Melkisedek Raja Sodom


Melkisedek: Google Image

Melkisedek: Google Image

Raja Sodom ada dua. Yang satu namanya Bera yang kedua namanya Melkisedek. Bera mati nyebur sumur di lembah Sidim sedangkan Melkisedek menyongsong Abraham di lembah Syawe, yakni Lembah Raja.

Kenapa para sarjana teologi tidak gembar-gembor bahwa Melkisedek adalah raja Sodom? Karena mereka kuatir umat Kristen mempertanyakan kenapa alih-alih menyelamatkannya dari bencana, YHWH justru mengklaim dirinyalah yang memusnahkan Sodom dan Gomora tanpa perikemanusiaan.

Kemana Melkisedek pergi setelah memberkati Abraham? Di mana Melkisedek berada saat Sodom dan Gomora dimusnakan? Kenapa Melkisedek tidak menyelamatkan Sodom dan Gomora bahkan komentar pun tidak? Kemana Melkisedek pergi setelah Sodom dan Gomora dimusnahkan? Katanya dia jadi imam sampai selama-lamanya?

Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya. Ibrani 7:3

Raja Sodom Nyebur Sumur

bahwa raja-raja ini berperang melawan Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora, Syinab, raja Adma,Syemeber, raja Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar. Kejadian 14:2

Di lembah Sidim itu di mana-mana ada sumur aspal. Ketika raja Sodom dan raja Gomora  melarikan diri, jatuhlah mereka ke dalamnya, dan orang-orang yang masih tinggal hidup melarikan diri ke pegunungan. Kejadian 14:10

Melkisedek Raja Sodom

Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. Kejadian 14:17

Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi (El Elyown). Kejadian 14:18

9 thoughts on “Melkisedek Raja Sodom

  1. Melkisedek itu bukan raja sodom.

    Nih silahkan dibaca dulu yg ini :
    https://colvinism.wordpress.com/2011/11/26/sodom-salem/

    Salah satu argumen yg diberikan di situs tsb adalah : kalau raja salem dan raja sodom adalah satu maka mengapa raja salem memberkati abraham sementara kita tahu dari bacaan sebelumnya bhw raja sodom baru saja kalah dan kerampokan (plundered) ??

    Jadi, raja salem (melkisedek) BUKAN raja sodom.

    Nah yg seperti2 ini nggak bisa cuma modal baca kitab kejadian sampe wahyu utk memahaminya. Ada tuntunan lain yg diperlukan.

    • Baca dong alkitab anda. Sudah baca belum? Ha ha ha ha …

      Satu hal lagi, saya SEJAK awal sudah memutuskan untuk MENULULIS dalam bahasa Indonesia. Itu sebabnya kalau anda mau menulis dalam bahasa Inggris, tolong terjemahkan dulu ke dalam bahasa Indonesia. Tulisan Inggris doang akan saya hapus.

      • Kejadian 14:17-24 (TB)

        Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.

        Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
        Lalu ia memberkati Abram, katanya: “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
        dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

        Berkatalah raja Sodom itu kepada Abram: “Berikanlah kepadaku orang-orang itu, dan ambillah untukmu harta benda itu.”

        Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom itu: “Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi:
        Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasut pun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.
        Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre, biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing.”

        Dari ayat2 di atas kita bisa ketahui bhw Raja Sodom BUKANLAH Raja Salem. Raja sodom dan raja Salem (Melkisedek) adalah dua pribadi yang berbeda.

        Lihat apa yg dilakukan Raja Salem, dia memberkati Abram dan berkata bhw apa2 yg diterima oleh Abram adalah berkat dari Allah Yang Maha Tinggi, bukan karena atau dari orang lain atau karena kehebatan Abram.Dan karena diberkati tsb, Abram memberikan sepersepuluh dari semua kepunyaannya.

        Lihat apa yang dilakukan oleh oleh Raja Sodom, dia MEMINTA pasukan Abram dan sebagai gantinya memberikan harta bendanya kepada Abram.

