 19:13 sembari menyelamatkan lot malaikat bertanya siapa kaummu lagi karena kota tersebut akan dihancurkannya.. 19:14 lot mengajak bakal menantunya namun karena kebodohan bakal menantunya yang tidak percaya maka lot tinggalkan mereka.. 19:15 lot beserta anak istri meninggalkan kota saat fajar. 19:17 malaikat menyuruh mereka lari jgan toleh ke belakang.. 19:26 sungguh sayang karena istrinya menengok maka iapun mati…
      19:31 karena kasihan kepada ayahnya yang tidak memiliki keturunan lain ( pria) maka anak wanita ini memabuki ayahnya supaya hamil guna menyambung keturunan…

      bro orang asing itu malaikat… jika ia dan keluarga tidak saleh lantas mengapa malaikat menyelamatkan lot dari kehancuran kota sodom? please lebih jeli dalam membaca alkitab?
      menantu lot itu orang bodoh…. tidak ada hubungan antara bodoh dan saleh.. saleh itu tidak berbuat dosa kalau bodoh itu karena kurang belajar..
      kalau anda melihat anaknya dari perspektif meniduri ayahnya dianggap tidka saleh maka itu bisa bisa saja.. tapi jika anda menilai bahwa karena kasihan dan ingin berbakti kepada ayahnya dengan menyambung keturunan keluarga maka bisa saja itu disebut saleh….

      INGAT pada jaman dahulu standar moral kawin dengan keluarga itu adalah hal normal dan lumrah… coba cek cerita ADAM dan Hawa yang kawin mawin dengan sesama keluarganya untuk memenuhi bumi…

      kejadian 19:21 Sahut malaikat itu kepadanya: “Baiklah, dalam hal inipun permintaanmu akan kuterima dengan baik; yakni kota yang telah kau sebut itu tidak akan kutunggangbalikkan… ini adalah ayat dimana bukti lot diselamatkan oleh malaikat itu

      • Siapa yang berwenang menentukan dia saleh atau tidak saleh ? tentunya yang bisa menentukan demikian adalah Dia alias YHWH. Kembali lagi dalam cerita lot ini, YHWH tidak menganggap lot adalah orang saleh, karena awalnya YHWH akan memusnahkan seluruh kota sodom dan gomora tanpa terkecuali, tanpa mengingat ada lot dan keluarganya disitu.

        Namun kemudian YHWH bercerita ttg niat penghancurannya itu kepada Abraham, dan Abraham timbul belas kasihnya dan kemudian melakukan tawar menawar, yang akhirnya disepakati apabila ada 10 orang benar (saleh ?) saja disana, maka kota itu tidak akan dihancurkan.

        Demikianlah diutus dua orang malaikat untuk menghitung apakah ada 10 orang benar disana. Disinilah kecerdikan lot muncul, dia melihat peluang agar mendapatkan keuntungan yaitu agar diselamatkan dengan cara mencari muka kepada dua malaikat tsb, dengan seolah melakukan penjaminan keselamatan malaikat itu dengan menukar dua orang anak gadisnya. Padahal lot tahu dua orang ini malaikat, punya kemampuan “super”, tak perlu dibela oleh lot (wong niatnya mau menghancurkan kok, pasti sudah siap dengan senjatanya), dua malaikat ini juga bisa dengan mudah membinasakan massa yang mengepungnya. Dan lagi lot juga tahu kalau yang mengepungnya gak doyan perempuan, jadi anaknya pasti aman, cerdik gak tuh ?

        Misalnya nih, kamu punya anak, lalu kamu beritahu anakmu kalau akan ada bahaya datang dan mengajaknya pergi, lalu anakmu tidak mau dan malah mengangap kamu lagi berolok-olok, itu tandanya anakmu bodoh atau anakmu kurang ajar ? kalau kamu jawab anakmu bodoh bukan kurang ajar, ya saya bisa bilang apa lagi ? kan anak gak jatuh jauh dari bapaknya hehe. Misalnya lagi anggap bukan anakmu deh, tapi calon menantumu yang begitu, kurang ajarkan namanya, masakan omongan calon mertua dianggap stand up comedy, tidak dituruti cuma diketawain saja hahaha

        Kalau alasan kedua anak gadis lot minta digauli bapaknya agar dapat keturunan, harusnya setelah mereka berdua dapat anak laki-laki, mereka akan siasat mabuk lagi, minta digauli lagi sampai dapat anak perempuan. Percuma kan dapat dua anak laki-laki, mana bisa meneruskan keturunan ? harusnya mereka bermabuk ria lagi, sampai dapat sepasang anak perempuan lagi. Kalau begitu yang terjadi, baru deh saya yakin mereka berniat baik nan saleh demi meneruskan keturunan.

        • analisalah lebih dalam dan jeli lagi…. mengapa lantas YHWH tetap menyelamatkannya? bukankah karena ia mempercayai Abraham? bukankah mungkin ada benarnya Abraham bahwa Lot orang saleh? bisa saja YWH menolak permintaan Abraham bukan?
          bagaimana Lot tahu bahwa dua orang itu malaikat? bagaimana ia tahu kalau kota akan dihancurkan jika tidak diberitahu pada saat saat terakhir akan dihancurkannya kota itu? bukankah malaikat menyelamatkan lot karena ia orang benar? bukankah jika lot tidak berbuat benar maka ia akan musnah juga? lot tidak tahu akan ada penghancuran dan ada 2 orang malaikat yang datang.. ia berbuat secara tulus terhadap tamu tersebut maka ia diselamatkan karena kebenaranya..
          hahahaha penjelasan anda lucu sekali dan tidak berdasar kecuali dari asumsi saja…. coba jawab pertanyaan-pertanyaan di atas maka penjelasan anda akan terlihat menggelikan dan dipaksakan…
          sekali lagi lot tidak pernah tahu akan ada bahaya yang datang kecuali ia punya indera keenam yang mengetahui masa depan… ia baru tahu ketika diberitahu oleh malaikat tersebut ( baca lagi ayatnya bro jangan asal saja) sehingga berbuat trik menawarkan anaknya adalah sebuah penipuan publik..
          19:12 Lalu kedua orang itu berkata kepada Lot: “Siapakah kaummu yang ada di sini lagi? Menantu atau anakmu laki-laki, anakmu perempuan, atau siapa saja kaummu di kota ini, bawalah mereka keluar dari tempat ini,
          19:13 sebab kami akan memusnahkan tempat ini, karena banyak keluh kesah orang tentang kota ini di hadapan TUHAN; sebab itulah TUHAN mengutus kami untuk memusnahkannya.”

          jika saya ngomong bahwa ada hantu di kamar saya lalu beberapa orang tertawa tidak percaya apakah mereka berbuat kurang ajar terhadap saya atau perbuatan lumrah karena tidak percaya? coba lihat arti kamus bahasa indonesia dari olok olok artinya kelakar, senda gurau, lelucon… jadi jika menantu itu menganggap lot sedang melucu apakah ia kurang ajar? jika anda menganggap itu perbuatan kurang ajar maka anda kasihan sekali karena semua yang tidak mempercayai anda dan menertawai anda akan anda anggap sedang melawan anda hahahaha….

          INGAT baca alkitab secara menyeluruh dan lebih dalam… standar moral berubah-ubah dari jaman ke jaman… incest pada masa ADAM ke ABRAHAM adalah hal lumrah.. bahkan abraham memperistri saudara seayahnya… ADAM dan HAWA memperistri anak anaknya sendiri….. kalau anda tahu dan baca alkitab pada masa sebelum abraham tumbal anak yang dikorbankan di altar adalah bukan perbutan dosa dan lumrah pada jamannya.. .namun pada saat abraham tumbal anak digantikan dengan domba… namun pada jaman sekarang tidak ada lagi tumbal begituan… lagi lagi kalau anda baca alkitab maka anda akan tahu kegiatan incest baru di larang pada jaman musa dan di jaman setelah itu… sehingga menilai moral orang jaman abraham dengan moral jaman sekarang adalah keliru…. pada jaman musa belum ada larangan narkoba dan nonton film porno karena memang belum ditemukan sehingga menerapkan larangan tersebut pada jaman musa adalah menggelikan……

          anda boleh berargumen begitu tapi coba jangan berstandar ganda hanya karena anda ga suka dengan lot… jawab ini… apakah abraham orang bejat karena memperistri saudaranya sendiri? apakah ADAM orang bejat karena kawin dengan anaknya sendiri? memang tidak dikatakan di alkitab secara ekslipit bahwa adam kawin dengan anaknya tapi jika asumsinya hanya ada 2 orang yang diciptakan tuhan lalu memperanakan kain dan habel yang lelaki berarti asumsinya mereka saling memperanakan lagi dengan ibu atau saudara perempuannya… kecuali jika anda percaya Tuhan menciptakan manusia lain selain ADAM dan HAWA

          • Bagaimana kalau kamu yang analisa lebih jeli lagi bro ? saya kasih tahu saja deh, daripada nanti kamu ngawur lagi. Yang menyelamatkan Lot itu adalah dua malaikat, bukan YHWH. Ngerti bro ? Lot diselamatkan karena secara cerdik berhasil mencari muka terhadap dua malaikat tsb. YHWH itu dari awal tidak perduli dengan Lot dan keluarganya. Tanpa bujukan Abraham, YHWH sudah hantam kromo itu kota Sodom dan Gomora. Jeder !!! mampus kabeh.

            Alkitab menceritakan bahwa Lot mengetahui dua sosok itu adalah malaikat. Lalu dikoreklah keterangan dari mereka sambil menikmati hidangan lezat yang disajikan oleh Lot kepada mereka. Lot pun kemudian berpikir cerdik mencari akal bagaimana caranya agar dia dan keluarganya diselamatkan. Karena Lot tahu tidak ada 10 orang benar disana. Tidak ada itu perbuatan tulus Lot bro, karena titah YHWH dengan tegas adalah musnahkan semua apabila tidak ada 10 orang benar disana mau ada 9 orang tulus kek, mampus semua. Jadi mau tulus atau cari muka ke YHWH tidak akan dianggap lagi oleh YHWH kalau jumlahnya bukan 10. Hanya cari muka ke malaikatlah tindakan yang masuk akal saat itu untuk mendapat keselamatan.

            Kamu betul sudah baca kamus bahasa Indonesia ? kamus yang mana bro, olok-olok itu artinya perkataan yang mengandung sindiran atau ejekan. Baca lagi gih bro.

            Jika kamu bicara ttg hantu, mungkin ada benarnya orang mengira kamu sedang bercanda, secara mukamu itu mirip genderuwo barangkali, who knows ?

            Tapi ketika kamu bicara dengan serius karena kamu mengetahui bahaya super serius yang sebenarnya kepada anakmu atau menantumu dan kamu sudah demikian rupa berusaha menjelaskannya dengan serius pula, namun anak atau menantumu malah menyindir atau mengejekmu (menganggap remeh kamu), itu anak goblok atau menantu kurang ajar ? Kalau saya bilang sih goblok dan kurang ajar.

            Tentang incest Lot dan dua anak gadisnya itu, mau dijelaskan bagaimana lagi ? sudah terang benderang itu anak sontoloyo berbuat tipu daya kepada bapaknya sendiri. Baru juga selamat dari bencana, mbok ya banyak berdoa dulu, berusaha dulu mencari manusia lain, setahun dua tahun kek sampai yakin hanya mereka bertiga saja di dunia ini, bukannya langsung bikin mabok bapaknya dan minta digilir. Lagi pula mereka sebetulnya bisa juga pergi kembali ke kota Zoar, disana banyak orang loh, namun karena mereka takut, mereka malah lari ke goa dan jadi horny deh.

            • baiklah berarti anda menganggap malaikat itu bergerak semau mereka sendiri begitu bukan? berarti Tuhan tidak ingin menyelamatkan LOT bukan? lantas bisakah anda menjelaskan ayat ini?
              19:16 Ketika ia berlambat-lambat, maka tangannya, tangan isteri dan tangan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab TUHAN hendak mengasihani dia; lalu kedua orang itu menuntunnya ke luar kota dan melepaskannya di sana.
              jelaskan kata sebab TUHAN HENDAK MENGASIHANI DIA????? jangan asal mangap bro nanti malah salah….

              “Alkitab menceritakan bahwa Lot mengetahui dua sosok itu adalah malaikat. Lalu dikoreklah keterangan dari mereka sambil menikmati hidangan lezat yang disajikan oleh Lot kepada mereka” INI ADALAH OPINI ANDA… tidak dikatakan di alkitab bahwa mereka makan lezat lalu dikorek informasinya… jika ada katakan ayat mana… jika tidak ada anda berarti membual….

              pemahaman analogis anda perlu diperbaiki lagi bro.. jangan mencampurkan opini dan fitnah anda agar menang hahahahaha jawab saja pertanyaan pertanyaan di atas apakah abraham bejat? lantas bagaimana ADAM?

              14 So Lot went out and spoke to his sons-in-law, who were pledged to marry[a] his daughters. He said, “Hurry and get out of this place, because the Lord is about to destroy the city!” But his sons-in-law thought he was joking.

              ini yang bahasa inggris alkitab artinya menantunya merasa kalau lot bercanda…

              olok1, olok-olok n perkataan yang mengandung sindiran (ejekan, lelucon) atau perkataan untuk bermain-main saja; kelakar, senda gurau: jangan marah, ini – saja;

              itu ada arti lain bahwa kelakar senda gurau juga jadi janganlah terbiasa mengambil sepenggal penggal demi keuntungan pendapatmu saja… bandingkan juga dengan alkitab bahasa inggris lalu analisa lagi apakah pendapat anda tetap seperti itu?

              silakan saja… tetap bebal dan berpendapat bodoh dan mengada ada yang tidak ada di alkitab hahahaha

            • bung saya sarankan baca lagi alkitab jangan asal menilai dengan pemikiran anda sendiri… saya kutip alkitabnya ya
              19:1 Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,….
              lot sedang duduk lalu ada orang datang kemudian ia menyambutnya… mana ayat yang mengatakan bahwa ia sudah tahu kalau yang datang malaikat?
              19:3 Tetapi karena ia sangat mendesak mereka, singgahlah mereka dan masuk ke dalam rumahnya, kemudian ia menyediakan hidangan bagi mereka, ia membakar roti yang tidak beragi, lalu mereka makan.
              ia menyediakan makan hidangan tak beragi… mana yang dikatakan pesta pora lezat?? jgn membual… jelaskan pula ayat dimana lot mencari muka… bukankah anda sedang memfitnah LOT? hahaha

              19:15 Ketika fajar telah menyingsing, kedua malaikat itu mendesak Lot, supaya bersegera, katanya: “Bangunlah, bawalah isterimu dan kedua anakmu yang ada di sini, supaya engkau jangan mati lenyap karena kedurjanaan kota ini.”
              mengapa lot tidak bersegera? karena ia juga tidak yakin dan tahu kalau kota akan dihancurkan… jika tidak maka tentu saja ia akan pergi sesegera mungkin… bahkan malaikat yang menarik lot dari kota itu dan memaksanya keluar dari kota… apakah anda berketetapan bahwa lot memang sudah tahu jika kota hendak dihancrukan?

              19:30 Pergilah Lot dari Zoar dan ia menetap bersama-sama dengan kedua anaknya perempuan di pegunungan, sebab ia tidak berani tinggal di Zoar, maka diamlah ia dalam suatu gua beserta kedua anaknya. jika dikaitkan dengan perintah malaikat pada ayat 19:17 Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: “Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di manapun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap.” bukankah LOT adalah orang saleh yang mengikuti perintah malaikat dan tidak seperti dugaan anda yang akan tetap bebal tinggal di ZOAR kota penuh dosa yang tadinya hendak dihancurkan itu? tolong baca lebih dalam alkitab agar anda tidak semakin tersesat…

              hahahahaha tolong dalami lebih lebih lagi agar ga tersesat bro

              • Ayat kejadian 19:16
                Siapa yang memegang tangan istri dan kedua anak Lot ? YHWH yang memegangnya untuk menyelamatkan ? tet tot, salah bro. Yang memegang mereka itu kedua malaikat. Mereka klaim tindakannya karena YHWH yang akan menyelamatkan mereka. Klaim doang bro. Yang menyelamatkan ya kedua malaikat itu. Cari muka Lot berhasil kepada malaikat itu, sehingga kedua malaikat itu memakai nama YHWH yang hendak menyelamatkan. Jadi kalau dibilang YHWH mau menyelamatkan mereka ya betul juga, ndak salah karena malaikatnya mau kok dibilang tindakan mereka itu atas nama YHWH.

                Yang bilang berpesta pora itu kamu loh bukan saya. Menyantap hidangan lezat ya bukan pesta lah bro, oon banget yang bilang begini. Yang bilang tidak lezat kan kamu, bagi malaikat itu lezat bro, buktinya dimakan tuh. Jadi jangan beropini juga ya bro.

                Tolong kamu baca bahasa aslinya tentang olok-olok, disitu artinya mencemooh, apa itu mecemooh ? kalau gak tahu kebangetan lo bro.