        Abram yg menyadari jebakan tsb kemudian berkata sebagaimana yg tertulis di ayat 22-23.

        —-

        Kedatangan Raja Salem (Melkisedek) itu spt “menginterupsi” kedatangan raja Sodom ke Abram.

        Coba anda pikirkan, ketika Raja Salem itu hadir, raja Sodom melihat nggak ? Trus selama percakapan dgn Abram, ngapain tuh raja Sodom ?

        Raja Salem tidak ada disebutkan di ayat2 sebelumnya, tapi tiba2 nongol.. dan raja sodom nggak ngeh ?

        Pertemuan Abram dan Melkisedek (Raja Salem) mengingatkan Abram bhw semua yg diperolehnya adl semata berkat dari Allah yg Maha Tinggi. Dan lalu lihat sikap/keputusan Abram thd tawaran Raja Sodom. Pertemuan Abram dan Raja Salem adalah semacam “antibodi” atau sistem imun yg mengingatkan Abram atas penguasaan harta benda.

        Artinya apa ?

        Raja Salem atau Melkisedek BUKANLAH Raja Sodom !

  2. Melkisedek BUKAN raja Sodom.
    Mari kita lihat faktanya dalam alkitab.

    Melkisedek adalah raja Salem, datang untuk memberkati Abraham.
    Melkisedek adalah seorang imam Allah Yang Mahatinggi
    Melkisedek memuji Allah didepan Abraham.

    Raja Sodom keluar (entah dari mana) menuju lembah Syawe setelah mendengar Abraham mengalahkan kedorlaomer.
    Raja Sodom datang untuk menuntut agar orang-orangnya dikembalikan dan bersedia memberikan harta yang telah direbut oleh Abraham dalam peperangan.

    Abraham menanggapi dengan baik berkat dari Melkisedek dengan sukarela memberikan seperpulahan
    Abraham menolak dengan keras permintaan raja Sodom untuk mengambil harta benda hasil perang.
    Abraham tidak sudi mengikuti kemauan raja Sodom, karena tidak mau nanti di cap menjadi kaya oleh karena raja Sodom.

    Perbedaan Melkisedek dan raja Sodom terlihat jelas dan terang benderang. Secara sifat, mereka berdua sangat berbeda sekali.

    Mari kita lihat sikap Abraham, kalau yang Abraham hadapi adalah orang yang sama, maka Abraham tentu tidak akan mau diberkati oleh Melkisedek.

    Kalau Bengcu masih keras kepala menganggap raja sodom ada dua orang dan raja kedua Sodom adalah Melkisedek, maka Bengcu sudah melecehkan Abraham sebagai seorang yang MUNAFIK DAN PLINTAT PLINTUT, pagi kedele sore tempe.

    Bengcu ini suka memotong ayat, akalnya pendek, bacotnya keras dan panjang monyongnya hehe.

    Gegara dalam alkitab ditulis raja sodom dan gomora kecebur sumur, Bengcu mengira mereka mati. Gegara dalam alkitab ada disebut raja sodom dengan tidak menyebut nama, dikiranya itu adalah Melkisedek.

    Satu lagi blunder dari Bengcu, dia mempertanyakan kemana perginya Melkisedek saat peristiwa penghancuran Sodom dan Gomora. Melkisedek berada bukan di Sodom lah beng, dia kan bukan raja Sodom, mau ngapain dia di Sodom ?. GOBLOK banget kan. Ha ha ha.

    Lalu Bengcu bertanya lagi kenapa Melkisedek tidak berkomentar tentang penghancuran Sodom dan Gomora ? berarti Melkisedek rumahnya jauh beng, beliau belum mengetahui atau masih di dalam perjalanan pulang dari lembah raja setelah memberkati Abraham. Dulu kan belum ada tv oon Beng. Haha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s