                Kamu berkata bahwa Lot tidak bersegera pergi saat fajar karena Lot tidak yakin kota akan dihancurkan. Ini kamu juga sedang beropini (lagi), jangan pakai standar ganda bro, pakai standar samping aja biar gak jatuh motornya bro haha. Kalau gitu saya (boleh dong) ikutan beropini, saya bisa bilang bahwa Lot tidak bersegera karena beliau banyak pikiran, bagaimana dengan harta dan dua menantu kampretnya yang tidak mau ikut itu kan kasihan, haha.

                Jadi kamu nanti kalau bertemu dengan saya, segeralah menyongsong saya dan bersujud sampai mukamu menyentuh tanah ya bro ? ha ha ha parah lo bro.
                Apakah kalau yang datang itu hanya orang yang biasa saja, Lot akan berprilaku seperti itu ? #mikir
                Jadi Lot tau dari mana dua orang ini kok special banget sampai harus di sujud-sujud begitu ? #mikir lagi

                “bukankah LOT adalah orang saleh yang mengikuti perintah malaikat dan tidak seperti dugaan anda yang akan tetap bebal tinggal di ZOAR kota penuh dosa yang tadinya hendak dihancurkan itu? tolong baca lebih dalam alkitab agar anda tidak semakin tersesat…”

                Itu diatas saya kutip opini kamu lagi (ternyata kamu suka opini banget ya weleh weleh, empuk ya ?)

                Baca alkitabnya jangan terbalik urutannya ya bro baca dari atas kebawah, jangan sebaliknya. Zoar itu sudah dinyatakan oleh malaikat akan aman, tidak akan dihancurkannya. Jadi kenapa tidak menuruti perkataan malaikat dong kalau saleh ? kok malah minggat ke goa yang bikin horny ?

                • semua terserah anda juga sih kalau mau berpikir begitu yang jelas alkitab tidak mengklaim pendapat anda itu…. anda juga tidak bisa menyatakan ayat dimana cari muka lot. dan perilaku lot yang menggunakan trik untuk selamat itu… kalau saya jadi LOT juga akan pergi ke pegunungan karena walaupun ZOAR tidak diluluh lantakkan namun orang di dalam kota ZOar tidak tiba tiba saja jadi suci… kota itu masih kotor… tentu menuruti TUHAN dan takut berdosa yang akan membuat LOT pergi ke pegunungan… hahahaha cara berpikir anak sma jangan dipakai acuan bro… kaitkan semua ayat-ayat itu dan analisalah jangan sepenggal penggal saja…

                  baca 2 petrus ayat 7-9
                  2:7 tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, —
                  2:8 sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa–
                  2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,

                  ingat anda masih berkukuh akan tinggal di ZOAR? lantas baca ayat 2:8 bukankah jiwa anda akan tersiksa bro? masih ngeyel benar bro? sudah baca alkitab bro? hahahahaha

            • jelaskan juga ayat pada 2 Petrus 2:7-9
              2:7 tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, —
              2:8 sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa–
              2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,

              bukankah ayat ini mengatakan bahwa LOT adalah orang saleh yang dikasihi TUHAN??? lantas darimana bualan anda tentang LOT yang serakah itu?

              • Bro dimana kata-kata saya yang bilang kalau Lot adalah orang yang serakah ? kamu yg berkata sendiri kamu yang menuduh. kan kampret

                • nyantai aja bro.. salah tulis dikit kagak masalah… tinggal diganti saja pertaanyaannya… mana ayat yang menyatakan bahwa lot adalah orang yang seperti anda katakan, cerdik dan mencari muka? apakah lantas petrus membual dengan mengatakan LOT orang benar? lantas apakah malaikat itu berbohong bahwa TUHAN mengasihani LOT? Apakah anda tetap percaya bahwa LOT orang yang tidak benar dna cerdik/ atau bisakah cerdik disebut licik?

                  • haha enak banget hiduplo coy, kalau salah gak minta maaf, malah nyuruh nyantai, andai tatapan muka sudah gua kepret dikit muka lo sampai menyentuh tanah wkwkw (canda coy, jangan marah, nyantai aja). Coba kamu baca dengan seksama alkitab ya, ulangi setidaknya 500 kali, agar kamu benar-benar mengerti.

                    Petrus melihat Lot dari kacamata Yesus. Kalau Petrus bilang Lot orang saleh, ya saya bisa bilang apa ?. Dalam kisah kejadian, saya memakai kacamata YHWH, menurut YHWH, Lot bukanlah orang BENAR. Makanya mau dimusnahkan.

                    Misal nih kamu punya anak buah, sedang melakukan penggusuran, lalu anak buahmu tidak menggusur satu rumah, dibilangnya kamu yang menyuruh untuk tidak menggusur. Yang punya rumah ya senang, anakbuahmu ya senang, kamu sendiri ya senang. Sah gak ? ya sah dong brooooo.

                    • baiklah kalau anda mengatakan dari kacamata YHWH… yang mohon maaf saya tetap yakin belum tentu benar… karena tidak dikatakan bahwa LOT bersandiwara dan orang yang cerdik seperti menurut perkataan anda…. mari kita simak ayat di bawah ini.
                      18:23 Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik? ini ayat dimana abraham memohon TUhan untuk menyelamatkan LOT yang dianggapnya orang benar..
                      18:32 Katanya: “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?” Firman-Nya: “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu.”
                      ini adalah perkataan TUHAN yang sudah tidak dapat ditawar lagi… jika ada 10 orang saja yang benar maka sodom tidak akan dihancurkan… bagaimana jika kurang dari sepuluh? kota sodom tetap akan dihancurkan…
                      berdasarkan fakta Lot dan anaknya adalah orang benar namun karena jumlahnya tidak mencapai 10 maka kota sodom tetap dihancurkan…. mana fakta yang menyatakan bahwa LOT bukan orang benar?

                      19:29 Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu… apa maksud ayat ini ?apakah Tuhan tidak menyelamatkan LOT seperti perkataan anda itu? padahal dikatakan disana TUHAN MENGELUARKAN LOT dari tempat yang ditunggang balikannya itu….

                      mana dasar yang mengatakan bahwa LOT bukan orang benar, apakah karena dasar dihancurkannya kota sodom dan gomora? bukankah TUHAN menyatakan kurang dari 10 orang benar akan tetap dihancurkan kota SODOM… bisakah pendapat dihancurkannya kota SODOM berarti tidak ada sama sekali orang benar di kota itu?

                      saya tetap tidak merasa pendapat anda benar… karena tidak ada ayat yang mendukung itu… dasar asumsi anda tidak didasarkan alkitab namun karena seolah olah anda bisa melihat dari kacamata YHWH… namun sayang tidak ada ayat yang mendukung pendapat anda itu…. semua fantasi hanya didasarkan asumsi… namun penjelasan saya jelas bahwa tidak ada ayat 1 pun yang menyatakan di dalam alkitab bahwa lot adalah orang tidak benar… mereka mengasumsikan lot orang berdosa karena ia tinggal di sodom hanya itu saja

                    • Sanggupkah Lot menyambut dua orang malaikat itu sampai sujud dan mukanya menyentuh tanah ? tentu SANGGUP
                      Sanggupkah Lot menyediakan hidangan bagi tamunya itu ? tentu SANGGUP
                      Sanggupkah Lot memberikan inapan bagi tamnya itu ? tentu SANGGUP

                      Namun SANGGUPkah Lot melawan begitu banyak massa yang marah ? tentu TIDAK SANGGUP
                      Kalau begitu siapa yang SANGGUP ? ya malaikatlah

                      Lah kalau tidak sanggup melawan kok Lot heroik banget ya sampai mau mengorbankan anak gadisnya yang perawan itu kepada massa yang marah ? Karena Lot tahu ada malaikat dibelakangnya, karena Lot tahu anak gadisnya aman karena massa cuma berminat kepada dua orang laki-laki tamunya itu. Inilah yang saya sebut Lot sedang mencari muka dengan berusaha membela. Dimana ayatnya ada kata mencari muka ? yah gak ada lah tong…#mikir

        • “Disinilah kecerdikan lot muncul, dia melihat peluang agar mendapatkan keuntungan yaitu agar diselamatkan dengan cara mencari muka kepada dua malaikat tsb, dengan seolah melakukan penjaminan keselamatan malaikat itu dengan menukar dua orang anak gadisnya”

          berarti anda bilang bahwa malaikat2 tersebut goblok dan tololnya bukan main begitu kan? karena bisa tertipu oleh muka dua Lot…

          kalau saya tidak begitu, karena YHWH maha besar, mana mungkin dia dan anak buahnya tertipu oleh LOT, jika mereka tertipu, bukankah mereka TOLOL?

          • Bro tahu gak beda antara menipu dengan mencari muka ? pasti tidak tahu kan, dari cara bertanya saja seperti ini.
            Menipu itu cenderung membuat kerugian bagi orang yang ditipunya, sedangkan mencari muka cenderung tidak membuat orang yang dicarimuka itu merugi, biasanya malahan membuat dirinya merasa tersanjung.

            Apakah malaikat rugi dicari muka oleh Lot ? TIDAK
            Apakah malaikat menjadi TOLOL atau GOBLOK karena hal itu ? TIDAK
            Malaikat timbul belas kasih kepada Lot karena beliau menyambutnya dengan hangat, memberi hidangan dan berusaha membelanya (yang ini cuma cari muka, bukan cumakicaukacau loh) hehe

            • ya pertanyaannya gampang aja…. menurut anda LOT itu orang benar atau tidak sih? karena ga ada yang menyatakan kalau LOT itu orang yang tidak benar… kalau tidak ada ayat yang menyatakan pendapat anda itu benar lantas mengapa anda kekeh jumekeh pendapat anda benar? tidak ada ayat yang menyatakan cari muka… juga tidak ada yang mengatakan ia cerdik…
              baca saja alkitab apa adanya dan terima itu… walau LOT tidak punya kehebatan mengalahkan para orang itu namun diceritakan dia menawarkan anaknya… apakah alasannya kita tidak tahu, yang jelas perilakunya itu membuatnya diselamatkan….
              membumbui perilaku lot dengan asumsi anda itulah yang dinamakan tafsir… setiap orang bisa menafsirkan sesuka mereka contohnya anda menafsirkan lot cerdik, bisa saja oorang menafsirkan lot edan karena tidak punya kehebatan namun menawarkan anaknya… bisa saja orang menafsirkan ia sudah mengetahui masa depan sehingga berbuat seperti itu.. dan macam macam tafsir lain…
              pendapat saya jelas bahwa LOT diselamatkan, Abraham menganggap LOT orang benar, dikatakan TUHAN mengeluarkan LOT dari kota yang ditunggang balikkan.. Petrus mengatakan LOT orang benar… Malaikat menyelamatkan LOT… berdasarkan kalimat yang ada di ALKITAB tersebut sudah jelas bahwa LOT orang benar…jika ada pendapat sebaliknya perlu dipertanyakan bualan dan asumsi apa yang dipakai sehingga menafsirkan bahwa LOT orang tidak benar

            • namun masalahnya tidak ada ayat yang menyebutkan lot cari muka pada alkitab dan malaikat merasa kasihan kepada lot sebab ia menyambutnya hangat,… ini kan persepsi kamu sendiri dan tidak mendasar?
              kalau prinsip saya tetap satu yaitu kebenaran berdasar pada alkitab dan bukan atas dasar tebak tebakan saja..

          • menurut tulisan di 2 petrus lot adalah orang benar, kalau saya sih lebih percaya pada alkitab, sebab alkitab lah dasar kebenaran. kalau anda mengklaim Lot tidak saleh, bukankah anda mengatakan anda lebih benar daripada tulisan 2 petrus tersebut? mana yang harus saya percayai alkitab atau anda?

            • Anda harus mempercayai Yesus dan Alkitab sebagai standar kebenaran.

              Menurut YHWH, Lot bukanlah orang saleh. Beliau tidak layak diselamatkan oleh NYA. Mau menyangkal sampai mulutmu berbusa dan menyentuh tanahpun tak ada gunanya bro. Sebab kita sedang berada dalam situasi di kitab kejadian. Dalam kitab tsb, saleh dan tidaknya seseorang ditentukan oleh YHWH. Silahkan Anda membacanya kembali. Kalau Anda bilang Lot saleh tapi YHWH tidak menganggapnya begitu lalu mau bagaimana ? mau nangis ? sok lah atuh

          • Jangan GOBLOK sebelum ngejeblak. Pikir dulu sebelum buka mulut. Lot adalah roang BAIK. Kedua malaikat itu terharu akan kebaikannya bukan karena LOT main sandiwara. Orang GOBLOK pasti TAHU bahwa Lot berbuat BAIK semalam suntuk, sebelum kedua malaikan itu memberitahu berita jelek tentang bencana.

            • orang ini berlagak galak biar dianggap pintar, namun sayang, tololnya tak terperi. sudah tolol berlagak sok tahu. katanya sudah baca 500 kali alkitab, kok masih goblok aja beng ? pret

              • asumsi ketidaksalehan LOT biasanya dijuruskan pada 2 hal.. yaitu ketika ia menawarkan kedua anaknya kepada orang sodom dan tindakan incest di gua… selebihnya entah cari muka tidak dikatakan di alkitab kecuali ditafsir sendiri….
                kegiatan incest bukan sesuatu yang dosa dan lumrah dilakukan sebelum jaman MUSA… ADAM INCEST dengan anaknya, bahkan ABRAHAM incest dengan saudara 1 ayahnya… mengangkap tindakan incest dosa sebelum musa menandakan tidak pernah baca alkitab bahkan nggak mau memahami sejarah…
                bagaimana dengan menawarkan kedua anaknya itu? menawarkan anaknya untuk dikawinkan, bahkan menjual anak sendiri sebagai budak lumrah dilakukan bahkan sampai ke jaman MUSA.. akan saya beri beberapa ayat di bawah ini….

                baca kejadian 20 dimana Abraham memberikan istrinya sendiri kepada Abimelekh raja Gerar itu karena takut dibunuh… bukankah hal ini sama seperti yang dilakukan LOT? YWH tidak mengganggap ABRAHAM orang tidak saleh tuh?

                keluaran 21:7 Apabila ada seorang menjual anaknya yang perempuan sebagai budak, maka perempuan itu tidak boleh keluar seperti cara budak-budak lelaki keluar… lantas apakah menjual anak adalah dosa? lalu tindakan lot dianggap tidak saleh?

                perlu diketahui hukum dan aturan moral terus berubah dari jaman ke jaman… tumbal manusia yang kini tidak lagi relevan, incest yang dilarang setelah MUSA, perbudakan masih ada pada jaman YEsus… lalu memiliki istri satu baru ada setelah ajaran Yesus… sebelumnya banyak orang memiliki istri lebih dari satu .. bahkan DAUD memiliki istri banyak…. jadi menilai sebuah tindakan harus dikaitkan relevansinya dengan jaman dan aturan pada waktu yang bersangkutan bukan hantam kromo nilai-nilai pada masa ini diterapkan

                • Dengan 10 Hukum Taurat, Lot adalah orang SALEH. Perbuatan anak-anak Lod meloloh ayahnya sampai mabok lalu memperkosanya bukan kesalahan Lot namun kesalahan anak-anaknya. Alasan mereka bukan JAHAT namun untuk MENJAGA kelanjutan keturunan.

                  YHWH tahu bahwa Lot dan kedua anaknya TIDAK MATI. Kenapa YHWH tidak memberitahu Abraham tentang Lot? Kenapa Abraham tidak mencari Lot? Tentu saja karena dia menyangka Lot sudah mati. Kenapa Lot tidak pergi mencari Abraham? Tentu saja karena akibat BENCANA yang menimpa kelima kota tersebut memutus hubungan dengan Abraham.

                  • Dalam artikelmu, kamu bilang anak-anak Lot adalah orang saleh, tapi sekarang kamu bilang anak-anaknya melakukan kesalahan. Jadi mana yang bener nih beng ? kok plintat plintut begini sih beng ?. Kan kasihan itu dua orang perempuan itu kamu beri PHP haha.

                    Jadi seseorang boleh ya berbuat dosa, asalkan alasannya baik ? boleh dong orang melakukan korupsi lalu uang hasil korupsinya dipakai untuk bangun tempat ibadah ? #mikir

                    salam kampret. pret

                    • yang menilai baik ga baiknya kan YHWH… mana lo tau dasar penilaian YHWH.. yang jelas ada fakta bahwa LOT selamat dari SODOM.. yang lalu dijelaskan oleh Petrus bahwa Tuhan menyelamatkan LOT karena kesalehannya… jangan pemikiran anda diterapkan seolah olah anda tahu YHWH….. coba baca kisah DAUD dan BAtsyeba lalu nilailah perilaku tersebut dengan cara menilai anda….. bukankah akan berbeda dengan cara menilai YHWH???

                    • anggap saja suhu hai hai plintat plintut. Lebih baik plintat-plintut dari pada mengajari orang bebal. ha ha ha ha ha …

                  • cieeee..mengajar ya ? haha.. hanya orang GOBLOK bin DUNGU yang mengira dirinya sedang mengajar, padahal cuma asal mbacot, makanya hasilnya ngaco belo dan tidak konsisten.
                    ngajarin orang plintat plintut dan ngajarin orang jilat ludah sendiri kaleee beng haha.
                    Salam kampret.pret

              • Saudaraku yang baik hatinya, mengenai incest di goa, kamu melihat kisah sebelumnya banyak yang seperti itu, sehingga timbul pembenaran darimu bahwa hal itu lumrah.

                Saudaraku yang super, kalau hal itu lumrah, mengapa kedua anak gadis Lot itu melakukannya dengan cara membuat bapaknya mabuk ? mengapa tidak dengan terang benderang saja melakukan persetubuhan itu ? mengapa ? Karena kedua anak gadis itu takut. Takut kenapa ? takut bapaknya marah. Jadi dua anak gadis Lot menyadari bahwa tindakannya itu adalah salah. Seandainya tidak dibuat mabuk, apakah Lot mau menggauli anak gadisnya sendiri ?. Sebetulnya ini bukan saja incest, tapi pemerkosaan loh.

                Adam dan Hawa beranak cucu (bersetubuh) karena mendapatkan perintah dari Tuhan. Mereka melakukannya tidak dengan siasat mabuk. Mereka melakukannya karena mendapatkan restu.

                Kej 1:28. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

                Abraham dan Sara beranak cucu (bersetubuh) karena mendapatkan perintah dari Tuhan, sama dengan Adam dan Hawa.

                Kej 17:6. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.

                Lalu anak gadis Lot itu mendapatkan perintah dan restu dari siapa ? jreng jreng …!!! TIDAK ADA PERINTAH DAN RESTU DARI TUHAN.

                Mereka melakukannya karena horny di gua yang sepi dengan dalil pembenarannya sendiri ingin meneruskan keturunan hua ha ha. Bagus sih alasannya, tapi kalau tidak diperintah tapi melakukannya itu namanya kurang ajar. Kalau disebuah perusahaan, sudah dipecat orang macam ini.

                Yang kasihan kan Lot, beliau ndak tahu saat tidur dan saat bangun. Tahu tahu dapat cucu, cucu dari mana, gak jelas. haha

                • bisa dikatakan incest di gua itu tafsir…. namun mengatakan incest itu tidak saleh merupakan tafsir juga… jika tafsir di lawan tafsir maka akibatnya debat kusir… oleh karena itu saya tidak akan menjelaskan dari segi sejarahnya namun akan saya gunakan ayat untuk membungkam tafsir itu……
                  petrus mengatakan lot orang benar, Abraham menganggap lot orang benar makanya dia memohon ke YHWH…. ini fakta bukan tafsiran….
                  YHWH dan YESUS tidak pernah mengatakan LOT orang tidak benar…. mengatakan sebaliknya itu merupakan tafsir…
                  TUHAN menyuruh beranak cucu kepada ADAM itu adalah suruhan, namun tidak ada larangan bagi LOT bukan?

                  Restu atau tidak direstui yang jelas tidak dikatakan di alkitab.. kita tidak tahu dan kita tidak menafsir… oleh karena itu nilailah alkitab dari isi yang dijelaskan dari alkitab… petrus mengatakan LOT benar, Abraham mengatakan LOT benar… YEsus tidak mengatakan LOT tidak benar.. begitupula Paulus dan YHWH tidak pernah mengatakan LOT orang tidak benar…

                  YANG mengatakan LOT orang tidak benar kan tafsir anda sendiri karena anda menilai berdasarkan asumsi asumsi sendiri bukan…… tapi jika disuruh menyatakan ayat yang menyatakan LOT orang tidak benar anda tidak bisa menyebutkannya… bukankah berarti YESUS, PETRUS, ABRAHAM adalah pembual besar… .dan anda nabi yang lebih besar penilaiannya ketimbang mereka? hahahahahaha

                  • Sahabatku yang kuper, dijaman kisah Kejadian, orang yang saleh adalah orang yang menuruti semua perintah YHWH. orang yang saleh dalam kisah Lot ini adalah Abraham. Makanya semua tindakan tindakan Abraham mendapatkan tempat di hati YHWH. Dan YHWH pun kerapkali memberitahukan apa yang akan diperbuatnya kepada Abraham.

                    Sementara Lot, dimata YHWH, dia hanya orang biasa. Mau dibinasakan bebarengan dengan orang durjana di Sodom dan Gomora, YHW juga tidak perduli. Kita lihat disini, “kesalehan” Lot tidak berarti bagi YHWH, levelnya sama dengan orang Sodom dan Gomora yang boleh dan layak dimusnahkan dengan api. Sehingga Lot dimata YHWH bukan orang saleh. Terimalah kenyataan ini wahai sahabatku yang lemper, walau ini menyakitkan.

                    Apakah Abraham mengatakan Lot orang benar atau saleh ? tidak. Beliau hanya meminta kepada YHWH, seandainya, seandainya loh (sekiranya, bukan pasti), kalau ada orang benar di sana, sepuluh saja (dari tawar menawar, awalnya 50) tolong jangan dimusnakah kota itu, demikian permintaan Abraham. Jadi bila kamu bilang Abraham berkata Lot adalah orang benar (saleh), itu tidak ada di alkitab bro, dengan demikian berarti kamupun sedang bertafsir ria haha.

                    Kemudian, faktanya memang tidak ada 10 orang benar disana, karena YHWH kemudian menghancurkan kota-kota itu. Kalau ternyata ada 10 orang benar disana dan kemudian YHWH tetap memusnahkan kota itu berarti YHWH tukang ngibul, tidak menepati janji. Sekali lagi, berkata bahwa Lot termasuk dalam 10 orang atau dibawah 10 orang adalah orang benar, itu tidak ada tertulis di alkitab loh, hayooo kamu sedang tafsir lagi kan ?

                    Sahabatku tukang lemper, Petrus berkata Lot adalah orang benar, silahkan saja. Tapi dimata YHWH, Lot nilainya atau levelnya sama dengan penduduk Sodom dan Gomora, siap dibantai kapan saja haha. Yang berkuasa jaman itu YHWH, jadi percuma yang lain bilang Lot saleh.

                    Lagi pula kata suhu hai-hai, Petrus tidak 100% benar tuh, hua ha ha, bisa aja lo hai. Ini menurut kamu si abeng lagi tafsir apa bukan ? ha ha. Salam lemper, pret.

                    • coba nilai cerita DAUD dan BATSYEBA dengan cara anda menafsirkan LOT.. jngan karena anda tidak suka LOT lalu membual dan berstandar ganda… tidak ada sekalipun dikatakan bahwa LOT tidak benar.. Petrus mengatakan ia orang benar….. lantas siapakah yang ABRAHAM minta tawar menawar dengan YHWH si benar dari sodom itu? APAKAH DONO KASINO INDRO? hahahahahahah………………. siapa 10 orang benar yang dimaksud dan ditawar tawar oleh ABRAHAM itu… bukankah itu LOT?
                      19:29 Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu…
                      Mengapa YHWH ingat ABRAHAM dan mengeluarkan LOT jika ABRAHAM tidak memohon kepada YHWH tentang orang benar yang dimaksud adalah LOT? bukankah jika ABRAHAM tidak memohonkan tentang kebenaran LOT maka yang diselamatkan pasti bukan LOT melainkan DONO KASINO INDRO?
                      berhentilah menipu orang Kristen dan menyesatkan karena egomu sendiri dan untuk memuaskan kebenaranmu…. padahal logika di dalamnya runtuh dna tidak dapat dibuktikan hahahaha

                • jika anak-anak iut memabuki alasannya apa yang jelas gua tidak tahu… tapi mengasumsikan hal itu benar atau salah berarti tafsir… patokan saya adalah perkataan abraham, petrus dan LUKAs.. dikatakan di LUKAS bahwa ada ayat “INGAT ISTRI LOT!” dikatakan disana hanya istri lot yang satu2nya dianggap tidak saleh yang akhirnya jadi patung garam… YESUS PAULUS dan YHWH tidak sekalipun mengatakan LOT tidak benar.. menafsir dan menilai dari asumsi di luar pernyataan orang-orang tersebut adalah sungguh tidak benar….
                  coba baca ini
                  2 samuel 11:3 Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: “Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu.”
                  11:4 Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.
                  11:27 Setelah lewat waktu berkabung, maka Daud menyuruh membawa perempuan itu ke rumahnya. Perempuan itu menjadi isterinya dan melahirkan seorang anak laki-laki baginya. Tetapi hal yang telah dilakukan Daud itu adalah jahat di mata TUHAN.
                  lihat ayat berikut tentang DAUD… jika anda menilai berdasarkan penafsiran atas ayat ini saja maka anda akan dapat menilai DAUD berzinah dengan batseyba dan itu perbuatan yang bahkan dianggap jahat oleh TUHAN… APAKAH LANTAS DAUD ORANG BEJAT ATAU SALEH? jika cara yang anda gunakan dalam menilai DAUD adalah sama dengan LOT maka DAUD pun orang BEJAT juga…..
                  Namun dikatakan pada cerita cerita berikutnya bahwa berkat TUHAN banyak akan DAUD yang menyertainya dalam peperangan…. bahkan nama DAUD dijunjung di ketinggian antara orang Israel.. oleh karenanya DAUD tidka dianggap sebagai orang bejat namun adalah orang saleh di mata TUHAN….
                  lalu apa bedanya dengan LOT? yang namanya harum bahkan pada jaman Petrus, Lukas dan didukung oleh pendapat ABraham itu? bukankah penilaian anda akan LOT hanya didasarkan ketidaksukaan saja karena kebetulan ia tinggal di SODOM?

      • Adam meniduri Hawa. Adam meniduri EMAKNYA sendiri. Adam neiduri anaknya sendiri. Hawa meniduri Bapaknya. Hawa meniduri anaknya sendiri. Kenapa nggak ada yang protes ya? Ha ha ha ha …

          • YHWH menganggap LOT tidak saleh… atau YHWH menganggap Kesalehan LOT tidak sanggup menyelamatkan kehancuran kota sodom? ini adalah jelas dua pendapat yang berbeda… walaupun nampak mirip..

            jangan karena kota sodom dihancurkan lantas menafsirkan bahwa LOT bukan orang saleh… bahkan Yesus pun tidak pernah mengatakan LOT bukan orang saleh…

            jadi tafsir bualan darimana ini?
            kesalehan lot didukung oleh petrus dan abraham..
            sedangkan menurut saya YHWH tidak pernah menyatakan bahwa LOT tidak saleh.. namun ia menyatakan 10 seminim2nya orang saleh diperlukan untuk menyelamatkan kota sodom..

    • jika anda menganggap incest pada jaman itu adalah sesuatu yang terlarang dan berdosa maka anda akan tercengang dengan ayat di bawah ini:

      kejadian 20:11 Lalu Abraham berkata: “Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku.
      20:12 Lagipula ia benar-benar saudaraku, anak ayahku, hanya bukan anak ibuku, tetapi kemudian ia menjadi isteriku.
      20:13 Ketika Allah menyuruh aku mengembara keluar dari rumah ayahku, berkatalah aku kepada isteriku: Tunjukkanlah kasihmu kepadaku, yakni: katakanlah tentang aku di tiap-tiap tempat di mana kita tiba: Ia saudaraku.”

      apakah kawin dengan saudara seayah lain ibu bisa dianggap incest? lantas apakah abraham orang bejat?

  3. Yg gamblang bisa dibaca (dibaca saja ya), bisa dikatakan Lot itu serakah atau mau yg enak2 aja (lihat Kej 13:10-12). Mengejar kenikmatan/kenyamanan duniawi.

    Perihal penyerahan dua anak perawannya, ini adalah budaya atau tradisi atau hukum tak tertulis yg berlaku di masa tsb, yakni menyerahkan anak perawan sebagai jaminan atas perkataan (ucapan) , yakni ketika Lot menyatakan bhw dua tamunya bukanlah orang yg berbahaya namun hanya akan berlindung di rumahnya.

    Orang2 banyak yg mendatangi rumah Lot itu bukan rombongan homoseksual yg hendak memperkosa dua tamu lot. Telah terjadi kesalahan dalam memaknai/memahami kata “yada” (kej 19:5), yg dimaknai sebagai hubungan seksual sejenis (homoseksual) padahal studi kata atas kata “yada” tsb di kitab2 PL tidak menunjukkan demikian.

    Kalau kita baca kitab kejadian dari mulai pasal 14 maka kita bisa mendapatkan gambaran bhw situasi kota Sodom dan sekitarnya pada masa itu adalah situasi perang. Kedatangan dua orang asing di kota sodom menimbulkan tanda tanya bagi penduduk krn ada kemungkinan bhw dua orang tsb adalah mata2 atau musuh penduduk kota Sodom. Makanya beramai2 lah penduduk kota Sodom mendatangi rumah lot utk mengetahui atau menginterogasi kedua orang asing tsb.(terjemahan bhs inggris dari kata “yada” adalah : to know). Kedua nalaikat (orang asing tsb) sudah tahu kemungkinan bahaya ini makanya mereka memilih utk tinggal di tanah lapang saja, tapi Lot maksa.

    Kota sodom memang banyak dipenuhi orang2 jahat dan mereka melakukan juga penyembahan berhala dengan ritual sex (orgy) namun demikian, menyatakan kota sodom dibinasakan karena dosa homoseksualitas adalah salah.

    Dosa kota sodom yg ditulis di alkitab adl sbb :

    1. Di Yudas : 7 yakni percabulan, mengejar kepuasan2 yg tak wajar, dan dari studi literatur diketahui bhw percabulan dan kepuasan tak wajar adalah ritual penyembahan berhala dengan melakukan orgy sex (gang bang).

    2. Di Yeh 16:49-50 : kecongkakan, kaya (makanan berlimpah) tapi tidak menolong orang sengsara dan tinggi hati.

    • Aldy Tan, belajar itu asyik bukan? Baca ayat-ayatnya bila perlu periksa ke bahasa aslinya. Kitab Kejadian DITULIS oleh Musa atas KESAKSIAN dan PERINTAH YHWH. YHWH memang JAHAT namun dia TIDAK cerdas. Itu sebabnya penipuannya TIDAK sulit untuk dipahami.

      Petrus tidak 100% benar. PErjanjian Baru juga mencatat KESALAHAN PEtrus dengan Gamblang. Kalau petrus saha BISA membual, itu berarti Yudas juga bisa membual dan Paulus juga belum tentu 100% benar. Itu sebabnya PEtrus mengajarkan agar MENGUJI dan MEMAGANG yang BENAR.

      Tetapi mereka berkata: “Enyahlah!” Lagi kata mereka: “Orang ini datang ke sini sebagai orang asing dan dia mau menjadi hakim atas kita! Sekarang kami akan menganiaya engkau lebih dari pada kedua orang itu!” Lalu mereka mendesak orang itu, yaitu Lot, dengan keras, dan mereka mendekat untuk mendobrak pintu. Kejadian 19:9

      Coba anda CARI tahu, Kenapa orang-orang itu MENUDUH Lot mau MENJADI HAKIM atas orang-orang Sodom? Siapa yagn BICARA itu? Orang-orang SODOM atau YHWH yang sedang MENGHASUT orang Sodom untuk MEMusnahkan Lot sekeluarganya? ha ha ha ha ….

    • bagaimana dengan cerita Daud yang karena hendak ingin meniduri batsyeba lalu mengirimkan suami batsyeba ke depn medan perang supaya ia mati… apakah ini termasuk perbuatan saleh atau bukan mohon penjelasannya

    • menurut kejadian 13;1-18 terjadi pertengkaran antara gembala karena sumber daya yang tidak cukup… lalu abraham secara eksplisit mengisyaratkan kalau lahan tidak cukup, janganlah bertengkar segeralah pergi mencari lahan lain karena semua belah dunia terbuka untukmu… kemudian lot melihat bahwa perkataan abraham ada benarnya maka dia pun pergi ke daerah Yordan…
      kalau melihat ayat 10 saja maka bisa bisa saja diintepretasikan bahwa lot rakus… padahal kalau dibaca dari awal sampai akhir bisa disimpulkan pertengkaran berakhir damai karena akhirnya ada salah satu pihak yang pergi dari daerah tersebut…

  4. perlu diingat lagi jika kejadian yang anda katakan bahwa LOT itu cerdik dan cari muka…. APAKAH IA TAHU SODOM AKAN DIHANCURKAN OLEH TUHAN? APAKAH IA TAHU RUMAHNYA AKAN DIGEREBEK ORANG PADA SAAT MENJAMU TAMU? hebat benar indera keenam LOT… dan saking hebatnya sudah bisa meramalkan segala tindakan yang diambil dengan mencari muka menawarkan anaknya….

  5. ada dua hipotesa yang dapat membungkam argumen cumakicaukacau….. yaitu………..
    1. LOT diselamatkan dari kota yang ditunggangbalikkan oleh TUHAN atas permintaan ABRAHAM… berarti ABRAHAM menganggap LOT orang benar lalu YHWH teringat untuk menuruti ABRAHAM lalu menyelamatkan LOT….
    2. ABRAHAM tidak pernah menyatakan LOT orang benar… ia hanya mengingatkan YHWH untuk menyelamatkan orang benar SIAPAPUN itu yang berada di kota SODOM…. ketika hendak ditunggang balikannya kota SODOM, ALLAH teringat permintaan ABRAHAM agar tidak melenyapkan orang benar, lalu ia menyelamatkan LOT karena menganggap LOT lah yang sesuai dengan kriteria orang benar tersebut…

    dari 2 argumen itu terserah pilihlah salah satu antara ABRAHAM menganggap LOT orang benar atau YHWH sendiri yang menganggap LOT orang benar… tidak ada satupun argumen yang mengatakan LOT bukan orang benar hahahahaha

    • Saudaraku yang super. Abaraham menawar kepada YHWH karena belas kasih, bukan karena Lot orang saleh. Demikianpun point nomor dua, YHWH mengeluarkan Lot dari kota yang sedang di tunggangbalikan, bukan karena Lot orang saleh tetapi karena YHWH mengingat Abraham. Kalau YHWH tidak ingat dengan Abraham bagaimana ? ya mati lah.

      Tapi kembali lagi kepada paparan saya, Lot orang cerdas dan pintar melihat peluang. Dengan pintar menyambut malaikat dan mencarimuka sehingga diselamatkan oleh malaikat atas nama YHWH.

      Selamat terguncang bro. Salam lemper. pret

      • goblok jangan kebangetan bro… di situ ada tawar menawar antara abraham … ada kriteria bahwa jangan sampai YHWH melenyapkan orang benar…. Jika ABRAHAM tidak mengatakan LOT… atas kriteria apa YHWH menyelamtakan LOT? toh ABRAHAM tidak menyebutkan sama sekali minta LOT diselamatkan… ia hanya meminta jgn melenyapkan orang benar bersama dengan fasik…
        18:23 Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?
        NAMA LOT tidak pernah disebutkan oleh ABRAHAM… ABRAHAM juga tidak meminta menyelamatkan saudaranya..lantas mengapa YHWH memilih LOT? apakah karena muka LOT ganteng? APAKAH karena LOT beruntung saja? hahahahahahahahahahaahAHAH…. TENTU KARENA YHWH TERINGAT JGNAN SAMPAI MELENYAPKAN ORANG BENAR!

        • Abraham tidak menyebutkan nama Lot, karena beliau tidak tahu alias tidak yakin apakah Lot orang benar atau tidak, namun beliau berbelas kasih kepada Lot, secara dia adalah saudaranya. Makanya Abraham meminta jumlah 10, dengan harapan ada disana 10 orang benar. Jadi jangan dibolak balik bro. Abraham itu kesayangan YHWH, apa susahnya berkata, “TUHAN disana ada keponakanku Lot, dia orang benar jangan lenyapkan dia diantara orang durjana”, kan gampang. Itu karena Abraham tidak yakin wahai sahabatku yang goblok, eh maaf yang super.

          Dan saat itu Abraham menyindir, eh jangan saya sebut menyindir deh, nanti kamu terguncang lagi haha. Abraham mengingatkan YHWH agar menjadi hakim yang adil. Deal, disepakati apabila ada 10 orang benar, kota akan selamat. Bukan Lot akan selamat loh haha. Jadi Abraham sebagai lelaki sudah deal 10, YHWH pun begitu 10. lalu kalau ternyata tidak ada 10 orang benar disana, ya jangan mewek bro. Hancurkaannnnn jeder jeder mampus kabeh …!!!!

          YHWH mengingat kepada Abraham dan baru menyelamatkan Lot, jangan dibolak balik lagi bro, jangan bertafsir dari yang tertulis. Kalau Lot orang benar, maka YHWH akan mengingat kepada Lot, bukan mengingat Abraham. Padahal sih YHWH berkata menyelamatkan Lot karena terlanjur basah dengan tindakan malaikatnya yang sudah selonong boy menyelamatkan Lot tanpa ijin dari YHWH. Jadi ya sudahlah, malaikatnya bilang atas kehendak YHWH, hahaha biar semua terselamatkan mukanya bro hehe.

          Malaikat itu ternyata sedang tidak konsultasi dengan YHWH (jalan sendiri, selonong aja). Perintah YHWH jelas dan tegas, hancurkan kota kalau tidak ada 10 orang benar. kalau ada 10 orang benar ya jangan dihancurkan kotanya, kan begitu. lah ini kok sudah hancurkan kota tapi juga selamatkan Lot dan keluarganya ? woi…!!! kalau hancurkan ya, hancurkan semuanya dong, ini kan ambigu, malaikat apaan tuh tidak menuruti dengan patuh perintah YHWH ? mau ditempeleng ya ? itu biar deh urusan internalnya YHWH, kita ndak usah ikutan, daripada nanti kita kena sasaran pula. ha ha

          Ini buktinya lagi kalau malaikat YHWH main selonong boy aja, takala Lot keberatan harus lari ke gunung, dia menawar kepada malaikat, kalau dia gak kuat lari ke gunung, dia minta lari ke kota Zoar saja. Tanpa konsultasi dengan YHWH lagi, kedua malaikat itu langsung instant menjawab oke. Kenapa malaikat itu tidak konsultasi ke YHWH, karena Lot pandai mencari muka bro.

          Sahabatku, silahkan kalau mau lanjutkan terguncangnya
          Salam lemper. preeetttttttt

          • lucu ceritamu ga ada dasarnya… ya silakan percaya sama bualan tolol itu….
            abraham tidak berbelas kasihan terhadap lot… abraham berbelas kasihan kepada orang benar…
            jika Tuhan sayang kepada abraham maka ia akan menyelamatkan orang benar dan bukan lot jika lot bukan orang benar…
            kecuali Allah tolol seperti pemikiranmu itu.. yang tidak tahu tindak tanduk malaikatnya… yang mana malaikat itu tololnya ga ketulungan juga yang main seenak sendiri saja…

            namun saya tidak percaya itu… denominasi tolol dan bualan pendeta tololmu yang akhirnya malah membuat cerita ga masuk akal…

            ya terserahlah silakan percayai isapan jempol itu.. yang mana menggambarkan betapa bodoh tindakan allah dan malaikat menurut pemaparan anda itu.. hahahaha

          • bro kalau mengarang indah jangan disini bro… ajar dulu di sd bro… kok bisa bisanya cerita cerita seperti malaikat main selonong, abraham minta tolong kepada tuhan selamatkan lot… haahahaha ga ditambahi juga ditengah jalan ketemu rampok gitu… atau pas di gua minumnya mabuk jack daniel gitu ya bro… jgn ditambah2i seenak silitmu aja dong haahahah

      • setelah dipikir-pikir benar juga… jika Abraham tidak menyebutkan nama lot dan memintanya di selamatkan… maka argumen anda bertentangan dengan bualan anda sendiri…. yhwh tidak akan serta merta menyelamatkan lot karena permintaan abraham kepada yahweh adalah bukan menyelamatkan saudaranya itu…. bukankah abraham merasa kasihan kepada orang benar di kota sodom? bukankah abraham mengingatkan yhwh untuk jgn melenyapkan orang benar.. bukan secara spesifik meminta untuk menyelamatkan lot…..
        jika allah menyelamatkan lot yang bukan orang benar padahal abraham tidak memintanya untuk menyelamatkan lot namun abraham meminta yhwh untuk menyelamatkan orang benar…. maka hanya ada 2 kesimpulan dari cerita ini…
        1. yhwh itu tolol sekali… ia tidak mengerti permintaan abraham dan malah menyelamatkan orang tidak benar
        2. pendapat bahwa lot adalah orang tidak benar adalah bualan tolol yang diceritakan oleh pendeta tolol yang tidka baca alkitab

        • Wahai sahabatku yang dodol, saya mengerti kamu sedang terguncang hehe. Kamu bagaikan seekor anak anjing yang sedang berusaha mengejar ekormu sendiri. Berputar-putar, kamu mengira kamu telah maju, padahal kamu disitu-situ saja haha. Silahkan kamu mengulang-ulang perkataanmu. Tapi kamu tidak bisa menyangkalnya. Semua tertulis didalam alkitab. Daripada selalu mengejar ekormu sendiri, bagaimana kalau kamu mulai membaca alkitab ? satu kali saja back to back. Kalau masih belum mengerti, kejar lagi ekormu sampai 500x haha.

          salam ngiler, cesssss

          • hehe…. saya baikbaiksaja… tidak menjadi soal jika beda keyakinan… silakan berjalan dengan pendapat masing-masing.. yang jelas yang membaca yang akan menilai sendiri manakah pendapat yang konyol dan mengada ada… hahahahaha….
            yang jelas lot cari muka tidka tertulis di alkitab….. malaikat tidak konsultasi ke YWH juga tidak ditulis di alkitab hahaha….. LOT orang tidak benar juga tidak dikatakan di alkitab…
            tindakan anda mau membodohkan orang krsiten yang sudah mulai pinter percuma saja karena semua klaim anda memang tidak ada di kejadian? kejadian yang ayat mana? ayat dari hong kong?
            silakan saja anda berkeras hati dan tetap menyatakan pendapat anda yaitu
            1. LOT cari muka dan bukan orang benar
            2 YHWH menyelamatkan LOT karena belas kasihan kepada abraham
            3. Malaikat main action sendiri saja
            silakan kukuh dengan pendapat anda bahwa itu ada di dalam kitab kejadian… yang menurut saya ga ada sama sekali tuh yang menyatakan itu… biar saja yang membca menilai sendiri dan menyatakan mana dari pendapat itu yang membual hahahahahahah…

            • Saya tulis kalimat, “Budi sedang makan mie ayam”.

              Dari kalimat tsb saya dapat memaparkan bahwa, Budi suka mie ayam dan Budi sedang lapar.
              Apakah paparan saya salah ? TIDAK
              Apakah artinya saya ngaco belo karena tidak ada tertulis di kalimat itu, bahwa Budi suka mie ayam ?
              Apakah artinya saya ngaco belo karena tidak ada tertulis di kalimat itu, bahwa Budi sedang lapar ?
              TIDAK.

              saudaraku yang dodol. Saya tidak ngaco belo. Saya mengatakan Budi suka mie ayam, karena Budi sedang memakannya. Saya mengatakan Budi sedang lapar, karena Budi sedang makan.

              Demikian saya mengatakan bahwa malaikat selonong boy, karena tertulis dalam alkitab bahwa malaikat secara spontan mengabulkan permintaan Lot untuk lari ke kota Zoar. Karena tertulis dalam alkitab seperti itu. Malaikat yang secara instant menjawab (kapan konsultasi ke YHWH kalau instant menjawab sendiri ?). Artinya dia jalan sendiri, tanpa konsultasi dengan YHWH lagi. Sampai disini mengerti wahai sahabatku yang lemper ?

              Demikian pula saya mengatakan bahwa malaikat berjalan sendiri menyelamatkan Lot tanpa ijin YHWH, karena tertulis dalam alkitab bahwa perintah yang diberikan YHWH kepada dua malaikat itu adalah JELAS. Hancurkan kota dan isinya kalau tidak ada 10 orang benar. Dan jangan hancurkan kota apabila ada 10 orang benar TITIK.

              Apakah ada 10 orang benar disana ? TIDAK. Kalau begitu perintah yang harus dijalankan dua malaikat itu apa ? HANCURKAN KOTA DAN SEGALA ISINYA.

              Tapi apa faktanya ? dua malaikat itu malah berjalan sendiri menyelamatkan Lot dan keluarganya. Apakah ada perintah itu dari YHWH ? TIDAK ADA. Maka saya bisa mengatakan kalau dua malaikat itu selonong boy. Kenapa mereka selonong boy menyelamatkan Lot ? KARENA LOT PANDAI MENCARI MUKA.

              Jadi, sahabatku yang dodol, semoga otakmu bisa mengerti.sehingga kamu bisa menjadi sahabat yang super bukan dodol. haha.

              Dan tulisanmu di point nomor 2, saya tidak pernah mengatakan begitu haha. Menyimpulkan tulisan saya saja ngaco belo kamu itu. parah kamu bro.

              Salam kampret. prett

              • ooo jadi gitu ya.. ya sudah terserah deh bro…. makin lama makin lucu hihi….
                budi makan mi ayam… apa pasti lapar bro? bis a ga sebenarnya dia ga lapar tapi karena kepengen nyamil aja? disitulah anda mulai ngaco belo berasumsi ria…….. budi makan mie ayam apakah pasti dia suka? bisa ga dia makan mi ayam karena sedang nyoba saja makanan baru? jadi kalau disana tidak dikatakan bahwa budi suka jangan diasumsikan suka… memang dikatakan dia makan mi ayam tapi belum tentu suka loh!! hahahahaha
                jangan jangan dengan logika konyol anda akan menyatakan begini: budi pergi ke pantai, berarti dia suka kepantai, berarti dia bisa berenang hahahahahah……. belum tentu bro itu bro hahahahaha konyol banget
                teruskan logika dongo itu bro hahahahaha salam super luar biasa!!!! biarkan orang yang menilai siapa yang tolol sebenarnya hahaha
                silakan anda membual sampai anda termakan bualan anda sendiri hahahaha…. baru tau saya bahwa memang cara penilaian anda yang konyol…. dan silakan yang membaca menilai cumakicaukacau ya hahahaha

                • Saudaraku yang masih dodol, saya tidak menyalahkan kamu kalau kamu bilang ada kemungkinan yang lain kan ? levelnya antara paparan saya dengan paparan kamu kan sama bro, 50:50. Budi ngemil aja menurut kamu, sah itu bro.

                  Tapi dalam penerapan di alkitab, kamu harus buktikan bro dengan melihat lagi tulisan lanjutannya di alkitab apakah tulisan selanjutnya itu mendukung paparanmu itu atau tidak. Bukannya lalu kamu bilang terserah sambil cekikikan bro. Kalau tidak ada yg mendukung paparanmu, berarti itu salah. Kalau begitu saja kamu tak mampu, itu namanya kamu GOBLOK bro haha.

                  Salam kampret. preeet

                  • saya kan didukung petrus tuh…. dia katakan LOT orang benar… makanya saya bilang LOT orang benar ahhaahahaha…
                    lah elu didukung siapa datanya? semua dukungan lo tafsir sendiri masalahnya hahahaha
                    karena budi makan mi ayam anda katakan dia pasti suka mi ayam padahal tidak pernah dikatakan budi suka tuh
                    beda dengan saya… saya katakan budi suka bakpao karena bapak budi mengatakan budi suka makan bakpao……
                    tau bedanya ya pret ya?
                    silahkan anda sangkal… yang menilai bukan saya namun orang orang yang baca… hahahahahahahaha

                    • Haha, tentang Petrus mengatakan Lot adalah orang benar, itu ada kisahnya sendiri bro. Sekarang kamu bantah saja dengan paparanmu di kitab kejadian ini bro. Kamu tidak bisa, makanya kamu mencari beking Petrus, haha.

                      Tapi kamu tidak bisa menyangkal apa yang tertulis di kitab kejadian. Dan beking Petruspun belum cukup bagimu, sehingga mencari beking kepada orang yang baca agar mereka menghiburmu, Haha. Itu karena kamu tidak mampu untuk membantah dengan bukti-bukti. Kamu hanyalah anak cengeng. Sebentar lagi nangis mencari ibumu. Haha

                      Salam kampret. pret

              • Bro pemaparanmu salah su Budi makan bukan krn suka makan mie dan bukan krn lapar, tapi krn dia pembuat mie daripada org yg makan jadi dia makan senidiri. Kalau gk percaya tanya aja sama si Budi. Soalnya si Budi kekeh krn dirimu salah tebak. Sekali lgi krn dia pembuat mie jdi daripda org yg makan jdi dia makan sendiri.

    • Kisanak, baca kembali kisa LOT. Di situ tertulis dengan TEGAS dan BAMBLANG kenapa kedua malaikat itu menyelamatkan Lot dan anak istrinya bahkan berusaha mengajak yang lainnya.

  6. hihi konyol deh… ya terserah deh…. saya tetap yakin bahwa LOT orang benar karena didukung Petrus…. dan juga tidak dikatakan sedikitpun di dalam kitab kejadian bahwa LOT orang yang tidak benar….
    anda yakin bahwa LOT bukan orang benar dari data mana? dari kitab kejadian yang mana? dari asumsimu sendiri? ya terserah deh hahahahahahah yang lain juga pinter-pinter kok bisa tau mana yang goblok…
    tidak ada data kok yakin benar? bukankah tolol namanya hihihihihihihi…… nyo umur berapa nyo? kok cara berpikir masih kayak anak sma ya hahahaha

  7. 2:6 dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,
    2:7 tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, —
    2:8 sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa–
    2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,
    berdasarkan ayat ini maka LOT orang saleh kecuali ada ayat lain yang menyatakan sebaliknya maka pendapat anda hanyalah bualan dan isapan jempol belaka… silahkan hidup dengan cara anda berasumsi ria hahahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s